BEHIND THE SCENE – BIKA AMBON PERJUANGAN

Asian Market disini, kebanyakan dikelola atau dimiliki oleh orang2 dari Asia Tenggara dan sekitarnya seperti, Kamboja, Laos, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Cina. Makanan Indonesia banyak yang mirip dengan makanan mereka. Seperti wajik (Kao Keo), Kue Lapis (Kao Nom Chan), Bubur Ketan Item (Kao Manh), Rengginang (nggak tahu apa bahasa mereka), Cendol, Kembang Goyang, dan masih banyak lainnya.


Yang bikin kaget, bika ambon pun juga ada, namanya Bahn Bo. Ini makanan kegemaranku. Waktu masih tinggal di Shanghai aku sering bikin, baik dari tepung instan (merk Tepung Pondan) maupun dari bahan dasar (scratch). Jarak Indonesia ke Cina nggak begitu jauh, sehingga ongkos kirim pos nggak begitu mahal, makanya ibuku sering mengirim tepung pondan. Kesukaanku sih lapis Surabaya dan Bika Ambon.

Lha disini, alamak, ongkos kirim pos sekilo 500 rebu, mana tahannnn. Ada Bahn Bo, lumayan lah meskipun rasanya nggak semantap bika ambon di Indonesia. Orang Jawa bilang sepo. Nggak kecium wanginya se
reh dan jeruk purut.

Karena rindu tak tertahankan, aku jalan jalan di internet nyari resep bika ambon. Wuih banyak juga sih, tapi ada satu yang menurutku yahud dan ciamik.
Aku bikin setengah resep dan dengan modifikasi disana sini. Lengkapnya bisa dibaca disini deh. Resep aslinya sih gulanya buanyakkkk sekali, ngebacanya aja udah neg duluan. Bayangin aja, satu resep gulanya 800 gr dengan perbandingan tepung tapioka 400 gr. Gileeeee, banyakan gulanya daripada tepung tapiokanya.

Susah susah gampang bikin bika ambon. Meskipun sudah ada Tepung Pondan, kok nggak bisa seperti Bika Ambonnya orang jualan itu sehhh, yang sarangnya bisa buanyak sampai ke dasar kue. Bolak balik bikin, sarangnya cuma nongkrong di atas doang. Apalagi bikin dari scratch, tambah deh. Kalau rasanya sih, uenak, tapi kan ya masih penasaran supaya bisa bersarang seperti jualannya orang orang itu lho. .

Di resep tsb, juga ditulis trik triknya. Itulah kenapa, aku merasa resep ini okehhh sekali, dibanding resep resep bika ambon yang lain. Dan perasaanku nggak salah. Insya Allah lanzarrrrrrr, dan kue bersarang sampai dasarnya. Alamakkkkk. Terima kasih buat mbak Ine yang sudah memposting resep tsb di NCC yang beliau dapet dari Primarasa.


Advertisements

5 thoughts on “BEHIND THE SCENE – BIKA AMBON PERJUANGAN

  1. mamahanna said: cantik oy kuenya…*ama ngecesaku juga nyobain beberapa kali ga bisa bersarang gito,cobain yah resep nya Evie..salam kenal….

    Salam kenal juga mbak. Dicoba mbak, kalau diikutin langkah2nya, Insya Allah berhasil. Aku dah nyoba berkali kali, gagal mulu. Yang gosonglah, yang nggak ada sarangnya lah, macem macem deh. Setelah tahu triknya, keranjingan deh. Sarangnya nyampe dasar adonan, gile..

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s