BITTERBALLEN

Description:
Makanan kegemaran suami. Kalau lagi males masak, bikin ini aja yang buanyakkk. Dari siang ampe malem comat comot bitterbalen, cukup kenyang. Bikin isiannya malam sebelumnya. Setelah dingin, dimasukkan kulkas, baru besoknya diolah. Resep ini tanpa garam, karena sudah menggunakan keju yang rasanya cukup asin.

Ingredients:
Bahan bumbu (pake ukuran kira kira aja, maen perasaan):
Bawang putih cincang. Banyakin aja bawang putihnya biar sedep.
Bawang bombay cincang.
Bawang pre cincang
Lada hitam
Pala bubuk
Butter atau Mentega

Bahan Isian:
Daging cincang. Bisa ayam, bisa sapi. Terserah selera aja.
Bisa ditambahkan daging udang cincang, kalau ada, biar lebih sedep. Nggak ada juga nggak apa apa.
Biar sehat, tambahkan sayuran seperti wortel yang telah dipotong potong kecil dan kacang polong.
Susu cair
Keju parut
Tepung terigu – secukupnya aja.

Bahan pelapis:
Telur
Tepung panir
Susu

Tips: Sebaiknya hanya putih telur yang digunakan, supaya pada waktu digoreng minyak tidak berbuih. Yang menyebabkan minyak berbuih adalah kuning telur.

Directions:
Tumis bawang putih dengan butter atau mentega sampai harum
Setelah itu, masukkan bawang prei sampai layu.
Setelah itu masukkan bawang bombay.Masak sampai layu. Jangan lupa diaduk aduk, biar nggak gosong sebelah.
Setelah itu, masukkan daging cincang.
Setelah daging cukup matang, masukkan cincangan sayur potong.
Taburi merica dan pala bubuk secukupnya sesuai selera.
Langkah berikutnya, masukkan tepung terigu sambil terus diaduk aduk.
Kemudian tuangkan susu cair.
Bila sudah cukup matang, taburi dengan parutan keju. Banyak sedikitnya keju terserah selera. Keju ini yang nantinya akan memberi efek meleleh di mulut bila bitterbalen dimakan panas panas dan bila kejunya boanyakkkk.
Setelah keju cukup tercampur merata, matikan kompor dan biarkan adonan sampai dingin. Setelah dingin, masukkan dalam kulkas dan tutupi dengan plastik atau alumunium foil supaya lapisan atasnya tidak mengering.

Penyelesaian:
Telur ayam dicampur dengan susu cair dan kemudian di kocok
Ambil adonan dengan sendok dan celupkan ke dalam kocokan telur.
Gulingkan ke dalam tepung panir hingga merata.
Celupkan sekali lagi kedalam kocokan telur
Gulingkan ke dalam tepung panir.
Lakukan semuanya hingga adonan habis.
Goreng dalam minyak panas sampai adonan terendam.
Menggorengnya harus sampai terendam, supaya bitterbalen tidak menyerap minyak. Menggorengnyapun sebentar saja, asal bitterbalen sampai berwarna coklat muda. Adonan nya kan sebetulnya udah mateng. Menggoreng maksudnya untuk mematangkan pelapisnya saja.
Dimakan selagi hangat dengan cocolan sambel botolan. Kalau suami saya lebih suka pake sambel terasi yang nguleg sendiri. Suami saya mah, maniak sambel terasi. Makan spagheti aja pake sambel terasi.

Advertisements

20 thoughts on “BITTERBALLEN

  1. zhivago77 said: namanya susah banget mbak, sesusah membayangkan rasanya.. Mungkin di negeri kita, mbok2 penjual kue basah di pasar tradisional, perlu nenteng kamus untuk menjajakanya…..hehehe….

    jadi pengen bitterballen, dulu pernah bikin.. krn lama (kayaknya kebanyakan resepnya) trus aku jd malesntar kapan2 bikin ahhhh

  2. zhivago77 said: namanya susah banget mbak, sesusah membayangkan rasanya.. Mungkin di negeri kita, mbok2 penjual kue basah di pasar tradisional, perlu nenteng kamus untuk menjajakanya…..hehehe….

    hehehe…….kok dadi bu guru?

  3. zhivago77 said: namanya susah banget mbak, sesusah membayangkan rasanya.. Mungkin di negeri kita, mbok2 penjual kue basah di pasar tradisional, perlu nenteng kamus untuk menjajakanya…..hehehe….

    Itu kan makanan Belanda yg udah diadaptasi oleh Indonesia. Rasanya juga jauh lebih enak dibanding aslinya di Belanda sono, karena modifikasi bumbu2 Indonesia. Nggak susah nyebutnya, membayangkannya juga nggak susah, kalau perspektif kita positif. Lagian di Indonesia udah pating tlecek. Mungkin versi gedenya dan pake kulit lumpia, banyak dijual mbok tukang kue di Surabaya, namanya risoles. Banyak hal2 di Indonesia adalah hasil percampuran budaya dgn dunia luar. Coba pikir, darimana asal kata: kantor, pinsil, meja? Jangan dikira itu adalah kata2 asli Indonesia. Terus makanan seperti: onde2, kecap manis, lumpia? Itupun juga hasil percampuran dgn budaya luar yang sudah mengakar di Indonesia sehingga bisa dibilang menjadi makanan khas kita.

  4. hblinka said: pantes.. tapi waktu itu gw liat loe online di multipy.. jadi gw coba kontak loe…

    namanya susah banget mbak, sesusah membayangkan rasanya.. Mungkin di negeri kita, mbok2 penjual kue basah di pasar tradisional, perlu nenteng kamus untuk menjajakanya…..hehehe….

  5. hblinka said: kemarin aku coba nyari kulit lumpia di carefour Dubai.. gak nemu.. apa mata gw lagi yang belor ya ??

    Oalah…ente nyari kulit lumpia di bagian mana? jangan jangan karena lumpia bunyinya mirip kopiah, elu nyarinya di rak baju. Hihihihi…. *Kabur ahh…ntar dilempar sandal ama Henny.Eh..udah diliat kameranya? Ada setting manualnya kagak? Tadi pagi (waktu amrik berarti kemaren sore waktu ente) elu kontek gue ke skype yah? Zane ngasih tau ke YM gue dan gue baru tahu malem ini. Gua pan dah kabur ke downtown. Kaki gue dah gatel berats, seminggu lebih di rumah mulu. Tadi pagi udara cerah, jadi gue ngayap. Yang penting makanan dah siap, gue ngayap ampe sore ndak kepikiran makanan buat para ndoro di rumah.

  6. kucingkembar said: as LLLEEEP! nya itu… wuah…. kedengerannya begitu neeee’maaaaaaattt..

    Hehehehe…emberrrrrr. Lagian bisa dibikin apa aja kok. Nggak harus bitterbalen. Ini menurutku yang kadang kadang malesnya keluar. Taruh di kulit lumpia, terus cemplungin ke telor dan tepung roti, jadi risoles. Kalau adonannya encer, bisa jadi saus. Saus apa ajah, mo spagheti kek, mau sausnya salad kek, wis pokoke saus. Kalau uencer bangetttt karena susunya banyak, bisa jadi sup krim. Hehehehe…ngawur banget kan? Tapi enak lho. Asli. Para juragan di rumah suka tuh.

  7. chicaluna said: spaghetti pake sambel terasi, fusion food dong judulnya :))

    Hehehe…maunya sih. Kalau orang Itali tahu, bisa ngamuk. Makanan nya di oplak oplak, dikasih kaos kaki bau. Itu istilah suamiku tentang terasi.

  8. gadogadobetawi said: Mpok bitterbalen kayak model pikadel disini deh..cuma disini bentuknya kayak perkedel gitu…ape sama yah ?

    Perkedel nggak pake tepung panir deh mpok rasanya. Habis dicelup putih telur, langsung digoreng. Setahuku, perkedel kayak gitu. Kalau bitterbalen mirip kroket, cuman bentuknya bulet. Kalau kroket, adonan isian nya dibungkus sama kentang godhok yang ditumbuk halus, baru dicelup telur dan tepung panir.

  9. niezniez said: Ha..ha..ha baru denger makan spagetti pake sambel terasi vi πŸ™‚

    Iya Niz. Padahal perkenalan pertamanya dengan terasi, bikin aku nelongso. Lha mosok aku disuruh simpen terasi di belakang rumah. Yah meskipun di bungkus plastik dan digantung, tapi yo piyee gitu, kan tetep di luar rumah. Begitu udah ngerasain terasi, jadi ketagihan deh. Waktu ke restoran di Surabaya tempo hari, pesen spaghetti ples sambel terasi. Pelayannya ampe bengong, dipikir becanda. Sambel terasi se lepek kecil munjung, langsung dituang diatas spaghetti. Pedes emang sampe hoha hah ssssss. Kami udah kenal baik sih ama restorannya, jadi nggak sungkan sungkan pesen makanan aneh aneh. Kalau nggak kenal, mana berani doi kayak gitu.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s