Japanese Cheese Cake

Description:

Sejak kenal dengan Japanese Cheese Cake, saya lebih suka ini daripada daripada Cheese Cake classic yang pake crust, karena irit cream cheese. Seminggu terakhir ini sudah tiga kali saya membuat Japanese Cheese Cake. Dua kali untuk dikonsumsi sendiri dan satu kali untuk potluck di mesjid. Tiga tiganya nggak awet alias ludes nggak sampai dua hari. Bahkan yang untuk potluck, remah remahnyapun dicari orang.

Japanese Cheesecake

Soal rasa, hm hm….nyum nyum nyum. Teksturnya lembut membelai lidah dengan sentuhan selai blackberry. Harumnya kulit jeruk tercium samar dan membaur sempurna dengan lembutnya cream cheese. Ah…satu potong tak akan pernah cukup.

Bikinnya, Insya Allah gampang sekali.

Ingredients:

Bahan bahan cake:
50 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
Di resep aslinya, tepungnya diayak. Cara saya, nggak pake diayak. Langsung nyemplung, males soalnya. Hasilnya juga empuk serta wuenak.

226 cream cheese (ukurannya emang nanggung, karena menyesuaikan dengan berat per bungkusnya. Resep aslinya sih 250 gram. Males ngebuka bungkus baru buat nyowel nambah 24 gram supaya genap 250 gram).
60 gram mentega tawar (saya pake butter asin).
120 ml whipped cream
3 kuning telur
5 putih telur
1 butir telur
Telur telurnya harus dalam kondisi suhu ruang. Kalau masih baru keluar kulkas, wah alamat ngocoknya setahun. Mending kalau ngembang, kalau nggak ngembang tambah repot
100 gram gula kastor (resep aslinya 125 gram. Saya nggak suka terlalu manis)
2 sendok teh parutan kulit jeruk lemon
2 sendok teh jeruk nipis (resep aslinya jeruk lemon)
1/8 sendok teh garam

Bahan bahan topping:
Blueberry jam
(resep aslinya 2 sendok blueberry jam dan 3 sendok makan air. Saya lebih suka blueberry jam tanpa tambahan air)

Directions:

1. Siapkan loyang ukuran 20 cm x 20 cm, alasi kertas roti, olesi mentega kemudian panaskan oven 150 derajat Celcius. (Mengenai suhu oven, tergantung jenis ovennya. Saya sudah coba beberapa kali dengan suhu yang berbeda beda. Dengan suhu 150 derajat C (302 derajat Fahrenheit) bagian tengah masih basah dengan lama pemanggangan sesuai resep (75 menit). Dengan suhu 176 derajat C (350 derajat F), matang sempurna tapi atasnya coklat tua. Nggak gosong sih. Lagian juga ntar ditutup selai blueberry. Terakhir yang saya anggap paling pas dengan oven saya, adalah suhu 160 derajat C (320 derajat F) dengan lama pemanggangan 40 menit. Atasnya coklat cantik, nggak terlalu tua. Dalamnya juga matang sempurna.)

2. Kocok putih telur hingga berbusa, kemudian masukkan air jeruk lemon, garam dan gula. Harus betul betul berbusa sebelum memasukkan tiga bahan terakhir. Kalau nggak, adonan mimpes lagi dan bawahnya berair. Saya sudah pernah ngalami. Terpaksa bikin baru. Adonan yang mimpes tadi dituang lagi ke adonan baru. Masak dibuang, sayang ah. Dipake atasnya aja. Bagian yang berair di bagian bawah dicampur dengan telur kocok dikasih ulekan cabe, bawang putih bawang merah. Jadi deh telur dadar.
Kocok adonan tadi hingga membentuk kerucut tumpul ( soft peak). Kayak gimana yang soft peak, mbuh gak weruh. Saya ngocoknya sampe adonan kaku banget. Dibalikpun nggak bakal tumpah.

3. Sementara mengocok putih telur tadi, campur butter, cream cheese dan whipped cream ke dalam panci dan ditim. Aduk sampai lembut. Kemudian angkat dari api.

4. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan cream cheese dan aduk rata.

5. Tambahkan kuning telur dan telur utuh. Aduk rata.

6. Masukkan parutan kulit jeruk lemon.

7. Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese. Aduk rata.

8. Tuangkan adonan no. 7 ke dalam sisa adonan putih telur. Aduk rata.

9. Tuang ke dalam loyang.

10. Panggang dengan cara di tim dalam oven (water bath/ au bain marie) kira kira 75 menit. Mengenai waktu pemanggangan, tergantung ovennya seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Selain itu, asal ditusuk dengan lidi dan adonan nggak ada yang nempel, mateng deh.

11. Keluarkan dari oven, setelah benar benar dingin lepaskan cake dari loyang.

12. Oles dengan selai blueberry. Resep aslinya, selai blueberry dicampur dengan air lantas dipanaskan. Saya pake cara gampang. Langsung oles oles ke atas cake.

Advertisements

111 thoughts on “Japanese Cheese Cake

  1. rirhikyu said: sip sip deh… ntar kl di jakarta info2in yaaaaa ^_^dulu aku jalan ke floresnya naek bus dulu ke bali, dari bali naek kapal feri cepet ke flores.. xixixixixibalik floresnya baru ngerasain naek pesawatjauh lebih murah naek kapal drpd pesawat, tapi ya ituuuu.. lamaaaa :))

    Hihihihihi …. tadi message ni aku lihat masuk ke PM. Belum aku klik, masih nangkring di inbox. begitu aku mau klik dah ilang.=========Dari bali naik ferry dari padang bai ya? ke lombok dulu berarti?yaelaaaa .. ini dari resep, pulau riung, perayaan paskah, kain tenun sekarang transport. huahahahahaha…

  2. enkoos said: ah iyaaaa, inget nih tempat menenun. Kainnya keren keren. Aku punya beberapa. Tapi gak kubawa ke sini, berat. Pewarnanya pake pewarna alam.

    ealahhh aku error en mp error, knapa jadi kirim pm en salah tempat komenah cuek ahhhh :)))

  3. enkoos said: ah iyaaaa, inget nih tempat menenun. Kainnya keren keren. Aku punya beberapa. Tapi gak kubawa ke sini, berat. Pewarnanya pake pewarna alam.

    sip sip deh… ntar kl di jakarta info2in yaaaaa ^_^dulu aku jalan ke floresnya naek bus dulu ke bali, dari bali naek kapal feri cepet ke flores.. xixixixixibalik floresnya baru ngerasain naek pesawatjauh lebih murah naek kapal drpd pesawat, tapi ya ituuuu.. lamaaaa :))

  4. rirhikyu said: iya siy… aku kmrn di flores cuma sempet maen2 di pantai tajung bunga, trus yg ke desa terpencil itu, trus ke desa bena (tempat nenun) dah.. sisanya maen2 di rumah ciciku. sambil makan ikan sepuas2nya :))perayaannya iya, yg paskah, yg berburu paus aku ndak gitu ngerti.

    ah iyaaaa, inget nih tempat menenun. Kainnya keren keren. Aku punya beberapa. Tapi gak kubawa ke sini, berat. Pewarnanya pake pewarna alam.

  5. rirhikyu said: wkwkkwkwkwkwwk… udahhh, ke papua dulu… brp lama di indo? cuma 2 bulan yah? sempet ga tuh?kl paskah iya, biasanya april. jadi ada perarakan getu… mengenang yesus disalib. disana kan mayoritas penduduknya katolik. kalau yang penduduk di pantainya baru muslim.aku sendiri kesananya dah 11 taun yll, skrg entah gimana. tapi mestinya masih terbelakang drpd di jawamasih banyak yg kekurangan gizi jg—-ini journal resep or bukan dah ga jelas niy.. hahahahahahaha

    tepatnya 2.5 bulan sih. Ke Papuanya bulan Agustus karena KSB datang bulan Agustus. Juli aku mau ngere sama bulik kriwil, Menik kutinggal di Surabaya nemenin ibuk. Planningnya ke Sulawesi, tapi kalau waktunya cukup dan transportnya memadai, asik juga tuh ke Riung. hahahahah….kemaruk.mwhahahahahaha …. mbuh jurnalku jadi gak karuan, bodo ah.

  6. enkoos said: Bentar lagi berarti ya? Ntar tulung tanyain dunks, angkutan rakyat ke Riung gimana, trus penginapan ada gak. Aku baca di MP yang barusan aku link ke ente, ada penginapannya namanya Nirvana bungalow, cuma informasinya gak lengkap seperti alamat dan contact personnya.

    ocheee.. ntar ingetin ya kalau aku lupa.PM aja or YM yaaaaa…..

  7. rirhikyu said: masih siy, nah itu.. ciciku yang mo dateng tanggal 2 ini, dia dah 3 taun ga balik jawa 🙂

    Bentar lagi berarti ya? Ntar tulung tanyain dunks, angkutan rakyat ke Riung gimana, trus penginapan ada gak. Aku baca di MP yang barusan aku link ke ente, ada penginapannya namanya Nirvana bungalow, cuma informasinya gak lengkap seperti alamat dan contact personnya.

  8. enkoos said: Sulawesi komplit sekali Feb. Bawah laut ada (Lembeh di Sulut *bukan Bunaken. Bunaken dah gak asik lagi, Wakatobi di Sultra, Togean di Sulteng), surga kegiatan arung jeram (Maiting & Sa’dan di Sulsel, Rongkong di Sulteng, dan masih banyak lagi di Sulut), upacara adat banyak (Toraja salah satunya), pembuatan kapal phinisi, bird watching, tanaman & binatang endemiknya yang sangat khas hanya ada di Sulawesi karena perpaduan antara Asia dan Australia (Sulawesi adalah batas imajiner antara Asia dan Australasia), gunung2nya banyak yang masih perawan dan macem2. Ah Sulawesi mah kerennnnnn.Flores juga bukan cuma alamnya Feb. Temenku sering meliput upacara adat di Flores, seperti perayaan Paskah, perayaan berburu paus di Lamalera (ini masuk Flores gak ya?). Duhhh… ngomongin tempat cakep dan upacara adat, Indonesia mah juaranya.

    iya siy… aku kmrn di flores cuma sempet maen2 di pantai tajung bunga, trus yg ke desa terpencil itu, trus ke desa bena (tempat nenun) dah.. sisanya maen2 di rumah ciciku. sambil makan ikan sepuas2nya :))perayaannya iya, yg paskah, yg berburu paus aku ndak gitu ngerti.

  9. rirhikyu said: sulawesi tuh toraja bukan ya?xixixixixixi… ya udah, mantapkan hati aja :)) hahahahahaaha….kl flores paling alamnya aja, kl sulawesi kan ada banyak adatnya 🙂

    Sulawesi komplit sekali Feb. Bawah laut ada (Lembeh di Sulut *bukan Bunaken. Bunaken dah gak asik lagi, Wakatobi di Sultra, Togean di Sulteng), surga kegiatan arung jeram (Maiting & Sa’dan di Sulsel, Rongkong di Sulteng, dan masih banyak lagi di Sulut), upacara adat banyak (Toraja salah satunya), pembuatan kapal phinisi, bird watching, tanaman & binatang endemiknya yang sangat khas hanya ada di Sulawesi karena perpaduan antara Asia dan Australia (Sulawesi adalah batas imajiner antara Asia dan Australasia), gunung2nya banyak yang masih perawan dan macem2. Ah Sulawesi mah kerennnnnn.Flores juga bukan cuma alamnya Feb. Temenku sering meliput upacara adat di Flores, seperti perayaan Paskah, perayaan berburu paus di Lamalera (ini masuk Flores gak ya?). Duhhh… ngomongin tempat cakep dan upacara adat, Indonesia mah juaranya.

  10. enkoos said: Logikanya gitu ya Feb, karena kalau turis mancanegara banyak, berarti transportnya gampang. Persis seperti waktu aku ke Togean. Turis mancanegara thok. Aku seperti di negeri asing karena bule semua. Heh? kayak puding? Ck ck ck ck …. keren amat. Paskah tuh bulan apa ya? April bukan?KSB udah kuceritain tentang Riung dan kutunjukin foto2 di internet, suruh ngetag dan cari tahu gimana caranya, buat trip mendatang. Gelo. Papua aja belum dilakoni udah ngetag Riung.

    wkwkkwkwkwkwwk… udahhh, ke papua dulu… brp lama di indo? cuma 2 bulan yah? sempet ga tuh?kl paskah iya, biasanya april. jadi ada perarakan getu… mengenang yesus disalib. disana kan mayoritas penduduknya katolik. kalau yang penduduk di pantainya baru muslim.aku sendiri kesananya dah 11 taun yll, skrg entah gimana. tapi mestinya masih terbelakang drpd di jawamasih banyak yg kekurangan gizi jg—-ini journal resep or bukan dah ga jelas niy.. hahahahahahaha

  11. rirhikyu said: tp kudunya sante siy mba ev.mestinya mudah kesana.Gini… disana itu turis indonesia alias turis lokal, bisa dibilang sama sekali minim, alias dikitttttt bangettapi turis bule, alias mancanegara, banyak.Pulau flores itu kebanyakan dikunjungi turis mancanegara. kasian yaaaa.. orang lokalnya sendiri jarang yg tau ttg keindahan flores. en kl mami, suka kesana pas paskah, karena perayaan paskah disana keren. air laut yg bergelombang, bisa menjadi rata, seperti permukaan puding *ini kata mamiku sendiri yg liat*kebayang ajaibnya kan :p

    Logikanya gitu ya Feb, karena kalau turis mancanegara banyak, berarti transportnya gampang. Persis seperti waktu aku ke Togean. Turis mancanegara thok. Aku seperti di negeri asing karena bule semua. Heh? kayak puding? Ck ck ck ck …. keren amat. Paskah tuh bulan apa ya? April bukan?KSB udah kuceritain tentang Riung dan kutunjukin foto2 di internet, suruh ngetag dan cari tahu gimana caranya, buat trip mendatang. Gelo. Papua aja belum dilakoni udah ngetag Riung.

  12. enkoos said: qiqiqiqiqiqiqi …ini sebetulnya pertanyaan untuk diriku sendiri. Karena niatku sebelum ketemu Riung (gegara ente), akan ke Sulawesi bulan Juli. Gegara ada Riung, aku jadi bimbang memilih apakah ke Sulawesi atau ke Riung. Begono.

    sulawesi tuh toraja bukan ya?xixixixixixi… ya udah, mantapkan hati aja :)) hahahahahaaha….kl flores paling alamnya aja, kl sulawesi kan ada banyak adatnya 🙂

  13. enkoos said: O gitu.Dari tadi ubek2, gak ada info secuilpun cara ke sana. Kebanyakan tentang review pulau Riung.

    tp kudunya sante siy mba ev.mestinya mudah kesana.Gini… disana itu turis indonesia alias turis lokal, bisa dibilang sama sekali minim, alias dikitttttt bangettapi turis bule, alias mancanegara, banyak.Pulau flores itu kebanyakan dikunjungi turis mancanegara. kasian yaaaa.. orang lokalnya sendiri jarang yg tau ttg keindahan flores. en kl mami, suka kesana pas paskah, karena perayaan paskah disana keren. air laut yg bergelombang, bisa menjadi rata, seperti permukaan puding *ini kata mamiku sendiri yg liat*kebayang ajaibnya kan :p

  14. rirhikyu said: kl ke sulawesi, naek kapal kali ya, kayaknya ciciku selalu naek kapal deh jalan2nya

    qiqiqiqiqiqiqi …ini sebetulnya pertanyaan untuk diriku sendiri. Karena niatku sebelum ketemu Riung (gegara ente), akan ke Sulawesi bulan Juli. Gegara ada Riung, aku jadi bimbang memilih apakah ke Sulawesi atau ke Riung. Begono.

  15. rirhikyu said: kota besar en bandaranya itu di maumere.kmrn siy transitnya dari jakarta – bali – maumerenah keriungnya ga tau kl transportnya, kalau aku disana pake mobil ambulans/dinas puskesmas buat keliling nya hahahhahaha… maklummm ciciku kan dokter disana :p

    O gitu.Dari tadi ubek2, gak ada info secuilpun cara ke sana. Kebanyakan tentang review pulau Riung.

  16. enkoos said: huaaaaaa … keren keren kerennnnn.dahsyat men.Kota besarnya di Flores apa Feb? Maksudnya yang ada bandaranya. Trus dari bandara ke Riung ada transport lokalnya? Duh ke sana apa ke Sulawesi ya? Sayang aye udah janji ama sobatku untuk main ke Sulawesi. Aku nemu blog seseorang yang cerita tentang perjalanan ke Riung. Melewati hutan lebat dari Bajawa.cekidot:http://ririndatoek.multiply.com/journal/item/187/Flores_Su_Dekat_jika_Kanawa_adalah_surga_RIUNG_adalah_NIRVANA

    wih ceritanya asikkkkkk

  17. enkoos said: huaaaaaa … keren keren kerennnnn.dahsyat men.Kota besarnya di Flores apa Feb? Maksudnya yang ada bandaranya. Trus dari bandara ke Riung ada transport lokalnya? Duh ke sana apa ke Sulawesi ya? Sayang aye udah janji ama sobatku untuk main ke Sulawesi. Aku nemu blog seseorang yang cerita tentang perjalanan ke Riung. Melewati hutan lebat dari Bajawa.cekidot:http://ririndatoek.multiply.com/journal/item/187/Flores_Su_Dekat_jika_Kanawa_adalah_surga_RIUNG_adalah_NIRVANA

    kota besar en bandaranya itu di maumere.kmrn siy transitnya dari jakarta – bali – maumerenah keriungnya ga tau kl transportnya, kalau aku disana pake mobil ambulans/dinas puskesmas buat keliling nya hahahhahaha… maklummm ciciku kan dokter disana :pkl ke sulawesi, naek kapal kali ya, kayaknya ciciku selalu naek kapal deh jalan2nya*aku meluncur kesana yaaaa

  18. rirhikyu said: aku pas ke flores, taun 2001 siy….. kl kemana2 emang jauh, naek mobil yang ada … bukit, gunung, pantai, sabana… keren dehtrus… pernah ke sebuah desa (padahal masih sama2 flores en kl liat di peta deket tuh) yang ada di balik gunung. Itu kudu naek mobil sampek ke pantai, en disambung perahu nelayan yang kecil (cuma cukup 2 org duduk berdampingan) selama sejam. Ngelewati tebing karang yang tingginya 5-7 gedung bertingkat. cakep deh….pengalaman sekalinya aku seumur idup, blum tau kapan bisa liat yang kayak gitu.Oh ya… orang desanya blum pernah liat mobil sama sekali :P*knapa aku jadi nostalgia yaaa ^_^ kangennnnnnnn

    huaaaaaa … keren keren kerennnnn.dahsyat men.Kota besarnya di Flores apa Feb? Maksudnya yang ada bandaranya. Trus dari bandara ke Riung ada transport lokalnya? Duh ke sana apa ke Sulawesi ya? Sayang aye udah janji ama sobatku untuk main ke Sulawesi. Aku nemu blog seseorang yang cerita tentang perjalanan ke Riung. Melewati hutan lebat dari Bajawa.cekidot:http://ririndatoek.multiply.com/journal/item/187/Flores_Su_Dekat_jika_Kanawa_adalah_surga_RIUNG_adalah_NIRVANA

  19. enkoos said: Buat pelecut semangat Feb. Setelah denger cerita tentang Alor dari Helene, sekarang Riung dari ente, aku kok malah gak kepengen liat Komodo ya.Komodo bisa lihat di kebun binatang, di sini juga ada.Tapi Riung? ALor? huidihhhh …. keren amat yak.Tadi ini aku ubek ubek internet cara kesananya. Jaraknya nanggung dari kota besar yang berpesawat. Jalan darat rata2 4 – 5 jam. Keren kan :PAku demen nih yang kayak gini, yang jalan menuju kesananya sulit.

    aku pas ke flores, taun 2001 siy….. kl kemana2 emang jauh, naek mobil yang ada … bukit, gunung, pantai, sabana… keren dehtrus… pernah ke sebuah desa (padahal masih sama2 flores en kl liat di peta deket tuh) yang ada di balik gunung. Itu kudu naek mobil sampek ke pantai, en disambung perahu nelayan yang kecil (cuma cukup 2 org duduk berdampingan) selama sejam. Ngelewati tebing karang yang tingginya 5-7 gedung bertingkat. cakep deh….pengalaman sekalinya aku seumur idup, blum tau kapan bisa liat yang kayak gitu.Oh ya… orang desanya blum pernah liat mobil sama sekali :P*knapa aku jadi nostalgia yaaa ^_^ kangennnnnnnn

  20. rirhikyu said: ngomong2 soal flores niy.. aku sirik sama mamiku yang dah bbrp kali kesanamasa dia sempet liat komodo … sempet liat lumba2… blum lagi yang di riung itu.. haduhhhhen aku… cuma sekali kesana T_T

    Buat pelecut semangat Feb. Setelah denger cerita tentang Alor dari Helene, sekarang Riung dari ente, aku kok malah gak kepengen liat Komodo ya.Komodo bisa lihat di kebun binatang, di sini juga ada.Tapi Riung? ALor? huidihhhh …. keren amat yak.Tadi ini aku ubek ubek internet cara kesananya. Jaraknya nanggung dari kota besar yang berpesawat. Jalan darat rata2 4 – 5 jam. Keren kan :PAku demen nih yang kayak gini, yang jalan menuju kesananya sulit.

  21. rirhikyu said: Tp gpp, rejeki ga bakal kemana bukan? yg penting dede sehat ^_^v

    Amiin.Yang penting dede sehat. Rejeki mah gampang dicari. Nabungnya sambil jalan, ntar kan gak kerasa.Dikit dikit lama lama jadi bukit.

  22. enkoos said: itu contoh doang Feb. Per hari dan dalam berapa tahunnya bisa disesuaikan. Bisa ngambil 10ribu dalam waktu 5 tahun. Atau 5ribu seumur hidup. Udah berapa tuh kalau 15 tahun.

    ngomong2 soal flores niy.. aku sirik sama mamiku yang dah bbrp kali kesanamasa dia sempet liat komodo … sempet liat lumba2… blum lagi yang di riung itu.. haduhhhhen aku… cuma sekali kesana T_T

  23. enkoos said: itu contoh doang Feb. Per hari dan dalam berapa tahunnya bisa disesuaikan. Bisa ngambil 10ribu dalam waktu 5 tahun. Atau 5ribu seumur hidup. Udah berapa tuh kalau 15 tahun.

    iya siy… ^_^ jadi pengen nabung lagi, dah lama ga punya celengan. xixixixixxi….keuangan lagi amburadul beberapa bulan ini T_Tdari yang aku kudu bedrest (periksa dokter en darahnya mahal) . plus mesin matic mobil kudu diganti, blum lagi ini sebulan terakhir kehamilan aku PP kantor-rumah naek mobil pulak, mejret di bensin en uang toll. hikssTp gpp, rejeki ga bakal kemana bukan? yg penting dede sehat ^_^v

  24. rirhikyu said: Iya ya, 50rb sehari 36 jt setaun.Tp 50rb sehari itu jatah uang belanja makanan buat org yg di rumah tuh.

    itu contoh doang Feb. Per hari dan dalam berapa tahunnya bisa disesuaikan. Bisa ngambil 10ribu dalam waktu 5 tahun. Atau 5ribu seumur hidup. Udah berapa tuh kalau 15 tahun.

  25. rirhikyu said: @mba evi: gpp, ga sirik koq, aku bakalan ga bs jalan jauhhhh sampek ntar yg diperut gedean :p

    Iya ya, 50rb sehari 36 jt setaun.Tp 50rb sehari itu jatah uang belanja makanan buat org yg di rumah tuh.

  26. rirhikyu said: @mba evi: gpp, ga sirik koq, aku bakalan ga bs jalan jauhhhh sampek ntar yg diperut gedean :p

    berarti bisa mulai nabung dari sekarang.Aku nabungnya sistem harian Feb. Dikit banget, nithili uang belanja, tapi kudu konsisten setiap hari, gak boleh bolong. Ntar kan gak terasa. Dua tahun = 365 x 2 = 730 hari. Kalau sehari 50ribu aja, dah 36juta lebih.

  27. rirhikyu said: Nah kan, beneran ga nyambung cake ke riung :pEmang cakep mba, aku aja sirik dipamerin ama kakakku yg laennya plus ama mamiku. Mamiku dah bbrp kali kesana.Krn terisolir itu…. En katanya, bbrp meter kedasar laut pun masih keliatan dari atas kapal. Mantaps yaaaaa….

    @mba evi: gpp, ga sirik koq, aku bakalan ga bs jalan jauhhhh sampek ntar yg diperut gedean :p

  28. rirhikyu said: Nah kan, beneran ga nyambung cake ke riung :pEmang cakep mba, aku aja sirik dipamerin ama kakakku yg laennya plus ama mamiku. Mamiku dah bbrp kali kesana.Krn terisolir itu…. En katanya, bbrp meter kedasar laut pun masih keliatan dari atas kapal. Mantaps yaaaaa….

    Bening banget ya. Waktu aku ke Togean juga gitu Feb. Gak perlu nyelem pun dah keliatan dari atas perahu. Bening kayak kaca. Airnya biru. Apa ke sana aja ya timbang ke Alor yang agak jauh? Buat mamerin ke Febbie. xixixixixiix.Kayaknya aku gak jadi ke ALor, ribet transportnya.

  29. rirhikyu said: Bener2 yah, ibu2 kl dah ngobrol bisa dari A sampek Z*cekikikan*

    Nah kan, beneran ga nyambung cake ke riung :pEmang cakep mba, aku aja sirik dipamerin ama kakakku yg laennya plus ama mamiku. Mamiku dah bbrp kali kesana.Krn terisolir itu…. En katanya, bbrp meter kedasar laut pun masih keliatan dari atas kapal. Mantaps yaaaaa….

  30. rirhikyu said: Bener2 yah, ibu2 kl dah ngobrol bisa dari A sampek Z*cekikikan*

    mwhahahahaha ….dari cheese cake merembet ke Riung. Ya ampun Febbieeeee, aku lagi gugling Riung. Gilakkkkkkkkkkk cakepppp dan terisolir. Gilak gilak.Aku langsung tunjukin ke KSB.Hmmm.. bisa gak ya kesana? hahahahha…

  31. rirhikyu said: Maksudnya, alam di jawa en bali ga ada apa2nya dibanding dg flores. *grin*Nah riung itu (nyambung dr lapak yg nyari tiket murah) ada di pulau floresnya. Di sana alam bawah lautnya (taman lautnya) indahhhh. Tp sayangnya aku ga sempet ke riung pas disana.

    Bener2 yah, ibu2 kl dah ngobrol bisa dari A sampek Z*cekikikan*

  32. rirhikyu said: Maksudnya, alam di jawa en bali ga ada apa2nya dibanding dg flores. *grin*Nah riung itu (nyambung dr lapak yg nyari tiket murah) ada di pulau floresnya. Di sana alam bawah lautnya (taman lautnya) indahhhh. Tp sayangnya aku ga sempet ke riung pas disana.

    O itu. Iya bener bangettttt. Jawa Bali mah gak ada apa apanya dibanding daerah lain, terutama Indonesia kawasan timur. Gilakkkk cakepnya. Dari Sulawesi ampe Papua gilakkkk alam bawah lautnya. Makanya sampe dijuluki underwater Amazon. Perkiraanku, mungkin karena belum banyak yang tahu, penduduknya masih sedikit sehingga alamnya masih perawan. Gak seperti Jawa Bali yang kepenuhan manusia. Riung? nyari infonya ahhhh…

  33. rirhikyu said: Ooooo…. Aku sekali doank ke flores, en jatuh cinta sama alam disana.Begitu balik ke jawa, jawa en bali ga ada apa2nya :p

    Maksudnya, alam di jawa en bali ga ada apa2nya dibanding dg flores. *grin*Nah riung itu (nyambung dr lapak yg nyari tiket murah) ada di pulau floresnya. Di sana alam bawah lautnya (taman lautnya) indahhhh. Tp sayangnya aku ga sempet ke riung pas disana.

  34. rirhikyu said: Yupe2, dia hijrah ke flores. En aku memang ngunjungi dia pas kuliah bareng nyokap.Aku ga apal geografi mba :pKl ga salah emang deket alor.

    Ooooo…. Aku sekali doank ke flores, en jatuh cinta sama alam disana.Begitu balik ke jawa, jawa en bali ga ada apa2nya :p

  35. rirhikyu said: Yupe2, dia hijrah ke flores. En aku memang ngunjungi dia pas kuliah bareng nyokap.Aku ga apal geografi mba :pKl ga salah emang deket alor.

    Aku juga gak apal Feb. Tau Alor juga dikasih tahu Helene. Ngliat foto2 Alor jadi pengen ke sana. Dari situ tahu kalau Alor gak jauh dari Flores.

  36. rirhikyu said: Ic ic… Tunggu minggu depan or depannya lagi. Kakakku mo ke jawa soalnya ntar tgl 2. Ini lg ngumpulin resep dulu. Kasian dia, jauh dr peradaban soalnya. HahahahaDah 3 taun ga balik jawa (di flores)

    Yupe2, dia hijrah ke flores. En aku memang ngunjungi dia pas kuliah bareng nyokap.Aku ga apal geografi mba :pKl ga salah emang deket alor.

  37. rirhikyu said: Ic ic… Tunggu minggu depan or depannya lagi. Kakakku mo ke jawa soalnya ntar tgl 2. Ini lg ngumpulin resep dulu. Kasian dia, jauh dr peradaban soalnya. HahahahaDah 3 taun ga balik jawa (di flores)

    Ooooo kakaknya di Flores. Pantesan di lapaknya sapa tuh Febbie crita pernah ke Flores. Mengunjungi kakaknya kah? atau pergi sendiri?Wah Flores udah deket tuh ama Alor, tempat impian.

  38. rirhikyu said: Wkwkwkwk, ya udah, ntar aku cari bahan2nya dulu deh.Eh brasa cheesy banget kan?

    Ic ic… Tunggu minggu depan or depannya lagi. Kakakku mo ke jawa soalnya ntar tgl 2. Ini lg ngumpulin resep dulu. Kasian dia, jauh dr peradaban soalnya. HahahahaDah 3 taun ga balik jawa (di flores)

  39. rirhikyu said: Oooo, tq infonya. Berarti ditunda deh buatnya. Aku punya loyang cm 2 biji :pKayaknya ga cukup buat bikin waterbathnya. XixixixiNyoba cheesecake biasa aja dulu deh.

    Wkwkwkwk, ya udah, ntar aku cari bahan2nya dulu deh.Eh brasa cheesy banget kan?

  40. rirhikyu said: Oooo, tq infonya. Berarti ditunda deh buatnya. Aku punya loyang cm 2 biji :pKayaknya ga cukup buat bikin waterbathnya. XixixixiNyoba cheesecake biasa aja dulu deh.

    Gimana kalau Febbie nyoba tanpa waterbath? Ntar laporin hasilnya.Seperti waktu aku bikin marble cheese brownies, kan pake cream cheese juga, dan hasilnya tetep lembut. Eh tapi adonan cream cheese nya di atas brownies deng. Beda sama ini.Ah kok jadi penasaran gini ya?

  41. rirhikyu said: Kalo ga dikasih air gmn?

    Oooo, tq infonya. Berarti ditunda deh buatnya. Aku punya loyang cm 2 biji :pKayaknya ga cukup buat bikin waterbathnya. XixixixiNyoba cheesecake biasa aja dulu deh.

  42. rirhikyu said: di taro di alas yg berisi aer trus di oven getu?

    Betul Feb.Bukan alas sih sebenernya tapi loyang karena bentuknya dalam bukan ceper. Jadi loyang di dalam loyang. Dan masuk oven. Begono.

  43. enkoos said: enggaktaunya iwak tempe, iwak krupuk. hihihihihi..

    knock2.. tanyaaaaaitu di tim or water bath.. maksudnya piyeeedi taro di alas yg berisi aer trus di oven getu?nahhh kannn bingung, kalau ga pake tim gpp kah?

  44. rirhikyu said: wwkwkwkwkwk, awal2 masih rajin, skrg lagi males. bangun jam 5. kalau jam 4 biasanya ngantuk di kantor.untungnya ada yang jual nasi merah en masakan rumahan, aku akalin ya masakannya beli yang ikan (omega3nya bagus), sayur. Kurangin daging.kalau malam ya makan yg sehat di rumah.kantornya kaga bisa… di indo kayaknya jarang kantor yg punya dapur buat masak :))

    tag dulu. buat kalo punya byk pth telur

  45. rirhikyu said: wwkwkwkwkwk, awal2 masih rajin, skrg lagi males. bangun jam 5. kalau jam 4 biasanya ngantuk di kantor.untungnya ada yang jual nasi merah en masakan rumahan, aku akalin ya masakannya beli yang ikan (omega3nya bagus), sayur. Kurangin daging.kalau malam ya makan yg sehat di rumah.kantornya kaga bisa… di indo kayaknya jarang kantor yg punya dapur buat masak :))

    nah itu bisa sehat, ada yang jualan masakan rumahan. Atau pesen katering.Atau siapin bahan masakan malam sebelumnya. Potong2 gitu. Pagi tinggal diolah.Waktu aku masih di Indonesia, kantornya punya dapur. Deket pasar pulak. Jadi aku berangkat ke kantornya agak pagian. Mampir pasar, taruh belanjaan di dapur kantor, trus kerja. Siangnya masak buat makan siang. Sorenya, pulang ke rumah mampir lagi ke pasar buat bahan2 makan malam. Kalau masih ada tenaga, masak di rumah. Kalau enggak, ya beli makanan mateng. Dan belanjaan buat besok siangnya.

  46. enkoos said: makan sehatnya nyiapin dari rumah sebelum berangkat. Harus bisa sih, demi bayi.Bangunnya musti lebih pagi. Masak di kantor bisa?kali aja ada dapurnya gituh.

    wwkwkwkwkwk, awal2 masih rajin, skrg lagi males. bangun jam 5. kalau jam 4 biasanya ngantuk di kantor.untungnya ada yang jual nasi merah en masakan rumahan, aku akalin ya masakannya beli yang ikan (omega3nya bagus), sayur. Kurangin daging.kalau malam ya makan yg sehat di rumah.kantornya kaga bisa… di indo kayaknya jarang kantor yg punya dapur buat masak :))

  47. rirhikyu said: wkwkwkwkwk.. makanya td tanya2 sekalianeh tp di journalnya siapa ya? sampek lupa.. hahahahahahahabut kl kerja gini aku agak susah makan sehatkemarin pas istirahat di rumah semingguan, wah mayan banget tuhkekentalan darah turun drastis.trus dari periksa dokter ke2 dan ke3 yang jaraknya 10 hari, si baby lgsg naek 300gram wow deh… thanx God. semoga baby bisa ngejer ketinggalan beratnya en normal.

    makan sehatnya nyiapin dari rumah sebelum berangkat. Harus bisa sih, demi bayi.Bangunnya musti lebih pagi. Masak di kantor bisa?kali aja ada dapurnya gituh.

  48. enkoos said: oalaaaaa…gitu tho.serba salah ya. lagi hamil asupan kalsium kudu banyak, tapi resiko pengentalan. bingung yak.nah itu cocok tuh ngikut food combining. 😛

    wkwkwkwkwk.. makanya td tanya2 sekalianeh tp di journalnya siapa ya? sampek lupa.. hahahahahahahabut kl kerja gini aku agak susah makan sehatkemarin pas istirahat di rumah semingguan, wah mayan banget tuhkekentalan darah turun drastis.trus dari periksa dokter ke2 dan ke3 yang jaraknya 10 hari, si baby lgsg naek 300gram wow deh… thanx God. semoga baby bisa ngejer ketinggalan beratnya en normal.

  49. rirhikyu said: en ngurangin kalsium … errrr…. gini…kalsium kan mempercepat pengentalan darah, sedangkan kmrn test darah kan darahku kental.Resikonya buat kandungan ya supply ke babynya ga bagus. so kudu minum obat.en aku baca2 yg mempengaruhi ya kolesterol, ya asupan kalsium yg tinggiserba salah jg niy, hamil kan kudu butuh banyak kalsium. jadi ya aku skrg secukupnya en kurangin gula juga.jadi ya kudu makan makanan sehat. beras aja skrg aku kl bisa ganti beras merah :Dwalau dokternya bilang bebas makan apa aja, aku siy obat + asupan makanan. So dalam waktu 10 hari aja dah keliatan banget peningkatan si babynya :)Pusing deh bacain di inet ttg pengentalan darah pada bumil =))yg ada ya jaga aja deh. yg pasti pengentalan darah jg kl ga hamil bisa beresiko stroke. makanya niy, aku minum obat terus sampek lahiran eui. kaget jg. tp aku baca2 aman koq buat baby. drpd ga minum, malahan bahaya keguguran. eh jadi cerita panjang lebar gpp yaaaawalau ternyata ga ada kolesterolnya, tapi banyak kalsium *nyambung ga siyyyy…. xixixixixi

    oalaaaaa…gitu tho.serba salah ya. lagi hamil asupan kalsium kudu banyak, tapi resiko pengentalan. bingung yak.nah itu cocok tuh ngikut food combining. 😛

  50. enkoos said: kata siapa banyak kolesterolnya?kalau kalsium iya karena dairy product semua.Ya keju, ya whipping cream, ya butter. kalau telornya emang iya, kuningnya mengandung kolesterol.

    en ngurangin kalsium … errrr…. gini…kalsium kan mempercepat pengentalan darah, sedangkan kmrn test darah kan darahku kental.Resikonya buat kandungan ya supply ke babynya ga bagus. so kudu minum obat.en aku baca2 yg mempengaruhi ya kolesterol, ya asupan kalsium yg tinggiserba salah jg niy, hamil kan kudu butuh banyak kalsium. jadi ya aku skrg secukupnya en kurangin gula juga.jadi ya kudu makan makanan sehat. beras aja skrg aku kl bisa ganti beras merah :Dwalau dokternya bilang bebas makan apa aja, aku siy obat + asupan makanan. So dalam waktu 10 hari aja dah keliatan banget peningkatan si babynya :)Pusing deh bacain di inet ttg pengentalan darah pada bumil =))yg ada ya jaga aja deh. yg pasti pengentalan darah jg kl ga hamil bisa beresiko stroke. makanya niy, aku minum obat terus sampek lahiran eui. kaget jg. tp aku baca2 aman koq buat baby. drpd ga minum, malahan bahaya keguguran. eh jadi cerita panjang lebar gpp yaaaawalau ternyata ga ada kolesterolnya, tapi banyak kalsium *nyambung ga siyyyy…. xixixixixi

  51. rirhikyu said: mau dunk dibikininnnnkl aku beli ini biasanya rebutan sama nathan :))*lagi males bikin plus lagi ngurangin kolesterol demi baby 🙂

    kata siapa banyak kolesterolnya?kalau kalsium iya karena dairy product semua.Ya keju, ya whipping cream, ya butter. kalau telornya emang iya, kuningnya mengandung kolesterol.

  52. enkoos said: wah ini mah resep cincai Feb.Mungkin karena aku sering bikin, gak usah ngeliat resep lagi saking hapalnya.

    mau dunk dibikininnnnkl aku beli ini biasanya rebutan sama nathan :))*lagi males bikin plus lagi ngurangin kolesterol demi baby 🙂

  53. rirhikyu said: *ngelap eces*ternyatahhhh.. ada resep japanese cheese cake disinikapan yah bikinnya, secara….

    wah ini mah resep cincai Feb.Mungkin karena aku sering bikin, gak usah ngeliat resep lagi saking hapalnya.

  54. enkoos said: gimana rasanya dipanggang gak waterbath? Masih moist gak?Aku gak pake gelatin, disini gelatinnya meragukan.

    *ngelap eces*ternyatahhhh.. ada resep japanese cheese cake disinikapan yah bikinnya, secara….

  55. tintin1868 said: ku panggang biasa loh ga pake waterbath.. iya soal suhu panggangannya jugakompornya pengaruhnih..itu topping biasanya ku campur gelatin loh.. biar kenyal2 gimana gitu.. dan pinggirannya pake wafer.. kapan2 kalu bikin lagi ku posting.. belakangan ini kalu masak selalu habis ga sempet difoto deh, ato ga mikir udah hap hap saja..

    gimana rasanya dipanggang gak waterbath? Masih moist gak?Aku gak pake gelatin, disini gelatinnya meragukan.

  56. ayudiahrespatih said: hihihi yang jelas bukan dari emaknya 😀

    ku panggang biasa loh ga pake waterbath.. iya soal suhu panggangannya jugakompornya pengaruhnih..itu topping biasanya ku campur gelatin loh.. biar kenyal2 gimana gitu.. dan pinggirannya pake wafer.. kapan2 kalu bikin lagi ku posting.. belakangan ini kalu masak selalu habis ga sempet difoto deh, ato ga mikir udah hap hap saja..

  57. ayudiahrespatih said: haahh?? di tempat kempingg????niat bangeeeeeeeeeeeeettt hihihi…*diketik buru2 anaku lg doyan skype mbak, nangis kalo cam nya ilang hihihi*

    ga sama siapa2..dia lenggak lenggok aja sndiri abis nya blom ada temennya…kecil kok cuma kalo di klik ke mp kan cam nya ilang hihi…

  58. ayudiahrespatih said: haahh?? di tempat kempingg????niat bangeeeeeeeeeeeeettt hihihi…*diketik buru2 anaku lg doyan skype mbak, nangis kalo cam nya ilang hihihi*

    hahahahaha…skype sama siapa? camnya digedein sebesar layar ya?

  59. ayudiahrespatih said: listrik mbak…ampun masa manual bisa berbuah tanganku mbak hihi…

    ya sapa tau. hihihihihi..suamiku pernah pake kocokan manual. karena gak ada colokan listrik. dan manggangnya di api unggun. hihihihih…niat banget bikin kue di tempat kemping. Dan hasilnya bagus loh Yuk.

  60. enkoos said: malas nimbang nimbang

    wakakak kok sama yah, padahal niat banget beli timbangan dipake mah ngga…teuteup aja pake ilmu kira2 hihihi…hm….saya ini suka ga sabaran kalo ngocok telur, ntah kocokannya butut apa gimana suka grasak grusuk bikinnya jadinya bagel…alias keras hihi

  61. ayudiahrespatih said: kebanyakan gagalnya ngak tau kenapa

    tossss. hehehehehesama Yuk. Trus satu lagi, malas nimbang nimbang. Tapi setelah berhasil, senengnya minta ampun. Ternyata kuncinya di pengocokan telur. Kalau ngocoknya pas, Insya Allah berhasil kok.

  62. rindiast said: mba aq bingung deh dg no 8….”tuang ke dalam sia adonan putih telur aduk rata”,maksudnya??? setelah 1/3 putih telur di tuang ke dalam adonan kejunya, maksudnya no 7 tadi terus dimasukkan ke dalam no 8???..maaf ya mba aq rada2 ga mudeng…thanx sbelumnya

    liat potona udah kleyengan udah enak banget kayaknya..tapi saya suka keder bikin kue…kebanyakan gagalnya ngak tau kenapa..hehhehe..

  63. rindiast said: mba aq bingung deh dg no 8….”tuang ke dalam sia adonan putih telur aduk rata”,maksudnya??? setelah 1/3 putih telur di tuang ke dalam adonan kejunya, maksudnya no 7 tadi terus dimasukkan ke dalam no 8???..maaf ya mba aq rada2 ga mudeng…thanx sbelumnya

    Aduh maaf, keterangannya membingungkan ya? Nanti saya edit deh. Makasih ya.Iya, maksudnya itu. Adonan no 7 yang sudah tercampur rata dengan adonan cream cheese, dimasukkan ke adonan putih telur yang tersisa.

  64. yenisfamilyblog said: menggiurkan mba,ngences liat potonya

    mba aq bingung deh dg no 8….”tuang ke dalam sia adonan putih telur aduk rata”,maksudnya??? setelah 1/3 putih telur di tuang ke dalam adonan kejunya, maksudnya no 7 tadi terus dimasukkan ke dalam no 8???..maaf ya mba aq rada2 ga mudeng…thanx sbelumnya

  65. cutyfruty said: Iki pancen enak yo, cuma habis itu puyeng harus lebih banyak nge-gym……Fotonya bagus…..

    Suwun mbak. Lha ya itu, aku nggak mudeng kalau banyak kalorinya. tak pikir yo nggak banyak, apalagi kalau dibandingkan sama New York Cheese Cake.

  66. estherlita said: iya fotone apik banget…emang bikin JCC ini gak sulit banget hanyaaaaa sulit mambakar kalorinya ditubuh setelahnya soale enak mau nambah terus…saya udah lama gak brani lagi makan ini abis badan melar lagi belum sempet kempes…

    Suwun mbak Esther. Waduh mateng aku mbak. Tibake akeh juga ya kalorine.

  67. ningnong said: fotonye apik mbak…

    iya fotone apik banget…emang bikin JCC ini gak sulit banget hanyaaaaa sulit mambakar kalorinya ditubuh setelahnya soale enak mau nambah terus…saya udah lama gak brani lagi makan ini abis badan melar lagi belum sempet kempes…

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s