[SUMMER] Kucai | Chives

Kucai yang bunganya putih, disini dikenal dengan nama Chinese Chives, sedangkan yang berbunga ungu, Chives saja.

Collage Single

Musim panas tahun ini kebetulan kami gak kemana mana, ngendon aja di Duluth. Kalaupun pergi, paling juga gak jauh2. Karena itulah kebun di belakang rumah ditanami berbagai jenis sayur mayur diantaranya kucai.

DSC_0022editlabel2

Kucai termasuk tanaman perennial, artinya sekali ditanam akan tumbuh setiap tahun meskipun mati suri disaat musim dingin. Gak seperti tanaman annual yang sekali tanam kemudian mati dan untuk menanamnya kembali harus membeli bibit baru. Tanaman kucai yang kami miliki ini sudah ada di kebun sebelum kami pindah kemari. Kami tinggal memanennya aja setiap tahun.

Advertisements

110 thoughts on “[SUMMER] Kucai | Chives

  1. tintin1868 said: iya sih tadinya mo ambil yang ini.. tapi ini lebih mirip kucai lebih kecil kan dari kembang bawang?

    Lha wong memang kucai.
    Ini lebih mirip tanaman yang lagi dimasak Tintin ketimbang tanaman Egyption walking onion. Yang fotonya diambil Tintin, itu Egyption walking onion yang masih kecil bonggol pucuknya. Belum saatnya panen. Dan itu bukan bunga. Kalau yang dimasak Tintin, pucuknya bunga, bukan bonggol.

  2. chikupunya said: wah, aku baru tahu klo kucai tu berbunga, cantik bahkan…. #naksir

    Yang biasa dipake di Indonesia, bunganya putih keijoan. Dan yang bisa dimakan kalau bunganya masih kuncup. Kalau dah mekar gini, wassalam deh. Paling batangnya doang yang dimakan, bukan bunganya.

  3. myshant said: mungkin aku kalau liat langsung tidak langsung tertarik dengan bunga kucaitapi dari hasil jepretannya mb Evia, wuih …langsung jatuh cinta sama ungunya yg ternyata pas mekar gini cuantik πŸ™‚

    wah, aku baru tahu klo kucai tu berbunga, cantik bahkan…. #naksir

  4. myshant said: mungkin aku kalau liat langsung tidak langsung tertarik dengan bunga kucaitapi dari hasil jepretannya mb Evia, wuih …langsung jatuh cinta sama ungunya yg ternyata pas mekar gini cuantik πŸ™‚

    Nah kan, perlu diasah. Eh tapi kesenangannya orang beda2 kali ya. Gak bisa dipaksa.

  5. itsmearni said: bentar mbak aku tanya ibu dulu yahxixixixi

    mungkin aku kalau liat langsung tidak langsung tertarik dengan bunga kucai
    tapi dari hasil jepretannya mb Evia, wuih …langsung jatuh cinta sama ungunya yg ternyata pas mekar gini cuantik πŸ™‚

  6. itsmearni said: bentar mbak aku tanya ibu dulu yahxixixixi

    hehehehehee..asik ditanyain. Makasih yee..
    Dulu pernah bikin dari ikan. Tau sendiri kami kan maniak ikan. Cuma rasa2nya ada yang kurang karena rasanya gak persis kayak sate lilit seperti yang dijual di Bali. Atau mungkin tusuk satenya yang otentik pake sereh, sedangkan aku gak pake sereh. Mahal boo.

  7. itsmearni said: wakakaka kayaknya iya dehsoalnya setau aku bumbu dasar masakan Bali itu ndak kenal tomatdi bali jaman dulu ndak ada tomat mbaktomat itu baru masuk belakangan seiring ramainya pendatangbegitu kata ibu mertuaku yang sejakjaman dulu buka rumah makan masakan Bali hehe

    huehehehehehe…pantesan.
    sambel ijo rancu dengan sambal matah. sama2 dari bahan mentah, tanpa diolah, dikucuri minyak kelapa. Linknya udah kuubek ubek. Ada pelalah, huaaa…ini enak sekali.
    Eh punya resep sate lilit yang enak? Selama ini bikin sendiri kurang nendang rasanya.

  8. enkoos said: jangan jangan aku rancu ama sambel ijonya Minang.

    wakakaka kayaknya iya deh
    soalnya setau aku bumbu dasar masakan Bali itu ndak kenal tomat
    di bali jaman dulu ndak ada tomat mbak
    tomat itu baru masuk belakangan seiring ramainya pendatang
    begitu kata ibu mertuaku yang sejakjaman dulu buka rumah makan masakan Bali hehe

  9. enkoos said: eh baru inget, ente kan orang Bali.ada sambel yang bahannya pake tomat ijo. Namanya apa Arni? Minta resepnya dunks. Lagi melimpah tomat ijo neh.

    hah sambel pake tomat ijo
    kok aku malah ndak tau ya klo di Bali ada sambel ginian
    setahu aku yang tomat ijo di irisi tipis-tipis, pake cabe sama jeruk nipis itu dari Menado mbak
    klo sambel Bali jarang yang pake tomat-tomatan deh

    http://www.iloveblue.com/bali_gaul_funky/artikel_bali/detail/224.htm
    dilink itu ada aneka sambal Bali πŸ˜€

  10. itsmearni said: Umumnya dibuat sambel matah (mentah)jadi cuma dirajang aja, campur dengan rajangan bawang merah, putih, cabe dan seresiram pake minyak klentikmaknyusssssssssssssssss

    eh baru inget, ente kan orang Bali.
    ada sambel yang bahannya pake tomat ijo. Namanya apa Arni? Minta resepnya dunks. Lagi melimpah tomat ijo neh.

  11. enkoos said: Kecombrangnya dimasak atau dipake hiasan saja Arni?Enak kalau dimasak.

    dimasak dong
    klo versi masakan bali namanya sambel bongkot
    Kecombrang = Bongkot

    Umumnya dibuat sambel matah (mentah)
    jadi cuma dirajang aja, campur dengan rajangan bawang merah, putih, cabe dan sere
    siram pake minyak klentik
    maknyusssssssssssssssss

    versi modifikasinya
    bisa ditambah suwiran ayam, goreng teri, atau ikan bakar

  12. itsmearni said: oh aku sering denger kucaiternyata penampakannya kayak ginieh, ada yang ngomongin combrangdihalaman rumahku banyakkkkkkkkkk haha

    Kecombrangnya dimasak atau dipake hiasan saja Arni?
    Enak kalau dimasak.

  13. anotherorion said: hahaha hooh ning rasa2ne agak gimana gitu saiki arang mangan combrang, dadi kangen*halah padahal biyen yo ra tekno doyan kok*

    Rodok sengir tapi enak. Banyak dipake di masakan Pekalongan, seperti nasi megono.

  14. emaknyamarc said: pak dokter,mau nanya dikit……..klo misalnya masaknya gak pake micin masih mak nyoss gak………???anti micin soalnya………….

    He..he.he..wadoh itulah dilemmanya, rasa gurih itu paling sip emang pake micin..hi.hi.hi.makanya daku namakan racun..ha.ha.ha..

  15. enkoos said: wah, kuncupnya dah gak ada. Udah pada mekar.

    mbakyu……..klo aku bikin bothok bumbunya tak tambahi ketumbar,lengkuas sm daun jeruk,ojo lali rawitnya yg banyak……..mak nyuuuuusssssssssss…………….

  16. eddyjp said: yang namanya botok itu bukannya dimasak pake santen, kalo ini kedengarannya mirip dengan pepesan ? :))

    begitulah bothok ala magetan alias kleco, sesuai bumbu dari ibu:), jadi bothoknya dibungkus daun pisang trus dikukus. memang jadi mirip pepes:), tapi namanya bothok. dulu di sby kalo beli bothok ya begitu, dibungkus daun pisang…

  17. nur4hini said: biasanya bumbu bothoknya sederhana mbak evi, ulegan bawang merah, bawang putih, cabe, gula dan garam. kemudian daun salam. caranya, campur parutan kelapa muda, irisan kucai, irisan tahu, irisan tempe, teri (kalo suka). icip rasanya, setelah itu dibungkus daun pisang, dikukus. hmmm yummy buat temen makan sama sayur asem dan sambel tomat πŸ™‚

    kucai yg gepeng2 itu yg baunya langu2 gimana gt
    enakan bunga bawang ato putut

  18. nur4hini said: biasanya bumbu bothoknya sederhana mbak evi, ulegan bawang merah, bawang putih, cabe, gula dan garam. kemudian daun salam. caranya, campur parutan kelapa muda, irisan kucai, irisan tahu, irisan tempe, teri (kalo suka). icip rasanya, setelah itu dibungkus daun pisang, dikukus. hmmm yummy buat temen makan sama sayur asem dan sambel tomat πŸ™‚

    botok emang pake parutan kelapa, kalo pake santen itu botok ayam
    kalo pepes kayaknya kok pake santan kental malahan

  19. nur4hini said: biasanya bumbu bothoknya sederhana mbak evi, ulegan bawang merah, bawang putih, cabe, gula dan garam. kemudian daun salam. caranya, campur parutan kelapa muda, irisan kucai, irisan tahu, irisan tempe, teri (kalo suka). icip rasanya, setelah itu dibungkus daun pisang, dikukus. hmmm yummy buat temen makan sama sayur asem dan sambel tomat πŸ™‚

    yang namanya botok itu bukannya dimasak pake santen, kalo ini kedengarannya mirip dengan pepesan ? :))

  20. enkoos said: kuncupnya disertakan gak?o dianggap sayuran ya? disini dianggap taburan seperti daun bawang gitu. Ntar ah kapan2 nyoba. Udah kayak rumput aja di kebon saking banyaknya. Tiap tahun makin melebar.

    justru kuncupnya diikutkan baru maknyossss , cahnya kering yah, jangan banyak airnya, dan pilih agak keujung biar nggak keras batangnya.

  21. eddyjp said: ha..ha..ha..sama saja ngecah sayuran lainnya, minyak, bawang putih, dan kecap ikan. atau kalo nggak mau yah pake garem dikit dan micin dikit, beres deh, rasanya maknyosss.

    mbak evi, lali, bumbu bothoknya ditambahin irisan tomat πŸ™‚

  22. eddyjp said: ha..ha..ha..sama saja ngecah sayuran lainnya, minyak, bawang putih, dan kecap ikan. atau kalo nggak mau yah pake garem dikit dan micin dikit, beres deh, rasanya maknyosss.

    kuncupnya disertakan gak?
    o dianggap sayuran ya? disini dianggap taburan seperti daun bawang gitu. Ntar ah kapan2 nyoba. Udah kayak rumput aja di kebon saking banyaknya. Tiap tahun makin melebar.

  23. enkoos said: yang penting resepnya Ed. Rasanya mirip kali. Aku pernah makan bakpao isi kucai. Sedep gurih.

    ha..ha..ha..sama saja ngecah sayuran lainnya, minyak, bawang putih, dan kecap ikan. atau kalo nggak mau yah pake garem dikit dan micin dikit, beres deh, rasanya maknyosss.

  24. eddyjp said: Wah cah kucai quntien tak ade 2 nya di dunia..he.he.he.tak tau kucai bule buat dicah tadak ?

    yang penting resepnya Ed. Rasanya mirip kali. Aku pernah makan bakpao isi kucai. Sedep gurih.

  25. enkoos said: pernah, waktu tinggal di Shanghai. Karena di Shanghai gak ada yang jual tempe.Di tempatnya mbak Nur gak ada yang jual tempe tho, kok pengen bikin sendiri?

    ada mbak, mudah juga cari tempe. kadang aja penasaran pengin bikin sendiri hehe. mulai dari merendam kedelai, mliceti satu satu sampai mbungkus. pas jadi (walau gak sempurna) rasanya puas gitu, bisa bikin sendiri. akhirnya yang gak jadi alias mendem dibikin sambel tumpang πŸ™‚

  26. nur4hini said: dah pernah bikin tempe sendiri mbak evi? dulu makkhansa pernah coba bikin tempe sendiri, tapi karena gak sabar, bolak-balik diintip, jadinya tempenya jadi mendem. separo jadi, separo enggak. kadang pengin coba bikin tempe sendiri lagi, tapi gak punya raginya..

    pernah, waktu tinggal di Shanghai. Karena di Shanghai gak ada yang jual tempe.
    Di tempatnya mbak Nur gak ada yang jual tempe tho, kok pengen bikin sendiri?

  27. nur4hini said: biasanya bumbu bothoknya sederhana mbak evi, ulegan bawang merah, bawang putih, cabe, gula dan garam. kemudian daun salam. caranya, campur parutan kelapa muda, irisan kucai, irisan tahu, irisan tempe, teri (kalo suka). icip rasanya, setelah itu dibungkus daun pisang, dikukus. hmmm yummy buat temen makan sama sayur asem dan sambel tomat πŸ™‚

    huenakkkkkk.
    parutan klopo, tempe tahu. slruppp. Pake teri, o harus itu.
    ntar ah kapan2 bikin. Suwun yo mbak.

  28. enkoos said: jadi laper. hehehehehminta resepnya dunks mbak Nur.persediaan tempeku sekarto isi 12 papan gara2 salah order.

    biasanya bumbu bothoknya sederhana mbak evi, ulegan bawang merah, bawang putih, cabe, gula dan garam. kemudian daun salam. caranya, campur parutan kelapa muda, irisan kucai, irisan tahu, irisan tempe, teri (kalo suka). icip rasanya, setelah itu dibungkus daun pisang, dikukus. hmmm yummy buat temen makan sama sayur asem dan sambel tomat πŸ™‚

    huaaa kalo ada tempe segitu banyak, makkhansa alamat bikin penyetan tempe terus mbak, lali bapake khansa hehe. dah pernah bikin tempe sendiri mbak evi? dulu makkhansa pernah coba bikin tempe sendiri, tapi karena gak sabar, bolak-balik diintip, jadinya tempenya jadi mendem. separo jadi, separo enggak. kadang pengin coba bikin tempe sendiri lagi, tapi gak punya raginya…

  29. nur4hini said: kucai paling enak buat campuran bothok tempe tahu sama teri hmmm…..yummy πŸ™‚

    jadi laper. heheheheh
    minta resepnya dunks mbak Nur.
    persediaan tempeku sekarto isi 12 papan gara2 salah order.

  30. mahasiswidudul said: dibuat sayur apa nih mbak? kayaknya pernah denger kucai πŸ˜€

    Kalau yang masih kuncup, dibuat isinya bakpao. Itu kalau yang kucai putih. Kalau yang ungu gini, buat tambahan berbagai macam sayur atau masakan. Kalau aku yang masak, sebagai pengganti daun bawang karena baunya mirip, cuma kurang kenceng aja dibanding daun bawang.
    Buat campuran martabak, isinya lumpia, taburan sayur sop, isi pastel dan lain lain. Lumayan ngirit uang belanja. Tinggal metk di belakang rumah. Cepet kan.

  31. enkoos said: panasin butter. kalau dah panas, masukin asparagus. tunggu sampe empuk. udah gitu aja. kalau wajannya kecil, asparagusnya potong jadi dua atau tiga. yang paling bawah dibuang. numis tanpa bawang tanpa garam tanpa merica. wis gak pake apa2. butter kan udah rich rasanya. Ntar kalau mau makan, tinggal taburin apa yang suka. mau cabe bisa, mau merica bisa.

    nyamnyammmm bikinin mb evvvvvv

  32. srisariningdiyah said: ngolahnya?itu cerita dalam mimpi aku kan lagi numis kacangpanjang sama bawang putih aja tuh…tiba2 ada temenku ga bilang2 masukin asparagus banyakkkk.. pas aku tinggalin kompor…trus pas aku aduk2 kog baunya ga enak… ternyata asparagus busuk yang dimasukin temenku :(trus ya kubuang semuanya ajah sepanci tuh masakan…

    panasin butter. kalau dah panas, masukin asparagus. tunggu sampe empuk. udah gitu aja. kalau wajannya kecil, asparagusnya potong jadi dua atau tiga. yang paling bawah dibuang.
    numis tanpa bawang tanpa garam tanpa merica. wis gak pake apa2. butter kan udah rich rasanya. Ntar kalau mau makan, tinggal taburin apa yang suka. mau cabe bisa, mau merica bisa.

  33. enkoos said: asparagus cukup ditumis sebentar sama butter, sudah enakkkkk sekali. eh tadi cuma mimpi kan? gimana ngolahnya dalam mimpi tsb? dibrakoti doang.

    ngolahnya?
    itu cerita dalam mimpi aku kan lagi numis kacangpanjang sama bawang putih aja tuh…
    tiba2 ada temenku ga bilang2 masukin asparagus banyakkkk.. pas aku tinggalin kompor…
    trus pas aku aduk2 kog baunya ga enak… ternyata asparagus busuk yang dimasukin temenku 😦
    trus ya kubuang semuanya ajah sepanci tuh masakan…

  34. srisariningdiyah said: eh bentuk ujungnya yang belum mekar mirip asparagus yaaku tadi mimpi masak asparagus jeh… tapi ga enak hasilnya 😦

    asparagus cukup ditumis sebentar sama butter, sudah enakkkkk sekali.
    eh tadi cuma mimpi kan? gimana ngolahnya dalam mimpi tsb? dibrakoti doang.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s