MFM #8: URAP JAGUNG SAMBEL TOMAT

Description:
Niat awalnya, pengen membuat grontol jagung. Nyari jagung biasa nggak dapet, adanya jagung manis. Sudah dikukus lama banget, jagungnya kok ya nggak mlethek mlethek.
Mendadak inget kalau jagung adalah makanan pokok orang Madura. Mulai deh di utak atik bikin resep ngawur. Biarin, yang penting enak dan ketemunya adalah jagung kukus diurap ama parutan kelapa dan ditemani sambel tomat. Bikinnya gampang.

Ingredients:
Seperti biasa, saya kalau masak nggak menggunakan takaran. Dikira kira pake perasaan.
Bahan bahan untuk jagung:
Jagung
Kelapa parut
Garam

Bahan bahan untuk sambal tomat:
Terasi
Tomat (Saya pake tomat hijau, karena memanfaatkan hasil kebun yang melimpah dan warnanya masih hijau semua. Sekarang sudah masuk musim gugur dan dingin. Sayang kalau tomatnya dianggurin).
Cabe (Saya menggunakan cabe hijau. Cabe disini yang pedes malah yg ijo. Yang merah nggak pedes blas).
Bawang putih
Bawang merah (Saya pake bawang merah yang besar. Karena bawang merah kecil yang biasanya banyak di Indonesia, disini jarang ada. Kalaupun ada harganya mahal banget. Pake bawang merah besar malah lebih efisien ngupasnya dan rasanya lebih pedes)

Directions:
Jagung dikukus
Kelapa parut dikukus dan taburi dengan garam

Sambel tomat:
Semua bahan diuleg kasar. Sambel terasiku berwarna coklat muda, karena menggunakan tomat ijo dan cabe ijo.
Cara penyajian:
Kkelapa parut diurap dengan sambel tomat lantas dicampurkan ke jagungnya
Bila suka, dikasih lalapan mentah lebih sedap. Pengennya sih pake kemangi, sayang kemanginya udah mulai ko’it karena kedinginan. Jadinya pake seledri aja, sekalian ngabisin seledri yang tumbuh makin subur. Udah dipotong bolak balik lha kok tambah trubus.
Dimakan anget2, rasanya uenakkkkk booo.

Advertisements

15 thoughts on “MFM #8: URAP JAGUNG SAMBEL TOMAT

  1. wiendacontat said: tfs enah..jagung ama sambel tomat yummy..

    Iya Wienda, emang enak. Tadinya aku juga sempet mikir, kok aneh ya. Tapi setelah di emplok, lha kok enak. Orang Madura malah lebih kumplit lagi. Dikasih ikan asin sama lalapan. Jagungnya lebih pera kayaknya dan pake sambel bawang.

  2. anikduewer said: Sampeyan nih suka bikin resep2 baru,bikin ngiker lho! Piye kabare mbak Evia? Sini yo wis mulai adem sejak akir september wingi!

    Sebetulnya bukan karena suka, tapi kepepet keadaan jeh. Hehehehe…Iyo neng kene yo wis adem tur udan sisan ra mandeg2. Tapi malah enak, soale nek mlaku2 gak panas. Nggawe jaket ae sing tebel.

  3. haleygiri said: Ternyata suseh ya bikin grontol? Aku blum pernah coba, lha di pasar banyak jeee… ntar kapan2 aku wawancara penjual grontol di pasar ah…

    Iyo e ning. Opo aku nggawe jagung manis kuwi yo sing nggarahi? Aku yo sempet ngobrol2 karo bakul jajan. Tapi sing diobrolno seje. Ra ngomongno coro nggawene, malah ngobrol liyane. Ngko nek awakmu wis wawancara bakul gronthol, diposting yo?

  4. shedariy said: Bagi dong…jadi pengen nyoba….

    Huweeeeeeee…. mauuuu!!!Ternyata suseh ya bikin grontol? Aku blum pernah coba, lha di pasar banyak jeee… ntar kapan2 aku wawancara penjual grontol di pasar ah…

  5. shedariy said: Bagi dong…jadi pengen nyoba….

    Minta tolong mama bikin, entar tak main kesana…hiahahahahaha…..maksa dot com….Taqabbalallahu minna wa minka….biasa dee ngunjungi eyang di Klaten…btw…daripada maksa mama tak coba dewe aja deh resepnya…TFS..

  6. shedariy said: Bagi dong…jadi pengen nyoba….

    Hai Ani. Piye carane mbagi? Mosok dipaketke, tekan nggonmu wis mambu. Enak ki An, masio resepe ngawur. Selamat Idul Fitri maaf lahir batin ya. Mudik kemana nih?

  7. elkaje said: Nah itu…. aku juga penasaran bikin grontol jagung…nggak pernah bisa meletek mekar cantik. piye ya?? apa kudu di rendam lama sebelum di kukus ya? masih penasaran.tapi urap jagung gini….asyik juga ya Vi

    Asik mbak, meskipun resepnya ngawur. Tapi enak lho masio ngawur. Kata ibuku, jagungnya musti yang agak tua dan garing. Kemudian direbus biar mlethek. Aku nggak tahu dimana musti nyari jagung kayak gitu disini. Kalau di Indonesia kan banyak ya yg jual jagung pipilan yg kering. Makanya ibuku mau ngirim jagung kering kesini, sekalian ama gatot instan dan tiwul instan. Pengennnn banget makan jajanan pasar kayak gitu.

  8. mimiallen said: Yummy deh kelihatannya urap jagungnya…apa kabarnya Evia??? udah mulai dingin belum di MN?

    Hai Mimi. Lama nggak kedengeren beritanya? Lagi mudik kah? Kabarku Alhamdulillah baik2. Udah dingin nih disini, suhu rata2 40 F. Kayaknya disini nggak pake musim gugur. Dari musim panas langsung deh ke winter. Lha wong duinginnnn banget. AKu aja udah mulai pake jaket tebel. Ampe diketawain orang2. Biar aja. Urap jagungnya enak Mi, meskipun keliatan aneh. Apalagi kalau sambelnya pedes trus dikasih udang yg dipotong cilik2. Wuah tambah mantep deh

  9. Nah itu…. aku juga penasaran bikin grontol jagung…nggak pernah bisa meletek mekar cantik. piye ya?? apa kudu di rendam lama sebelum di kukus ya? masih penasaran.tapi urap jagung gini….asyik juga ya Vi

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s