Manajemen komplen antara saya dan CS Multiply Florida

Belakangan ini akun MP saya sering tertimpa masalah. Mulai dari site maintenance 4 hari lamanya. Kemudian email alert yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Gak berapa lama kemudian bagian jurnal gak bisa diedit maupun dihapus. Semua itu masih saya anggap bukan hal aneh sebab tak ada sesuatupun di dunia ini yang sempurna. Nenek nenek ompong juga tahu.

Ada permasalahan tentu ada jalan keluar. Kemana lagi larinya kalau nggak ke CS (Customer Service). Begitu juga saya yang langsung berpikir untuk menghubungi CS. Tetapi sebelum buru buru menghubungi CS, atas saran cak Iwan (ID fightforfreedom) saya meluncur ke sini dulu usersupport.multiply.com. Siapa tahu permasalahan saya pernah diulas disana lengkap dengan jalan keluarnya. Kalau belum ada, ya cerita aja disana di bagian Notesnya. Sependek pengalaman saya, mereka baik baik. Permasalahan saya direspon dengan cepat. Kalau jalan keluar belum ketemu baru mereka menganjurkan untuk menghubungi CS.

Masalah lamanya site maintenance ternyata karena sampah di komputer saya sudah demikian menggunung. Sudah dibersihkan tapi masih ada yang ngumpet di cache. Musti disapu dengan program khusus. Saya gak tahu kalau komputernya berbasis Windows. Kalau berbasis krowakan codot, download program pembersih onyx dari sini.

Selesai masalah site maintenance, gak lama kemudian email alert gak berfungsi. Kali ini saya langsung mengadu ke CS. Tanya jawab berlangsung selama berhari hari. Dan terselesaikan masalahnya. Case closed. Baru juga lega beberapa hari, eh….muncul lagi masalah yang sama. Email alert gak berfungsi.

Tanpa periksa lagi dan tanpa berpikir panjang langsung melayangkan surat ke CS. Bingung juga CSnya ada apakah gerangan. Setelah saya perhatikan lagi, kesalahan ada pada diri saya sendiri, karena tanpa sengaja kepencet tombol spam sewaktu email alert dari Multiply masuk. Buru buru deh saya kirim surat lagi ke CS untuk meminta maaf karena salah klik. Problem solved.

Mumpung sedang asik berkomunikasi dengan CS, sayapun mencoba bertanya mengapa semua foto foto saya di salah satu album bisa hilang. Sebetulnya ini masalah lama, hanya saja waktu itu saya males ngurusnya dan baru sekarang terpikir untuk menanyakannya. Penjelasan sang CS, foto foto tersebut hilang pada saat Multiply pindah server dari New Jersey ke lokasinya yang baru di Florida. Setelah berhari hari menunggu akhirnya mereka dengan amat sangat minta maaf mengakui tak bisa menemukan juga foto foto tersebut.

Masak orang sudah minta maaf, saya cuekin. Ya sudah saya legowo. Mereka tidak hanya meminta maaf tetapi memberi berbagai saran sebagai jalan keluarnya. Yang pertama adalah upload foto foto yang hilang di album yang sama. Untung masih ada. Sepertinya album tersebut sudah rusak atau gimana, foto foto yang baru saja diunggah tak bisa terlihat sama sekali. Tapi kalau diklik baru terlihat. Harusnya kan gak begitu.

Untuk mempersingkat cerita supaya gak bertele tele *capek deh bikin cerita kronologis begini* setelah utak atik dan berbalas PM sekian hari, foto foto saya emang tak bisa ditolong lagi. Dan dihapuslah tempat foto foto tersebut (bukan albumnya) dan tanpa persetujuan dari saya. Kalau foto foto dihapus, otomatis segala komen dan diskusi yang menyertai foto foto tersebut ikut hilang.

Sebagai anggota KOL (Kerusuhan On Line) yang notabene demen ber OOT, komen dan diskusi adalah sangat penting bagi saya, sama pentingnya dari isi postingan itu sendiri (atau dalam kasus saya sekarang ini adalah foto foto itu sendiri). Jelas dong saya kecewa. Tapi yah gimana lagi sudah terlanjur. Secara terus terang saya ungkapkan kekecewaan itu kepada CS yang selama berhari hari telah menemani saya dengan surat suratnya tersebut.

Menyadari akan kekhilafannya yang telah menghapus foto foto tanpa persetujuan sebelumnya, tentu CS meminta maaf dan menawarkan kompensasi kepada saya. Setelah mereka berunding, akhirnya tercapailah kesepakatan. Mereka itu adalah Multiply karena CS tentunya tidak bertindak atas nama pribadi, karena dari headshotnya terlihat jelas identitasnya adalah CS, bukan pribadi.

Kompensasinya adalah perpanjangan free premium membership. Seneng dong saya, jelas itu. Tapi kembali saya berpikir, apalah arti iuran tahunan sebesar USD 20 dibandingkan dengan foto foto dan segala diskusi yang telah hilang. Saya mencoba menawar dengan meminta fitur Indonesia di bagian resep.

Dulu saya pernah mengusulkan tentang hal itu. Pertimbangannya adalah karena jumlah pengguna Multiply di Indonesia termasuk besar tetapi fitur Indonesia di kolom resep enggak ada. Sedangkan negara negara lain yang pengguna Multiplynya jauh di bawah Indonesia ada fiturnya.

Setelah menunggu beberapa saat sayapun diberitahu bahwa kompensasinya berupa perpanjangan free premium membership selama saya inginkan, sampe saya bosan sampe Multiply tutup. Seneng dong, bo’ong banget kalau saya bilang gak seneng. Tapi tetep aja rasa keingin tahuan saya tergelitik. Logika sempit saya mencoba menganalisa bahwa lebih murah untuk menambah fitur Indonesia di kolom resep daripada free premium seumur hidup.

Ternyata alasannya adalah: Memberikan free premium seumur hidup bisa dilakukan saat ini juga daripada mengedit fitur yang tentunya memakan waktu. Sedangkan saat ini prioritas Multiply adalah Marketplace setelah itu baru membenahi blogs, photos dan lain sebagainya. Meskipun begitu mereka tetap akan mempertimbangkan perubahan fitur Indonesia di bagian resep bila saatnya tiba. Kita tunggu saja.

Semua itu merupakan pengalaman berharga bagi saya bahwa CS Multiply Pusat melayani keluhan keluhan saya dengan maksimal. Pun juga dengan komunikasi yang baik sehingga terjalin tanya jawab ada interaksi tak ada arogansi sama sekali. Berbeda sekali dengan Multiply Indonesia yang kerap mendiamkan pertanyaan pertanyaan yang muncul. Semoga cara cara yang baik ini juga menular ke Multiply Indonesia.

Mengenai keanggotaan premium saya, sebetulnya saya malas bercerita. Karena beberapa kali ditanya oleh teman teman daripada mengulang cerita yang sama, mendingan saya ceritakan saja sekalian. Selain itu kuping saya rada gatel sewaktu ada komentar nyinyir tentang keanggotaan premium, dibilang ingin pamerlah ingin terlihat bedalah atau apalah tanpa tahu apa alasannya.

Ceritanya panjang sebetulnya, tapi untuk mempersingkat saya mau cerita poin pon pentingnya saja. Dulu perbedaan premium dengan gratisan, yang premium bisa memasang foto foto di bagian rail. Tetapi sekarang yang gretonganpun bisa memasang foto foto.

Namun ada beberapa lagi kelebihan premium yang sangat penting buat saya, yaitu:

1. Foto foto yang diunggah bisa dilihat dengan format lebar selama site themenya mengunaan hires theme.

2. Selain itu penyimpanan foto foto dengan format aslinya secara permanen.

3. Gak ada iklan bersliweran.

Okelah untuk yang nomer tiga, gak begitu penting buat saya. Tapi yang nomer 1 dan 2 sangat penting, karena Multiply adalah salah satu port folio saya. Itulah sebabnya album album foto saya berada di urutan teratas.

Memang bisa disimpan di web photo yang lain. Tapi semakin banyak kita memiliki backup semakin bagus. Karena external Hard Disk saya pernah jatuh dan akibatnya semua tulisan dan foto foto dari tahun 2000 hingga 2008 (waktu jatuhnya external HD tersebut) yang gak ada backupnya hilang begitu saja. Belajar dari pengalaman itulah saya memiliki backup dimana mana.
Advertisements

139 thoughts on “Manajemen komplen antara saya dan CS Multiply Florida

  1. dieend18 said: Iya mbak. Ga ada ruginya jg kok backup dobel dmana2.. Cm ya itu, harus belajar dr kejadian ga ngenakin dulu ya.. 🙂

    Iya ya, harusnya gak perlu ketonjok dulu baru nyadar. Ciri khas orang teledor. heheheheh..

  2. dieend18 said: Saya jg menjadikan MP sbg album utk backup poto2 saya mbak.. Dan sewaktu kejadian external harddisc sy dicolong org bbrp thn yg lalu, sy sdkt lega. Karna sy msh punya backup nya di MP…

    Iya mbak. Ga ada ruginya jg kok backup dobel dmana2.. Cm ya itu, harus belajar dr kejadian ga ngenakin dulu ya.. 🙂

  3. dieend18 said: Saya jg menjadikan MP sbg album utk backup poto2 saya mbak.. Dan sewaktu kejadian external harddisc sy dicolong org bbrp thn yg lalu, sy sdkt lega. Karna sy msh punya backup nya di MP…

    hehehehehe…lebih baik backup dobel dimana mana daripada gak punya blas. Dulu itu saking kalapnya, bikin account premium MP dan Flickr.

  4. dieend18 said: Saya jg menjadikan MP sbg album utk backup poto2 saya mbak.. Dan sewaktu kejadian external harddisc sy dicolong org bbrp thn yg lalu, sy sdkt lega. Karna sy msh punya backup nya di MP…

    Iya mbak, sejak external harddisc ilang itu skr jd backup dmana2… 🙂

  5. dieend18 said: Saya jg menjadikan MP sbg album utk backup poto2 saya mbak.. Dan sewaktu kejadian external harddisc sy dicolong org bbrp thn yg lalu, sy sdkt lega. Karna sy msh punya backup nya di MP…

    lebih sip lagi kalau disimpen di DVD, jadi back upnya juga banyak karena di DVD bisa full format dan sebesar aslinya. SEdangkan di MP, yang di upload versi lowres, karena kalau yang versi hires kasihan yang berkunjung kalau koneksinya lambreta sebab loadingnya lambreta ratahayo.

  6. nur4hini said: alhamdulillah kanada post dah gak mogok lagi mbak:)

    Saya jg menjadikan MP sbg album utk backup poto2 saya mbak.. Dan sewaktu kejadian external harddisc sy dicolong org bbrp thn yg lalu, sy sdkt lega. Karna sy msh punya backup nya di MP…

  7. enkoos said: hahahahaha…kalau urusan lemot dan gaptek, tossssss.aku kalau gak tanya sana sini mana ngerti mbak Nur. BTW, pos Kanada masih mogokkah? Majalahnya udah kubungkus rapi.

    alhamdulillah kanada post dah gak mogok lagi mbak:)

  8. tintin1868 said: emang kudu ditatar tuh empi sini sama empi sana.. btw, emangnya udah diintip beneran sama empi sini?

    sampe sekarang gak diintip MP Indonesia (secara log in). Blogger gak menghasilkan duit, gak penting masukan gini buat mereka. MP Indonesia gak punya CS, adanya marketing semua. Entah kalau gak log in, wong ini set everyone.

  9. srisariningdiyah said: iya aku lihat juga banyak yang mengeluh foto2nya hilang…terus terang aku gak gitu merhatiin album fotoku sendiri di mp, tapi kalo ada yang ilang ya udah deh haha aku juga masih ada backup di HD dan DVD, cuma memang sama ama mb ev, sayang komen2nya kalo memang hilang hehe

    sama.. pernah ada foto ku juga ilang.. tapi kog cuek ya.. jadi malas periksa apa aja yang hilang.. mungkin ku juga yang melanggar apa gitu..

  10. rengganiez said: jadi bingung, nanti kalo ada apa2 gitu enaknya kita lapor langsung ke pusat gitu aja kali yah?

    lah ku selama ini kalu ada apa2 emang lapor ke pusat.. langsung direspon.. ga sampe 24jam deh.. ramah kan? dan siaga gitu.. ga ngebetein..

  11. penuhcinta said: Hah? Kulakan kemben apa sarung bantal? Kulakan angopnya gimana Yu Kusminah? Udah laku berapaaa?

    kemben dari sarung bantal biar motifnya khas ndeso. angopnya sudah habis. pelaris pelaris pelarissssss

  12. enkoos said: OB = Obat Batuk atau Orang Batak atau Orang Bongol? hahahahahaha…

    alhamdulillah CS-nya aman dari gebukan Mak Engkoos hehe…wah, salut deh dengan pelayanan mereka. ternyata kooperatif dan ga pake ancam2an hehe…

  13. enkoos said: tauk tuh. katanya sekalian kulakan kemben pink buat dijual ke kampung Daleee *kayak ngomong sate. ilat kampung*

    Hah? Kulakan kemben apa sarung bantal? Kulakan angopnya gimana Yu Kusminah? Udah laku berapaaa?

  14. nur4hini said: hehe ternyata ada lho mbak fasilitas burningnya, emang makkhansa aja yang lemot gak pernah coba-coba. insha Allah ntar diutak atik. matur suwun jawabannya:)

    hahahahaha…kalau urusan lemot dan gaptek, tossssss.aku kalau gak tanya sana sini mana ngerti mbak Nur. BTW, pos Kanada masih mogokkah? Majalahnya udah kubungkus rapi.

  15. enkoos said: hahahaha….banyak nanya, bagus kan berarti memang gak ngerti. Timbang diam aja tapi nyinyir di belakang. xixixixixi…Tinggal copy aja ke DVD, kalau punya software burning.Di komputer2 keluaran 2006 ke atas, rata2 ada DVD Rom. Kalau masih nggak ngerti, tanya lagi ke cak Iwan. Aku yo durung mudeng. Hahahahaha..

    hehe ternyata ada lho mbak fasilitas burningnya, emang makkhansa aja yang lemot gak pernah coba-coba. insha Allah ntar diutak atik. matur suwun jawabannya:)

  16. anazkia said: Di blogspot, kalau upload foto langsung nyambung ke picasa, Mbak. Di picasa sendiri, EXIF data foto nggak kehapus, selagi kita upload foto asli. Ini bisa dinikmati pengguna blogspot baik yang domain sendiri ataupun yang menggunakan blogspot

    ooo begitu. iya ya, picasa sama blogspot kan pemiliknya sama. foto asli maksudnya belum diedit sama sekali? Trus secara tampilan gimana? Bisa gede gak formatnya?

  17. enkoos said: Trus apa kelebihan blogspot dari Multiply?

    Jadi komunikasinya cukup panjang juga prosesnya ya mbak? Memang CS harusnya begitu dong ya. Customer mau seceriwis apapun, ya ditanggapi apalagi hal2 yang esensial begini. Gak ada alasan sibuk ngelap2 meja atau bilang sibuk tapi di Tweeter bisa rajin dong ya?

  18. enkoos said: Trus apa kelebihan blogspot dari Multiply?

    kelebihannya dengan multiply, siapa saja bisa akses tapi ini juga bisa menjadi kekurangan. Dan siapa saja, bisa komentar di blogspot meski anonym sekalipun, tentunya kalau setting everyone pada kolom komentar. Kalau menggunakan acount google saja, orang lain hanya bisa membaca, tapi tak dapat memberikan komentar

  19. enkoos said: Kalau Multiply premium dengan gretongan kan udah keliatan, yaitu tampilan foto dan Video yang large format.

    Di blogspot, kalau upload foto langsung nyambung ke picasa, Mbak. Di picasa sendiri, EXIF data foto nggak kehapus, selagi kita upload foto asli. Ini bisa dinikmati pengguna blogspot baik yang domain sendiri ataupun yang menggunakan blogspot

  20. wayanlessy said: bagus juga ya bisa nyimpen foto permanen kl premium account..

    Sama sama Lessy :)disimpen dalam format asli, bukan diperkecil. Selain itu bisa dilihat dengan format lebar. Mungkin bagi beberapa orang gak penting, tapi bagiku penting untuk port folio. Kan enak bisa ngeliat foto dengan format gede.

  21. nur4hini said: nanya dong mbak evi, piye caranya back up di DVD-RW, makkhansa pindah jadi akun premium juga karena dulu komputer kena virus akut, photo2 khansa bayi ilang semua, makanya buat back-up photo2 aja niatnya pake premium…*suwun mbak sebelumnya, kakehan nanya terus hihihi*

    Nunut nyimak ya mbak..makasih udah njelasin panjang lebar..ternyata CS MP lumayan komunikatif ya…hmm…aku mau niru mbak Evi ah mulai sekarang untuk bikin back up beberapa file…..sedikit2 dulu ..hmm ..bagus juga ya bisa nyimpen foto permanen kl premium account..

  22. nur4hini said: nanya dong mbak evi, piye caranya back up di DVD-RW, makkhansa pindah jadi akun premium juga karena dulu komputer kena virus akut, photo2 khansa bayi ilang semua, makanya buat back-up photo2 aja niatnya pake premium…*suwun mbak sebelumnya, kakehan nanya terus hihihi*

    Disana CSnya nggak pusing sama OOT dan KOL ya hehehe

  23. nur4hini said: nanya dong mbak evi, piye caranya back up di DVD-RW, makkhansa pindah jadi akun premium juga karena dulu komputer kena virus akut, photo2 khansa bayi ilang semua, makanya buat back-up photo2 aja niatnya pake premium…*suwun mbak sebelumnya, kakehan nanya terus hihihi*

    hahahaha….banyak nanya, bagus kan berarti memang gak ngerti. Timbang diam aja tapi nyinyir di belakang. xixixixixi…Tinggal copy aja ke DVD, kalau punya software burning.Di komputer2 keluaran 2006 ke atas, rata2 ada DVD Rom. Kalau masih nggak ngerti, tanya lagi ke cak Iwan. Aku yo durung mudeng. Hahahahaha..

  24. nitafebri said: Engkus emang cihuy deh xixixi..Ternyata CS florida lebih sabar yaa ngadepin engkus yang bawel..Coba klo yang di sini.. Mane tahaaan dg pertanyaan engkus yg ga udah2 hihi..Tar klo udah ngintip kasih tau yaa..

    nanya dong mbak evi, piye caranya back up di DVD-RW, makkhansa pindah jadi akun premium juga karena dulu komputer kena virus akut, photo2 khansa bayi ilang semua, makanya buat back-up photo2 aja niatnya pake premium…*suwun mbak sebelumnya, kakehan nanya terus hihihi*

  25. nitafebri said: Engkus emang cihuy deh xixixi..Ternyata CS florida lebih sabar yaa ngadepin engkus yang bawel..Coba klo yang di sini.. Mane tahaaan dg pertanyaan engkus yg ga udah2 hihi..Tar klo udah ngintip kasih tau yaa..

    Memang seharusnya CS begitu, komunikasi yang baik. Ada interaksi dan gak arogan.Belum ada yang ngintip Nit. Entah kalau ngliatnya log out. Kan ini settingan everyone.

  26. thetrueideas said: dulu, dengan link yang sama, saya dapet link pertanyaan saya yang terakhir, aneh bin ajaib, tapi ndak bisa komplain lha wong mau komplain baliknya ke link terakhir itu…

    Kalimat iki piye maksude, ra mudeng aku.

  27. anazkia said: Lah, nggak tahu, Mbak. Soale Anaz kan make blogspot, terus beli domain dashboardnya yah masih blogspot. Aman2 aja n biasa2 aja seperti memakai blogspot. hanya beda memakai anazkia.com, tak lagi ada kata blogspot. Setahunnya 11 $

    Ooo kirain pake situs. Beda antara blogspot gratisan dengan blogspot berbayar apa? Tentunya selain nama yang lebih personalized.Kalau Multiply premium dengan gretongan kan udah keliatan, yaitu tampilan foto dan Video yang large format. Trus apa kelebihan blogspot dari Multiply?

  28. mellyheaven said: Wah, iya betul betul..Kadang punya akun banyak itu banyak gunanya, kenapa?? In case tiba2 Hard disc hilang ato rusak. Kan masih ada back upnya ^^

    Akun banyak tapi kalau gak ada isinya ya sami mawon. Ribet ngurus akun banyak.Mending pake sarannya cak Iwan, simpen di DVD-RW.

  29. enkoos said: coba ke link ini mas Syamsul:

    Engkus emang cihuy deh xixixi..Ternyata CS florida lebih sabar yaa ngadepin engkus yang bawel..Coba klo yang di sini.. Mane tahaaan dg pertanyaan engkus yg ga udah2 hihi..Tar klo udah ngintip kasih tau yaa..

  30. enkoos said: coba ke link ini mas Syamsul:

    akhirnya, link ke CS saya sudah ‘sembuh’….dulu, dengan link yang sama, saya dapet link pertanyaan saya yang terakhir, aneh bin ajaib, tapi ndak bisa komplain lha wong mau komplain baliknya ke link terakhir itu…

  31. anazkia said: Lah, nggak tahu, Mbak. Soale Anaz kan make blogspot, terus beli domain dashboardnya yah masih blogspot. Aman2 aja n biasa2 aja seperti memakai blogspot. hanya beda memakai anazkia.com, tak lagi ada kata blogspot. Setahunnya 11 $

    ooo, ilangnya foto2 perkara mereka pindah server? walah, ga bisa mengandalkan nyimpen di mp aja kalo gitu

  32. anazkia said: Lah, nggak tahu, Mbak. Soale Anaz kan make blogspot, terus beli domain dashboardnya yah masih blogspot. Aman2 aja n biasa2 aja seperti memakai blogspot. hanya beda memakai anazkia.com, tak lagi ada kata blogspot. Setahunnya 11 $

    enaknya lebih simpel aja ya naz, kelebihan blogspot dibanding multiply, lebih mudah disearch google (cmiiiw)

  33. enkoos said: kapasitasnya gimana? fiturnya gimana? mahal atau tidak, gak bisa dilihat dari harganya saja. bayarnya murah tapi fiturnya minim yang mending ra usah.Multiply itu kan jaringannya udah kebentuk, spacenya besar. Format foto2 juga gede bagi akun premium.Kalau kita beli domain, masih ada tingkatan2 kapasitas. Makin gede makin mahal. Di Multiply gak usah pusing mikirin kapasitas. Tinggal bayar USD 20 per tahun, bisa buat nyimpen foto hires sebanyak kita mau. Video juga iya, yang hires. Cuma saat ini aku belum mengarah kesana.

    Lah, nggak tahu, Mbak. Soale Anaz kan make blogspot, terus beli domain dashboardnya yah masih blogspot. Aman2 aja n biasa2 aja seperti memakai blogspot. hanya beda memakai anazkia.com, tak lagi ada kata blogspot. Setahunnya 11 $

  34. rengganiez said: mbak Kussss…sudah diintips belum? *ganti selonjor* 🙂

    belummmmmmmmmmmm*pindah duduk ke kursi malas dengan selimutan. siap2 zzzzzzzzzzzz*Jangan kaget ya kalau diam gak ada respon karena itu artinya aku bobok

  35. mmamir38 said: Tiga kali aku tanyakan tentang masalah (yang berbeda) ke CS Multiply Pusat. Dan tiga kali saya dijawab oleh CS cewe (juga berbeda) dengan pertanyaan yang sangat amat bloon.Aku jadi heran, MP mungut CS dari mana ya?

    Pak Margono lagi apes kali ya dapet CS memble. Musti pake bahasa semut kali pak. Gak ngerti bahasa manusia.

  36. evanda2 said: kan yg di Indonesia ngakunya bukan cs, tp marketer semuah… hehehetp salut, kesalahan mendapatkan reward, apapun bentuknya, begitulah seharusnya cs, memiliki wewenang untuk memberi ganti sesuai dengan kewenanangannya.

    hehehehehehe..intinya sih, bagaimana menanggapi keluhan dari user.

  37. anazkia said: Nggak tahu, MbakSetahu Anaz yah yang tadinya anazkia.blogspot.com, jadi anazkia.com

    kapasitasnya gimana? fiturnya gimana? mahal atau tidak, gak bisa dilihat dari harganya saja. bayarnya murah tapi fiturnya minim yang mending ra usah.Multiply itu kan jaringannya udah kebentuk, spacenya besar. Format foto2 juga gede bagi akun premium.Kalau kita beli domain, masih ada tingkatan2 kapasitas. Makin gede makin mahal. Di Multiply gak usah pusing mikirin kapasitas. Tinggal bayar USD 20 per tahun, bisa buat nyimpen foto hires sebanyak kita mau. Video juga iya, yang hires. Cuma saat ini aku belum mengarah kesana.

  38. enkoos said: Apa kelebihan domain berbayar?

    Tiga kali aku tanyakan tentang masalah (yang berbeda) ke CS Multiply Pusat. Dan tiga kali saya dijawab oleh CS cewe (juga berbeda) dengan pertanyaan yang sangat amat bloon.Aku jadi heran, MP mungut CS dari mana ya?

  39. rengganiez said: jadi mirip2 rakyat yang tinggal di pengasingan dunks

    kan yg di Indonesia ngakunya bukan cs, tp marketer semuah… hehehetp salut, kesalahan mendapatkan reward, apapun bentuknya, begitulah seharusnya cs, memiliki wewenang untuk memberi ganti sesuai dengan kewenanangannya.

  40. fightforfreedom said: Yang rewrite (DVD-RW) jelas bisa dihapus isinya dan diisi kembali dg yg baru, begitu seterusnya bisa berkali-kali.Kalo Read only (DVD-R) cuma bisa dibaca, jadi cuma sekali tulis.

    Apakah yang DVD-RW pengaruh dengan kualitas foto kalau dihapus berkali kali? Bayanganku seperti kertas yang dihapus dan ditulis bolak balik sehingga kertas bisa sobek. Kalau DVD caranya dilaser ya cak? Atau dibakar?

  41. enkoos said: setelah dikasih obat tidur, si balita kerjanya tidur melulu. Gak ada yang namanya protes harga cabe naik, gak ada yang namanya musik banting banting panci, gak ada lagi yang namanya KOL. Mendem kabeh.

    jadi mirip2 rakyat yang tinggal di pengasingan dunks

  42. anazkia said: Premium di MP lebih mahal dari domain berbayar ternyata yah, Mbak?Weh, mulpid kudu ditatar dulu kayaknya, biar pinter menghadapi user gak cuma petantang petenteng menggunakan kuasa.

    Apa kelebihan domain berbayar?

  43. enkoos said: Eh itu istilahnya opo cak, yang disc bisa diisi berulang ulang? Rewrite ya?Kelebihannya apa dibanding yang bukan rewrite?

    Premium di MP lebih mahal dari domain berbayar ternyata yah, Mbak?Weh, mulpid kudu ditatar dulu kayaknya, biar pinter menghadapi user gak cuma petantang petenteng menggunakan kuasa.

  44. enkoos said: Eh itu istilahnya opo cak, yang disc bisa diisi berulang ulang? Rewrite ya?Kelebihannya apa dibanding yang bukan rewrite?

    Yang rewrite (DVD-RW) jelas bisa dihapus isinya dan diisi kembali dg yg baru, begitu seterusnya bisa berkali-kali.Kalo Read only (DVD-R) cuma bisa dibaca, jadi cuma sekali tulis.

  45. fightforfreedom said: Kalo DVD, positifnya gak kuatir file corrupt apalagi kena virus. Backupnya bisa disusun rapi layaknya nyusun buku di rak perpustakaan.

    Eh itu istilahnya opo cak, yang disc bisa diisi berulang ulang? Rewrite ya?Kelebihannya apa dibanding yang bukan rewrite?

  46. rengganiez said: yaa sebagai orangtua meski banyak diprotes ama anaknya yang sudah balita khan tetep kudu sabar bagaimana caranya protes2 itu dijawab, dan bukan malah diabaikanlha kalo didiemin, semakin gencar nanti protesnya..kadang pake nggedruk2 kaki, dah gitu ada piring di depannya dilemparkalo gak mau diprotes yah, kasih saja balitanya obat tidur :-))

    setelah dikasih obat tidur, si balita kerjanya tidur melulu. Gak ada yang namanya protes harga cabe naik, gak ada yang namanya musik banting banting panci, gak ada lagi yang namanya KOL. Mendem kabeh.

  47. enkoos said: Sepertinya aku juga harus mulai membackup ke DVD juga. Saat ini masih tergantung dengan external HD (lagi). Kalau kecelakaan lagi, yo wis wasalam deh.

    Kalo DVD, positifnya gak kuatir file corrupt apalagi kena virus. Backupnya bisa disusun rapi layaknya nyusun buku di rak perpustakaan.

  48. wib711 said: udah pernah kirim surat ke CS yang ada di Indonesia kah? bagaimana tanggapannya? apakah sama dengan standar dari US atau justru lebih “bagus” lagi?salam

    Emang ada CS Indonesia? Kalau kita menemukan masalah, yang kita cari pertama kali adalah fitur “contact” yang ada di bagian bawah dan itu mengarah ke CS Florida. Sedangkan permasalahan yang regional Indonesia, saya sudah berkali kali bertanya dan berakhir dengan kekecewaan. Boro boro ditanggapi, dijawab aja kagak. Serasa ngomong dengan tembok. Kalau kita bertanya di tempat lain, yang ada malah dapat surat peringatan tanpa ada cross check terlebih dulu. Apa itu namanya komunikasi yang bagus??

  49. fightforfreedom said: wah, sayang yoo.. foto2 2000 – 2008 ilang.Kalo aku rajin nge-backup isi folder HD (yg penting) ke DVD-R, bahkan ada juga yg ke DVD-RW dual layer (9,4 GB).Memang pas pindahan server itu dulu banyak yg mengeluhkan content2-nya hilang, terutama foto2.

    Sepertinya aku juga harus mulai membackup ke DVD juga. Saat ini masih tergantung dengan external HD (lagi). Kalau kecelakaan lagi, yo wis wasalam deh.

  50. mahasiswidudul said: Aammmmiiinn ya robbi… Meskipun gretongan (blogger dan OS), harusnya tetap di respon dengan cepat yah? Bagaimana kalo citra MP buruk di mata seseorang yang mungkin ada family sama yang mau pasang iklan di MP, kalo ada omongan jelek kan bisa jadi gak pasang iklan yang berdampak gak ada pendapatan nya MP, ini misalnya loh…. tapi siapa tau ada kejadian kayak gitu?? Nobody know, ya kan mbak? 😀

    Ikut mengaminkan!Harusnya tetep dilayani dengan baik tanpa memandang akun gretongan atau berbayar.

  51. srisariningdiyah said: yah namanya melayani pelanggan ya gak boleh arogan hihihhhh…kalo mau arogan jadi orangtua bayi aja, belom bisa protes tuh xixixix…tapi ntar tungguin aja pas jadi balita, jadi kebalikannya, diprotes mulu xixixixix…lah kog larinya ke balitahhh

    yaa sebagai orangtua meski banyak diprotes ama anaknya yang sudah balita khan tetep kudu sabar bagaimana caranya protes2 itu dijawab, dan bukan malah diabaikanlha kalo didiemin, semakin gencar nanti protesnya..kadang pake nggedruk2 kaki, dah gitu ada piring di depannya dilemparkalo gak mau diprotes yah, kasih saja balitanya obat tidur :-))

  52. rengganiez said: kalo responnya bagus dalam menanggapi komplen, ak rasa user juga akan merasa nyaman sih yahbetul tuh komunikasi yang baik menjadi kunci yang berujung pada keputusan yang membut lega kedua belah pihak toh

    yah namanya melayani pelanggan ya gak boleh arogan hihihhhh…kalo mau arogan jadi orangtua bayi aja, belom bisa protes tuh xixixix…tapi ntar tungguin aja pas jadi balita, jadi kebalikannya, diprotes mulu xixixixix…lah kog larinya ke balitahhh

  53. fightforfreedom said: wah, sayang yoo.. foto2 2000 – 2008 ilang.Kalo aku rajin nge-backup isi folder HD (yg penting) ke DVD-R, bahkan ada juga yg ke DVD-RW dual layer (9,4 GB).Memang pas pindahan server itu dulu banyak yg mengeluhkan content2-nya hilang, terutama foto2.

    iya aku lihat juga banyak yang mengeluh foto2nya hilang…terus terang aku gak gitu merhatiin album fotoku sendiri di mp, tapi kalo ada yang ilang ya udah deh haha aku juga masih ada backup di HD dan DVD, cuma memang sama ama mb ev, sayang komen2nya kalo memang hilang hehe

  54. enkoos said: Sudah dilink sama mbak Ari. Aku sebetulnya gak rewel2 amat. Setelah direspon dengan baik, dicarikan jalan keluar dan toh pada akhirnya gak mempermasalahkan foto2 yang hilang itu. Komunikasi yang baiklah intinya.

    kalo responnya bagus dalam menanggapi komplen, ak rasa user juga akan merasa nyaman sih yahbetul tuh komunikasi yang baik menjadi kunci yang berujung pada keputusan yang membut lega kedua belah pihak toh

  55. srisariningdiyah said: soal fitur resep Indonesia sebenernya udah diajukan tuh mb evia, waktu pertemuan di marchekata mulpid itu sudah dimasukkan ke multiply pusat, dan lagi nunggu proses aja, dan emang karna yang lagi digenjot online sellernya ya didahulukan deh fitur2 buat OS… yah mo gimana lagi haha hewwww…aku dah link jurnal ini mbak yahhhhhh ke yang seharusnya baca…mudah2an menjadi masukan berharga tuhhhhh… heheeee

    udah pernah kirim surat ke CS yang ada di Indonesia kah? bagaimana tanggapannya? apakah sama dengan standar dari US atau justru lebih “bagus” lagi?salam

  56. srisariningdiyah said: soal fitur resep Indonesia sebenernya udah diajukan tuh mb evia, waktu pertemuan di marchekata mulpid itu sudah dimasukkan ke multiply pusat, dan lagi nunggu proses aja, dan emang karna yang lagi digenjot online sellernya ya didahulukan deh fitur2 buat OS… yah mo gimana lagi haha hewwww…aku dah link jurnal ini mbak yahhhhhh ke yang seharusnya baca…mudah2an menjadi masukan berharga tuhhhhh… heheeee

    Iya, mbak Ari pernah cerita kapan hari setelah pertemuan itu. Aku tanyakan lagi ke CS sapa tahu bisa lebih dipertimbangkan kalau semakin banyak yang nanya.Asikkkkk, makasih yaaa. Sip sip markosip.

  57. rengganiez said: wahh mbak penting nih untuk diinformasikan ke Mulpid..Jadi bisa belajar dari Pusat yang memperlakukan para user dengan mengedepankan pelayanan maksimalDan akhirnya ada solusi yang tentu saja menguntungkan keduabelah pihak

    wah, sayang yoo.. foto2 2000 – 2008 ilang.Kalo aku rajin nge-backup isi folder HD (yg penting) ke DVD-R, bahkan ada juga yg ke DVD-RW dual layer (9,4 GB).Memang pas pindahan server itu dulu banyak yg mengeluhkan content2-nya hilang, terutama foto2.

  58. rengganiez said: wahh mbak penting nih untuk diinformasikan ke Mulpid..Jadi bisa belajar dari Pusat yang memperlakukan para user dengan mengedepankan pelayanan maksimalDan akhirnya ada solusi yang tentu saja menguntungkan keduabelah pihak

    Sudah dilink sama mbak Ari. Aku sebetulnya gak rewel2 amat. Setelah direspon dengan baik, dicarikan jalan keluar dan toh pada akhirnya gak mempermasalahkan foto2 yang hilang itu. Komunikasi yang baiklah intinya.

  59. enkoos said: Semua itu merupakan pengalaman berharga bagi saya bahwa CS Multiply Pusat melayani keluhan keluhan saya dengan maksimal. Pun juga dengan komunikasi yang baik sehingga terjalin tanya jawab ada interaksi tak ada arogansi sama sekali. Berbeda sekali dengan Multiply Indonesia yang kerap mendiamkan pertanyaan pertanyaan yang muncul. Semoga cara cara yang baik ini juga menular ke Multiply Indonesia.

    Aammmmiiinn ya robbi… Meskipun gretongan (blogger dan OS), harusnya tetap di respon dengan cepat yah? Bagaimana kalo citra MP buruk di mata seseorang yang mungkin ada family sama yang mau pasang iklan di MP, kalo ada omongan jelek kan bisa jadi gak pasang iklan yang berdampak gak ada pendapatan nya MP, ini misalnya loh…. tapi siapa tau ada kejadian kayak gitu?? Nobody know, ya kan mbak? 😀

  60. iahsunshine28 said: harusnya, mulpid ditraining ya mba sama mp pusat, belajar gimana cara melayani customer, trus diawasi cara kerjanya… tapi apa iya harus diawasi? *balik nanya lagi*…hhmmm..

    tanyakan pada rumput yang berjoget dangdut.

  61. soal fitur resep Indonesia sebenernya udah diajukan tuh mb evia, waktu pertemuan di marchekata mulpid itu sudah dimasukkan ke multiply pusat, dan lagi nunggu proses aja, dan emang karna yang lagi digenjot online sellernya ya didahulukan deh fitur2 buat OS… yah mo gimana lagi haha hewwww…aku dah link jurnal ini mbak yahhhhhh ke yang seharusnya baca…mudah2an menjadi masukan berharga tuhhhhh… heheeee

  62. wahh mbak penting nih untuk diinformasikan ke Mulpid..Jadi bisa belajar dari Pusat yang memperlakukan para user dengan mengedepankan pelayanan maksimalDan akhirnya ada solusi yang tentu saja menguntungkan keduabelah pihak

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s