Dingin dingin kok nenggak es teler?

Tulisan ini dibuat sewaktu salju sedang tebel tebelnya di Duluth. Udara juga sedang amat dingin. Jauh lebih dingin dari lemari es. Minus 30 C.

Dua hari berturut turut mulut saya diobok obok sama ahlinya. Setelah selesai diobok obok, perut kruyukan tapi nafsu makan hilang.

Di meja makan ada setengah loyang bika ambon bantet. Kaku seperti karet penghapus. Supaya lemes dan bisa dimakan, saya kukus sebentar. Meskipun bantet tapi enak lho *dipuji sendiri, diemplok sendiri*.

Kok tiba tiba pengen es teler ya. Aneh memang. Udara lagi dingin banget, kok malah pengen es. Yo wis ben. Dingin kan diluar. Dirumah yo anget.

Celingak celinguk isi dapur, eh…ada nangka. Odos odos lagi, eh….ada kelapa muda. Kiriman dari seorang teman baik yang maksudnya mau dibuat klapertart. Di kulkas ada simpenan santan beraroma sereh dan daun jeruk purut sisa dari pembuatan bika ambon. Selain itu ada sebotol gula jawa cair. Saya memang terbiasa merebus gula jawa dalam jumlah banyak lantas disimpan di kulkas. Tujuannya adalah supaya kalau butuh sewaktu waktu tinggal tuang karena Menik suka bikin es apokat.

Apokat dikerok, dikasih serutan es dikucuri kinca sudah uenak sekali. Terkadang kalau emaknya bikin jajan pasar atau cendol, tinggal tuang kincanya. Nggak perlu ngrebus lagi.

Balik ke urusan es teler tadi.

Ada nangka, kelapa muda, santan, dan gula jawa. Dengan serutan es menggunung dan guyuran gula kinca. Kebetulan di meja ada apokat. Jadi deh tiga gelas es teler.

Slrup slrupppp….

Advertisements

17 thoughts on “Dingin dingin kok nenggak es teler?

  1. erm718 said: tuh kan cuantik es telernya kayak yg bikin ;)mbak di negara barat kayaknya apokat dianggap sayur sedangkan di negara kita dianggap buah… bojoku kurang ajar, nek aku gawe es apokat rupane cungir2 jijik :))

    hm….seger..cocok kalo di surabaya…komponya keren…

  2. erm718 said: tuh kan cuantik es telernya kayak yg bikin ;)mbak di negara barat kayaknya apokat dianggap sayur sedangkan di negara kita dianggap buah… bojoku kurang ajar, nek aku gawe es apokat rupane cungir2 jijik :))

    wuikkkk..aku dipadakno es teler. Sing ndeleng aku mengko teler.Nah tuh, ternyata nggak bojo sampeyan thok. Bojoku juga nyuguhin muka nyengir gilo kalau aku makan apokat gitu aja. Lha opo bedane digawe campuran salad ambek guacamole.

  3. wiendacontat said: biar cuaca dingin tapi kan enggak mengurangi makan & minum yang segar2 via, es teler memang sluurp cantik fotonya

    Merci beaucoup darling. taelaa….. Mending nenggak es teler daripada disuruh makan bubur. Mulutku lagi nggak bisa dipake ngunyah.

  4. enkoos said: pasti mbak Sri bisa bikin poto gini.ngomong2 mengenai apokat, orang2 sini ngerasa aneh apokat kok dipake minuman. belum tahu kalau uenak gini. gimana kalau disana? apa juga sama pendapatnya?Disini biasanya dipake guacamole, atau dibuat campuran salad.

    tuh kan cuantik es telernya kayak yg bikin ;)mbak di negara barat kayaknya apokat dianggap sayur sedangkan di negara kita dianggap buah… bojoku kurang ajar, nek aku gawe es apokat rupane cungir2 jijik :))

  5. enkoos said: pasti mbak Sri bisa bikin poto gini.ngomong2 mengenai apokat, orang2 sini ngerasa aneh apokat kok dipake minuman. belum tahu kalau uenak gini. gimana kalau disana? apa juga sama pendapatnya?Disini biasanya dipake guacamole, atau dibuat campuran salad.

    biar cuaca dingin tapi kan enggak mengurangi makan & minum yang segar2 via, es teler memang sluurp cantik fotonya

  6. enkoos said: pasti mbak Sri bisa bikin poto gini.ngomong2 mengenai apokat, orang2 sini ngerasa aneh apokat kok dipake minuman. belum tahu kalau uenak gini. gimana kalau disana? apa juga sama pendapatnya?Disini biasanya dipake guacamole, atau dibuat campuran salad.

    Wah aku kok ngga pernah ya ngelihat orang sini minum jus alpukat. Apa aku aja yang ngga pernah lihat. Tapi Leo terkagum-kagum kok minum jus ini. Disini sih yang aku tahu alpukat dimakan misalnya untuk salad…..

  7. cutyfruty said: Uedan…potoné jan ciamik tenan…..aku kapan yo iso nggawe poto kayak gitu. Jan te-o-pe be-ge-te tenan….Aku malah kelingan nduwe alpukat di kulkas. Jadi pengin bikin euy…..lha kok kebetulan punya SKM…..

    pasti mbak Sri bisa bikin poto gini.ngomong2 mengenai apokat, orang2 sini ngerasa aneh apokat kok dipake minuman. belum tahu kalau uenak gini. gimana kalau disana? apa juga sama pendapatnya?Disini biasanya dipake guacamole, atau dibuat campuran salad.

  8. elkaje said: aku justru belum pernah minum es teler pake gula jawa Vi.. cakep potonya

    kalau pake sirup biasa, rasanya seperti es campur. kalau pake gula jawa, sensasinya beda. Suwun mbak

  9. Uedan…potoné jan ciamik tenan…..aku kapan yo iso nggawe poto kayak gitu. Jan te-o-pe be-ge-te tenan….Aku malah kelingan nduwe alpukat di kulkas. Jadi pengin bikin euy…..lha kok kebetulan punya SKM…..

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s