Sequoia – Pohon terbesar di dunia

Taman Nasional Sequoia, California

29 Juni 2009 – 02 Juli 2009

1 Sequoia 2 panorama

Sequoia masih satu keluarga dengan tanaman cemara atau pinus (pine / evergreen) dan diklaim sebagai pohon terbesar di dunia. Beda dengan Redwood yang merupakan pohon terpanjang di dunia dan berlokasi di negara bagian yang sama dimana sequoia berada, California. Sequoia bisa mencapai lima ribuan tahun. Yang paling tua yang ada di Taman Nasional Sequoia berusia sekitar 3000 tahun. Dahulu di Taman Nasional ini sering terjadi kebakaran. Setelah melalui penelitian panjang, mereka menemukan bahwa kebakaran adalah cara alami pohon sequoia berkembang biak. Karena melalui kebakaran:

1. Lahan bisa bersih dari tanaman pengganggu semacam semak liar, benalu dan sebagainya sehingga sequoia tak perlu berkompetisi memperebutkan lahan maupun makanan.
2. Cone sequoia yang menyimpan ratusan biji bisa merekah akibat panas dari kobaran api dan selanjutnya biji biji itupun menyebar untuk berkembang biak melalui angin atau mamahan tupai.

Gusti Allah memang Maha Sempurna. Sequoia sudah dirancangNya untuk tahan api. Hanya bagian luar kulit pohon yang gosong namun tidak membunuh keseluruhan pohon. Semenjak diketemukan fakta tersebut, dalam saat saat tertentu pihak Taman Nasional membakar dengan sengaja areal tertentu di dalam Taman Nasional secara bergiliran demi tujuan pengembak biakan.

Fakta lain lagi adalah akar dari pohon ini tidak menghunjam terlalu jauh kedalam bumi, sekitar 12 hingga 14 kaki (3.6 – 4.2 meter) namun menyebar hingga sekitar 4ribu meter persegi. Itulah sebabnya pohon ini rentan roboh.



















Advertisements

83 thoughts on “Sequoia – Pohon terbesar di dunia

  1. akarbags said: Haiii…… iki Evi pak Ageng kitchen kabinet yooo??? kadoyanan sate usus??

    pak Ageng kitchen kabinet sinten nggih?
    Saya memang suka sate usus, tapi gak ada hubungannya sama pak Ageng.

  2. chikupunya said: maasyaAllah… Kereeen :D! gimana rasanya bisa ngliat yang asli mbaak? aku baru bisa memandangnya di halaman national geographic. huhuhu….

    Haiii…… iki Evi pak Ageng kitchen kabinet yooo??? kadoyanan sate usus??

  3. bambangpriantono said: Hehehehee..mbok yo sisan2 nggawe peyek

    Subhanallah….hebat ya mbak bisa tahan api gitu..
    Karena postingan ini saya jadi teringat pernah menonton dokumenter ttg pohon ini.Justru kebakaran itu caranya berkembang biak. ^_^

    Keren banget yah…musti tangan beberapa orang niy buat memeluknya..

  4. nur4hini said: belum lama ini lihat oprah ke taman nasional ini mbak, trus juga ke pohon ini. buesarrrr memang. soalnya pas disana dibandingin sama oprah dan temannya yang mendekat. persisss kayak menik itu. orang2 jadi mungil banget berada didekatnya. trus cabang-cabangnya juga guede gitu…..

    eh mbak Nur kok wis tangi? jam piro neng kono?
    o iya mbak, majalahnya belum kukirim. Insya Allah kalau ada waktu yoo..

  5. bambangpriantono said: Karo mangan pecel 17 sayuran, sego jagung, ambek gablok..hmmmm….yummy

    belum lama ini lihat oprah ke taman nasional ini mbak, trus juga ke pohon ini. buesarrrr memang. soalnya pas disana dibandingin sama oprah dan temannya yang mendekat. persisss kayak menik itu. orang2 jadi mungil banget berada didekatnya. trus cabang-cabangnya juga guede gitu…..

  6. eddyjp said: enak, bisa antar jemput kemana saja ?

    Antar jemput seantero Taman Nasional Ed. Beberapa Taman Nasional di Amerika terutama yang besar2 dan sudah terkenal menyediakan shuttle bus gratis berkeliling Taman Nasional untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di dalam TN. Beberapa malah melarang mobil masuk ke dalam TN contohnya Grand Canyon. Ada yang skedulnya 15menit sekali, ada yang 10 menit sekali. Tergantung kondisi dan situasi. Rute2nya juga beragam dan hampir semua shuttle bus mencakup semua arena Taman Nasional.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s