Tiram (hampir) gratisan

Hari ini aku dapet rejeki nomplok. Seorang teman memberi gratis segabruk tiram yang masih komplit dengan rumahnya. Tadinya kupikir dia bercanda, ternyata serius.

Oyster

S(Superkampret): hei you, kemana aja nggak muncul. Udah kusediain tiram kumplit sama rumahnya, gak diambil.

A(Aku): Muahal je. Sebiji US$1.50. Enakan beli yang sudah kupasan. Isi 12 biji gak sampe US$10.

S: Tak kasih gratis. Mau?

A: Heh? Are you kidding? No way.

S: Ya udah kalau nggak mau. For all of them just pay US$2. Gimana?

A: *Melongo beberapa detik.* Ya wis. Bungkus deh.

——————————-

Oyster

Aku demen banget makan tiram mentah. Cocolannya sederhana saja. Saus pedes (biasanya pake saus botolan cap dua belibis), bumbu pecel (kalau nggak ada bisa diganti selai kacang), jeruk nipis dan kadang ditambah rajangan buah nanas. Semua bumbu itu diaduk diberi air dikit. Sudah deh. Nyam nyam nyammmmmm…

Pertama kali makan tiram mentah sewaktu berkunjung ke Pike Market di Seattle. Ikan disana sueger suegerrrr. Baru datang dari laut. Begitu juga tiramnya. Ada yang sudah tak bercangkang lagi dan disatukan dalam botol. Nyobalah aku satu biji. Onde mande tusde….manisssss deh. Semenjak itu kalau ada kesempatan makan tiram cari yang masih mentah dan dalam keadaan segar. Kalau nggak seger ogah.

Di Duluth, ada superkampret yang menyediakan ikan ikan segar dengan kualitas yahud. Ikan danau maupun ikan laut. Di saat saat tertentu sering ada harga diskon untuk beberapa jenis ikan tergantung musimnya. Ikan herring cuma US$2 per pound, ikan trout danau kalau sedang musimnya hanya US$7 per pound. Di superkampret itu pula aku pernah bekerja di bagian sushi tahun 2008. Selama bekerja disana aku suka pecicilan kesana kemari di sela sela tugas. Icip sana sini bila kebetulan sedang ada promosi, comotin keju promosi, nyamil buah buahan yang berdampingan dengan saus celupan. Dan itu bukan nyolong lho ya. Karena memang disediakan untuk dicoba. Kalau lagi main ke dapur suka nanya ini apa itu apa dan buntut buntutnya sering dikasih sample gratis disuruh nyobain.

Setelah bosku keluar karena bikin usaha sushi sendiri, akupun berhenti bekerja. Ada juga penggantinya bossku tetapi aku diminta bekerja dengan waktu yang gak sesuai dengan jadwalku sehari hari. Jadi ya kutolak saja.

Karena sudah mengenal akrab sebagian besar karyawan di superkampret tersebut, seringkali aku nyambi ngobrol kalau lagi belanja kesana. Yang paling sering dibagian ikan karena aku sering sekali belanja ikan disana. Sampai suatu hari aku melihat mereka punya tiram segar dengan harga miring. Barangnya baru datang. Si kawan rupanya penasaran bagaimana aku mengolahnya. Aku bilang kalau aku suka makan mentah dengan cocolan bumbu. Si kawanpun antusias kalau mereka punya stok banyak kalau di etalase nggak ada. Bila aku mau, mereka bisa pesankan tiram yang masih ada cangkangnya.

Baiklah. Aku iyain tawarannya. Barangnya akan datang hari Jumat. Jumat sore aku kesana, yang jaga di bagian ikan orang lain. Aku juga kenal sih tapi nggak seakrab orang pertama. Beli tiram yang tanpa cangkang sebungkus kira kira setengah pound. Ada tiram bercangkang juga. Wah harganya mahal euy. US$1.50 sebiji. Beli deh, tiga biji aja buat tombo penasaran.

Sesampainya di rumah, langsung bikin adonan saus celupan kemudian makan tiram tanpa cangkang. Hampir diabisin sendirian. Anak dan suami yang sebetulnya gak heran dengan kebiasaanku ini rupanya kepengen juga. Masing masing nyoba sebiji. Katanya Menik, “eh enak juga ya. Klamut klamut.” Kalau katanya suami, “gak berasa apa apa. Just plain.”

Tiga biji yang masih bercangkang aku buka. Wah perjuangan banget. Mangapin cangkang susah bener walaupun akhirnya bisa. Kapok deh beli yang bercangkang. Udah mahal, ngebukanya pake kerja keras.

Tadi siang (Rabu) aku ke superkampret itu lagi. Cuma pengen beli salad aja. Iseng iseng lewat bagian ikan. Eh…sikawan yang sedang jaga. Kulirik di etalase, tiramnya masih banyak. Dan terjadilah percakapan di awal tulisan ini. Kata si kawan, “if you were not going to take them, nobody will.”

Oyster

Rupanya tiram jarang diminati orang sini. Padahal kalau masih fresh rasanya muanisss sekali. Enak gilak.

Advertisements

68 thoughts on “Tiram (hampir) gratisan

  1. eddyjp said: yang udah dikupas lebih murah nggak ? apa itu emang yang disukai konsumen ?

    murah. setengah pounds gak sampe 10 dollar. tapi kok jarang di display. Tiap kali aku nanya, mereka bilang ada tapi musti ke dapur dulu ngambil stok.

  2. myshant said: owalah mb Evi, itu potonya yg terakhir buagus banget, yg gak gitu doyan tiram aja jadi ngeces liatnya, seger ya :)ehm, tapi dimakan mentah ya ? tega gak ya nyobanya …hihihi

    kalau ngeces, berarti pengen. enak San kalau masih seger. muanis. tega tegain. keluarkan semangat kulinermu hihihihihi…

  3. enkoos said: ya mbuh. yang bercangkang khusus buat aku kali ya. hehehehe…temenku yang nawarin. kalau yang udah dikupas, ada terus.

    yang udah dikupas lebih murah nggak ? apa itu emang yang disukai konsumen ?

  4. eddyjp said: kalo gak gitu laku kok ya masih dijual juga yah Via ? :))

    ya mbuh. yang bercangkang khusus buat aku kali ya. hehehehe…temenku yang nawarin. kalau yang udah dikupas, ada terus.

  5. zaffara said: duh, kalo udh mateng sih aku pasti doyan. Mungkin krn belum nyoba ya, tp kayaknya kl mentah nyoba juga nggak berani mbak hehehe

    kalau gitu gak usah dikasih tau kalau oyster mentah. sodorin suruh makan dibalik saus. tinggal berani gak yg ngasih πŸ™‚

  6. tintin1868 said: kalu ikan seger sih mau makan kalu laut biru2. dulu makan bulubabi juga ga pake sambel, makan gitu aja. kalu udang ku alergi deh. ikan teri kecil2 suka tuh ku makan mentah2 kalu seger.. kalu ikan besar berdarah ya jijik kali ya, kudu dicuci dulu dan darahne ilang.emang kmanamana bawa cobek? haha pindah dapur dah. trus itu nelayan satunya suka ga wkt nyobain?jd kangen ke u.kulon nih.

    ikannya gak berdarah Tin. putih bersih dan manis. cobeknya nelayan dong. niyat banget ya. hehehehe..nelayan satunya mau nyoba, tapi dikit aja. gak mau lagi. sekedar pengen tau.

  7. enkoos said: cihuiiiii dapet resep baru nih. makasih yaaaaa.ntar temenku makin melongo aja, Evi nih tiap hari makan oyster apa gak bosan ya?Eh tau nggak, dia pengen loh nyobain makan oyster gara2 aku sering banget beli oyster disana. Bilangnya gini: “kapan kapan mbok aku dikasih bikinanmu itu”

    owalah mb Evi, itu potonya yg terakhir buagus banget, yg gak gitu doyan tiram aja jadi ngeces liatnya, seger ya :)ehm, tapi dimakan mentah ya ? tega gak ya nyobanya …hihihi

  8. enkoos said: cihuiiiii dapet resep baru nih. makasih yaaaaa.ntar temenku makin melongo aja, Evi nih tiap hari makan oyster apa gak bosan ya?Eh tau nggak, dia pengen loh nyobain makan oyster gara2 aku sering banget beli oyster disana. Bilangnya gini: “kapan kapan mbok aku dikasih bikinanmu itu”

    kalo gak gitu laku kok ya masih dijual juga yah Via ? :))

  9. enkoos said: cihuiiiii dapet resep baru nih. makasih yaaaaa.ntar temenku makin melongo aja, Evi nih tiap hari makan oyster apa gak bosan ya?Eh tau nggak, dia pengen loh nyobain makan oyster gara2 aku sering banget beli oyster disana. Bilangnya gini: “kapan kapan mbok aku dikasih bikinanmu itu”

    duh, kalo udh mateng sih aku pasti doyan. Mungkin krn belum nyoba ya, tp kayaknya kl mentah nyoba juga nggak berani mbak hehehe

  10. enkoos said: cihuiiiii dapet resep baru nih. makasih yaaaaa.ntar temenku makin melongo aja, Evi nih tiap hari makan oyster apa gak bosan ya?Eh tau nggak, dia pengen loh nyobain makan oyster gara2 aku sering banget beli oyster disana. Bilangnya gini: “kapan kapan mbok aku dikasih bikinanmu itu”

    hehe…berarti ketularan pengennya ya temannya mb Evi.. kadang2 ada orang yang mau makan makan tertentu harus liat orang lain makan dulu, klo diliat enak, baru mau coba ^_^

  11. tintin1868 said: jermal disekitar pantura.ku dulu wkt sma nyelam pertama kali di bunaken. nangkep byk bulubabi, belah aja pake piso, ada triknya tuh, kaya belah duren tp singkire dulu bulu2nya pake batu. manis ternyata. kaya makan jeli.

    Makan mentah mbak e?? emg serius manis?? aku gak pernah nyoba… ikan pun cuman doyan tuna tok.. hwahahaha πŸ˜€

  12. tintin1868 said: jermal disekitar pantura.ku dulu wkt sma nyelam pertama kali di bunaken. nangkep byk bulubabi, belah aja pake piso, ada triknya tuh, kaya belah duren tp singkire dulu bulu2nya pake batu. manis ternyata. kaya makan jeli.

    kalu ikan seger sih mau makan kalu laut biru2. dulu makan bulubabi juga ga pake sambel, makan gitu aja. kalu udang ku alergi deh. ikan teri kecil2 suka tuh ku makan mentah2 kalu seger.. kalu ikan besar berdarah ya jijik kali ya, kudu dicuci dulu dan darahne ilang.emang kmanamana bawa cobek? haha pindah dapur dah. trus itu nelayan satunya suka ga wkt nyobain?jd kangen ke u.kulon nih.

  13. tintin1868 said: jermal disekitar pantura.ku dulu wkt sma nyelam pertama kali di bunaken. nangkep byk bulubabi, belah aja pake piso, ada triknya tuh, kaya belah duren tp singkire dulu bulu2nya pake batu. manis ternyata. kaya makan jeli.

    manis karena seger ya Tin. teksturnya mirip tiram ya?aku pernah ke Ujung Kulon. Berangkat dari Taman Jaya naik perahunya penduduk. Kemping di Ujung Kulon semalam. Bawa tenda, beras, cabe dan ulekan. Ikannya mancing. Begitu dapet ikan, aku langsung iris, dimakan mentah2. Kalau ada sambel, kucocol sambel ulekan. Nelayannya melongo. Aku suruh coba, gak mau. Jijik katanya. Kubilang, manis pak. Kagak percaya. Nelayan satunya, mau nyoba.

  14. iahsunshine28 said: iya mba, menciut sedikit πŸ™‚ bumbunya bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, garam, diulek halus, tambah daun salam dan sereh, trus dicampur ke rebusan tiram mba…

    jermal disekitar pantura.ku dulu wkt sma nyelam pertama kali di bunaken. nangkep byk bulubabi, belah aja pake piso, ada triknya tuh, kaya belah duren tp singkire dulu bulu2nya pake batu. manis ternyata. kaya makan jeli.

  15. iahsunshine28 said: iya mba, menciut sedikit πŸ™‚ bumbunya bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, garam, diulek halus, tambah daun salam dan sereh, trus dicampur ke rebusan tiram mba…

    cihuiiiii dapet resep baru nih. makasih yaaaaa.ntar temenku makin melongo aja, Evi nih tiap hari makan oyster apa gak bosan ya?Eh tau nggak, dia pengen loh nyobain makan oyster gara2 aku sering banget beli oyster disana. Bilangnya gini: “kapan kapan mbok aku dikasih bikinanmu itu”

  16. tintin1868 said: cabe tomat jahe garem bwg putih yg dibakar bentar, ulek semua, trus kasih perasan jeruk nipis dan air dikit. udah deh tinggal cocol. pernah makan bulu babi seger? manis juga kaya tiram.

    wah asikkk dapet resep baru. makasih ya Tin.bulu babi belum pernah. ngebukanya yang rada gimana gitu. kalau gak ati2 bisa ketusuk dan bikin gatel. waktu ke Togean banyak ngliat bulu babi.

  17. beautterfly said: Enak tho? Ak kok rada geli nek tiram gt. Kerang kan? Amis..Mungkin nek wis diolah ak doyan kali.. Jenengane cah gunung, ga doyan sifud. Senenge gerih pethek hehe

    kerang beda dengan tiram bu guru. Kerang dagingnya lebih keset sedangkan tiram dagingnya lembut gliyur gliyur mak tlenyer. Amis itu karena sudah lama. kalau fresh dan bener2 baru datang, baunya seger.

  18. enkoos said: kalau direbus jadi menciut ya? bumbunya apa aja?mau dong dishare.

    lupa sirop lemone, campur sesendokteh diulekan cabenya.kudu nyari tiram seger ke jermal deh. laut dimari byk merkuri.

  19. enkoos said: kalau direbus jadi menciut ya? bumbunya apa aja?mau dong dishare.

    iya mba, menciut sedikit πŸ™‚ bumbunya bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, garam, diulek halus, tambah daun salam dan sereh, trus dicampur ke rebusan tiram mba…

  20. iahsunshine28 said: jadi inget mr.bean yg lagi mkn tiram mentah.. :)klo aku suka direbus, pake bumbu2 mba… enyak… klo mentah blom pernah nyoba…

    cabe tomat jahe garem bwg putih yg dibakar bentar, ulek semua, trus kasih perasan jeruk nipis dan air dikit. udah deh tinggal cocol. pernah makan bulu babi seger? manis juga kaya tiram.

  21. iahsunshine28 said: jadi inget mr.bean yg lagi mkn tiram mentah.. :)klo aku suka direbus, pake bumbu2 mba… enyak… klo mentah blom pernah nyoba…

    Enak tho? Ak kok rada geli nek tiram gt. Kerang kan? Amis..Mungkin nek wis diolah ak doyan kali.. Jenengane cah gunung, ga doyan sifud. Senenge gerih pethek hehe

  22. iahsunshine28 said: jadi inget mr.bean yg lagi mkn tiram mentah.. :)klo aku suka direbus, pake bumbu2 mba… enyak… klo mentah blom pernah nyoba…

    kalau direbus jadi menciut ya? bumbunya apa aja?mau dong dishare.

  23. fendikristin said: srruuupppp..huaa Mbak Evi..sampai berair mulutku ngebayangin tiram dipake saos cocolan-nya ;)mahal banget ya Mbak 1 pcs, 1.5US$??? perampokaaannnn!..enaknya punya temen yang kerja di supermarket πŸ˜‰

    jadi inget mr.bean yg lagi mkn tiram mentah.. :)klo aku suka direbus, pake bumbu2 mba… enyak… klo mentah blom pernah nyoba…

  24. fendikristin said: srruuupppp..huaa Mbak Evi..sampai berair mulutku ngebayangin tiram dipake saos cocolan-nya ;)mahal banget ya Mbak 1 pcs, 1.5US$??? perampokaaannnn!..enaknya punya temen yang kerja di supermarket πŸ˜‰

    hihihihihi…suka tiram mentah juga?tossss. manis yak kalau sueger gitu.

  25. tintin1868 said: toozz. ku juga suka kalu seger..biasane pake saus ulek sendiri..

    srruuupppp..huaa Mbak Evi..sampai berair mulutku ngebayangin tiram dipake saos cocolan-nya ;)mahal banget ya Mbak 1 pcs, 1.5US$??? perampokaaannnn!..enaknya punya temen yang kerja di supermarket πŸ˜‰

  26. itsmearni said: mbak eeeeeeeeeeeserius tiramnya dimakan mentah?duh kok gak huek huek sih…..hebat euy……….

    hihihihihi….kalau baca komennya temen temen disini, sepertinya berdasarkan bayangan. Emang sih ya kalau dibayangin jadi gilo (jijik). Coba kalau dihidangkan langsung tanpa dikasih tau, apa reaksinya ya? Anakku juga gitu, ngliat emaknya makan mentah telap telep lama lama tertarik juga. Padahal tadinya juga jijik. Setelah tau rasanya, jadi suka lho. Sama aja kayak sushi. Gak mau kalau ikannya mentah. Tapi begitu ngeliat emaknya sangat menikmati, lama lama pengen. Dan sekarang salah satu makanan favorit kami sushi. Karena dulu pernah kerja di sushi, jadi ya sering bikin sendiri.

  27. intan0812 said: nanti coba aku pinjam sama kakak .. kalau bisa ditransfer ke mp3… tar aku upload di mp biar mba evi bisa denger..pamit dulu ya.. mau lanjut buat kerudung pesenan nih ….

    oke. eh njait kerudung sendiri? wahhh keren.

  28. intan0812 said: wah kakakku sama suaminya masih kumplit tuh video sama LD nya si elly kasim..

    nanti coba aku pinjam sama kakak .. kalau bisa ditransfer ke mp3… tar aku upload di mp biar mba evi bisa denger..pamit dulu ya.. mau lanjut buat kerudung pesenan nih ….

  29. sarahutami said: tiram? Aku suka produk laut. Tapi alergi hiks. Sekeluarga alergi semuah nih :((.

    udah pernah makan bekicot? aku dulu juga alergi seafood. Parah banget Sarah. Makan dikit udah njeblug kaki dan tanganku. Jalan ampe ngesot ngesot. Nggilani pol. Setelah makan bekicot, Alhamdulillah bisa ilang. Tiap hari selama setahun dicekoki bekicot sama ibuku.

  30. enkoos said: hadehhhh..adalagi yg membetot perasaan. Ayam Den Lapeh. Nyari yang nyanyi Elly Kasim gak ada je. Tempat tempat yang disebut di lagu itu sama dengan tempat2 dimana aku nggembel dulu. Menyusuri satu demi satu, sendirian, plingak plinguk tapi nikmatttttt gitu.

    wah kakakku sama suaminya masih kumplit tuh video sama LD nya si elly kasim.. dan penyanyi minang lainnyaditulis bikin buku aja mba evi kisah2 nggembel dulu itu .. pasti seru

  31. intan0812 said: kampuang nan jauh di mato…. πŸ˜›

    hadehhhh..adalagi yg membetot perasaan. Ayam Den Lapeh. Nyari yang nyanyi Elly Kasim gak ada je. Tempat tempat yang disebut di lagu itu sama dengan tempat2 dimana aku nggembel dulu. Menyusuri satu demi satu, sendirian, plingak plinguk tapi nikmatttttt gitu.

  32. intan0812 said: iya… waktu kakak saya nikah… berpantun2 gitu.. tapi karena jaman sekarang sudah diatur… supaya yang pihak laki bisa jawab pantun..kalau tidak … kesian marapulai ga bisa masuk2 rumah karena jagoannya ga bisa pantun :)kapan mba evi ke indo … aku temenin deh ke sana ….

    ahik ahikssss marapulai dibawa bawa.jadi inget lagu Malam Baikomalam malam baiko yo mamamalam malam bainai yo sayanganak daro yo mama jo marapulaicincin cincin dicabuik yo mamadi jari mani sayangmarapulai galak yo mamaanak daro manangihahik ahikkkkk menetehennn.kenapa ya lagu minang mendayu dayu bikin kangen pulang kampuang. tolongggggggg

  33. enkoos said: kalau salah dengar, di pasaman ada budaya bertukar pantun dan mereka berpantunnya spontan. aku pengen banget kesana. waktu aku ke sumbar tahun kemarin, gak ada yang tahu.

    iya… waktu kakak saya nikah… berpantun2 gitu.. tapi karena jaman sekarang sudah diatur… supaya yang pihak laki bisa jawab pantun..kalau tidak … kesian marapulai ga bisa masuk2 rumah karena jagoannya ga bisa pantun :)kapan mba evi ke indo … aku temenin deh ke sana ….

  34. intan0812 said: kaya jagung bakar enak…. rendang tiram enak banget deh pokokeiya aku barusan cek di google ga adapulau maligi, kecamatan simpang ampek, kabupaten pasaman barat….in salah satu photo di pantainya:

    kalau salah dengar, di pasaman ada budaya bertukar pantun dan mereka berpantunnya spontan. aku pengen banget kesana. waktu aku ke sumbar tahun kemarin, gak ada yang tahu.

  35. enkoos said: Kalau dibakar gimana rasanya mbak? Aku penasaran sama rendang tiram. Nyari di mapgoogle lokasi pulau mmm…apa itu lupa je, gak nemu. Pasaman ya?

    kaya jagung bakar enak…. rendang tiram enak banget deh pokokeiya aku barusan cek di google ga adapulau maligi, kecamatan simpang ampek, kabupaten pasaman barat….in salah satu photo di pantainya:

  36. intan0812 said: dibakar enak lo.. atau direndang

    Kalau dibakar gimana rasanya mbak? Aku penasaran sama rendang tiram. Nyari di mapgoogle lokasi pulau mmm…apa itu lupa je, gak nemu. Pasaman ya?

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s