MUDIKNYA SAYA 2008 – PERSIAPAN

Yang jelas heboh deh.

Dimulai dengan kehebohan kasak kusuk nyari tiket di bulan Nopember 2007 padahal mudiknya aja baru Juni 2008.

Pengalaman di tahun tahun sebelumnya kalau memesan tiket Minneapolis – Surabaya atau Minneapolis – Jakarta sering sulit karena pihak Northwest Airlines kesulitan mencari connecting flight ke Indonesia. Kalau nyampe Singapore aja gampang, bagian susahnya adalah jurusan Singapore – Jakarta atau Singapore – Surabaya. Untuk itu kali ini kami pesen tiket nyampe Singapore aja. Sedangkan Singapore – Surabaya pesen tiket sendiri di websitenya Value Air.

Kehebohan yang kedua adalah beli oleh oleh. Indonesia banget gitu lho. Biasanya untuk oleh oleh, yang terpikir pertama kali adalah gantungan kunci dan magnet. Sayangnya udah jarang yang buatan lokal. Yang paling banyak sih buatan Cina. Nggak seru ah.

Akhirnya terpikir kenapa nggak makanan khas sini aja ya?

Karena di Minnesota banyak peternakan jadi produksi keju juga melimpah. Di hampir semua supermarket selalu ada pojokan khusus lumayan gede untuk keju. Bahkan ada dua tempat terpisah, yang satu untuk keju produksi masal dan yang satunya untuk keju industri rumahan dan butik. Tentunya yang terakhir harganya lebih mahal.

Toko toko suvenir disini juga seringkali menyediakan keju.

Bila musim semi tiba, dimana saat pasar tradisional mulai buka ada stand keju yang biasanya dimiliki oleh keluarga peternak yang tinggalnya nggak jauh dari pasar tersebut. Aneka keju dengan tampilan menarik dan rasa yang unik melambai lambai untuk dicoba. Disupermarket dimana saya kerja, sering ada sampel keju buat icip icip.

Selain keju sebagai pilihan oleh oleh, juga ada wild rice, salmon panggang, sirup maple yang hampir semuanya buatan Minnesota.

Kehebohan ketiga – ini nih yg bikin kalap –membuat daftar tempat yang akan dikunjungi selama mudik termasuk tempat jajanan dan juga daftar barang yang akan diangkut kemari. Setiap hari daftarnya bertambah panjang dan menjelang keberangkatan total halaman daftar tetek bengek tsb menjadi lebih dari 10 halaman. Minta ampunnnn.

Kalau membaca cerita di atas, rasa rasanya nggak perlu membawa banyak tas, toh baju juga nggak terlalu banyak yang harus dibawa. Kalau kurang bisa beli lagi disana. Saya memang jarang beli baju disini karena masalah ukuran.

Di bagian dewasa ukuran yang paling kecilpun masih kebesaran buat saya, sedangkan di bagian anak2 ukuran yang paling besar bisa masuk tapi ya gitu model dan motifnya….halah…tahu sendirilah buat anak anak gituloh.

Lha kok ternyata, koper dua tidak muat sodara sodara…

Insya Allah bersambung yeeee…..

Keterangan foto adalah pilihan saya untuk keju sebagai oleh oleh:

1 Cranberry Chipotle Cheddar Cheese, keju dengan tekstur agak keras dan rasanya sayup sayup pedes, cocoklah buat lidahnya orang Indonesia. Kebetulan ini bukan bikinan Minnesota tetapi Wisconsin – tetangganya Minnesota yang dikenal dengan sebutan state of dairyland.

2. Bread Cheese, keju dengan tekstur lembut agak lembek dan ada semburat warna coklat gosong. Cara makannya dipanggang dalam wajan panas tanpa minyak. Setelah meleleh baru ditangkupkan ke dalam roti. Sedap dan gurih euy. Ini juga buatan Wisconsin.

Advertisements

25 thoughts on “MUDIKNYA SAYA 2008 – PERSIAPAN

  1. estherlita said: iya bagus juga neh diposting bagaimana step2nya mudik…biar saya termasuk sering mudik tapi selalu masih kedadapan kalau urusan step by stepnya…akhirnya ujungnya main sabet…

    Ini aja saya juga masih nabyak nabyak mbak, meskipun udah dipersiapkan 9 bulan sebelumnya.Saya orangnya pelupa parah, segala sesuatunya musti ditulis. Makanya ampe bisa mencapai 10 halaman buat dartar persiapan mudik. .

  2. erm718 said: hi hi… podo mbak, nek meh mudik pasti gawe daftar oleh2 berlembar2… lha wis sedulurku akeh juga. Dan yg pasti aku nyoba utk kasih sesuatu yg unik/khas gitu.

    Nah kan…ternyata nggak aku aja yg bikin daftar tetek bengek kalau mudik. Sindroma pulang kampung, yang heboh bener ya.

  3. haleygiri said: uh keju… seneng banget. Klu disuruh milih keju ma coklat, akupasti pilih keju!

    hi hi… podo mbak, nek meh mudik pasti gawe daftar oleh2 berlembar2… lha wis sedulurku akeh juga. Dan yg pasti aku nyoba utk kasih sesuatu yg unik/khas gitu.

  4. haleygiri said: uh keju… seneng banget. Klu disuruh milih keju ma coklat, akupasti pilih keju!

    Aku seneng dua duanya. Tampangnya wild rice seperti ketan item tapi lebih panjang. Rasanya ngacang (kata dasar kacang). Kalau nggak nemu ketan item, aku sering pake wild rice ini buat bikin ketan item trus dikasih santen. Gurih manis dan ngacang.

  5. theresajackson said: Wah, selamat mudik…Aku baru aja sembuh dr sakit berat! Maafin ya keterlambatannya….

    Sudah balik kok mbak. Mudiknya bulan Juni – Agustus.ALhamdulillah sudah sembuh….Aku kangen sama celotehannya. Nggak perlulah minta maaf, wong lagi sakit. Tak dongakno sehat selalu.

  6. cahayahati said: aduuuhh … aku sampai menelan ludah lho Evia membaca tentang keju ini. Hmmmm … sedap sekali. Nggak sangka lho ternyata pesen tiket sampai Surabaya tuh repot. Tentang oleh-oleh, ide bagus sekali … untuk aku yang gak koleksi gantungan kunci atau magnet lemari es, bingung juga kalau selalu dioleh-olehi itu. Magnet lemari es masih mending, walaupun tempat di lemari es makin sempit, tapi gantungan kunci ini nih yang bingung. Apalagiiiiiiiiiiiiiiii yang bisa digantungi yah. Nanti lebih berat gantungannya dari kuncinya … heheh.10 halaman barang yang akan dibawa !!!!??? Wawwww …. jatah berat dari airlines gak cukup dong yah …

    Tiket ke Indonesia emang susah kalau dari sini, terutama nyari tanggal yang pas. Udah ketemu tanggal berangkat, eh….ternyata di Singapore musti transit 2 hari. Kan males. Udah ketemu connecting flight nya yg oke, eh…nggak tahunya tanggal berangkat dari sininya yg nggak ada. Mereka nyarinya connecting flight dengan airlines yg gede2 seperti SQ, Garuda, KLM, MAS dll. Kalau budget airlines mereka nggak bisa, jadi ya terpaksa kita nyari sendiri. Padahal justru budget airlines yg banyak dan tentunya murah. Hehehehe…Kalau pake SQ atau Garuda, muahalll booo. Oleh2 emang bener Angky. Kayaknya sih udah pasaran ya ngasih gantungan kunci ama magnet. Saya pengen ngasih sesuatu yang lain tetapi masih berciri khas daerah asal. 10 halaman itu bukan hanya daftar barang belanjaan aja lho. Tapi daftar tempat2 yg pengen dikunjungi, daftar tempat2 makanan yang pengen dijajal. Begono.Kalau barang belanjaan aja nggak banyak kok, setengah halaman A4 dan itu sudah memakan 2 koper, 1 duffel bag dan 1 backpack besoarrrrr. Total jendral bawaan kami sewaktu balik ke Amrik adalah 90 kg. Huaduhhhhh… minggat atau mudik yah 🙂

  7. aduuuhh … aku sampai menelan ludah lho Evia membaca tentang keju ini. Hmmmm … sedap sekali. Nggak sangka lho ternyata pesen tiket sampai Surabaya tuh repot. Tentang oleh-oleh, ide bagus sekali … untuk aku yang gak koleksi gantungan kunci atau magnet lemari es, bingung juga kalau selalu dioleh-olehi itu. Magnet lemari es masih mending, walaupun tempat di lemari es makin sempit, tapi gantungan kunci ini nih yang bingung. Apalagiiiiiiiiiiiiiiii yang bisa digantungi yah. Nanti lebih berat gantungannya dari kuncinya … heheh.10 halaman barang yang akan dibawa !!!!??? Wawwww …. jatah berat dari airlines gak cukup dong yah …

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s