[JAJAN PASAR] Gatot

Ini bukan nama tokoh wayang yang berkumis tebal itu, bukan pula singkatan dari GAgal TOTal, tetapi nama jajan pasar yang bahannya dari singkong. Singkongnya dikukus dan dijemur bolak balik sampe berwarna hitam. Waktu saya masih kecil, gatot mudah ditemui di hampir semua pojokan pasar tradisional. Sekarang popularitasnya sudah menurun, mudik pertengahan tahun 2010 kemarin saya nggak nemu blas di beberapa pasar tradisional.

Alhamdulillah kini ada gatot instan. Tinggal ikuti petunjuknya seperti yang aku ceritakan di halaman resep disini, kita sudah bisa menikmati hangatnya gatot yang kebul kebul dan agak sedikit melawan bila digigit. Diurapi dengan parutan kelapa yg sudah ditaburi sedikit garam, rasanya jadi gurih kenyil2. Kalau mau lebih sejuta rasa boleh dikasih sambel terasi dan lalapan kemangi. Aneh memang, tapi rasanya mana tahan enaknya. Diversifikasi menu kan. Singkong kan karbohidrat, pengganti nasi dong. Pengen coba makan dengan sambel pecel, kayaknya enak kali ya.


[Jajan Pasar] Gatot



Gatot instan yang saya punya adalah kiriman dari ibu. Mereknya Bima Sakti produksi Mekar Sari Sukses Makmur Malang. Kok gak ada alamatnya ya?

gatot instan Bima Sakti

Advertisements

84 thoughts on “[JAJAN PASAR] Gatot

  1. penuhcinta said: Gatot! Kenalan yukkk.. aku ra tahu mangan iki lo Mbak. Padahal sering main ke Solo (dulu). Ah kangen geti dan brem.

    hehehehe, kenalan karo gatot. makannya dicethot cethotopo kuwi geti?

  2. fefabiola said: seumur hidup baru tahu kalau Gatot tuh nama makanan, kukira nama orang aja, Mbak 😀

    hehehehe…berarti bukan orang Jawa Tengah / Jawa Timur, atau paling tidak belum pernah tinggal di Jawa Tengah / Jawa Timur.

  3. tintin1868 said: wah kalu bisa bikin sendiri ku ga pernah ku pake gatot instan, pernah dikasih.. udah nyoba? enak?

    yang aku bikin itu kan dari gatot instan, kiriman dari ibu. Enak kok Tin. Apa kabarnya Tin, lama gak keliatan.

  4. ningnong said: Lha kok sama gaya makan gatot-nya.. Selain parutan kelapa, pake sambel terasi plus lalap + krupuk :))Mbak’e, Bima Sakti jg ngeluarin tiwul instant…pernah beli wkt mudik ke Malang

    ga pernah tau ada makanan ini. mungkin pernah makan tapi ga tau namanya. 🙂

  5. ningnong said: Lha kok sama gaya makan gatot-nya.. Selain parutan kelapa, pake sambel terasi plus lalap + krupuk :))Mbak’e, Bima Sakti jg ngeluarin tiwul instant…pernah beli wkt mudik ke Malang

    huehehehehehe…gatot sambel terasi. Tiwulnya dikasih keju, enak Ning. iya aku juga dapet kiriman tiwul instan. kemaren malah kuhibahkan temen di Twin Cities, sebab ngiler2 kepengen tiwul.

  6. emaknyamarc said: mbak………nang enggonku isih ono sing dodolan gatot,ireng kenyil2 soko gaplek iku kan….???klo yg instan malah akeh sing dodolan………….adduh……jadi kepengen,sesuk tuku ah nang pasar………….

    beruntungnyaaaaaa masih ada yang jualan. dimana tho lokasinya? Surabaya?

  7. nitafebri said: aku belom pernah liat gatot..taunya yaa penganan singkok yg baisa deeh.. macem getuk, combro, dsbbtw ntu produk nyampe sono juga yaa…

    disini gak ada, ntu dikirimin ibuku Nit.

  8. beautterfly said: M.niez. Huwaaa iya gt? Ak pernah bw gatot k dfm? Yg pas apa seh? *lupa sumpahak ga tau kalo gatot instan d jakarta ada apa engga.

    mbak………nang enggonku isih ono sing dodolan gatot,ireng kenyil2 soko gaplek iku kan….???klo yg instan malah akeh sing dodolan………….adduh……jadi kepengen,sesuk tuku ah nang pasar………….

  9. beautterfly said: M.niez. Huwaaa iya gt? Ak pernah bw gatot k dfm? Yg pas apa seh? *lupa sumpahak ga tau kalo gatot instan d jakarta ada apa engga.

    M.niez. Bukan pas kita makan spaheti?M.nita. Kalo ak pernah bw k dfm,mba nita jg berarti pernah liat gatot, tapi ga ngeh kali yak?

  10. beautterfly said: M.niez. Huwaaa iya gt? Ak pernah bw gatot k dfm? Yg pas apa seh? *lupa sumpahak ga tau kalo gatot instan d jakarta ada apa engga.

    aku belom pernah liat gatot..taunya yaa penganan singkok yg baisa deeh.. macem getuk, combro, dsbbtw ntu produk nyampe sono juga yaa…

  11. beautterfly said: M.niez. Huwaaa iya gt? Ak pernah bw gatot k dfm? Yg pas apa seh? *lupa sumpahak ga tau kalo gatot instan d jakarta ada apa engga.

    wah bahasan si gatot belum rampung2 neh.. mba evi ga tidur2 ya :))

  12. rengganiez said: lg neng kidul pasarrr….ngisor wit waru ki lho..nganggo klambi pink berkilauuuu

    M.niez. Huwaaa iya gt? Ak pernah bw gatot k dfm? Yg pas apa seh? *lupa sumpahak ga tau kalo gatot instan d jakarta ada apa engga.

  13. rengganiez said: lg neng kidul pasarrr….ngisor wit waru ki lho..nganggo klambi pink berkilauuuu

    Huwaaa iya gt? Ak pernah bw gatot k dfm? Yg pas apa seh? *lupa sumpahak ga tau kalo gatot instan d jakarta ada apa engga.

  14. rengganiez said: lg neng kidul pasarrr….ngisor wit waru ki lho..nganggo klambi pink berkilauuuu

    Lha kok sama gaya makan gatot-nya.. Selain parutan kelapa, pake sambel terasi plus lalap + krupuk :))Mbak’e, Bima Sakti jg ngeluarin tiwul instant…pernah beli wkt mudik ke Malang

  15. enkoos said: woiii dimanaaaaa??celingak celinguk ngisor longan balik lemari klambi ngisor kursi ndelik neng endi tho yoo?golek gatot instan neng endi?

    iki gambare kok ra metu yo?? heran deh.

  16. enkoos said: woiii dimanaaaaa??celingak celinguk ngisor longan balik lemari klambi ngisor kursi ndelik neng endi tho yoo?golek gatot instan neng endi?

    lg neng kidul pasarrr….ngisor wit waru ki lho..nganggo klambi pink berkilauuuu

  17. rengganiez said: sayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa?????????

    woiii dimanaaaaa??celingak celinguk ngisor longan balik lemari klambi ngisor kursi ndelik neng endi tho yoo?golek gatot instan neng endi?

  18. beautterfly said: Eh,jgn salah. Di jakarta ada lhooo. Aku pernah nemu di halte komdak sm sarinah. Ditaruh di gendongan kayak jamu (jenengane opo yo kok lali sak plengan) ato di kranjang plastik gt. Dibungkus plastik kotak bening,trus macem2. Ada cenil jg, lupis, dll. 5rb apa ya? Lupa. Tapi, blm prnh ngrasani wong ming liwat thok.

    trus dibawa ke DFM..dimakan rame2….masih inget kok…*ada yang nanya yah?* 😀

  19. fivefebruary said: belinya cm ada sby ya? 😦

    di tempat lain mungkin ada tapi aku gak tau. aku arek suroboyo, jadi taunya di suroboy yang ada. coba tanya temen2 di jogja, semarang atau dimana gitu. woiiiiiiiiiii yang tau dimana bisa beli gatot instan, ada gakkkkk??? mbak Niez??

  20. beautterfly said: Enak aje,jakarta masuk mbanten tauk *melet luwih dowoweee yahmene kok belum bobo’? Nang aku, lg puanaseee.. Alhamdulillah, pakean pada garing nganti awakku yo garing *curcol

    wuik ilate koyok ulo.awakke keno nggo peyek kuwi yen garing.

  21. fivefebruary said: kepengennnnlempar sebungkus donk mbak 🙂

    Enak aje,jakarta masuk mbanten tauk *melet luwih dowoweee yahmene kok belum bobo’? Nang aku, lg puanaseee.. Alhamdulillah, pakean pada garing nganti awakku yo garing *curcol

  22. beautterfly said: Eh, salah mbaca gitu? Lha tadi ada yg nulis gatot cuma ada di jateng jatim kan? *pake kaca pemBESAR* ;p

    bukan cuma, tapi BANYAK. huehehehehe…jelasnya, gatot memang banyak di tiga provinsi tsb. Kalau Jabar enggak (banyak). mungkin. Jakarta masuk provinsi Jabar ya? *melet* hihihihihi…

  23. anotherorion said: iwak boyo? he neng omahku isine kulit boyo ro ulo

    Eh,jgn salah. Di jakarta ada lhooo. Aku pernah nemu di halte komdak sm sarinah. Ditaruh di gendongan kayak jamu (jenengane opo yo kok lali sak plengan) ato di kranjang plastik gt. Dibungkus plastik kotak bening,trus macem2. Ada cenil jg, lupis, dll. 5rb apa ya? Lupa. Tapi, blm prnh ngrasani wong ming liwat thok.

  24. rengganiez said: Kenyangnya awet bangett kalo makan itu. Meski aku suka yg gak instant, beda sensasi rasanya

    Mungkin karena mbak Niez tahu kalau itu instan dadine sugesti. Nek kanggoku, lumayan lah tombo kangen. Neng kene ra ono bakul gatot, onone mas Gerry bakul gator. qeqeqeq…

  25. intan0812 said: Mudiknya kemana2 mba, namanya diajak mertua… Pasrah… Tempat si mbah di sragen, trus ke bulik dari bapaknya suami di karanganom, adik ibu mertua di delangu dan jombang…. Kalau ke solo sama jogja mampir buat beli batik :)… Tp aku lupa makan gatotnya dimana 😀

    Jatim Jateng Jogja. iya banyak gatot di tiga provinsi itu. Kalau Jabar sepertinya enggak. Mungkin ya.

  26. rengganiez said: SALAM GATOT..Kalo ponakanku paling suka ditaburi keju ama meses mbak..tiwul instant jg digituin. Dan enak jg loh ternyata.

    Mudiknya kemana2 mba, namanya diajak mertua… Pasrah… Tempat si mbah di sragen, trus ke bulik dari bapaknya suami di karanganom, adik ibu mertua di delangu dan jombang…. Kalau ke solo sama jogja mampir buat beli batik :)… Tp aku lupa makan gatotnya dimana 😀

  27. rengganiez said: SALAM GATOT..Kalo ponakanku paling suka ditaburi keju ama meses mbak..tiwul instant jg digituin. Dan enak jg loh ternyata.

    Kenyangnya awet bangett kalo makan itu. Meski aku suka yg gak instant, beda sensasi rasanya

  28. rengganiez said: SALAM GATOT..Kalo ponakanku paling suka ditaburi keju ama meses mbak..tiwul instant jg digituin. Dan enak jg loh ternyata.

    tiwul keju, slruppp. tes tes tes ketessss.. aduh membayangkan saja sudah tak tahan.

  29. bambangpriantono said: Nek ndek enggonku malah digandeng cenil Mbak (Malang)…Gatot, Tiwul ambek cenil..aku biasa tuku nang pasar cedek omah pas sik cilik mbiyen. Semarang yo onok lah…cuma aku wis jarang sobo2 pasar..hehehe

    timbang adoh neng malang, golek neng semarang. sekali2 sobo pasar. ojo sobo kebon ae, koyok pitik walik. kwkwkwkwkwk..

  30. enkoos said: biasane gatot ki gandhengane tiwul. nek cenil gandhengane bubur. kuwi sakweruhku ndek suroboyo. semarang gak ono gatot tah?

    Nek ndek enggonku malah digandeng cenil Mbak (Malang)…Gatot, Tiwul ambek cenil..aku biasa tuku nang pasar cedek omah pas sik cilik mbiyen. Semarang yo onok lah…cuma aku wis jarang sobo2 pasar..hehehe

  31. bambangpriantono said: Nek moro2 kepengen hayoo..Dudu berarti gak doyan lho yooo…cuma gak maniak2 banget mangan gatot. Nek tuku jajanan ngono biasane aku golek cenile..kan biasane gatot cenil mesti digandengno

    biasane gatot ki gandhengane tiwul. nek cenil gandhengane bubur. kuwi sakweruhku ndek suroboyo. semarang gak ono gatot tah?

  32. enkoos said: gak patio doyan, tapi kok atene golek? Lha trus nggo opo?

    Nek moro2 kepengen hayoo..Dudu berarti gak doyan lho yooo…cuma gak maniak2 banget mangan gatot. Nek tuku jajanan ngono biasane aku golek cenile..kan biasane gatot cenil mesti digandengno

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s