Jatuh cinta pada…

T.E.R.A.S.I

Menu makan malam kami hari ini adalah:

Bayam bumbu terasi


Berhubung disini gak ada yang jual kangkung, maka kami menggunakan bayam. Memang kurang kriuk kriuk dibanding kangkung tapi rasanya lumayan miriplah. Ini adalah menu kesukaan suami selain juga sambel terasi dan segala makanan dengan bahan penyedap terasi. Padahal tadinya… weleh weleh

***

Ibu membekali saya terasi sewaktu kami pindah ke Shanghai di negeri Tirai Bambu. Bukan terasi kering dalam botol tetapi terasi kampung yang dibungkus daun pisang dimana untuk menggunakannya harus dipanggang terlebih dahulu sebelum digerus dalam bumbu ataupun sambel. Bagi yang suka, baunya harum mengundang selera makan. Tetapi bagi yang tidak biasa apalagi tidak suka, bau tersebut sangat mengganggu.

Beberapa kali saya mendengar cerita menggelikan mengenai terasi di perantauan. Seorang kawan yang tinggal di Kanada pernah memanggang terasi. Mertuanya yang kebetulan tinggal di sebelah rumah datang tergopoh gopoh mempertanyakan sumber bau yang dikiranya berasal dari bangkai binatang. Dengan pandangan prihatin sang mertua keliling rumah mencari sumber bau yang ternyata berasal dari terasi. Seorang kawan lain bahkan pernah didatangi polisi karena tetangganya mengeluh ada bau tak sedap di rumah si kawan. Si tetangga curiga bahwa sumber bau tersebut adalah bangkai binatang atau bahkan manusia. Setelah diselidiki, sumber bau tak sedap tersebut berasal dari terasi yang sedang dipanggang. Wedeww…

Untuk menghindari hal tersebut, saya memanggang terasi di siang hari pada saat penghuni rumah sedang tidak di rumah. Suami bekerja dan anak di sekolah. Apakah tetangga tidak mengeluh? Alhamdulillah enggak. Mungkin karena di Cina juga mengenal makanan bau. Negeri Cina adalah surga makanan enak sekaligus aneh termasuk tahu. Tahu yang berteksur halus hingga blang blontheng bolong bolong. Tahu yang berwarna putih mulus hingga coklat sampe kehitaman. Tahu yang tak berbau hingga tahu yang baunya seperti comberan.

pedagang-tofu

Kembali ke urusan memanggang terasi. Setelah selesai dipanggang sebanyak kebutuhan sekali pakai, terasi saya bungkus kembali dan diletakkan di dalam kabinet atas. Sore hari pada saat suami pulang dari kerja, ehh…masih terendus juga bau terasi itu meskipun sudah dibungkus.

Suami: snif snif snif…bau apa ya ini?
Saya: ng….apa ya? *pura pura ikutan heran*
Suami mengendus hingga ke dapur: Sepertinya berasal dari sini
Ndilalah pintu kabinet terbuka sedikit, dan voilaaaa….terasi yang gak terlalu rapat membungkusnya keliatan nongol.
Suami: apa ini?
Saya: Ini bumbu dapur penting. Yahhh emang baunya gini.
Suami: *garuk garuk kepala* Taruh di kantung plastik aja ya, diiket yang rapet trus digantung di atas mesin cuci. Oke?
Saya: huaaaa…teganyaaaaa

Perlu diketahui, kami tinggal di apartemen lantai 15. Ruang cuci ada di sebelah dapur dan tempatnya terbuka. Atapnya sih tertutup, tapi tetep aja terbuka. Baunya kan mengundang. Kalau disamperin tikus gimana? Atau burung? Aduhhhhhh gak rela. Demi ngeliat muka istrinya yang mulai manyun,
Suami berkomentar: ya ampun sayangggggg, kan ditaruh dalam plastik dan diiket rapet.
Saya: Iya tau, rapet bungkusnya. Tapi kan tetep di luar. Makanan kok di luar.
Suami: Lah gimana, baunya sangat mengganggu. Just like mmm..anu so sorry sayang, …just like dirty socks has not been washed for months.
Saya: Huaaaaaaaaaaaaaaa……..

Keesokan harinya, saya belanja ke pasar tradisional seperti biasanya. Lagi summer sepertinya karena kangkung sangat melimpah. “Wah asik nih kalau dimasak kangkung terasi. Terus menu buat suami apa ya? Wis gampang wis. Bikinin aja makanan lain yang gak ada terasiny
a. Lupa apa waktu itu, yang jelas saya bikin dua menu.

Setelah menjemput Menik dari sekolah, saya mulai menyiapkan makan malam. Kangkung terasi dengan geprekan bawang putih yang sangat banyak, udang disana sini, irisan cabe yang bikin hohah hohah. Slruppp mantap tenan. Saya bikin dua kali. Satu porsi kecil khusus buat Menik yang waktu itu belum bisa menerima makanan pedas. Dan satu lagi buat saya.

Suami pulang kerja dan gak lama kemudian makan malampun siap. Mangkok besar isi kangkung ternyata diliriknya juga meskipun sudah saya siapkan menu sendiri. Sebetulnya suami saya gak rewel urusan makan. Rasa ingin tahunya gede. Kalau belum pernah makan, dicobanya. Bila suka diterusin. Tapi kalau nggak suka, tetep dihabisin tapi dengan catatan lain kali gak akan makan kecuali kepepet.

Disendoknya kangkung terasi, dan ternyata sukaaaaa buangetss. Seperti biasa, bila ada makanan baru dan ternyata uenak, bertanyalah suami:

Suami: Apa nama makanan ini?
Saya: Tumis kangkung bawang putih. Suka ya?
Suami: Gak. Aku gak suka but loveeeee it.
Saya: Tau nggak apa kuncinya bumbu ini?
Suami: Iya tahu. Bawang putih kan. You put lots and lots of garlic.
Saya: Well, gak cuma itu.
Suami: Then what?
Saya: The main ingredient is something that you called dirty socks has not been washed for months.
Suami: Really??? It’s sooooo good.

Bukannya suami berhenti makan tetapi satu mangkok buesar kangkung terasi hampir dihabiskan untuk dirinya sendiri. Dan saya cuma kebagian sedikit. Malah katanya, “besok besok bikin lagi yah.”
kwkwkwkwkwk…

Semenjak itu, menu dengan bahan penyedap terasi menjadi santapan hampir tiap hari. Makan lumpia atau risoles cocolannya sambel terasi, dengan cabe minimal lima biji. Lebih jos dibanding dengan sambel botolan katanya. Makan spaghettipun juga sambel terasinya nggak pernah ketinggalan. Hah? Spaghetti sambel terasi? Iya. Gak salah dengar. Kalau lama nggak makan makanan berterasi, beberapa hari menjelang pulang sudah request minta bikinin spaghetti sambel terasi atau kangkung terasi.

Spaghetti sambel terasi
Advertisements

117 thoughts on “Jatuh cinta pada…

  1. enkoos said: berapa kilo πŸ˜€

    wekekekeke, mbuh :Pudah 3 hari ini saya makan kangkung terus, pokoknya Love u Pull deh Kangkung.ada di buat Cah cangkung, Kangkung bumbu terasi (mirip punya mba Via tapi tanpa udang), dan kangkung asem jawa, semuanya yummyyy πŸ˜€

  2. emaknyamarc said: “Suami: Lah gimana, baunya sangat mengganggu. Just like mmm..anu so sorry sayang, …just like dirty socks has not been washed for months.”wkwkwkwkwk…………..mesakke banget yo dipadakno karo kaos kaki………..sampe ngakak baca yg ini……….

    potone mantep tenan !

  3. emaknyamarc said: “Suami: Lah gimana, baunya sangat mengganggu. Just like mmm..anu so sorry sayang, …just like dirty socks has not been washed for months.”wkwkwkwkwk…………..mesakke banget yo dipadakno karo kaos kaki………..sampe ngakak baca yg ini……….

    bwhehehehehe…

  4. rembulanku said: salam kenal dari si Ulil

    “Suami: Lah gimana, baunya sangat mengganggu. Just like mmm..anu so sorry sayang, …just like dirty socks has not been washed for months.”wkwkwkwkwk…………..mesakke banget yo dipadakno karo kaos kaki………..sampe ngakak baca yg ini……….

  5. itsmearni said: mirip mbakyang penting terasinya, klo aku sih biasanya kek gini :Bahan :Kangkung daratCabe keriting secukupnyaCabe rawit secukupnyaTerasi sesuai seleraBawang putih sesuai seleraJeruk limo 2-3 butirMinyak gorengGaram secukupnyaCara Membuat :Kangkung rebus1. Buang akar kangkung darat lalu cuci bersih2. Panaskan air sampai mendidih + sedikit garam. masukkan kangkung.3. Tunggu kira kira 2 menit sampai kangkung empuk, angkat.4. Segera rendamm dengan air es supaya warnanya tetap hijau segar (kira2 10 menit), setelah itu tiriskan lagi5. Belah 2 memanjang dari pangkal sampe ke pucuknya, usahakan tidak terus. Sambel Plecing1. Bakar terasi, cabe dan bawang direbus (versi lain : cabe & bawang dibakar)2. Ulek kasar cabe rawit, cabe keriting, bawang putih, terasi bakar dan sedikit garam.3. Icip icip. kalo kurang pedas tambahkan cabe, kurang terasi tambah terasi, kurang kerasa bawang putih tambahkan bawang putih lagi.4. Siram dengan minyak, aduk rata.5. Iris empat sisi samping dari limo (persis seperti mengiris jeruk nipis), buang bijinya.6. masukkan potongan limo ke dalam sambel, aduk lagi.7. Tata kangkung dipiring, siram sambel diatasnya8. Slesai, sajikan dengan tahu goreng yang enak dan nasi panas. ada juga sih yang pake bawang merah dibumbunyatapi klo aku jarang, gak pake aja udah enak kok hehe

    mbak Arni, ijin copas resepnya ya?salam kenal dari si Ulil πŸ˜€

  6. enkoos said: Mirip kan bumbunya? Aku nggak ngerti gimana resepnya. Punya resepnya ndak?

    mirip mbakyang penting terasinya, klo aku sih biasanya kek gini :Bahan :Kangkung daratCabe keriting secukupnyaCabe rawit secukupnyaTerasi sesuai seleraBawang putih sesuai seleraJeruk limo 2-3 butirMinyak gorengGaram secukupnyaCara Membuat :Kangkung rebus1. Buang akar kangkung darat lalu cuci bersih2. Panaskan air sampai mendidih + sedikit garam. masukkan kangkung.3. Tunggu kira kira 2 menit sampai kangkung empuk, angkat.4. Segera rendamm dengan air es supaya warnanya tetap hijau segar (kira2 10 menit), setelah itu tiriskan lagi5. Belah 2 memanjang dari pangkal sampe ke pucuknya, usahakan tidak terus. Sambel Plecing1. Bakar terasi, cabe dan bawang direbus (versi lain : cabe & bawang dibakar)2. Ulek kasar cabe rawit, cabe keriting, bawang putih, terasi bakar dan sedikit garam.3. Icip icip. kalo kurang pedas tambahkan cabe, kurang terasi tambah terasi, kurang kerasa bawang putih tambahkan bawang putih lagi.4. Siram dengan minyak, aduk rata.5. Iris empat sisi samping dari limo (persis seperti mengiris jeruk nipis), buang bijinya.6. masukkan potongan limo ke dalam sambel, aduk lagi.7. Tata kangkung dipiring, siram sambel diatasnya8. Slesai, sajikan dengan tahu goreng yang enak dan nasi panas. ada juga sih yang pake bawang merah dibumbunyatapi klo aku jarang, gak pake aja udah enak kok hehe

  7. nur4hini said: huaaa itu spagetti sambel terasinya bikin ngiler….Hihihi jadi inget mbak, karena kangkung disini mahal, dah gitu susah dapetnya, kalo kangen rujak, sekarang gak pake kangkung, diganti spaghetti, sama timun, kecambah dan tahu goreng. jadinya spaghetti petiss hihihi *ngerusak menu* πŸ™‚

    hayooo diposting. fusion cuisine kae. dan rasanya sering mengejutkan loh.

  8. moestoain said: Kurang gak buk? kie nang kamar onok trasi sak kotak asli gawenane tonggo nang duro, isik alamiah gawene di deplok. Ora tau digawe soale pernah geger ambek wong Yaman gara2 ambune hahaha

    duwekku sik akeh. nek kurang karek njaluk kiriman soko Indonesia.

  9. enkoos said: Suami: Lah gimana, baunya sangat mengganggu. Just like mmm..anu so sorry sayang, …just like dirty socks has not been washed for months.

    hahaha…. *guling2*… tega banget sampe segitunya…emm…pernah makan nasi pake terasi goreng gak mba? hehe… sedap juga loh..

  10. enkoos said: enake boh abohhh.

    huaaa itu spagetti sambel terasinya bikin ngiler….Hihihi jadi inget mbak, karena kangkung disini mahal, dah gitu susah dapetnya, kalo kangen rujak, sekarang gak pake kangkung, diganti spaghetti, sama timun, kecambah dan tahu goreng. jadinya spaghetti petiss hihihi *ngerusak menu* πŸ™‚

  11. enkoos said: enake boh abohhh.

    Kurang gak buk? kie nang kamar onok trasi sak kotak asli gawenane tonggo nang duro, isik alamiah gawene di deplok. Ora tau digawe soale pernah geger ambek wong Yaman gara2 ambune hahaha

  12. rembulanku said: mesti aku kok kesengsem sik karo foto2nekeduax, resep kangkung bumbu terasi opo yu?terus gawe spageti terasi piye?mumpung aku iseh duwe turahan spageti mentah iki bingung meh dimasak opo

    Waktu kecil, salah 1 menu favoritku adalah nasi panas dibulat2 pake taburan terasi.

  13. rembulanku said: mesti aku kok kesengsem sik karo foto2nekeduax, resep kangkung bumbu terasi opo yu?terus gawe spageti terasi piye?mumpung aku iseh duwe turahan spageti mentah iki bingung meh dimasak opo

    pertama bikin saus tomatnya. bawang putih geprek, bawang bombay cincang halus, cabe merah cincang, rawit (yen seneng pedes) – digongso.setelah bau harum, masukin daging cincang atau udang atau bakso atau apalah terserah.setelah mateng, masukan tomat cincang sing uakeh. kedua bikin sambel terasi. bumbune biasa ae, wis ngerti kan.rebus spaghetti dan beri tambahan sedikit minyak biar gak lengket.tuang saus tomat pertama di atas spaghetti. taburi keju parut. setelah itu tuang atasnya dengan sambel terasi. aduk2. mak nyosssss.Kalau mau lebih simple, sambel terasinya tuang sekalian di wajan waktu saus tomat pertama udah mateng. Aduk2 sampe mateng.

  14. penuhcinta said: Salah banget nih aku ngeliat gini pas tengah malam…. waaa…mamaaaa… jadi laper deh! Terasi untungnya ada ya di toko internasional. Aku juga suka dan dasar ndablek gak pernah mikirin tetangga mau bilang apa..ha…ha…ha.

    terasi buatan Malaysia ya Ir? hehehehe…untung tetanggamu gak telpon 911, disangka menyimpan dead body :)))

  15. aghnellia said: gak jadi gosong yah tomatnya kalo gak ditambahin air?

    gak tau juga. soalnya belum pernah nyoba. hehehehehe…aku pernah nyobain spaghetti otentik dan kesimpulannya gak suka. Terlalu kecut. Saus tomatnya pake tomato paste kalengan.

  16. enkoos said: kodal iku opo mbak? ngertiku kodel.Del tak kodel kodel tak kodel kodel tak kodel kodelmere mana tum jahe jahe

    mesti aku kok kesengsem sik karo foto2nekeduax, resep kangkung bumbu terasi opo yu?terus gawe spageti terasi piye?mumpung aku iseh duwe turahan spageti mentah iki bingung meh dimasak opo

  17. enkoos said: kodal iku opo mbak? ngertiku kodel.Del tak kodel kodel tak kodel kodel tak kodel kodelmere mana tum jahe jahe

    Salah banget nih aku ngeliat gini pas tengah malam…. waaa…mamaaaa… jadi laper deh! Terasi untungnya ada ya di toko internasional. Aku juga suka dan dasar ndablek gak pernah mikirin tetangga mau bilang apa..ha…ha…ha.

  18. nitafebri said: Btw spaghetti sambel terasi??Diapain tuh terasinya, dicemplungin ke sambelnya gitu??

    Dibikin sambel terasi biasa. Trus ditumplekin ke atas spaghetti yang udah bersaus tomat. jadinya nyampur gitu Nit.

  19. tintin1868 said: itu cara ilangin baunya ga sesengit kalu dipanggang..

    Iyaa terasi itu menganggu baunyaklo di negara laen yg ga biasa emang kudu ati2.Btw spaghetti sambel terasi??Diapain tuh terasinya, dicemplungin ke sambelnya gitu??

  20. mahasiswidudul said: wakakakkakaaakkk.. si om belom pernah nyicip pelecing kangkung ala lombok nih mbak ev?? pasti ketagihan… terasi nya olalaaa looohhh :D~

    ada terasi bali yang siap disajikan udah dipanggang, jadi butiran kaya garam.. tapi mahalnya boh.. setoples masa 300ribu? padahal segede dibungkus daun pisang aja ga sampe 20ribu.. bingung sendiri ada terasi mahal gitu..dikukus tetep jos loh.. cuma iya agak basah.. itu cara ilangin baunya ga sesengit kalu dipanggang..

  21. mahasiswidudul said: wakakakkakaaakkk.. si om belom pernah nyicip pelecing kangkung ala lombok nih mbak ev?? pasti ketagihan… terasi nya olalaaa looohhh :D~

    pedesnya itu loh ya ampuuuunn beneran tuh plecing di lombok sana..yang lucu pernah pesen ayam taliwang, kita berlima, cukup kan seekor ayam.. eh pelayannya bingung, yakin satu? eh begitu disajikan ternyata ayamnya seuprit, kaya burung apa gitu, kecil bener, cukup buat seorang, akhirnya pesen lagi 4.. oh iya sekarang ga pernah lagi makan kangkung loh..

  22. tintin1868 said: spageti sambel terasi mantap.. ku pernah makan tuh.. sama teri juga..btw, kalu terasi ga pernah ku panggang sekarang, tapi kukus.. baunya iya masih, trus tiriskan dan taroh di toples bekas selai yang rapet itu dan simpen dalam kulkas.. ga bau kog..

    kalau dikukus kurang jos rasanya. enakan dipanggang. tapi sekarang udah ada terasi tanpa dipanggang lagi kok. Dan rasanya juga enak. Terasi buatan ny.Siok. Udah ada disini. Ada yang pernah ngasih saran, kalau kehabisan terasi, beli aja bagoong buatan Filipina. Sama aja itu. Rasanya persis. Beda dengan belachan Malaysia yang kurang strong.

  23. rengganiez said: mbak…mbak…jiannnnnnn….hadehhhhhhh…uwisss ra kodal tenan ngeyele soal trasi

    kodal iku opo mbak? ngertiku kodel.Del tak kodel kodel tak kodel kodel tak kodel kodelmere mana tum jahe jahe

  24. rirhikyu said: hahahahahaha, terasi emang the best lah :Dbtw, fotonya sangat mengundang selerajd pengen diundang makan πŸ˜€

    melalui komen ini, bu Febi saya undang makan. Sekarang. Gak pake lama. Kutunggu dipengkolan jalan. Siap bu πŸ™‚

  25. theresajackson said: Mantaffffffffff ceritanya!

    spageti sambel terasi mantap.. ku pernah makan tuh.. sama teri juga..btw, kalu terasi ga pernah ku panggang sekarang, tapi kukus.. baunya iya masih, trus tiriskan dan taroh di toples bekas selai yang rapet itu dan simpen dalam kulkas.. ga bau kog..

  26. elkaje said: yaaaaah…baru ingat, tadi pagi aku bikin tumis genjer pedes pake terasi, buat sangu makan siang… ketinggalan. naseeeb…

    Loh ada genjer? Kayak apa itu?Eh mbak masih inget kan dulu mbak Ine pernah posting makanan namanya telor tebu. Nahhh aku sekaran sudah tau apa itu telor tebu. Bentuknya mirip sereh. nduttttt.Aku ketemunya di Jawa Barat tahun 2008.

  27. itsmearni said: wkkwkwkwkwk………tapi ternyata suka khaaaaaaaaaannnnnnnnnnterasi emang yummypokoknya klo dah pake trasi maem langsung mak nyussssssssss

    Nasi anget, sambel terasi dan krupuk, puas sudah. Enak tho

  28. sukmakutersenyum said: jadi penasaran siapa ya yang menemukan terasi? hihihi

    tanya mas gugel aja. Bukan di Indonesia aja yg pake terasi. Malaysia ada terasi (namanya belachan), Filipina juga (namanya bagoong), Thailand, Myanmar.

  29. mahasiswidudul said: ho oh… pokoke puas.. hihihi.. moga ada kesempatan kesini yah mbak ev?? *ngarep kopdaran.. khekheee* :p

    yaaaaah…baru ingat, tadi pagi aku bikin tumis genjer pedes pake terasi, buat sangu makan siang… ketinggalan. naseeeb…

  30. enkoos said: just like dirty socks has not been washed for months.

    wkkwkwkwkwk………tapi ternyata suka khaaaaaaaaaannnnnnnnnnterasi emang yummypokoknya klo dah pake trasi maem langsung mak nyussssssssss

  31. elkaje said: haha… terasi lebih sedep baunya tuuuh…Vi, udah punya pengalaman bakar terasi di tmepat sekarang?

    belum mbak. kuatir ditelponin 911. hehehehehehe..Orang Asia udah terkenal kalau masak, bumbunya kenceng dan keluar sampe rumah. Yang terkenal adalah orang India dan Indonesia. Temen2nya Menik sampe komentar “Menik, your house smells like restaurant.” Kebayang aja gimana kalau aku manggang terasi.

  32. mahasiswidudul said: wakakakkakaaakkk.. si om belom pernah nyicip pelecing kangkung ala lombok nih mbak ev?? pasti ketagihan… terasi nya olalaaa looohhh :D~

    belum pernah. kangkungnya guede guede dan kriuk2 ya katanya? pasti demen.

  33. aghnellia said: whuaaa spagheti sambel terasiii? varian baru nihh.. patenin mbaa, sblm disamber org italy! Hehe

    hihihihihi…jangan jangan malah digetok orang Italy. Resepnya diacak acak. πŸ™‚

  34. enkoos said: Disendoknya kangkung terasi, dan ternyata sukaaaaa buangetss. Seperti biasa, bila ada makanan baru dan ternyata uenak, bertanyalah suami:Suami: Apa nama makanan ini?Saya: Tumis kangkung bawang putih. Suka ya?Suami: Gak. Aku gak suka but loveeeee it. Saya: Tau nggak apa kuncinya bumbu ini?Suami: Iya tahu. Bawang putih kan. You put lots and lots of garlic. Saya: Well, gak cuma itu.Suami: Then what?Saya: The main ingredient is something that you called dirty socks has not been washed for months. Suami: Really??? It’s sooooo good.Bukannya suami berhenti makan tetapi satu mangkok buesar kangkung terasi hampir dihabiskan untuk dirinya sendiri. Dan saya cuma kebagian sedikit. Malah katanya, “besok besok bikin lagi yah.”kwkwkwkwkwk…Semenjak itu, menu dengan bahan penyedap terasi menjadi santapan hampir tiap hari. Makan lumpia atau risoles cocolannya sambel terasi, dengan cabe minimal lima biji. Lebih jos dibanding dengan sambel botolan katanya. Makan spaghettipun juga sambel terasinya nggak pernah ketinggalan. Hah? Spaghetti sambel terasi? Iya. Gak salah dengar. Kalau lama nggak makan makanan berterasi, beberapa hari menjelang pulang sudah request minta bikinin spaghetti sambel terasi atau kangkung terasi.

    wakakakkakaaakkk.. si om belom pernah nyicip pelecing kangkung ala lombok nih mbak ev?? pasti ketagihan… terasi nya olalaaa looohhh :D~

  35. sukmakutersenyum said: hahaha iyonek nggoreng terasi ambune reeekk, mulek :))tapi untung sekarang ada terasi pabrikan ya mbakmeski rasanya gak seenak terasi goreng dewe hihihi

    ho oh. gawenan pabrik ny.siok. kurang greng rasane. tapi lumayan timbang gak ono blas.ambune mulek justru nggarahi kangen masiyo badheg. qeqeqeqe…

  36. anazkia said: Mbak, spagheti sambal terasi resepe piye?Owh iya, Mbak Evie peralatan rumah tangganya unik2…

    Aku pake bumbu gak otentik.bawang bombay, bawang putih, garam, lada, cabe merah digongso. Setelah harum kasih tomat yang banyak. Terusin nggongso sambil diicip icip. Kurang manis kasih gula, kurang asin kasih garam dsb. Udah mateng, diangkat tuang di atas spaghetti.Sambel terasinya bikin sendiri, nguleg mbok. Trus ditumplekno di atas spaghetti. Oh iya, jangan lupa parutan keju. Jos gandos.Kalau mau otentik, tomatnya dipanggang dulu terus dikuliti kemudan direbus tanpa air sampe ancur. Ini bakal saus tomatnya. Lebih enak bikin sendiri ketimbang beli tomat kaleng yang menurutku rasanya yaikss..Kasih oregano, parsley, basil, garam, lada, bawang putih. Peralatan rumah tangga, beli di toko rombeng :)) Murah meriah dan yang penting bisa beli sebiji dua biji, gak perlu beli satu set. Jadi jangan heran kalau di rumahku alat makannya nano nano. Hehehehehe..

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s