Pempek lenggang bakar Pagar Alam

Pagar Alam adalah sebuah kota kecil di provinsi Sumatra Selatan dan terletak lebih dekat dengan provinsi Bengkulu dibanding Palembang ibukotanya Sumatra Selatan. Dengan menumpang bis ekonomi, aku berangkat dari terminal bis Rajabasa di Lampung Kamis 15 Juni sekitar jam 17:00 dan tiba di Pagar Alam keesokan paginya jam 07:00.

DSC_0464edit

Di bis aku milih duduk di depan. Di tiketnya tertulis CC. Kata temenku CC = Cebelah Cupir. Aku milih duduk sebelah supir karena bisnya tidak ber AC dimana orangnya ngerokok klebas klebus. Duduk di bangku tengah maupun belakang akan terkepung asap rokok. Sedangkan duduk di sebelah supir aroma rokok nggak akan sekencang duduk di belakang atau di tengah meskipun sopirnya ngerokok. Untung aku bawa bantal kecil sehingga setiap tiap kali bau rokok, bumpetin aja muka pake bantal. Kemana mana aku bawa bantal kecil meskipun backpacking. Gembel sih gembel, tapi masih nyari nyaman dong.

Geografiku lumayan parah karena enggak tahu batas antara Sumatra Selatan, Bengkulu dan Lampung. Setiba di Pagar Alam aku belum sadar kalau kota ini berada di provinsi Sumatera Selatan. Setelah masuk hotel, mandi dan tidur sebentar, jalan jalan ke pasar. Banyak bener ya yang jual krupuk ikan dan kemplang panggang. Yang jual pempek juga banyak. Dari yang kelas gerobak ampe kelas warungan. Kalau kelas restoran nggak ada, karena Pagar Alam kota kecil. Meskipun kota kecil, warnetnya lumayan banyak untuk ukuran kota kecil. Lima biji ada mungkin.Di salah satu warnet itulah aku baru tahu kalau Pagar Alam masuk wilayah provinsi Sumatra Selatan karena di peta kotanya tertulis Pagar Alam provinsi Sumatra Selatan.

Dari warnet aku ke pasar dan disana nongkrongin pande besi yang lagi dapat pesenan bikin pisau. Puas tanya jawab, jalan lagi di tengah guyuran hujan gerimis. Eh nemu penjual empek empek yang lagi manggang. Jualannya lain dari yang lain.

Ternyata beliau sedang memanggang empek empek lenggang. Pertama bikin takirnya dulu. Setelah itu kocokan telor dimasukkan kedalam takir. Itu sebanya takir harus rapat dan gak boleh bocor supaya telor gak mbleber. Berikutnya, adonan empek empek dimasukkan sesendok demi sesendok sampe penuh. Setelah itu dipanggang. Manggangnya lama karena harus dibolak balik. Bagian bawah mateng tapi bagian atas masih cair. Cara membaliknya juga butuh keahlian khusus supaya nggak tumpah. Istrinya si penjual aja ngak sanggup. Seumur umur baru tahu yang namanya pempek lenggang bakar.

Di warung ini aku menghabiskan otak otak dua biji, lenggang bakar sebiji dan es kacang segelas. Waktu mau bayar, bapaknya nolak dibayar. Walahhhhh piye tho. Namanya jualan nanti kan rugi. Aku maksa tapi nggak sampe oyak oyakan. Otak otaknya sebiji seribu rupiah, lenggang bakar enam ribu rupiah, es kacang dua ribu. Total jendral sepuluh ribu. Murah kan?

Perut kenyang kantongpun tak perlu bolong.

Aku juga sempet nyomot tiga biji otak otak dan sebungkus lenggang panggang buat camilan di hotel.

Advertisements

95 thoughts on “Pempek lenggang bakar Pagar Alam

  1. beautterfly said: untuuuuuung rapatio senneng mpek2..aku seneng taun wingi, ning saiki ra patio seneng…hehehehejujur ketan item maneh *banting sendok*

    njupuk dewe neng pawon. lawang wis dikunci, nglumpat pager ae.

  2. enkoos said: Ealaaa buguru lagek muncul saiki. Telattttt. Empek2e wis entek. Jujur ketan ireng ae yo. sik okeh ki :))

    untuuuuuung rapatio senneng mpek2..
    aku seneng taun wingi, ning saiki ra patio seneng…
    hehehehe

    jujur ketan item maneh *banting sendok*

  3. lamendol said: eh aku wingi mari mangan iki ambek anton. Ah, nyelilit. Cuilik. Kakean godhong’e mbak.khan ada cocolannya tuh, encer gethuu. Mbok mene-mene onok sing nggawe ukuran jumbo yo mbak. Tak tukuuuu…

    waduuuuuuuuuh, panganan maneeeeeh
    *mlipir metu*

  4. lamendol said: eh aku wingi mari mangan iki ambek anton. Ah, nyelilit. Cuilik. Kakean godhong’e mbak.khan ada cocolannya tuh, encer gethuu. Mbok mene-mene onok sing nggawe ukuran jumbo yo mbak. Tak tukuuuu…

    nek ukuran jumbo, wedine tengahe durung mateng njobone wis gosong. gak asik lak’an.
    gak popo cilik, tapi mangane sak gerobak. nek perlu bakule dibrakoti sisan :))

  5. lamendol said: sumpah…ngiri. Bisa menikmati menu ini langsung di lokasinya.Aduh piye iki lek wis ngiler … tanggung jawabpe sampeyan, mbaaaaaak

    baiklah, aku yang menanggung, mbak Manda yang menjawab. :))

  6. fendikristin said: aku baru liat nih empek2 model begini..enak Mbak rasa-nya?

    eh aku wingi mari mangan iki ambek anton. Ah, nyelilit. Cuilik. Kakean godhong’e mbak.
    khan ada cocolannya tuh, encer gethuu. Mbok mene-mene onok sing nggawe ukuran jumbo yo mbak. Tak tukuuuu…

  7. fendikristin said: huaaaa pengeeeennn Mbak Evi..kok bisa sih makan otak2 dan empek2 panggang-nya cuma dikit? aku bisa kalap hahahaha

    wah satu aja dah puas. berhenti makan sebelum kenyang. itupun masih bisa nyomot beberapa biji buat cemilan di jalan.

  8. tigun said: Onok sekitar 30 tahun luwih, terakhir makan lenggang ini. Lupa rasanya. Kapaaan ada orang nyelonong ke Pulau Pinang bawain yg kayak ginian yak? 🙂

    aku baru liat nih empek2 model begini..enak Mbak rasa-nya?

  9. tigun said: Onok sekitar 30 tahun luwih, terakhir makan lenggang ini. Lupa rasanya. Kapaaan ada orang nyelonong ke Pulau Pinang bawain yg kayak ginian yak? 🙂

    kemplang di cocol kuah empek-empek..sluuurrrppp *nga pernah bosen deh sama empek2 dan turunan-nya* 😀

  10. tigun said: Onok sekitar 30 tahun luwih, terakhir makan lenggang ini. Lupa rasanya. Kapaaan ada orang nyelonong ke Pulau Pinang bawain yg kayak ginian yak? 🙂

    dilut ngkas ada bu lurah cantik dari NY mau mudik. Todong aja dia :))

  11. eddyjp said: kalo bilang sangit daku ingatnya walang sangit..ha.ha.ha.

    Onok sekitar 30 tahun luwih, terakhir makan lenggang ini. Lupa rasanya. Kapaaan ada orang nyelonong ke Pulau Pinang bawain yg kayak ginian yak? 🙂

  12. estiningtyas said: enak ya pempek panggang. blm pernah nyoba malah baru tau kalo ada pempek panggang hehehhe

    enak banget. empuk, gurih ada aroma sangitnya, kerasa krinyes dari ebi guyurin kuah cuko. wuahhhh mantapppp.

  13. tintin1868 said: itu tiga lenggang jatahnya nkoos nih?

    sepertinya begitu :))
    makan sebiji dah minta ampun kenyangnya. dimakan pelan pelan sambil omong2an sama penjualnya. Dibungkus buat camilan. Awet kenyang sampe besoknya lho.

  14. nur4hini said: mbak kemplang itu apa tho? kalo setau saya kemplang itu jadah ketan yang digoreng trus dibaluri sama gula halus

    kemplang itu krupuk palembang yang dipanggang. ada yang digoreng pake pasir.

  15. enkoos said: njaluk*nranyak*

    hooooooooooooo
    kata hubby yang udah pernah ke pagar alam
    disana itu pemandangnnya indah banget trus udara masih bersih
    trus bukit2nya hijau
    huwaaaaaaaa jadi pengen kesana apalagi abis liat poto2 makanan punya mbak evi makin mupeng deh :-(((((

  16. myshant said: tak kiro iki mau jenang sumsum gula jawa ditakir mbak, ternyata pempek campur telur 🙂

    mirip bubur ya.
    eh jenang? o iya baru inget, santi neng yojo kan yo? neng kono yen ngarani bubur, jenang.

  17. myshant said: mbak Ev, ini aku klik manual ke album potonya, karena gak nongol tuh inboxku, kenapa ya ?

    waduh…mbuh yo?
    atau mungkin sudah terlanjur diset individu sehingga gak nongol.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s