Lebaran di perantauan – Medan, Sumatra Utara [1]

Lebaran berarti juga pulang kampung. Setidaknya itu yang saya rasakan sebagai orang Indonesia. Namun pulang kampung di saat merayakan Idul Fitri bisa merupakan suatu kemewahan karena berbagai sebab. Salah satunya karena merantau yang cukup jauh dari kampung.
 
***
 
Tahun 1998 adalah saat pertama kali saya merasakan Lebaran tanpa pulang kampung di Surabaya. Saya dikirim kantor untuk bertugas di kota Duri yang baru saja membuka kantor proyek di sana. Mengisi posisi yang lowong untuk sementara dan selanjutnya memberi pelatihan karyawan yang direkrut. Dan setelah itu kembali ke kantor proyek di Tuban Jawa Timur. Waktu itu di bulan Ramadhan. Libur hanya pada saat tanggal merah. Mau memaksa pulang kampung? Boleh boleh saja, asal biaya tiket ditanggung sendiri. Dan untuk dua hari saja? Suatu pemborosan yang tidak perlu. Minta cuti? Sedang dinas luar kok minta cuti.
 
Sebagai tukang jalan, kesempatan ini justru saya manfaatkan untuk melongok dan menikmati suasana Lebaran di tempat lain. Hari pertama dan kedua Lebaran jatuh pada hari Jumat dan Sabtu. Praktis hari libur menjadi panjang karena nyambung dengan Minggu. Saya memutuskan untuk pergi ke Sumatra Utara dengan naik bis umum. Waktu tempuh perjalanan hanya semalam dari Duri.
 
Saya melaksanakan sholat Ied di masjid Raya Medan yang tidak jauh dari losmen murah dimana saya menginap. Lokasinya tak jauh pula dari istana Maimunah. Seusai sholat, hiruk pikuk jama’ah bersalam salaman. Dan sayapun termenung dalam kesunyian di tengah keramaian celoteh mereka. Namun tak sempat berlarut larut, karena sesaat kemudian mereka menyalami saya.
 
“Selamat Idul Fitri. Tinggal dimana?” demikian rata rata mereka membuka percakapan. Pertanyaan itu mungkin muncul karena dari tadi melihat saya celingukan. Mereka cukup kaget setelah mengetahui saya dari Surabaya.
 
“Kok enggak Lebaran di Surabaya?”
“Saya lagi tugas di Duri, Riau. Libur cuma pas Idul Fitri saja. Daripada manyun mending jalan jalan ke Medan.”
“Kok sendirian? Gak ada saudara disini?”
“Iya, sendirian. Gak ada saudara disini dan ini baru pertama kalinya ke Medan.”
“Kasihan. Mari mampir ke rumah kami, mencicipi makanan Medan. Rumah kami dekat kok dari mesjid. Cukup berjalan kaki saja.”
 
Terharu menerima tawaran mereka dan tanpa berpikir panjang saya terima tawaran mereka.
 
Di tahun kedua keberadaan saya di Duri, lagi lagi saya tidak pulang kampung ke Surabaya. Eh tadinya kan hanya sementara saja di Duri. Kesepakatannya, setelah kantor proyek Duri mendapatkan karyawan baru dan selesai memberi pelatihan saya harus pulang ke Tuban. Tetapi kenyataannya saya malah ngendon di Duri hingga sampai proyek selesai dua tahun kemudian.
Advertisements

93 thoughts on “Lebaran di perantauan – Medan, Sumatra Utara [1]

  1. ningnong said: Aku lebaran di Duri thn 1999. Tiap berkunjung ke rumah orang, mesti disuguhi makanan ‘berat’ spt lontong pecel, lontong sayur, mie bakso, dll. Kangen lontong pecel…hehhehehe

    lonthong pical. hohah hohah hohah. enakkkks. wah 99 aku sik neng Duri kae. Belum kenal yak.

  2. enkoos said: enggak je. emang banyak ya?yang ada preman kebon sawit.

    Aku lebaran di Duri thn 1999. Tiap berkunjung ke rumah orang, mesti disuguhi makanan ‘berat’ spt lontong pecel, lontong sayur, mie bakso, dll. Kangen lontong pecel…hehhehehe

  3. enkoos said: “Kok enggak Lebaran di Surabaya?” “Saya lagi tugas di Duri, Riau. Libur cuma pas Idul Fitri saja. Daripada manyun mending jalan jalan ke Medan.” 

    senasib denganku tahun ini,…

  4. kakrahmah said: Wah mba pernah tinggal di duri toh? Aku lahir dan besar di sana juga ampe sma, hehe..kalau 1998 kita sekota donk, aku masih smp hehe..

    Rumah ortu di jl.jawa, daerah simpang padang. Duri mah cuma seuprit, muter disitu2 aja,,hehe

  5. kakrahmah said: Wah mba pernah tinggal di duri toh? Aku lahir dan besar di sana juga ampe sma, hehe..kalau 1998 kita sekota donk, aku masih smp hehe..

    Huaaaaa…senengnya. Durinya dimana? Aku sempet tinggal di hotel Citra beberapa minggu, waktu masih sementara itu. Setelah dapet tugas permanen, pindah kos jalan Kenanga. Kantornya di jalan Hang Tuah. Setalah kantor proyek jadi, pindah ke lokasi. Lupa namanya. Yang jelas lewat gate 125.

  6. nitafebri said: baik yoo di ajakin icip2 masakan medan..klo khas sana makanannya apa mba?apa asama ajah ketupat opor, rendang?

    Wah mba pernah tinggal di duri toh? Aku lahir dan besar di sana juga ampe sma, hehe..kalau 1998 kita sekota donk, aku masih smp hehe..

  7. nitafebri said: baik yoo di ajakin icip2 masakan medan..klo khas sana makanannya apa mba?apa asama ajah ketupat opor, rendang?

    apa ya? aku udah lupa Nit. Udah lebih dari 10 tahun yang silam. Seingatku jajanan kecil gitu.

  8. dieend18 said: Iya nih mbak, 6 thn di rantau, baru sekali mudik pas lebaran. Ditahun ke 3 kmrn smpat mudik. Eh gak kerasa, udh lewat 3 thn aja :-)Wuih.. 8 thn.. Ayo, krg 2 thn lg genep 10 thn tuh 🙂

    baik yoo di ajakin icip2 masakan medan..klo khas sana makanannya apa mba?apa asama ajah ketupat opor, rendang?

  9. dieend18 said: Iya nih mbak, 6 thn di rantau, baru sekali mudik pas lebaran. Ditahun ke 3 kmrn smpat mudik. Eh gak kerasa, udh lewat 3 thn aja :-)Wuih.. 8 thn.. Ayo, krg 2 thn lg genep 10 thn tuh 🙂

    Hahahahaha…lha kok malah balapan suwe2an. Mangan lonthong balap ae. Seger rek.

  10. dieend18 said: Sy udah 3 thn gak mudik ke sby pas lebaran mbak..Udh bs nyaingin bang Toyib neh 🙂

    Iya nih mbak, 6 thn di rantau, baru sekali mudik pas lebaran. Ditahun ke 3 kmrn smpat mudik. Eh gak kerasa, udh lewat 3 thn aja :-)Wuih.. 8 thn.. Ayo, krg 2 thn lg genep 10 thn tuh 🙂

  11. dieend18 said: Sy udah 3 thn gak mudik ke sby pas lebaran mbak..Udh bs nyaingin bang Toyib neh 🙂

    3 tahun ya. kurang banyak, ayo genepin jadi 10 tahun. Hehehehe..Saya berapa ya? …..lagi ngitung…8 tahun.

  12. meandmydream said: Ternyata ga cuma taraweh aja yang pake istilah keliling. Sholat ied juga bisa, sholat ied keliling. HIhihi.Met lebaran mba evi, maaf lahir batin donk.

    abis sholat Ied, keliling lagi. Namanya unjung unjung. Lumayan dapet angpo. hehehehehe…Selamat merayakan hari kemenangan. maaf lahir batin ya. Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dibanding tahun tahun kemarin dan semoga kita masih bisa bertemu Ramadhan tahun depan. Amiin.

  13. enkoos said: halah..resepnya mah gampang di internet. nyari bungkusnya nih yang rumit. bukan plastik lho ya.aku baca dimana gitu, warna hitam membuat mata tidak cepet lelah. Lagi males google. cari aja sendiri deh.

    warna putih terlalu terang buat mata ya? jadi silau? wah gitu ya..

  14. haleygiri said: Mbak, hepi Idul Fitri yaaa… met lebaran dengan keluarga, maaf lahir dan batin! Aku dah 2 lebaran gak mudik niii… Klu genep 3 kali lebaran, bisa nyaingi Bang Toyib! :p

    Suwun mbakyu. Maaf lahir batin juga ya, kali aja ada salah salah kata selama kita berteman dan bersrawung. Opo tho bahasane :PWah aku wis luwih dari 3x, opo jenenge? Bang Toyob?

  15. tintin1868 said: yang ketupat makasar namanya burasa.. jauh amat mo bikinin.. ku kasih resep saja ya.. hitamhitam bukannya cape dimata? seger lihat foto sapi itu deh..

    halah..resepnya mah gampang di internet. nyari bungkusnya nih yang rumit. bukan plastik lho ya.aku baca dimana gitu, warna hitam membuat mata tidak cepet lelah. Lagi males google. cari aja sendiri deh.

  16. enkoos said: asik, bikinin dong.ketupat Makassar juga beda. Yang dipake daun kelapa yang udah tua, warnanya ijo tua.iya lagi pengen berhitam hitam. kayaknya keren. dan di mata juga gak capek.

    Mbak, hepi Idul Fitri yaaa… met lebaran dengan keluarga, maaf lahir dan batin! Aku dah 2 lebaran gak mudik niii… Klu genep 3 kali lebaran, bisa nyaingi Bang Toyib! :p

  17. enkoos said: asik, bikinin dong.ketupat Makassar juga beda. Yang dipake daun kelapa yang udah tua, warnanya ijo tua.iya lagi pengen berhitam hitam. kayaknya keren. dan di mata juga gak capek.

    yang ketupat makasar namanya burasa.. jauh amat mo bikinin.. ku kasih resep saja ya.. hitamhitam bukannya cape dimata? seger lihat foto sapi itu deh..

  18. itsmearni said: Ya ngakak ajaBerarti dimata mas Iwan selama ini mb evi emang galak hahahaRasanya klo kemaren gak jadi juri,bisa masuk kandidat mper tergalak nih :-)))

    kwkwkwkwkwkkw….galaknya daku ternyata ada hikmahnya loh. dapet kompensasi yang menguntungkan. apa itu? ntar aja ceritanya, pokoknya asik asikkkk.

  19. tintin1868 said: walah jadi pengen masakin ketupat medan deh buat enkoos..btw, headernya keren.. backgroundnya ganti hitam nih..

    asik, bikinin dong.ketupat Makassar juga beda. Yang dipake daun kelapa yang udah tua, warnanya ijo tua.iya lagi pengen berhitam hitam. kayaknya keren. dan di mata juga gak capek.

  20. sheravim said: baik banget ya 😀 😀 apakah kebiasaan menawarkan berkunjung ke orang asing masih berlaku sampe sekarang? 😕

    Enggak tau ya kalau sekarang. Kesana aja untuk membuktikannya. Hehehehehe..Tapi biasanya, penduduk di pelosok pelosok terpencil rata2 tulus dan baik baik. Jangankan nawarin makanan, mereka bahkan juga sering nawarin nginap di rumah mereka.

  21. enkoos said: “Kasihan. Mari mampir ke rumah kami, mencicipi makanan Medan. Rumah kami dekat kok dari mesjid. Cukup berjalan kaki saja.”

    baik banget ya 😀 😀 apakah kebiasaan menawarkan berkunjung ke orang asing masih berlaku sampe sekarang? 😕

  22. rengganiez said: jadi inget bawa duren pake kotak plastik yang gedhe ke Jakarta aman2 sajaaaa.Giliran mbak Arni tuh apesss, kena razia di bandara katanya

    Weh kok bisa lolos ya? Temenku juga ada yang kena meskipun kotaknya sudah dibungkus berlapis lapis, dikasih taburan kopi segala. Tetepp gak lolos.

  23. faridm88 said: Saya pertama kali lebaran di perantauan pas kelas 2 SMA. Pas masuk kuliah juga beberapa kali tidak mudik lebaran. Pas di LN, cuman sekali sempat mudik lebaran.Yah dinikmatin aja hehehe…

    Cerita mas, gimana lebaran di perantauan. Yang jelas suasananya pasti beda meskipun sama sama mayoritas muslim.

  24. srisariningdiyah said: Duri… hadeh tiapinget Duri itu daerah yang panas…jalanan berkelok penuh debu…kadang ada truk 1- 2 yang terperosok di bibir jalan…dan selalu berpapasan sama mobil2 besar…kadang keder kalo depanbelakang truk tangki semua hihihhhh kalo kejepit gimana

    apalagi jalannya menanjak tajam. Belum lagi kalau ketemu truk yang bermuatan kayu gelondongan, muatannya kan overloaded buanget. Kalau truk tangki masih mending meskipun merinding juga. Tapi dibanding truk yang muat kayu gelondongan. Huedehhhhh…mending jauh jauh aja.

  25. srisariningdiyah said: kayak orang ambonbuat orang jawa mereka kasar, tapi coba lihat mata mereka kalo bicara, hehe

    embyerrrrrr. Semua orang Indonesia yang tinggal di pelosok pelosok terpencil rata2 pada ramah. Saking ramahnya, sampe disorong sorong dikasih makan gratis. Menginappun juga ditawari. Bagi mereka, tamu adalah raja.

  26. enkoos said: Horas bah. Habis beras tinggal gabah. Medan makanannya enak enak. Durennya juga enak enak 😛

    jadi inget bawa duren pake kotak plastik yang gedhe ke Jakarta aman2 sajaaaa.Giliran mbak Arni tuh apesss, kena razia di bandara katanya

  27. enkoos said: Iya ramah. Meskipun cara ngomongnya kasar, tapi hati mereka tulus. Itu sependek pengalamanku.

    Saya pertama kali lebaran di perantauan pas kelas 2 SMA. Pas masuk kuliah juga beberapa kali tidak mudik lebaran. Pas di LN, cuman sekali sempat mudik lebaran.Yah dinikmatin aja hehehe…

  28. rengganiez said: kerasan bener di medan 🙂

    Duri… hadeh tiapinget Duri itu daerah yang panas…jalanan berkelok penuh debu…kadang ada truk 1- 2 yang terperosok di bibir jalan…dan selalu berpapasan sama mobil2 besar…kadang keder kalo depanbelakang truk tangki semua hihihhhh kalo kejepit gimana

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s