Bila makanan diliput secara jenaka. Renyah dan enak dibaca.

jagomakan.blogspot.com

Saya sudah tak ingat lagi, kapan saya menemukan blog itu. Yang jelas, semenjak itu saya ketagihan untuk mengunjunginya. Saking rajinnya, nama blognya hapal di luar kepala. Sambil merempun saya bisa ngetik alamat blog tersebut.

Bisa ditebak dari namanya, bahwa blog tersebut mengulas makanan dan sebagian besarnya adalah makanan khas Jawa Timur. Adanya blog seperti itu cukup menghibur bagi seorang perantau seperti saya yang sering terserang homesick. Menghibur sekaligus menyiksa. Clegak cleguk kemudian ndodros tanpa bisa dicegah.
Tetapi bukan itu saja yang membuat saya gandrung dengan blog tersebut. Tulisan tulisannya yang begitu jenaka seolah menggambarkan karakter si penulis yang memiliki selera humor tinggi.

Coba simak salah satu tulisannya ini:

“Tenang bos demi tugas mulia ini, aku siap berkorban. Ini adalah pengabdianku sebagai jurnalis kuliner sejati. Tak surut diterjang kolesterol ! *bergaya ala Bangsawan Kaya Lemak.”

Belum lagi tulisan tulisan lainnya yang sering membuat saya terpingkal pingkal di depan komputer. Konyolnya lagi, saya tertawa sendirian. Ini salah satunya:

“Ndol, kalau kamu dipanggil klething orange, yo maju aja !”
“Oyi siap ! gampang banget nurut saya.”

Giliran saya tampil, yang lihat sudah pada ketawa semua. Padahal saya nggak ngapa-ngapain. Kostum saya juga sederhana, kebaya ama sarung (habis jaritnya nggak cukup, saya dipaksa pake sarung Cap Manda Duduk, eh salah Cap Gajah Duduk. Hikss..)

Tiba giliran saya …
Saya deketin Si Mas Ande ini, tiba-tiba dia mendadak kejerrrrr, simboknya pun panik. Lho kamu kenapa toh Nak ? kok mendadak kena ayan ? tanya simboknya.

Masih dalam scene adengan kejerrrr yang dibuat-buat, Si Dimas Ande, ini menjawab.

Aduh..simbok, kenapa anakmu yang imut ini, kau jodohkan dengan kulkas tiga pintu. Nggak mauuu .atutttttt !!!!

Karena hobi makan, dalam hal menggerutu pun nggak jauh dari urusan makanan. Seperti yang saya baca di tulisannya “Maling Kupang”.

ASEM, JAMBU TELO …kok mentholo men, iku maling. 

Misuh misuh, tapi khas tukang makan. Kok ya nggak jauh dari makanan gitu lho.

Meskipun memiliki selera humor tinggi, penulisnya ternyata juga memiliki hati selembut tahu. Ini saya simpulkan setelah membaca tulisannya yang diberinya judul “Kupang Lontong Tanjung Perak 2”

Coba simak secuil tulisannya itu:
Embah saya ini pemilik catering kondang di Malang, pegawainya ada 30-an, rata-rata adalah para ibu-ibu manula dan warga sekitar yang pengganguran. Waktu itu, saya bertanya, Mbah, kok menerima para manula itu bekerja, apa embah nggak kasihan, khan mereka sudah tua !

Embah saya bilang, Mereka yang lanjut usia itu bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa. Mereka mestinya diberi tempat dan dihargai. Kita tidak pernah tahu datangnya rejeki dari mana, bisa jadi, rejeki yang kita nikmati ini, datangnya juga dari doa-doa mereka yang tulus ! * Mendengar jawaban itu, saya langsung menangis.

Kenangan si penulis akan embahnya itu yang mendorongnya untuk melakukan hal yang sama, merekrut ibu ibu manula pada saat membuka warung kupang lonthong. Ya, si penulis blog itu selain berprofesi sebagai jurnalis juga seorang pengusaha warung kupang lonthong. Warungnya sudah beranak pinak lho.

Nggak heran bila blog yang tulisannya nano nano itu pernah menyabet berbagai penghargaan dibidang penulisan. Lha iyalah masak dibidang perbengkelan.

Advertisements

20 thoughts on “Bila makanan diliput secara jenaka. Renyah dan enak dibaca.

  1. leoariefbudiman said: makasih mbak….keren tuh blog…

    Dah meluncur kesana mas?Banyak sentra2 jajan kelas rakyat lho mas. Kampung pembuat lonthong, artinya sak kampung isine pengrajin lonthong. Trus ada lagi sentra pembuat jajan di kampung kawasan Keputran.

  2. cutyfruty said: Blog nya ora tahu mboseni yo nek ngono kuwi?

    betul mbak. Sayangnya sudah jarang diapdet nih. Kangen ama celetuk2annya yg sering nggladrah dan bikin sakit perut. Istilah2 yang dipake jian ludruk pol.

  3. haleygiri said: klu gak salah blog ini dapet penghargaan di bidang blog kuliner di event apaa gitu, tahun lalu…hahahaha… lali aku!

    tahun 2007 yu, ajang FJB (festival jajanan bango). Menyabet dua penghargaan malah. Kok koyok jaran ae disabet.tahun 2009 nominator XL blog award. Kuwi sing eling yu.

  4. lamendol said: Hatiku Selembut Tahu? Wakakaka *ngguyu sampek mules iki.Suwun yo Mbak 🙂 Lho onok Fahmi ama Alderina.Isin aku *Merubah bentuk jadi sate buntel.

    nah kan, omong sak omong nyambunge neng panganan. gak cocok nek diomongno hati selembut sutra. Opo diganti hatimu selembut es cincau? Ben pas nek digawe pantun. qiqiqiq..

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s