[Mudik 2010] Mencari monyet pemetik kelapa, Sumatra Barat

Tidak setiap hari ada monyet pemetik kelapa, karena tergantung kapan buah kelapa dipanen. Perjalanan saya ke Sumatra Barat di bulan Juli 2010, sebetulnya juga bukan saat musim panen kelapa. Sebuah keberuntungan belaka bila saya bisa menyaksikan momen ini.

DSC_0485edit-1

DSC_0481edit-1

Berangkat dari Padang pagi pagi sekali menuju Pariaman dengan bersepeda motor melewati jalan tembus. Masih nampak sedikit sisa sisa gempa setahun sebelumnya. Setiap kali melewati kebun kelapa, kami hampiri dan bertanya ke penduduk. Hasilnya: "musim petik barusan lewat seminggu lalu dik."

Tapi kami tidak menyerah, kami melajukan motor dan selalu berhenti di kebun kelapa. Dan sekonyong konyong, sepeda motor di depan berhenti dan berteriak, "mbak, itu ada yang lagi panjat."

Wah langsung kami semua berenti. Penduduk yang sudah terbiasa, malah nontonin kami.

Seusai motret, kami gak langsung balik ke Padang. Makan dulu di pinggir pantai Pariaman yang terkenal dengan nasi sek. Dinamakan nasi sek artinya seribu kenyang. Itu dulu, sekarang gak mungkin seribu, tapi namanya tetep nasi sek. Menu yang umum, adalah cumi goreng tepung dan udang goreng tepung. Kriuk kriuk slrpppp wuenakkk deh. Selain cumi dan udang, ada peyek udang yang guede guede…

Setelah leyeh leyeh dan perut kenyang, kami kembali ke Padang. Eh belum jauh dari Pariaman ada yang jual sate Padang ngider pake sepeda motor. Kok pengen ya. Clingak clinguk nyari tempat, kami numpang ngglesot di halaman rumah salah satu penduduk dan andok sate Padang. Nyam nyam nyam.
Hadehh jadi laper.




















Advertisements

59 thoughts on “[Mudik 2010] Mencari monyet pemetik kelapa, Sumatra Barat

  1. bundakirana said: jalan2 ke pariaman kalo difoto dg canggih begini..jadi tambah eksotis ya..hehe..saya waktu ke Pariaman juga makan nasi sek itu..dikit banget ya..Reza aja habis 2 bungkus:))

    hehehehe…iya. nasinya dikit, lauknya yang banyak.
    Pariaman cakep ya.

  2. intan0812 said: Benernya Kakek orang Talu.. tapi nenek yang di pulau mali

    jalan2 ke pariaman kalo difoto dg canggih begini..jadi tambah eksotis ya..hehe..
    saya waktu ke Pariaman juga makan nasi sek itu..dikit banget ya..Reza aja habis 2 bungkus:))

  3. intan0812 said: Benernya Kakek orang Talu.. tapi nenek yang di pulau mali

    Jadi inget lagu Rang Talu

    Rami lah rami rang pasa Talu
    Rami dek anak si urang Kajai
    Dimalah hati indak ka rindu
    Sadang lah sayang badan bacarai

    Unik ya tiram direndang. Kan empuk gitu teksturnya. Gimana cara masaknya? Pulau Malligi, banyak seafood dong. Pantes deh kalau punya kuliner tiram.
    Haduhhh pengen. Dan kangen Sumbar 😦

  4. enkoos said: tiram direndang maksudnya?huaaaaa….urang awak. Pulau Maligi dimana itu?wah mbak, saya orang Jawa tapi bisa dibilang Sumbar adalah kampung halaman keduaku. Sumbar memiliki arti khusus buat saya. Ada ceritanya disinihttp://enkoos.multiply.com/journal/item/52/Aku juga punya keluarga angkat di Padang.

    Pulau Maligi itu di Kecamatan Simpang Ampek, masuk kabupaten Pasaman Barat…..
    Benernya Kakek orang Talu.. tapi nenek yang di pulau maligi…
    Ayahku asli padang, tapi ibuku betawi.. urusan makanan di rumah dulu selera Ayah lah….
    Tiram itu kaya kerang ya…iya dibuat rendang, enak banget… ga ada rendang tiram di jakarta atau dimana2.. adanya ya di sana itu ajah…

    aku mau jemput si zahra dulu, tar balik lagi mau liat2 ceritanya di padang

  5. intan0812 said: eh ya di sana sempat nyoba rendang tiram? enak loe…..insya allah juli nanti mau pulang basamo ke kampung ayah di pulau maligi, kecamatan simpang ampek.. coba mba evi mudik ya, ta ajak lo ikutan…

    tiram direndang maksudnya?
    huaaaaa….urang awak. Pulau Maligi dimana itu?
    wah mbak, saya orang Jawa tapi bisa dibilang Sumbar adalah kampung halaman keduaku. Sumbar memiliki arti khusus buat saya. Ada ceritanya disini

    http://enkoos.multiply.com/journal/item/52/

    Aku juga punya keluarga angkat di Padang.

  6. intan0812 said: sate padangnya lidah atau daging? kalau yang asli sih konon katanya lidah… wuenakk tenan.. tapi dah jarang yang pake lidah sekarang.. muahill soale

    wah lupa mbak. gak sempet nanya dan gak merhatiin juga. yang jelas rasanya wuenakk.

  7. intan0812 said: kupat ketan bukan nih?.. kalau kupat ketan enak dimakan sama rendang aja

    eh ya di sana sempat nyoba rendang tiram? enak loe…..
    insya allah juli nanti mau pulang basamo ke kampung ayah di pulau maligi, kecamatan simpang ampek.. coba mba evi mudik ya, ta ajak lo ikutan…

  8. intan0812 said: pemandangan nya emang bagus, apa yang moto nya yang pinter?

    Pemandangannya yang emang bagus kok mbak. Siapa aja bisa kok motret kayak gini.
    Aku pernah liat program tivi "No Reservation" yang presenternya Anthony Bourdain itu. Salah satu episodenya mengenai Indonesia. Katanya kira kira gini: Indonesia begitu cantiknya, Gak perlu fotografer pro untuk motret pemandangannya yang sangat indah. Even chimps can do that.

  9. tigun said: Ada kehangatan dan ketentraman yg tersirat dari gambar ini.

    ya ampun kanggggggg. Bikin atiku mak tratap. Tenan iki.
    Sumatra Barat memang memiliki tempat spesial di hatiku. Dowo yen dijelasno. Apapun itu kalau dilakukan dengan hati, ternyata memang beda.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s