Backpacking keliling Amerika [Persiapan]

Menggaruk jalanan, menggembel, mbambung, backpacking atau apalah istilahnya terserah. Yang jelas intinya adalah menikmati setiap jengkal perjalanan tanpa dikejar waktu dan dengan biaya minimal karena setiap tempat dan setiap perjalanan memiliki daya tarik tersendiri.

PERSIAPAN

Di tahun 2009 ini saya memang tidak berniat untuk pulang kampung. Selain karena harga tiket pesawat semakin mahal, saya pengen menjelajah kampungnya orang. Boleh dong sekali sekali ngayap di negerinya orang. Enggak tanggung tanggung. Kali ini saya berdua dengan buah hati ngayap keliling Amerika menyusuri jalur kereta api selama 50 hari melintasi 19 negara bagian. Seperti biasanya, mbambung dong. Lamanya waktu penggarukan tidak memungkinkan suami untuk bergabung dari awal perjalanan tetapi kami akan bertemu di beberapa titik yang telah disepakati bersama.

Meskipun nggembel, persiapannya sudah mulai dilakukan setahun sebelumnya dengan mempelajari jadwal dan rute yang dikirim oleh Amtrak, perusahaan pengelola kereta api di Amerika. Saking kompleksnya rute dan jadwal kereta api, formatnya mirip majalah. Selain format majalah, melalui situsnya Amtrak juga menyediakan skedul dan rute yang bisa diunduh dan dicetak. Harga tiket yang ditawarkan sangat beragam tergantung jarak dan jenis gerbong. Itu kalau kita membeli tiket secara ketengan. Akan lebih murah bila kita membeli tiket terusan untuk perjalanan panjang yang dikenal dengan nama USA Rail Pass. Pass tersebut dijual dengan tiga macam yaitu pass 15 hari dengan 8 segments, pass 30 hari dengan 12 segments dan pass 45 hari dengan 18 segments.

Segment adalah titik awal dimana kita berangkat sampai dengan titik akhir dimana kita berhenti. Contohnya, jalur Surabaya Jakarta bisa merupakan satu segment bila kita bablas langsung ke Jakarta dari Surabaya tanpa turun di stasiun antara, nggak perduli meskipun keretanya berhenti di setiap stasiun. Apabila kita turun di stasiun antara, Semarang misalnya dan baru melanjutkan perjalanan keesokan harinya, maka Surabaya Semarang adalah satu segment. Setelah seharian atau lebih jalan jalan di Semarang dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Jakarta, nah Semarang Jakarta adalah segment berikutnya. Jadi musti pinter pinter mengatur rute supaya ngggak rugi. Seperti misalnya, perjalanan Duluth ke St Paul akan lebih hemat bila membayar secara ngeteng daripada menggunakan segment di USA Rail Pass karena jaraknya hanya 2.5 jam perjalanan. Mendingan segmentnya dipake untuk jarak jauh misalnya dari Seattle di negara bagian Washington ke Emeryville di negara bagian California yang memakan waktu perjalanan semalam penuh.

Selain USA Rail Pass, ada lagi California Rail Pass. Sesuai dengan namanya, pass ini hanya berlaku untuk kawasan negara bagian California selama 21 hari perjalanan. Bagi anak anak u sia 2 sampai dengan 15 tahun mendapatkan potongan harga sebesar 50% untuk segala jenis tiket maupun pass. Sebagai mahasiswa, saya juga tidak menyia nyiakan kesempatan mendapatkan potongan harga sebesar 15% yang bisa didapatkan dengan menunjukkan Student Advantage Card. Selain untuk mahasiswa, kartu ini juga bisa digunakan oleh pelajar sekolah menengah. Lumayan lah meskipun nggak sebesar potongan harga untuk anak anak. Sayangnya kartu ini tidak berlaku untuk USA Rail Pass, karena harga USA Rail Pass sudah sangat murah. Kartu tsb hanya berlaku pada saat kita membeli tiket secara ketengan. Student Advantage Card ini bisa juga digunakan untuk mendapatkan potongan harga di outlet outlet yang berkaitan. Bagi mahasiwa internasional juga ada potongan khusus dengan menunjukkan kartu identitas yang berlaku. Masih belum cukup? Yang bukan mahasiswa, nggak usah kuatir karena masih ada beberapa program potongan harga yang lumayan cihui, seperti untuk penduduk manula, kalangan militer aktif beserta keluarganya. Keterangan lebih lengkap bisa dipelajari di situs Amtrak. Kalau kebanyakan ngoceh disini mengenai Amtrak, kapan dong cerita perjalanannya. Lagian saya bukan salesnya Amtrak deh.

Selain mempelajari jadwal dan rute yang ingin dilewati, saya juga mempelajari tempat tempat yang akan disinggahi. Kriterianya bukan hanya tempat tersebut menarik tetapi juga tersedianya angkutan umum dengan harga terjangkau. Bila perlu gratis. Namanya aja nggembel, ya nggak. Kriteria tempat menarik tentu tidak sama untuk setiap orang. Yang demen blanja blenji pasti yang dituju kota kota besar berfasilitas lengkap. Yang suka sejarah njujugnya ke tempat tempat yang kaya dengan museum. Bagi orang hutan seperti saya – beda tipis dengan orangutan – taman nasional dan kawasan terpencil yang masih perawan sudah jelas akan menjadi jujugan. Sedapnya lagi, jalur kereta Amtrak banyak melewati kawasan taman nasional. Bila sedang musim liburan, Amtrak bekerja sama dengan pengelola taman nasional dengan menempatkan para petugas sukarelawan taman nasional di gerbong kereta api untuk berpromosi dan memutar film. Mirip pedagang asongan di angkutan umum di Indonesia, namun lebih terorganisir.

Persiapan lain yang cukup penting adalah tempat menginap. Banyak tersedia pilihan murah meriah seperti misalnya hostel yang harganya dihitung per kepala dan bukan per kamar. Kalau di kawasan taman nasional kita malah bisa kemah dengan harga yang sangat murah asal kita juga membawa perlengkapan kemping. Selain beberapa pilihan yang sudah saya sebut tadi masih ada lagi yang patut diperhitungkan, yaitu hotel gratis. Bukan menumpang nginap di rumah rumah penduduk seperti dulu sering saya lakukan, bukan pula penjara. Tapi kenapa gratis? Kalau kita sering menginap di satu atau beberapa jaringan hotel, seringkali hotel hotel tersebut menerapkan sistem reward untuk tamu loyal yang biasanya berupa poin. Bila poin tersebut dikumpulkan bisa digunakan untuk menginap gratis. Inilah yang akan saya pergunakan, karena suami saya sering melakukan perjalanan dinas ke segala penjuru dunia yang tentunya menginap di beberapa jaringan hotel. Total jumlah hari menginap bisa mencapai bulanan.

Rute dan jadwal perjalanan sudah. Tempat untuk ndlosor juga sudah. Sekarang lanjut ke urusan barang tentengan. Ini nggak kalah penting. Gimana caranya jalan jalan dengan bawaan segambreng tapi tetep ringan ditenteng. Bawa baju nggak perlu banyak2. Toh perginya juga di musim panas dan tempat pencucian umum banyak tersedia di mana mana. Banyak kawasan perkemahan yang berada di beberapa taman nasional besar menyediakan tempat cuci yang menggunakan koin. Yang penting, sedia baju dalam dan kaos kaki dalam jumlah cukup. Saya nggak suka pake disposable underwear karena tidak ramah lingkungan dan juga nggak nyaman. Saya juga mempersiapkan baju yang lumayan pantes untuk menghadiri acara agak resmi misalnya ke kedutaan atau diundang makan malam. Siapa tahu nanti di LA ketemu binatang film yang bisa diprejengi. Sarung batik sudah cukup memadai. Bisa buat selimut sekaligus baju kan. Dwifungsi.

Bawaan lain yang nggak boleh dilupakan adalah kamera dan printhilannya. Karena saya nggak mau direpotkan urusan bawaan, cukup membawa lensa sapu jagat, 18-200 mm. Lebar dapet, jauh juga dapet. Mau makro juga dapet kalau kondisinya memungkinkan.

Setelah gedumbrangan mempelajari rute dan jadwal, akhirnya diputuskan untuk memulai trip nggembel ini Insya Allah dari tanggal 14 Juni 2009 dan berakhir tanggal 1 Agustus 2009.

Rutenya adalah: Duluth, MN – St Paul, MN – Glacier National Park, MT – Wenatchee, WA – Seattle, WA – Emeryville, CA – San Francisco, CA – Merced, CA – Yosemite National Park, CA – Hanford, CA – Visalia, CA – Kings Canyon & Sequoia National Park, CA – Bakersfield, CA – Los Angeles, CA –Williams, AZ – Grand Canyon National Park, AZ – Flagstaff, AZ – Albuquerque, NM – Raton, CO – Colorado Springs, CO – Denver, CO – Chicago, IL – Buffalo, NY – Niagara Falls, NY – New York City, NY – Washington DC – Chicago, IL – St. Paul, MN – Duluth, MN.

Ada 10 negara bagian yang akan kami singgahi dari total 19 negara bagian yang akan kami lewati.

USA map2edit

Rute backpacking

Catatan:
MN = Minnesota
MT = Montana
WA = Washington
CA= California
AZ = Arizona
NM = New Mexico
CO = Colorado
IL = Illinois
NY = New York
DC = District of Columbia

Bersambung

Related posts

  1. Membayar ongkos taksi dengan do’a di Seattle
  2. Jatuh cinta di kota New York [6]
  3. Jatuh cinta di kota New York [5]
  4. Jatuh cinta di kota New York [4]
  5. Jatuh cinta di kota New York [3]
  6. Jatuh cinta di kota New York [2]
  7. Jatuh cinta di kota New York [1]
  8. Saat saat keberangkatan
Advertisements

34 thoughts on “Backpacking keliling Amerika [Persiapan]

  1. Hi blogger, i must say you have hi quality content here.
    Your blog should go viral. You need initial traffic
    only. How to get it? Search for: Mertiso’s tips go viral

  2. naurazain said: berapa biaya yg dihabiskan mbak ? jd kepingin tau nih 🙂

    wah gak merinci.dulu nulis catpernya acak adut *ampe sekarang juga seh. hehehehe*harga USA Rail pass u/ 30 hari: USD 749penginapan per hari USD 20 (hostel)kalau di Taman Taman Nasional, yang menyediakan spot hiker biker: USD 7/ orang/hari. Kalau yang gak ada spot hiker biker, rata rata USD 20/tenda/hari. Kalau bukan Taman Nasional lebih mahal, rata rata USD40/tenda/hari.Taman Nasional lebih murah karena dikelola negara. Begitchu… 🙂

  3. penuhcinta said: Minta kirim doang gratis kan? Hi…hi.

    Hahahahah….iya dunks, gratis tis tissss.Waktu aku planning dulu itu, minta. Trus ternyata tiga bulan kemudian ada perubahan. Minta lagi. seusai perjalanan, cerita2 di empi, ada yang tertarik. aku minta lagi buat dikirim ke orang itu. tiga kali minta, tiga kali gretong. asik kan.

  4. enkoos said: minta kirim jadwal&rutenya aja dulu Ir. Gak bakal rugi. Bisa dibaca2 dulu sebelum mengambil keputusan. Panduannya keren abis. Mereka bikin skedul detil banget. Enak bacanya.

    Minta kirim doang gratis kan? Hi…hi.

  5. penuhcinta said: Mbaaaakkk aku naksir banget rute California Zephyr. Dari kemaren2 udah lirak-lirik di amtrak dan ulasan2nya di Internet. Tahun depan kali ye… tahun ini udah ada sesuatu yang mendadak.

    minta kirim jadwal&rutenya aja dulu Ir. Gak bakal rugi. Bisa dibaca2 dulu sebelum mengambil keputusan. Panduannya keren abis. Mereka bikin skedul detil banget. Enak bacanya.

  6. tintin1868 said: wuih usa railway rute.. jadi inget m.arie nih.. abis ke rusia mo ke usa kayanya jajal kereta..ngakak baca lensa sapu jagad.. 😀 menik menikmatinya ya?

    Mbaaaakkk aku naksir banget rute California Zephyr. Dari kemaren2 udah lirak-lirik di amtrak dan ulasan2nya di Internet. Tahun depan kali ye… tahun ini udah ada sesuatu yang mendadak.

  7. tintin1868 said: wuih usa railway rute.. jadi inget m.arie nih.. abis ke rusia mo ke usa kayanya jajal kereta..ngakak baca lensa sapu jagad.. 😀 menik menikmatinya ya?

    nyusul di LA California dan Albuquerque New Mexico. Menik belum ada hobi nulis. Sayang ya. Nggak apa deh karena gak bisa dipaksa. Pelan pelan aja.

  8. tintin1868 said: wuih usa railway rute.. jadi inget m.arie nih.. abis ke rusia mo ke usa kayanya jajal kereta..ngakak baca lensa sapu jagad.. 😀 menik menikmatinya ya?

    masbule-nya nyusul dimana? ga semua titik kan ya?menik bisa bikin diari tuh jalan2 ngegembel gitu..

  9. tintin1868 said: wuih usa railway rute.. jadi inget m.arie nih.. abis ke rusia mo ke usa kayanya jajal kereta..ngakak baca lensa sapu jagad.. 😀 menik menikmatinya ya?

    huaaaa…asik, mba arie kira2 mau gak ya main kerumahku? wink winkiya, menik menikmati buanget. bangga banget dia bisa cerita ke temen2nya, udah pergi kemana mana dengan jalan yg gak lazim. kami sempet hitchhiking juga loh.

  10. rengganiez said: *nggedruk2 pingin*Mbak, terima adopsi anak gak? *mengajukan diri*

    wuih usa railway rute.. jadi inget m.arie nih.. abis ke rusia mo ke usa kayanya jajal kereta..ngakak baca lensa sapu jagad.. 😀 menik menikmatinya ya?

  11. myjdon said: anakku (Joe,7th, L) seneng se.x dg cerita kereta. & yg dia tahu kl di amerika cuma ada amtrax.Apa amtrax itu sama spt PJKA ?? Atau adakah nama operator lainnya ?Apa nama-nama kereta yg ada di amerika sana, misal argo bromo (exe), turangga (exe), bima (exe), mutiara selatan (bis,eco), santcaka (exe,bis), sri tanjung, krd (eco) …Tks

    *nggedruk2 pingin*Mbak, terima adopsi anak gak? *mengajukan diri*

  12. myjdon said: anakku (Joe,7th, L) seneng se.x dg cerita kereta. & yg dia tahu kl di amerika cuma ada amtrax.Apa amtrax itu sama spt PJKA ?? Atau adakah nama operator lainnya ?Apa nama-nama kereta yg ada di amerika sana, misal argo bromo (exe), turangga (exe), bima (exe), mutiara selatan (bis,eco), santcaka (exe,bis), sri tanjung, krd (eco) …Tks

    jadi semakin menarik nih..Awalnya anak saya sangat takut dg kereta (sama spt bapaknya…copy paste deh), tp begitu dengar suara dari speaker palang pintu kereta (mungkin sdh tahu ya), dia mli tertarik kereta…Kebetulan di tempat kakungnya (grandpa) ada kereta uap untuk narik kayu perhutani (masih ada). Mli tahu dia aneka kereta, ada kereta barang (bawa semen, pupuk pusri, & tangki pertamina), yg belum dilihatnya (kecuali di video/film) kereta batubara.Pertanyaannya mli detail : berapa gerbongnya, berapa kecepatannya (dari masing2 jenis kereta), dia tahu kalo ada kereta yang bisa narik roket pesawat luar angkasa (setahu saya kereta bawa misil rudal ?? )Mungkin bisa diberi ilustrasi gmn pelayanan di kereta api amrik dg di Indonesia…Tksnb. makasih ada bahan cerita kalo diberondong pertanyaan lagi sama Joe… he.. hee…hee…

  13. myjdon said: anakku (Joe,7th, L) seneng se.x dg cerita kereta. & yg dia tahu kl di amerika cuma ada amtrax.Apa amtrax itu sama spt PJKA ?? Atau adakah nama operator lainnya ?Apa nama-nama kereta yg ada di amerika sana, misal argo bromo (exe), turangga (exe), bima (exe), mutiara selatan (bis,eco), santcaka (exe,bis), sri tanjung, krd (eco) …Tks

    terima kasih sudah membaca ocehan saya disini dan terima kasih sekali lagi atas appresiasinya.Iya betul Amtrak itu seperti PJKA. Di beberapa kota besar di kawasan East Coast seperti New York City dan Washington DC ada operator lain selain Amtrak. Begitu juga di Chicago. Kereta kereta yang non Amtrak itu biasanya melayani rute pendek. Saya nggak bisa cerita lebih detail mengenai yang non Amtrak karena nggak tahu.Nah, kalau Amtrak, mereka menamainya sesuai rute. Contohnya: Rute dari Chicago sampai Seattle dinamain Empire Builder. Sekali berangkat kalau nggak salah ada 12 gerbong yang ditarik 2 lokomotif. Kurang jelas juga 2 loko ini sudah termasuk dalam 12 gerbong itu atau tidak. Yang saya tahu pasti, sekali berangkat ada 2 lokomotif (posisinya di depan semua), 1 gerbong makan, 1 gerbong observasi, beberapa gerbong coach class, beberapa gerbong tidur. Dinamakan gerbong observasi, karena fungsinya untuk melihat lihat pemandangan. Hampir seluruh dindingnya dan hingga mencapai atap terbuat dari kaca. Ini salah satu gerbong favorit para penumpang. Disinilah para penumpang bisa berinteraksi dengan penumpang lain. Tempat duduk di gerbong coach class sangat nyaman. Jarak antara kursi satu dengan kursi depannya sangat lapang, seperti kursi first class di pesawat terbang. Kalau gerbong tidur, harga tiket sudah termasuk makan 3x sehari. Secara umum, rute2 panjang menyediakan gerbong tidur. Seperti contohnya rute Empire Builder seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Mengenai nama2nya, wah boanyakkkk sekali.Rute Chicago ke San Francisco namanya California Zephyr. Rute Chicago ke Los Angeles namanya Texas Eagle. Rute Seattle ke Los Angeles namanya Sunset Limited. Dan lain dan lain. Kalau disebut semua, bisa menghabiskan berhalaman halaman.Itulah sebabnya saya mempelajari trip ini sejak setahun sebelumnya melalui timetable mereka yang formatnya seperti majalah. Kalau memang anda tertarik, terutama untuk anaknya, mau saya kirimin majalah tentang Amtrak sekaligus timetablenya? Saya dapetnya gratis tis tisssss.Berbeda dengan di Indonesia dimana kereta eksekutif hanya berisi gerbong eksekutif dan bisnis saja, dan bila dalam waktu bersamaan dua jenis kereta berpapasan, yang kelas rakyat harus mengalah kepada kereta eksekutif. Itu kalau di Indonesia.Kalau disini, kereta penumpang yang justru diutamakan. Saya nggak sebut kelas rakyat atau kelas eksekutif karena dalam satu rangkaian gerbong kereta, kelasnya bervariasi. Mm…apalagi ya. Kalau masih ada yang ditanyakan, jangan sungkan sungkan hubungi saya lagi ya.

  14. shedariy said: berdua thok sama Menik?, si akang piye dong ditinggal?

    anakku (Joe,7th, L) seneng se.x dg cerita kereta. & yg dia tahu kl di amerika cuma ada amtrax.Apa amtrax itu sama spt PJKA ?? Atau adakah nama operator lainnya ?Apa nama-nama kereta yg ada di amerika sana, misal argo bromo (exe), turangga (exe), bima (exe), mutiara selatan (bis,eco), santcaka (exe,bis), sri tanjung, krd (eco) …Tks

  15. shedariy said: berdua thok sama Menik?, si akang piye dong ditinggal?

    Yo piye maneh, kangmas kan kerjo. Tapi di beberapa titik Insya Allah kami sepakat untuk bertemu. Istilahnya, ini gantinya mudik. 3 bulan di rumah doang yo manyun rek.

  16. @lafatah: waduh :)@didihan: sampeyan perlu dipancing ancene, ben iso pating pecothot. Lha kuwi wis mulai crito.@cutyfruty: yukkkkk… kutunggu kedatanganmu darling :)@erm718: lha iyo mbak, aku dah ngulik rute dari setahun dan NY aku masukkan daftar kunjungan wajib dgn alasan ada sampeyan. Aku kan nggak demen kota. Satu2nya alasan ke NY ya mergo ono sampeyan. Hiks hiks….*gero gero neng pojokan*.@iwanriswandi: manusia satu ini, kemana aja nggak pernah nongol. @asripamuncar: ndelok ndelok mood kantong mbak. nek udele bolong yo neng sby :))@krisnadiantha9: selamat apa? selamat jalan? selamat nggembel :)@ppramono: heheheheh…oui mon ami!!!! gaya yak gue :)@rravasia: hayuhh, backpacking di tempatmu coy. kan nggak jauh. Ongkos lebih murak pulak. Aku nggak gablek 15mm. @hblinka: jadi dong nendanya. Kan kempingnya di TN. Kalau di kota2 besar, ya ndlosor di hostel coy.

  17. Weleh.. weleh… gw ngiri..pingin banget bisa backpacking-an di Amrik.. Pokoke setiap ada kesempatan nulis dlm perjalanan lu nulisin gw ya pengalaman lu.. tentu juga hasil jepretan the man behind the shutter..

  18. wah ini yg baru namanya cerita, nggak spt aku , nggak iso cerito rekaku biyen yo numpak US RAIL PASSmenggaruk EAST COAST, start New Yorkroutenya: New York – Washington- Baltimore – Orlando – Boston – Miami – New York lah seng enak dan marem gawe ngeluk boyok ndek holiday inn, wong murah dpt discountholiday inn hijau bayar 15 $ kalau yg crowne plaza 25 $ jd semua penginapan tempat leyeh2nya di holiday inn, di NY nginap di Crowne Plaza , 42 street manhattan he he he he just 25$ lho he he he hemakan biasa MBONTOT dimakan di kereta

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s