KERANG MATA SAPI

Namanya memang aneh, ada kerang kok kayak mata sapi. Yah begitulah penduduk lokal menamai kerang tersebut karena emang penampakannya mirip matanya sapi. Dagingnya tebel. Kerang ini saya temukan di Ujung Genteng di salah sebuah rumah nelayan yang rumahnya disewakan untuk diinapi. Lha iya lah masak dipake buat perang perangan.

Kebetulan si nelayan dapat tangkapan kerang ini dan saya disuguhi makan malam dengan lauk ini dan gratis. Baik banget yah. Makan malamnya sudah malam sekali, dan waktu itu saya baru pulang dari air terjun Cimarinjung. Mau keluar penginapan juga paling nggak ada yang jual makanan. Istrinya pemilik penginapan menawari makanan ini yang katanya seadanya saja. Walah…kayak gini seadanya, gimana yang kumplit yah? Ada nasi, ada oseng2 kerang mata sapi, ada lalapan.

kerang-mata-sapi-collage-copy

Rasanya? Pedes, gurih, enak gilak. hehehehe…

Advertisements

18 thoughts on “KERANG MATA SAPI

  1. enkoos said: lha trus sama mereka diapain? Dibuang gitu aja?Jangankan yang bagus gitu, yang bluwek gak menarik seperti cangkangnya tirem aku simpen Feb. Belum tahu mau dipake apa, seneng aja ngumpulin. Sapa tahu buat foto makanan kalau ada yang cocok.

    memang, dibuang sama mereka, taun 2001 tuh bener2 bisa dibilang mereka tertinggal deh 🙂
    mrk ga tau manfaatin cakang kerang.
    mereka bilang pepaya makanan babi (belum tau kl pepaya itu enak)
    mereka bilang labu kuning makanan babi, ga tau mrk kl di jawa buat kolak

    pokoknya banyak pantai yg belum terjamah deh 🙂
    indahhhh
    ga tau taun skrg

  2. rirhikyu said: eh eh.. dulu disana, kl masyarakat asli liat kita2 ngumpulin kerang, mereka heran loh. katanya kerang kan buat dimakan, ngapain dikumpulin cakangnya :))padahal cakep2 lohhhhh

    lha trus sama mereka diapain? Dibuang gitu aja?
    Jangankan yang bagus gitu, yang bluwek gak menarik seperti cangkangnya tirem aku simpen Feb. Belum tahu mau dipake apa, seneng aja ngumpulin. Sapa tahu buat foto makanan kalau ada yang cocok.

  3. enkoos said: cakep ya warnanya. Bisa dipake hiasan tuh cangkangnya.

    eh eh.. dulu disana, kl masyarakat asli liat kita2 ngumpulin kerang, mereka heran loh. katanya kerang kan buat dimakan, ngapain dikumpulin cakangnya :))
    padahal cakep2 lohhhhh

  4. rirhikyu said: kerangnya cakepppppp….eh aku pernah liat tuhhh…. kayak kerang daram tapi gedheee banget, ada kali gedenya kayak kedua tangan ditangkupi jadi satu. wow… en aku liatnya di floressss *makin iming2i*

    heh???
    di Flores juga ada?
    *mata langsung munyer munyer*

  5. rudiegusteno said: jangandiposting yang matengnya ahh…ga tega liatnya..

    kerangnya cakepppppp….

    eh aku pernah liat tuhhh…. kayak kerang daram tapi gedheee banget, ada kali gedenya kayak kedua tangan ditangkupi jadi satu. wow… en aku liatnya di floressss *makin iming2i*

  6. cahayahati said: wiiissss cuakep fotonya dan kerangnya juga … tapi tega makan gak ya ??

    Kalau dah jadi hidangan, nggak keliatan sama sekali rupa aslinya. Rasanya mirip cumi cumi. Ntar deh Insya Allah aku posting bentuk matengnya.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s