[SUMMER] Bawang Nonggoan

Egyptian Walking Onion.
Kalau diterjemahkan secara bebas, namanya bawang nonggoan dari Mesir. Dan memang sebetulnya bawangnya suka nonggo alias demen jalan jalan.
Walking Onion Collagelabel

Bonggolnya berada di pucuk daun dan itulah yang dipanen. Kalau nggak dipanen, bonggol itu akan meliuk turun menyentuh tanah dan siap tumbuh di musim tanam tahun berikutnya. Itulah sebabnya kenapa dinamakan walking onion.

Seperti juga Chives, Egyptian Walking Onion juga termasuk tanaman perennial, artinya sekali ditanam akan tumbuh setiap tahun meskipun pingsan di musim dingin. Tidak seperti tanaman annual yang sekali tanam kemudian mati dan untuk menanamnya kembali harus membeli bibit baru. Asal jangan dipanen semuanya. Tinggalkan beberapa bonggol bawang untuk beranak pinak lagi.

Saya membeli bibit Egyptian Walking Onion ini di Farmers Market. Alasan membeli adalah karena namanya unik dan bentuknya mirip bawang merah tapi kecil kecil. Saya sering kecewa dengan kualitas bawang merah disini. Dari luar bentuknya bagus mulus, bila ditekan keras. Tetapi setelah dikupas, dalamnya busuk. Lebih baik menggunakan bawang bombay merah, selain karena lebih banyak tersedia dibandingkan bawang merah, ternyata juga lebih pedas.

Sedangkan Egyptian Walking Onion, kecil kecil cabe rawit.

Advertisements

215 thoughts on “[SUMMER] Bawang Nonggoan

  1. tintin1868 said: chinese chives, egyption walking onion.. sampe lain ya nama latinnya.. allium schoenoprasum l, allium xproliferum.. allium = bawang gitu?

    sama sama keluarga bawang tapi beda jenis.
    Yang dimasak Tintin bagian atasnya bunga, bukan bonggol.

  2. enkoos said: Ini memang kucai Tin. Namanya berbeda beda tergantung sapa yang ngomong. Yang penting wujudnya sama. Kalau yang bunganya putih disebut chinese chives. kalau yang bunganya ungu chives aja.Daripada bingung, nama latinnya chives adalah Allium schoenoprasum L.Sedangkan tanaman yang ada di album foto ini, bukan chives tapi egyption walkiing onion, nama latinnya: Allium ×proliferum

    chinese chives, egyption walking onion..
    sampe lain ya nama latinnya.. allium schoenoprasum l, allium xproliferum.. allium = bawang gitu?

  3. tintin1868 said: bener juga lebih mirip yang ini kembang bawangnya.. tapi berwarna beda ya.. rasanya sama? blom pernah nemu kembang bawang warna merah gitu.. tapi batangnya lebih kecil kan? lebih mirip kucai..

    Ini memang kucai Tin. Namanya berbeda beda tergantung sapa yang ngomong. Yang penting wujudnya sama. Kalau yang bunganya putih disebut chinese chives. kalau yang bunganya ungu chives aja.

    Daripada bingung, nama latinnya chives adalah Allium schoenoprasum L.

    Sedangkan tanaman yang ada di album foto ini, bukan chives tapi egyption walkiing onion, nama latinnya: Allium ×proliferum

  4. tintin1868 said: biasa dibilang bunga bawang sih.. jenisnya sama kan ya.. biasa m.evia bikin apa?nyolong tapi ijin 😀 makasih mbakyuuuu.. <3<3<3

    bener juga lebih mirip yang ini kembang bawangnya.. tapi berwarna beda ya.. rasanya sama? blom pernah nemu kembang bawang warna merah gitu..
    tapi batangnya lebih kecil kan? lebih mirip kucai..

  5. tintin1868 said: biasa dibilang bunga bawang sih.. jenisnya sama kan ya.. biasa m.evia bikin apa?nyolong tapi ijin 😀 makasih mbakyuuuu.. <3<3<3

    cieee cieeeee pake ❤ sekarang.
    *jilat jilat es krim*
    ketularan lessy

    Kalau ngliat dari fotonya Tintin di bagian resep, iya sama. Cuma beda warna aja. Eh Tin, yang diambil foto yang salah, mustinya yang kembangnya ungu itu. Kalau ini Egyptian walking onion.

    Mustinya kembang bawang ngambil di sini:
    http://enkoos.multiply.com/photos/album/116

    Kayak gini tanamannya.

  6. enkoos said: xixixixixi … Tintin lucu, nyolong bilang bilang. Kalau bilang2 namanya bukan nyolong lah Tin, tapi minta ijin.Monggo Tin, silakan. Kembang bawang? baru denger nama ini.

    biasa dibilang bunga bawang sih..
    jenisnya sama kan ya.. biasa m.evia bikin apa?

    nyolong tapi ijin 😀 makasih mbakyuuuu.. <3<3<3

  7. penuhcinta said: Loh kalau summer maksudnya piye mbak? Heater yg buat air yak? Bukannya beda dengan yg buat pemanas rumah?

    Hehehehe….aku yo bingung baca tulisanku sendiri saking cepetnya nulis.
    Tanamannya maksudnya. Kalau ditinggal tinggal harus tetep ada yang ngerawat kan biar tanamannya gak mati. Tapi kalau heater, di buntut2nya spring dimatikan. Kalau awal2 spring masih dinyalakan karena kadang salju masih suka nyelonong datang dan suhu juga kadang masih 32 F. Kalau orang2nya sih masih bisa pake jaket selimutan kemana mana meskipun di dalam rumah. Memang ada pemanas buat air, tapi kalau suhu di dalam rumah = suhu di luar rumah *artinya heater dimatikan*, segala instalasi di dalam rumah yang berhubungan dengan pipa air, akan rusak.
    Jangan tanya padaku kenapa begitu, aku ra dong. Hahahahaha..
    Tahunya dari KSB, pernah panik waktu heater nggak nyala. Akunya tenang2 saja karena toh masih bisa diatasi dengan pake jaket dan selimutan kan.
    Tanya bojomu aja yang juga orang teknik.

  8. enkoos said: heater ya selalu nyala Sum masiyo ditinggal tinggal. Kalau dimatikan pipa air bisa rusak karena airnya membeku. Nah repotnya kalau aku pergi2 pas summer, karena bisa bulanan. Winter paling pol perginya ya seminggu dua minggu. Nitip ke ibu mertua. hihihihihi…

    Oh ya di Duluth lebih duingin dr di sini desa Dale sih ya. Kalau aku, pas lagi duingin2nya winter ya dinyalain terus karena gak kekejar tuh misalnya pulang pergi baru dinyalain misalnya, keburu kedinginan. Tapi kalau belum puncaknya, ya gak dinyalakan. Desember tahun kemaren pergi seminggu ya gak dinyalakan.

    Loh kalau summer maksudnya piye mbak? Heater yg buat air yak? Bukannya beda dengan yg buat pemanas rumah?

  9. penuhcinta said: Iyo, halmahera tapi banyak kan ya 1 pound, kira2 setengah kilo kan ya? Beli satu, bagi dua opo? Biar aku yg beli deh, nanti aku kirim ke mbak Evi. Ndak usah ganti, kan udah tukeran kemben.

    Mau mauuuuu…
    ih kemben acemnya kubalikin. Bikin bersin bersin.

  10. penuhcinta said: Mbak, mau nanam kunyitnya kapan? Kok winter sih? Di blog berkebun itu dibilang gak bisa di udara dingin lo. Kalau dalam rumah, apa heaternya nyala terus? Kalau pergi2 gimana? Kalau mau halan2 ke Chicago gimana? Hi…hi…hi.

    heater ya selalu nyala Sum masiyo ditinggal tinggal. Kalau dimatikan pipa air bisa rusak karena airnya membeku. Nah repotnya kalau aku pergi2 pas summer, karena bisa bulanan. Winter paling pol perginya ya seminggu dua minggu. Nitip ke ibu mertua. hihihihihi…

  11. enkoos said: 1 pound. Akeh Sum. Hihihihihi…Harganya lumayan mehong ya. Tapi dibandingkan jeruk purut yang sepohon kecil USD50, jauh lebih murah.

    Iyo, halmahera tapi banyak kan ya 1 pound, kira2 setengah kilo kan ya? Beli satu, bagi dua opo? Biar aku yg beli deh, nanti aku kirim ke mbak Evi. Ndak usah ganti, kan udah tukeran kemben.

  12. enkoos said: aku ya pengen nanem di pot bisa taruh di dalam rumah depan jendela. Kalau di kebun ntar gak bisa panen waktu winter. Udah kunyit nyarinya susah, sering dipake pula. Bisa sih pake bubuk, tapi kalau ada yang seger kan lebih asoy. Eh ada linknya. Meluncur ahhhh. Suwun yo.

    Mbak, mau nanam kunyitnya kapan? Kok winter sih? Di blog berkebun itu dibilang gak bisa di udara dingin lo. Kalau dalam rumah, apa heaternya nyala terus? Kalau pergi2 gimana? Kalau mau halan2 ke Chicago gimana? Hi…hi…hi.

  13. penuhcinta said: Iya mbak, mau nanem di pot aja, wong tanah seuprit depan rumah biasanya dihajar sama lawn mower sama yang mengelola apartemen…he…he. Bisa kan di pot? Kunyit? Kunyit kan akar2an gitu mbak, gak nanem dari kunyit utuhnya aja? Ada gak kunyit segar di sini? Kalo jahe sih ada yak. Aku nemu situs nanem2 kunyit ni, gak bisa suhu di bawah 65F katanya. http://www.gardeningblog.net/how-to-grow/turmeric/Eh, ada ding yg jual fresh turmeric, di Amazon pulak: http://www.amazon.com/gp/offer-listing/B004XTDNJE/ref=sr_1_1_olp?ie=UTF8&qid=1319842910&sr=8-1&condition=new

    aku ya pengen nanem di pot bisa taruh di dalam rumah depan jendela. Kalau di kebun ntar gak bisa panen waktu winter. Udah kunyit nyarinya susah, sering dipake pula. Bisa sih pake bubuk, tapi kalau ada yang seger kan lebih asoy.
    Eh ada linknya. Meluncur ahhhh. Suwun yo.

  14. enkoos said: Ho oh.Mau nanem di pot? Aku pengen punya kunyit, nyari bibitnya dimana ya?

    Iya mbak, mau nanem di pot aja, wong tanah seuprit depan rumah biasanya dihajar sama lawn mower sama yang mengelola apartemen…he…he. Bisa kan di pot?

    Kunyit? Kunyit kan akar2an gitu mbak, gak nanem dari kunyit utuhnya aja? Ada gak kunyit segar di sini? Kalo jahe sih ada yak.

    Aku nemu situs nanem2 kunyit ni, gak bisa suhu di bawah 65F katanya.
    http://www.gardeningblog.net/how-to-grow/turmeric/

    Eh, ada ding yg jual fresh turmeric, di Amazon pulak:

    http://www.amazon.com/gp/offer-listing/B004XTDNJE/ref=sr_1_1_olp?ie=UTF8&qid=1319842910&sr=8-1&condition=new

  15. enkoos said: wah enake duwe tanduran laos. Neng kene ra ono laos. Onone sing beku, tur rasane bedo. Sengir.

    baru liat…ternyata poto2nya tadi dari sini tho
    keren juga ya, bawang suka nonggo, pake’ ngerumpi juga gak tuh ? 😀

  16. enkoos said: wah enake duwe tanduran laos. Neng kene ra ono laos. Onone sing beku, tur rasane bedo. Sengir.

    dikasih temen heheheh…dia punya uakeeeeeeeeeeeeeeh dikebunnya :D, sebelumnya aku pake yg bubuk beli di oriental store…ra mantep blas

  17. dphn04 said: tanemanku udah di pot2, ga aku tanem ditanah (ga ada lahan) lha kuwi …pernah bawa ke dalem rumah, tapi koyone ada kewan2ne didalem tanahnya jadi pas didalem rumah pada pesta pora..yikes…..iki pot2ku kal malem dibuat persemayaman kodok2..jadi mikir mengko klo tak kawa ke dalem jgn2 ada kodok ngikut

    Kodoknya mencari kehangatan. hahahahahah..

  18. dphn04 said: Dengernya gitu Mbak, aku pas winter wingi kae lagi kabur ke washington state nyari salju. Salju di Florida thn lalu cma beberapa butir koyoke :-). Rekr terdingin disini thn lalu -5C kalo ndak salah, aloe veraku sih bertahan, laos tewas 😦

    wah enake duwe tanduran laos. Neng kene ra ono laos. Onone sing beku, tur rasane bedo. Sengir.

  19. dphn04 said: aku maunya nunggoni vampire ganteng yg rambutnya bronze acak2an kuwi lho Mbak, ga suka werewolf heheheh *kumaaad*

    yo malah gampang kuwi. kangmas gantengmu beliin wig dari serutan kaleng. xixixixixixi..

  20. enkoos said: tanem aja di pot, sehingga bisa dipindahkan ke dalam rumah

    tanemanku udah di pot2, ga aku tanem ditanah (ga ada lahan) lha kuwi …pernah bawa ke dalem rumah, tapi koyone ada kewan2ne didalem tanahnya jadi pas didalem rumah pada pesta pora..yikes…..iki pot2ku kal malem dibuat persemayaman kodok2..jadi mikir mengko klo tak kawa ke dalem jgn2 ada kodok ngikut

  21. enkoos said: Tahun kemaren katanya Florida bersalju ya pas winter? Jarang jarang Florida ketiban salju kata temenku.

    Dengernya gitu Mbak, aku pas winter wingi kae lagi kabur ke washington state nyari salju. Salju di Florida thn lalu cma beberapa butir koyoke :-). Rekr terdingin disini thn lalu -5C kalo ndak salah, aloe veraku sih bertahan, laos tewas 😦

  22. nonragil said: Berhubing nggak bisa masak, nggak nanya kegunannya, mbak Evi, tapi aku beneran suka ama foto-fotonya, beneran ciamik….

    DIoseng oseng enak Helene, rasanya ciamik tenan. Bawangnya yang dioseng, bukan fotonya. Hehehehe..
    Fotonya simple ya.

  23. sepasangmatabola said: Waahh… apik kebunmu, mbak Via… Oleh gak aku nyambangi njenengan taun ngarep (insya Allah lek iso)? Soale aku durung tau nang Minnesota iku… :))

    Boleh bangettttt!!
    Ayo kapan mrene? tak enteni. Bikin makanan Indonesia yo. Asik tenan.
    Kasih tahu tanggalnya biar nanti gak tlisipan.

  24. dphn04 said: Mbak, lha kuwi pas winter taneman2mu opo dibeliin kemul khusus taneman? ato piye? diijarke wae pas spring pasti numbuh lagi? setauku kan bangsa tomat, habanero, rawit kan ga tahan dingin?lagi mikir piye menyelamatkan puun2 cabeku, sereh & laos pas winter…

    Enggak dikemuli. Beberapa tanaman yang berjenis perennial memang mati kalau winter. Nanti pas spring tumbuh lagi. Jenis perennial yang aku punya disini adalah chive, egyptian walking onion dan blueberry.
    Sedangkan tanaman berjenis annual, kalau winter yo matek. Jangankan winter, musim gugur kalau udah terlalu dingin yo pada matek. Dan ini gak bisa tumbuh lagi di spring mendatang. Kalau pengen punya, ya harus menanam lagi. Tanaman annual yang aku punya adalah tomat, mint dan berbagai jenis cabe.

    Tanaman2 yang sampeyan sebut seperti cabe sereh dan laos adalah jenis annual. Winter di Florida minimal berapa suhunya? Kalau gak terlalu dingin, mudah2an bisa bertahan. Ada temenku yang tinggal di Texas nanem pisang. Gak perlu diselimutin karena winter di Texas gak terlalu dingin dibanding Amerika belahan utara. Texas aja gak begitu dingin apalagi Florida.

    Tapi untuk jaga2, tanem aja di pot, sehingga bisa dipindahkan ke dalam rumah. Tahun kemaren katanya Florida bersalju ya pas winter? Jarang jarang Florida ketiban salju kata temenku.

  25. dphn04 said: wuaaah…kebunmu asyik tenan Mbak, lha kuwi kalo aku main kesana bisa2 seharian nongkrngin kebunmu dengan terkagum2 :-). Iki daunnya bisa dipake seperti daun bawang juga Mbak?

    sambil ngerujak ya. trus kalau lagi padang mbulan turu neng njobo, nunggoni werewolf. auuuuuuuuu…
    daunnya sepertinya bisa diperlakukan seperti daun bawang, asal kalau masih muda. Kalau sudah tua, atos. Tapi kalau dipanen waktu masih muda, yo eman eman. Karena yang ditunggu adalah bonggolnya.

  26. enkoos said: luas banget sih enggak. lumayanlah buat nanem bumbu bumbu. gak usah beli.kebonnya nyempil di halaman belakang.

    Waahh… apik kebunmu, mbak Via… Oleh gak aku nyambangi njenengan taun ngarep (insya Allah lek iso)? Soale aku durung tau nang Minnesota iku… :))

  27. enkoos said: kalau masih kecil kuat. ntar kalau dah gede2 dan berwarna merah bonggolnya, mulai mentiyung kebawah dan menyentuh tanah. Itu artinya musti cepet2 dipanen. Atau kalau mau tetep numbuh, biarin aja. Ntar tahun depan tumbuh lagi.

    Mbak, lha kuwi pas winter taneman2mu opo dibeliin kemul khusus taneman? ato piye? diijarke wae pas spring pasti numbuh lagi? setauku kan bangsa tomat, habanero, rawit kan ga tahan dingin?lagi mikir piye menyelamatkan puun2 cabeku, sereh & laos pas winter…

  28. enkoos said: kalau masih kecil kuat. ntar kalau dah gede2 dan berwarna merah bonggolnya, mulai mentiyung kebawah dan menyentuh tanah. Itu artinya musti cepet2 dipanen. Atau kalau mau tetep numbuh, biarin aja. Ntar tahun depan tumbuh lagi.

    waaah sueneng iki pasti yo pas manennya 😉

  29. enkoos said: kalau masih kecil kuat. ntar kalau dah gede2 dan berwarna merah bonggolnya, mulai mentiyung kebawah dan menyentuh tanah. Itu artinya musti cepet2 dipanen. Atau kalau mau tetep numbuh, biarin aja. Ntar tahun depan tumbuh lagi.

    ga perlu ditimbun gitu Mbak yg nyentuh tanah?jan cuma dibiarke gitu thn depan pasti numbuh?

  30. enkoos said: luas banget sih enggak. lumayanlah buat nanem bumbu bumbu. gak usah beli.kebonnya nyempil di halaman belakang.

    wuaaah…kebunmu asyik tenan Mbak, lha kuwi kalo aku main kesana bisa2 seharian nongkrngin kebunmu dengan terkagum2 :-). Iki daunnya bisa dipake seperti daun bawang juga Mbak?

  31. tintin1868 said: rumah mahasiswa? ini lingkungan deket kampus ya.. berasa aman disana.. dimari mah udah pagar tinggitinggi aja..

    iya deket banget ama kampus.
    rumah aja kadang jarang dikunci, padahal sering ditinggal tinggal.

  32. faridm88 said: Iya, yang merah lebih pedes, lebih bikin mrebes mili.Weleh2, seneng bisa bawa pulang mochi yah hihihihi.Kalau dari Taiwan bawa mochi, yg dari Indonesia bawa apa ke pertemuan itu?.Gethuk ?

    oo bukan acara potluck kok. Meeting biasa, dan atas kebaikan sekolah (meetingnya public school) dikasih suguhan. Ada orang Jepangnya juga, waktu aku minta resepnya dia cuma geleng geleng kepala. Enggak ngerti katanya, musti pake mesin.

  33. enkoos said: pake bawang bombay merah ya? Rasanya apa juga lebih pedes dibanding bawang bombay yang putih?Eh mas, tau gak? Tadi itu ada pertemuan Asia Pacific Community. Ada suguhan mochi. huaaaaaa…….kalap dong. Tapi jaim deh, ngambil sebiji doang. Pas acara selesai, sama ketua komite suruh bungkus makanan. Wuidihhhhh, gak pake disuruh dua kali, mochi sekotak isi enam biji langsung aku satu. Tinggal sekotak doang. hahahahahaha…Eh tapi bukan buatan Jepang, melainkan Taiwan.

    Iya, yang merah lebih pedes, lebih bikin mrebes mili.
    Weleh2, seneng bisa bawa pulang mochi yah hihihihi.
    Kalau dari Taiwan bawa mochi, yg dari Indonesia bawa apa ke pertemuan itu?.
    Gethuk ?

  34. enkoos said: rumah2 disini hampir semuanya gak berpagar Tin. tetanggaku yang di sebelah kanan adalah rumah mahasiswa, gak pernah lihat berkebon. Kalau tetangga sebelah kiri, enggak kelihatan. Gak suka berkebon. Adanya kebun bunga.

    rumah mahasiswa? ini lingkungan deket kampus ya..
    berasa aman disana..
    dimari mah udah pagar tinggitinggi aja..

  35. tintin1868 said: wuih sama tetangga ga ada pagar ya.. keren nih bisa berkebon bersama..

    rumah2 disini hampir semuanya gak berpagar Tin.
    tetanggaku yang di sebelah kanan adalah rumah mahasiswa, gak pernah lihat berkebon. Kalau tetangga sebelah kiri, enggak kelihatan. Gak suka berkebon. Adanya kebun bunga.

  36. itsmearni said: Ini bisa buat masak juga ya mbakmaksudnya berfungsi sama dengan bawang merah yang umum kita pakai masak gitu?

    iya, aku fungsikan untuk pengganti bawang merah karena susah nyari bawang merah disini dan juga mahal.

  37. itsmearni said: nggak nengbawang merah Indonesia itu berupa umbijadi adanya dalam tanah, modelnya ya dicabut

    kalau umbinya yang ditanam, trus umbinya juga yang dipanen. trus waktu panen itu nambah banyak juga gak?

  38. itsmearni said: itu sulurnya menghasilkan bonggol baru yakuat gitu?

    kalau masih kecil kuat. ntar kalau dah gede2 dan berwarna merah bonggolnya, mulai mentiyung kebawah dan menyentuh tanah. Itu artinya musti cepet2 dipanen. Atau kalau mau tetep numbuh, biarin aja. Ntar tahun depan tumbuh lagi.

  39. tintin1868 said: huaaaaaahhh habanero.. wuih panen nih kebonnya.. luas banget ya.. ku pengen punya kebon kaya marta steward deh.. tinggal petikpetik..

    luas banget sih enggak. lumayanlah buat nanem bumbu bumbu. gak usah beli.

    kebonnya nyempil di halaman belakang.

  40. enkoos said: kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

    iyaaaa seneng juga liatnya

  41. enkoos said: kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

    Yang ini juga cakeeep….

  42. enkoos said: kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

    itu sulurnya menghasilkan bonggol baru ya
    kuat gitu?

  43. enkoos said: kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

    eh bonggolnya bisa numpuk-numpuk gitu

  44. enkoos said: kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

    Kalo di foto begini jadi keliatan cakeeeppp….

  45. enkoos said: kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

    wah banyak bonggolnya

  46. enkoos said: kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

    lucuuuuuuuuuuu

  47. enkoos said: kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

    sekilas beneran mirip bawang daun yah

  48. enkoos said: kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

    ini termasuk sayur apa buah ya mbak?

  49. enkoos said: kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

    huaaaaaahhh habanero.. wuih panen nih kebonnya.. luas banget ya.. ku pengen punya kebon kaya marta steward deh.. tinggal petikpetik..

  50. rengganiez said: standar saja mbak..ak kalo numis yah hanya bawang merah, putih, bombay, garam, salam, lengkuas, cabe..uwis

    haduhhh lengkuas. barang langka. Udah gitu lengkuas sini beda dengan lengkuas Indonesia. Baunya gak enak, teksturnya keras kayak batu.

  51. tintin1868 said: iya sering kalu beli salad pake bawang bombai mentah dimari.. tapi manis deh ga berasa pedas.. beda kali ya? baunya iya tetep tajem.. tapi ga pedas deh..

    Bukan pedes sperti cabe. Ah susah ngejelasinnya. Pokoknya pedes deh.

  52. enkoos said: bumbunya standar aja? bawang putih, bawang merah, garam, cabe, kecap? apalagi? eh dikasih irisan jahe enak kali ya?

    standar saja mbak..ak kalo numis yah hanya bawang merah, putih, bombay, garam, salam, lengkuas, cabe..uwis

  53. tintin1868 said: bawang kan ga begitu disukai hewan ya.. soale kalu ke puncak lihat kebon orang, kebon bawang yang selamat kecuali dari hama.. kebon wortel-kubis-kacang yang diacakacak deh ma hewan liar..

    kebonku isinya bukan cuma kucai dan bawang. ada cabe rawit, paprika, cabe ijo, jalapeno, habanero yang pedesnya kayak setan, tomat, blueberry. Duh punya janji sama mbak Niez upload foto tanaman blueberry. Udah difoto semuanya. belum diupload.

  54. enkoos said: kalau dimakan mentah, kerasa pedes. Tapi pedesnya beda dengan pedesnya cabe. Gimana ya ngejelasinnya? Udah pernah nggrawusi bawang bombay mentah? Rata2 salad disini pake bawang bombay mentah. Aku suka banget, tapi abis makan musti sikat gigi karena baunya tajem. Hehehehehe..

    iya sering kalu beli salad pake bawang bombai mentah dimari.. tapi manis deh ga berasa pedas.. beda kali ya? baunya iya tetep tajem.. tapi ga pedas deh..

  55. enkoos said: daun bawang gitu ya. daun bawang di Indonesia lebih kurus dan imut tapi rasanya lebih pedes ketimbang daun bawang disini yang kekar2. *kebanyakan fitnes*

    ini lagi sama daun bawang biasa disini.. ntar ku tumis deh foto lagi..

  56. enkoos said: tupai liar yang banyak. kalau kelinci banyak juga tapi gak sebanyak tupai.

    bawang kan ga begitu disukai hewan ya.. soale kalu ke puncak lihat kebon orang, kebon bawang yang selamat kecuali dari hama.. kebon wortel-kubis-kacang yang diacakacak deh ma hewan liar..

  57. rengganiez said: batangnya itu yang menjulang…suka dibikin useng2 pedhes ama mbakkupake udang ama tahu..enyakkk

    tahunya digoreng dulu atau gimana? pengen memanfaatkan kucai yang makin rimbun. tahu juga lagi nyetok banyak.

  58. faridm88 said: Di sini juga bawang merah mahal banget, lebih murah bawang Bombay.

    pake bawang bombay merah ya? Rasanya apa juga lebih pedes dibanding bawang bombay yang putih?
    Eh mas, tau gak? Tadi itu ada pertemuan Asia Pacific Community. Ada suguhan mochi. huaaaaaa…….kalap dong. Tapi jaim deh, ngambil sebiji doang. Pas acara selesai, sama ketua komite suruh bungkus makanan. Wuidihhhhh, gak pake disuruh dua kali, mochi sekotak isi enam biji langsung aku satu. Tinggal sekotak doang. hahahahahaha…
    Eh tapi bukan buatan Jepang, melainkan Taiwan.

  59. tintin1868 said: kirain berasa pedes.. :p

    kalau dimakan mentah, kerasa pedes. Tapi pedesnya beda dengan pedesnya cabe. Gimana ya ngejelasinnya? Udah pernah nggrawusi bawang bombay mentah? Rata2 salad disini pake bawang bombay mentah. Aku suka banget, tapi abis makan musti sikat gigi karena baunya tajem. Hehehehehe..

  60. tintin1868 said: kemaren bikin batang bawang kaya gini ditumis doang.. ga berasa bawangnya deh..

    daun bawang gitu ya. daun bawang di Indonesia lebih kurus dan imut tapi rasanya lebih pedes ketimbang daun bawang disini yang kekar2. *kebanyakan fitnes*

  61. enkoos said: oooo…itu tho.Setahuku parket adalah lantai kayu. Makanya tadi bingung kok ada parket di kebon.Itu bukan pagar jala yang untuk melindungi tanaman anggrek. Tapi lebih kuat dari itu karena fungsinya untuk mencegah binatang yang tak dikehendaki masuk seperti kelinci tupai. Kalau pake pelindung anggrek, terlalu lemes.

    disana banyak tupai dan kelinci liar ya?

  62. rirhikyu said: br baca penjelasannya dulueh luchu jg yaaa.. walking onion. boleh jg tuh kl ada bibitnyabtw, rasanya jg enak?

    seperti bawang merah. enak enggaknya, bingung juga gimana jawabnya. bawang merah gak ada rasanya, tapi jadi bumbu penting di hampir setiap masakan. nah, walking onion juga gitu.

  63. tintin1868 said: yang jadi pagar dari jalajala itu namanya parket bukan? kalu disini buat ngurangi cahaya matahari, biasanya ditaroh diatas kebon anggrek yang ga boleh kena banyak matahari kan?

    oooo…itu tho.
    Setahuku parket adalah lantai kayu. Makanya tadi bingung kok ada parket di kebon.
    Itu bukan pagar jala yang untuk melindungi tanaman anggrek. Tapi lebih kuat dari itu karena fungsinya untuk mencegah binatang yang tak dikehendaki masuk seperti kelinci tupai. Kalau pake pelindung anggrek, terlalu lemes.

  64. enkoos said: haishhh….keliatan belum baca postingannya deh. 😛

    ga spesifik ditulis bisa dimakan tapi ada kata dipanen dan kata lebih pedas…tak kirain iseng2 aja digigitin gt mbak hahha..abis itu buat penghias taman juga lucu..

  65. miapiyik said: ini keren banget, baru liat bonggol bawang di pucukaku juga suka jalan darat ke Brebes pas panen, sepanjang jalan penuh tumpukan bawang merah cantik

    Aku juga baru tahu ini. Bawang Brebes gede gede ya. Selain cantik, baunya wangi. Kadang bikin bersin bersin.

  66. ayudiahrespatih said: bukan tangan, tapi kuku mbak hheheheh

    Lha emang kalau berkebun yang kena tangannya doang? Kukunya gak kena ya? Tanah gak masuk ke kuku?
    Ajaib deh kalau gitu.
    Aku kalau berkebun ya gitu, belepotan tanah sampe ke kuku.

  67. sarahutami said: Cantik sekali fotonya mbak Via.Si bawang mesir ini tahan banting ya? Dicuaca 4 musim gini tetep bertahan.Tapi tetep kan bawang brebes yang paling ok. Wangi dan cihui.

    Sebetulnya bukan tahan banting, tapi mati suri. Jadi kalau musim dingin gak tumbuh. Ntar kalau musim semi mulai bersemi lagi, di tempat yang sama.

  68. ayudiahrespatih said: ini di ruangan di potonya?

    enggak kok. Nanamnya gak di pot, jadi gak mungkin di dalam ruangan. Ini masih tetep di kebon, cuma latar belakangnya aja yang gelap. Angle motretnya dipas pasin dengan latar perahu kalau gak salah.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s