CERITA UNIK – wedok2 terpaksa jadi jagal pitik

Pengalaman yang cukup menggelikan.
Sebagai muslim yang sekarang sedang ngetem di Shanghai, tentunya saya nggak bisa njajan sakepenake dewe seperti di tanah air. Untung aja kedai maupun restoran halal banyak kok bertebaran di Shanghai sini, asal jeli aja ngliat tulisan Arab ataupun tanda halal di kedainya. Atau juga ke restoran vegetarian. Begitu juga kalau mau beli daging halal, cukup banyak toko daging khusus halal yang dimiliki oleh kaum muslim Cina Xinjiang ataupun Cina yang lain. Belakangan saya dapat info bahwa supaya daging2 lebih awet, mereka suka membubuhkan formalin dalam frozen meat tsb. Hiyyyy…Padahal ayam halal yg sering saya beli kondisinya selalu frozen dan itupun juga ayam pedaging. Pengen beli ayam kampung, mau nggak mau yo mesti beli ayam hidup. Nah…karena isu masalah formalin tadi, mau tidak mau musti sembelih ayam sendiri. Masalahnya nih…sopo sing arep mbeleh??? (siapa yang mau sembelih) wong pedagangnya bukan muslim. Mau dibawa pulang hidup hidup biar disembelih ama suami, ntar yg mbubuti sapa? Masak dianterin ke pasar lagi sih, pdhal kan udah malem. Mau balik lagi keesokan harinya keburu bau lah yauw. Refottt. Mau tenteng2 suami ke pasar, emangnya nggak kerja apa. Bisa sih kalau pas libur, Sabtu atau Minggu gitu. Lha kalau butuhnya pas hari2 biasa gemana dong? Duh..ribet banget sih.
Akhirnya kemarin tepatnya pada tanggal 16 Mei pagi hari waktu setempat, dengan membulatkan tekad demi keinginan akan sate ayam, saya ke pasar memberanikan diri untuk menyembelih ayam di pojokan pasar di salah satu deretan penjual ayam hidup. Saya sih nggak langsung beli, tapi mempelajari situasi dulu gimana sih cara mereka membunuh ayam. Pertama tama sesudah pembeli milih ayam, si ayam ditimbang. Setelah dibayar, ayam langsung dimasukkan ke drum gede hidup hidup. Entah ada apa di dalamnya, tapi di dinding deket drum banyak cipratan darah. Bunyinya gelatak gelotok. Kali ayamnya sedang berontak. Nggak tega deh ngliatnya. Setelah tahu prosesnya seperti itu, baru deh saya ngomong ke penjual kalau saya mau

potong sendiri. Waduh…jadi heboh. Pedagang2 yg lain pada nontonin saya yg lagi mbeleh pitik, sambil cecet cuet ngoceh pake cekikikan lagi. Kayak pertunjukan gratis gitu kali ye. Nggak tahu apa kalau saya udah kemringet gini. Untuk pertama kalinya dalam hidup, saya mbeleh pitik sodara sodara, hiks..hiks…karena terpaksa. Mosok makan ikan, udang terus. Enak sih enak, kalau terus2an ya bosen lah.
Setelah nyampe rumah, si pitik langsung saya marinated, masukkin kulkas, siap olah buat esoknya. Nyam nyam nyam bikin sate ayam. Apa ya saya masih tega makan ayam yg saya beleh dengan tangan saya sendiri??
Jadi inget pengalaman saya waktu masih kerja di pabrik makanan ternak. Setiap minggu dalam hari yang sudah teratur, pabrik dapat kiriman DOC (Day Old Chicken) dari kantor pusat di Jakarta, untuk dikirimkan ke pelanggan bersama sama dengan makan ternaknya. Karena DOC ini menempuh jalan darat yang bisa memakan waktu seharian Jakarta – Surabaya, wajar sajalah ada aja DOC yang mabok darat ataupun teler keliyengan. Kan nggak mungkin tuh dikirim ke pelanggan. Jadi yang pada mabok disortir. Terserah mau diapain, biasanya sih pada diambil teman2 kantor buat dibawa pulang. Begitu juga saya. Lupa deh DOCnya waktu tiu petelur apa pedaging. Karena niatnya emang buat piaraan, bukan buat dikomersialkan, jadi ibu rajin memberi makan tiap hari. Sampe si ayam udah cukup umurnya, disembelih. Wuaduh itu ibu…., nggak tega makannya. Nyingkir jauh jauh. Kebayang kali ya waktu ngasih makan.

Isu yang lain lagi, bahwa mereka juga gila2an ngasih pupuk buat sayur2an biar cepet gede. Terpaksa deh beli sayur organik terus.

Apakah bisa diliat secara fisik, daging yg mengandung formalin dengan yang tidak? Untuk sementara ini sih buat amannya, mau tidak mau saya jadi jagal pitik aja.

Wassalam – Evia NWK
Advertisements

4 thoughts on “CERITA UNIK – wedok2 terpaksa jadi jagal pitik

  1. gamelan said: Liat lobster besar di ember, matanya ketip2 malah kita gak jadi minta dimasakkan. Wow padahal dulunya dah ngiler mo rasain lobster!

    Lha terus? Ra sido makan lobster la’an. Trus makan apa jadinya?

  2. He-eh. Kabarnya di Indo sendiri banyak yang pake formalin. Hiii, aku pernah liat mayat di formalin, biru aneh gitu. Klo kita liat dulu si hewan yang akan kita makan terkadang rak kolu, ya. Liat lobster besar di ember, matanya ketip2 malah kita gak jadi minta dimasakkan. Wow padahal dulunya dah ngiler mo rasain lobster!

  3. Mpokkkk!!!! Kemane aje lu. Bahagia ye, ditengokin nyokap, bisa makan makanan Indo sepuas puasnya. Beberapa hari setelah nyampe Shanghai habis mudik barusan, gue e-mail elu loh. Kupikir elu sibuk makanya kagak sempet ngebales. Tenkiyu ya, udah terima bumbu spaghetti-nya. Belum gue cobain…Ntar aje. Eh…elu telp ama e-mail ama Yuyun?? Bilangin ntu orang di imel kagak bales bales. Doi ngajakin bisnis krupuk ama frozen food halal. Setelah disini pasarnya pada minta, eh…dianya kagak bales imel gue. Bentar lagi kan bulan puasa. Pas banget buat bisnis makanan halal. Bilangin ye… ntar gue jitak tuh anak, pake krupuknya. Hi..hi..hi…Ntu ayam kagak dipotes jreng. Dibeleh..opo yo bahasa Indonesianya yang pas..???? Di- ngek engek engek pake pisau… duh opo to….engek engek….:) tapi jangan sampai putus, pas leher sampai darahnya menetes semua dan sebelumnya bilang Bismillah dulu. Itu syaratnya kalau nyembelih secara Islam. Makanya gue nggak bisa beli ayam sembarangan. Daripada resiko, mending beli ayam hidup, jadi deh jagal pitik. Hi..hi..hi.. Jadi selebritis dadakan. Di pasar lagi 🙂

  4. Hi Via…terharu gw sama semangat 45 elu…nyembelih ayam…benar2 bondo nekat h..h..h.. habis kalau gw kali ngibritttttt…takut dipatok ayam..h..h..Elu udah jadi selebriti dong ditontonin org di pasar…eh, gimana elu potong ayamnya ? lehernya langsung dipetes yah…nyokap gw jago potong ayam hidup…sama bersihin..disini karena kagak ada ayam hidup di pasar, jadinya dia hobinya bersihin ayam yg gw beli di supermarket..habis kata dia…geli banyak bulu masih nyantel di kulit ayam. Enak juga ada nyokap gw disini selain dia bantuin gw masak dan lain lain..tapi sayang nyak gw sabtu ini balik….ke jakarta..hiks hiks…Udah kangen lenong rumpi ama elu..h..h.. oh yah yuyun bilang sempat ketemu ama elu…katanya elu seru orgnya…h..h.. pasti elu berdua ngeludruk terus yehhhhhhhLuvGIsela (SIU)

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s