SIOMAY

Description:
Ubek ubek media locker, ealaaa nemu resep siomay tertanggal 23 Desember 2006 yang belum dipublish. Mbokkk 6 tahun yang lalu. Fotonya juga polosan. Ya sudahlah, ketimbang ngendon aja di sini, dipublish aja sekalian.
=============

Makanan ini aslinya dari Cina. Mereka nyebutnya siau mai. Waktu aku masih tinggal di Shanghai, banyak sekali para penjual siomay, dari kelas pasar ampe kelas restoran. Biasanya disantap di pagi hari. Selain penjual siomay, ada juga bakpao, martabak yang diisi cakwe dan juga bubur.

Di Indonesia, siomay dimakan begitu saja atau dicocol dalam saus cabe atau saus kacang.

Ingredients:
Kulit pangsit. Bisa juga pake kulit lumpia, lantas dipotong menjadi empat.
Daging cincang (boleh pake ayam, sapi atau ikan)
Udang – dicincang kasar. (ini untuk penyedap)
Putih telor
Tepung tapioka
Water chesnut. Cincang kasar. (kalau nggak ada bisa diganti bengkuang)
Daun bawang. Cincang kasar

Bumbu:
Bawang putih
Saus tiram
Minyak cabe (chili oil)
Minyak wijen
Kecap ikan
Kecap asin
Garam (bisa ditiadakan karena sudah ada kecap asin.
Gula
Lada

Bahan saos kacang:
Kacang goreng
Bawang putih
Gula pasir
Cabe merah
Kecap manis
Jeruk limau

Directions:
Bawang putih di-iris tipis tipis lantas digoreng. Tiriskan
Hancurkan bawang putih. Nggak perlu sampe lembut bener, asal dah bisa nyampur aja.
Masukkan semua bumbu dan saus kecuali minyak wijen (garam, lada, gula pasir, kecap ikan, minyak cabe, saus tiram dan minyak bawang). Minyak bawang maksudnya, minyak bekas menggoreng bawang putih tadi.
Aduk rata.
Masukkan putih telor. Kocok rata
Masukkan daging cincang. Aduk rata
Masukkan daun bawang dan water chesnut. Aduk sampai rata.
Masukkan tepung tapioka. Aduk sampai rata.
Terakhir masukkan minyak wijen.
Minyak wijen dimasukkan terakhir, supaya aroma minyak wijen akan menetap. Kalau dimasukkan di awal2 tadi, aromanya akan hilang dan tidak akan sekeras kalau dimasukkan terakhir.

Sementara itu didihkan air dalam kukusan.
Masukkan isi siomay ke dalam kulit pangsit dan bentuk sesuai selera.
Bila air sudah mendidih, siomay siap dikukus selama kurang lebih 30 menit.
Sebelum mulai mengukus, semport siomay dengan air supaya tetap lembab.

Membuat saus kacang:
Haluskan semua bumbu kecuali jeruk limau. Kalau suka, nggak perlu sampai halus. Aku suka kalau kacangnya masih terasa pringkil2.
Bubuhi air matang dan kecap manis. Aduk rata.
Lantas beri perasan jeruk limau.
Ada cara lain membuat saus kacang yang praktis. Aku biasanya pake peanut butter yang crunchy – masih kerasa kries2 kacangnya. Dicampur dengan bumbu pecel dan air, lantas diaduk. Bubuhi kecap dan perasan jeruk limau.

Advertisements

40 thoughts on “SIOMAY

  1. rirhikyu said: ic, disini tenggiri juga mahallllll60rb sekilo….

    Di Papua kemaren, hampir tiap hari kami makan tenggiri. Suamiku hari pertama mancing dapet 5 ekor, gede gede. Yang paling gede 10 kg. Hari kedua dapet 3 ekor. Ternyata daerah situ adalah playgroundnya tenggiri.

  2. beautterfly said: Oke, ntar tak kirim nek lg d endonesyah. Opo mbok menowo sopo nyono aku uthuk uthuk ke nduluth karo nyangking emping jet *amin sekencengkencengnya*

    nganggo daging pitik.Ra sah ngenteni aku muleh, kapan wae awakmu ke Parakan, aku nitip yo. Mengko ben ibuku sing ngirim ke nDuluth. Luwih asik maneh yen awakmu sing nyangking ke Duluth tho. Melu ngaminkeeeeee!!!

  3. deikka said: kemarin siang saat setelah makan siang dengan menu gudeg, saya pengen nambah makan siomay tapi karena malu sama temen2 (ga enak keliatan lapernya juga makannya banyak bgt) ga jadi deh, sampai sekarang belum kesampean makan somay hahahaha…..

    wah malu malu rugi lah.

  4. tiarrahman said: siaw moay= adik perempuan kecil.

    Udang, daging, rodo ga ramah utk anak kosan heheiyo, sing kotak2 kuwi balok. Nek sing dowo2 kuwi stik talas. Alhamdulillah nek aman. Oke, ntar tak kirim nek lg d endonesyah. Opo mbok menowo sopo nyono aku uthuk uthuk ke nduluth karo nyangking emping jet *amin sekencengkencengnya*aku nginep di rmh bude di daerah sidoarjo,taman pinang. Trus halan halan nglewati jembatan merah trus ke tanjung perak mlebu kapal AL trus halan2 ke unesa, nyamar jd mahasiswi. Xixixi

  5. tiarrahman said: siaw moay= adik perempuan kecil.

    kemarin siang saat setelah makan siang dengan menu gudeg, saya pengen nambah makan siomay tapi karena malu sama temen2 (ga enak keliatan lapernya juga makannya banyak bgt) ga jadi deh, sampai sekarang belum kesampean makan somay hahahaha…..

  6. beautterfly said: Siyaaaal, emping jet ndisiki aku numpak montor maburr..Btw, wingi jumat n sabtu ak ke suroboyo loh..

    Tekan ngamrik karek separone Sar. Yang kotak kotak kecil jenenge opo Sar? Balok? Kuwi enak tenan. Eh eneng opo ke Surabaya? Suroboyone ngendi?

  7. beautterfly said: Apa kbr emping jet? Aman terkendali? ;p

    Aman buangettt. Gak tak lebokno bagasi, tapi tak tenteng. Ditenteng dalam arti sebenernya. Masuk tas, taruh di bawah kursi ben ra remek. Kemana mana digembol. Hahahahahah….Bener bener panganan ndeso yang naik pangkat mengalahkan tentengan lain lainnya.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s