Horeeeee dapet diskon

Lumayan dapet potongan US$10.

Diskon apa’an?
Diskon cetak foto yang sudah berbentuk kartu ucapan atau kalender atau pajangan dinding.

***
Sebagai tukang jepret amatir saya pengen memberdayakan jepretan jepretan saya. Pengennya jadi profesional, siapa yang mau make jasa saya? Terang terangan deh saya jual diri *ngokkk*

Banyak situs pembuat kartu yang saya datangi. Pertama kenalan dengan situs Fine Art America. Mahal, walaupun disainnya elegan. Tapi kita bisa jualan disana. Kalau ada pembeli yang tertarik dengan foto kita, tinggal klik untuk order dan kita terima duitnya. Bukan hanya dicetak dalam bentuk kartu melainkan bisa dalam bentuk besarnya bahkan foto kanvas. Sekarang saya jarang order disana, buat jualan foto aja.

Kemudian seorang teman memberi informasi situs picaboo.com. Disain kartunya terbatas dan gak ada kolom untuk memasang nama / situs kita. Harganya lebih murah dibanding Fine Art America, tapi masih mahal dibanding situs situs lain. Sudah download softwarenya untuk mendisain tapi belum pernah order blas.

Cari cari lagi, ketemu situs Kodak Gallery. Kertasnya bagus, harganya lebih murah dibanding Picaboo tapi sayang disainnya gak banyak dan jarang mengeluarkan diskon. Saya baru dua kali order di Kodak Gallery.

Nguplek lagi, ketemu situs Vista Print. Produknya banyak sekali, disainnya beragam, promosinya gencar dan yang asik harganya sangat murah bahkan sering dapat info gratis. Sayangnya matrek. Upload foto aja bayar, meskipun gak banyak. Barusan dapat promosi gretongan untuk address label. Dengan membayar ongkos upload plus ongkos kirim total sejumlah US$6.87, saya sudah bisa memiliki 140 lembar address label. Tetapi untuk kartu ucapan belum pernah order.

Browsing browsing lagi, eh ketemu Shutterfly.com. Disainnya banyak, kertasnya cukup bagus, bagian belakang kartu bisa diutak atik sehingga bisa menampilkan alamat situs atau identitas sebagai promosi. Dan yang penting harganya murah Dari sekian banyak situs foto yang sudah saya gunakan jasanya, dari Shutterfly lah saya sering order. Bukan hanya untuk mencetak kartu ucapan tetapi juga kalender.

Situs Shutterfly inilah yang memberi saya kupon diskon US$10. Kenapa mereka bermurah hati memberi kupon? Karena saya memasang embed foto kartu saya di halaman depan MP. Setelah memasang embed, saya melapor ke pihak Shutterfly dan tunggu beberapa hari untuk diverifikasi. Dan voila…kupon sudah nangkring di email dan siap digunakan sebelum 31 Desember 2011.

Contoh foto kartu ucapan

Bagonjong houseYacht
Contoh kalender, halaman depan
Contoh kalender, halaman bulan Maret dan Mei.

Advertisements

119 thoughts on “Horeeeee dapet diskon

  1. eddyjp said: Persis, pernah tahun kapan susah banget mau dapat kalender aja…sekarang mending deh.

    berarti ekonomi di Indonesia sekarang membaik ya.Aku gak punya kalender promosi. Eh ada deng, kalender magnet mungil sebiji dari real estate yang jualan rumah yang kutempati sekarang. Rajin, tiap tahun ngasih kalender. Kalau kalender gede enggak punya yg gratisan.

  2. enkoos said: O gitu ya?Kalau perusahaan gede tetep bikin kalender, tapi mungkin jumlahnya dikurangi kali ya. Hanya pelanggan2 loyal yang dikasih.

    Persis, pernah tahun kapan susah banget mau dapat kalender aja…sekarang mending deh.

  3. eddyjp said: di Indo sendiri orderan kalendar naik turun tergantung kondisi ekonomi nya.

    O gitu ya?Kalau perusahaan gede tetep bikin kalender, tapi mungkin jumlahnya dikurangi kali ya. Hanya pelanggan2 loyal yang dikasih.

  4. eddyjp said: Yah nih bentar lagi tahun baru, kalo buat dijual disana gambarnya kudu disesuaikan dengan musimnya dong yah ?

    tergantung pasarnya juga. Aku promosi ke temen2 Indonesia. Kalau dikasih gambar2 tanah air kan seneng, sekalian obat kangen.

  5. eddyjp said: jualan kalender cetak nih Via ?

    maunya begitu Ed. Tahun kemaren bikin beberapa untuk sample, ternyata banyak yang suka. Tahun ini mau bikin lagi, tapi belum bikin disainnya padahal sudah bulan November.

  6. enkoos said: Foto2nya Lessy juga bisa lho dijadikan kartu dan kalender. Situs2 yang aku ceritakan di postingan ini sudah pernah aku infokan ke Lessy.

    keren keren, ternyata bisa jadi sumber yang menggiurkan .. slruuppp. Lho ?/! :d

  7. enkoos said: Foto2nya Lessy juga bisa lho dijadikan kartu dan kalender. Situs2 yang aku ceritakan di postingan ini sudah pernah aku infokan ke Lessy.

    Iya mbak…makasi ya..baca postingan ini jadi inget info yg mbak Evia berikan ttg situs situs ini..belum kesampaian nyobain.

  8. wayanlessy said: Cuakep cuakep biyanget fotone mbaaaakkk….sampek merinding aku….pantes bgt dijadiin kartu dan kalender.Naksir banget foto Kenjeran yg ada siluet orang orangnya mbak…ya ampun…kerennn…aku sukaaaa bgt sama detailnya..

    Foto2nya Lessy juga bisa lho dijadikan kartu dan kalender. Situs2 yang aku ceritakan di postingan ini sudah pernah aku infokan ke Lessy.

  9. nonragil said: Mau aku pasang di reply komen ini, tapi malu….kebanting ama fotonya mbak Evi, hehehehehehehehe. Iya, Pintu Air Jagir deket ama Ketintang, walopun kemarin sempati diwanti-wanti ama orang rumah ati-ati n cepet pulang, takut….karena banyaknya preman di sana.

    Hihihihihi…Helene segitunya. Dengan diupload disini siapa tau bisa dibahas untuk bikin gambarnya lebih ciamik.Iya aku juga diwanti wanti orang rumah supaya ngajak temen / sodara laki karena banyak premannya, karena aku nongkrongin lama. Nungguin golden hours biar dapat warna yang ciamik. Dan goldern hours itu hanya berlangsung sebentar.

  10. enkoos said: Ciamik enggak ciamik, sebetulnya masalah latihan aja kok Helen. Eh apalagi Pintu Air Jagir kan deket dengan Ketintang ya.

    Cuakep cuakep biyanget fotone mbaaaakkk….sampek merinding aku….pantes bgt dijadiin kartu dan kalender.Naksir banget foto Kenjeran yg ada siluet orang orangnya mbak…ya ampun…kerennn…aku sukaaaa bgt sama detailnya..

  11. enkoos said: Ciamik enggak ciamik, sebetulnya masalah latihan aja kok Helen. Eh apalagi Pintu Air Jagir kan deket dengan Ketintang ya.

    Mau aku pasang di reply komen ini, tapi malu….kebanting ama fotonya mbak Evi, hehehehehehehehe. Iya, Pintu Air Jagir deket ama Ketintang, walopun kemarin sempati diwanti-wanti ama orang rumah ati-ati n cepet pulang, takut….karena banyaknya preman di sana.

  12. nonragil said: Aku kemarin sempat ke sana, motret di sana juga sih, walopun hasilnya nggak seciamik punya mbak Evi. Sekarang Jagir pintu air dah bersih, mbak, nggak sekumuh beberapa tahun yang lalu sih.

    Ciamik enggak ciamik, sebetulnya masalah latihan aja kok Helen. Eh apalagi Pintu Air Jagir kan deket dengan Ketintang ya.

  13. enkoos said: kemproh yo. Liat foto Pintu Air Jagir gak? Yang bawah sendiri? Pinggir2nya kan jadi pangkalan becak, bemo. Terus ada jalan kereta api di deket situ. Tapi katanya itu sudah lebih rapi dah bersih. Dulunya kumuh, banyak korak. Cedek karo jomplangan sepur dan stasiun Wonokromo.

    Aku kemarin sempat ke sana, motret di sana juga sih, walopun hasilnya nggak seciamik punya mbak Evi. Sekarang Jagir pintu air dah bersih, mbak, nggak sekumuh beberapa tahun yang lalu sih.

  14. dphn04 said: iyo…blognya Mbak Vina *huhuhu sok kenal, pdhl belom* emang asyik dintip2, tulisan2nya asyik. resep2 masakannya unik2, foto2ne yo kereen. Tapi lek foto2 aku tetep paling demen karya2my Mbak..uaaaapppiiiiik…*ngeleeem*.. Pake Nikon seri opo?

    wah boleh dong minta karyanya mbak Eviakalender 2012 xixixi…..

  15. dphn04 said: iyo…blognya Mbak Vina *huhuhu sok kenal, pdhl belom* emang asyik dintip2, tulisan2nya asyik. resep2 masakannya unik2, foto2ne yo kereen. Tapi lek foto2 aku tetep paling demen karya2my Mbak..uaaaapppiiiiik…*ngeleeem*.. Pake Nikon seri opo?

    Waahhh, keren mbak… :))

  16. dphn04 said: iyo…blognya Mbak Vina *huhuhu sok kenal, pdhl belom* emang asyik dintip2, tulisan2nya asyik. resep2 masakannya unik2, foto2ne yo kereen. Tapi lek foto2 aku tetep paling demen karya2my Mbak..uaaaapppiiiiik…*ngeleeem*.. Pake Nikon seri opo?

    Hahahaha…istilahnya Vina lucu2, sering cengar cengir sendiri kalau baca empinya Vina. Resepnya juga top. Deskripsinya asik dibaca, gak koyok aku yang nulis resep ora telaten.

  17. nur4hini said: mbak, bikin kartu pos aja, dijual, pasti banyak yang tertarik….

    Enggak ngerti mau dijual kemana. Tahun kemaren nyetak kalender buat dibagi bagi gratis ke temen2 di Twin Cities. Sekalian promosi buat tahun ini. Hehehehe….Kalau kartu, enggak tau jualnya kemana.

  18. nonragil said: Mbak tuh foto Kenjeran jadi apik tenanan, padahal aslinya tuh pantai beneran wuelek n kotor…..

    kemproh yo. Liat foto Pintu Air Jagir gak? Yang bawah sendiri? Pinggir2nya kan jadi pangkalan becak, bemo. Terus ada jalan kereta api di deket situ. Tapi katanya itu sudah lebih rapi dah bersih. Dulunya kumuh, banyak korak. Cedek karo jomplangan sepur dan stasiun Wonokromo.

  19. enkoos said: Hahahahaha…ciri khasnya Vina. Digabrukin diencrutin dipoles ulekan. Lha kalau buku resep, kudu pake perhitungan bahan2nya. Kan mau dikasihkan orang, bukan buat dokumentasi pribadi. Kalau dokumentasi pribadi diprint di kertas wolak walik ae. Ngirit. hahahahahaha..

    iyo…blognya Mbak Vina *huhuhu sok kenal, pdhl belom* emang asyik dintip2, tulisan2nya asyik. resep2 masakannya unik2, foto2ne yo kereen. Tapi lek foto2 aku tetep paling demen karya2my Mbak..uaaaapppiiiiik…*ngeleeem*.. Pake Nikon seri opo?

  20. mbaktyas said: Dudu foto je mbak.. Tapi gambar dikelir gitu. Lagian aku bru iseng2 njajal, bukan jualan serius. Wong sing didol yo gambar2an hihi.Betul, bisa njual disitu

    wah malah pinter nggambar. Hebat je. Aku ra iso nggambar. Opo nama akunnya?

  21. enkoos said: Eh punya simpenan foto2 di devianart? Itu situs keren lho. Aku gak punya akun disitu. Ternyata bisa jualan disana tho.

    Dudu foto je mbak.. Tapi gambar dikelir gitu. Lagian aku bru iseng2 njajal, bukan jualan serius. Wong sing didol yo gambar2an hihi.Betul, bisa njual disitu

  22. miapiyik said: aah , keren, aku kolektor kartu pos +perangko, mba Evi, ngga nolak kalo dikirim :)contoh yg udah jadi kalender itu, ranca’ banasemoga sukses ke depannya, itung2 promosi Indonesia jua 🙂

    uapiiik banget mbak..keren pokoknya..:D

  23. miapiyik said: aah , keren, aku kolektor kartu pos +perangko, mba Evi, ngga nolak kalo dikirim :)contoh yg udah jadi kalender itu, ranca’ banasemoga sukses ke depannya, itung2 promosi Indonesia jua 🙂

    Kolektor perangko? Waduhh…aku dulu kolektor prangko. Sumbernya banyak, karena bapakku penjelajah keliling dunia. Udah punya banyak album, trus tak hibahkan ke temenku gara2 gak bisa ngramut.Makasih ya Mia doanya.

  24. enkoos said: jangan jangan Pantai Togean. Seperti yang ada di halaman kiri MPku ini ya? Yang ada di bawah HSku?

    aah , keren, aku kolektor kartu pos +perangko, mba Evi, ngga nolak kalo dikirim :)contoh yg udah jadi kalender itu, ranca’ banasemoga sukses ke depannya, itung2 promosi Indonesia jua 🙂

  25. rengganiez said: nanti ak cek lagi…soalnya begini mbak…itu kartu pos awalnya ngasihnya gak bareng buklet itu nah pas suatu malam, sudah hampir tengah malam sy nganter paket pos sekalian pulang dari kantor terus dalam perbincangan selanjutnya, ternyata saya yang janjian sama mb tintin keesokan harinya dititipin benang nah ketika paket dibuka, ternyata ada kartu pos yang belum dikasihkan ke saya saya disuruh milih..dan karena saya suka alam, makanya saya ambil itu keliatannya sih danau2 kemilau gitu untuk memastikan nanti saya tengok lagi karena sudah tersimpan di kotak rahasia :-))

    jangan jangan Pantai Togean. Seperti yang ada di halaman kiri MPku ini ya? Yang ada di bawah HSku?

  26. sarahutami said: Cantik2 banget jepretan Mbak Via. As usual, saya selalu kesengsem liat fotonya.Btw, objek hanya pemandangan? Kalo ke model eh manusia gitu, lebih gak tertarik ya?

    obyeknya macem2. terserah yang punya foto. Lha fotoku kan kebanyakan obyeknya bukan manusia.

  27. enkoos said: Opo yo, aku yo lali. hahahahaha…Gini ini kalau sesama pelupa saling ngobrol. Nanti tahu2 pertanyaannya jadi gini “eh tadi ngomongin apa ya sebetulnya”kwkwkwkkwkww…Dan itu sering terjadi (padaku)

    nanti ak cek lagi…soalnya begini mbak…itu kartu pos awalnya ngasihnya gak bareng buklet itu nah pas suatu malam, sudah hampir tengah malam sy nganter paket pos sekalian pulang dari kantor terus dalam perbincangan selanjutnya, ternyata saya yang janjian sama mb tintin keesokan harinya dititipin benang nah ketika paket dibuka, ternyata ada kartu pos yang belum dikasihkan ke saya saya disuruh milih..dan karena saya suka alam, makanya saya ambil itu keliatannya sih danau2 kemilau gitu untuk memastikan nanti saya tengok lagi karena sudah tersimpan di kotak rahasia :-))

  28. enkoos said: Kalender saku ukuran dompet. xixixixixi..

    Cantik2 banget jepretan Mbak Via. As usual, saya selalu kesengsem liat fotonya.Btw, objek hanya pemandangan? Kalo ke model eh manusia gitu, lebih gak tertarik ya?

  29. mbaktyas said: aahh, tidaaakk.. fotone apik2 kabeh mbak eviaa.. *pengen mborong semua*aku juga baru coba2 jualan gambarku di deviantart mbak.padahal gambar ga jelas.. tapi kalo ada yang naksir kan siapa tau yaa? ^_^

    Eh punya simpenan foto2 di devianart? Itu situs keren lho. Aku gak punya akun disitu. Ternyata bisa jualan disana tho.

  30. kakrahmah said: Fotonya indah-indah semua mba..Cucok bgt dijadiin kartu ucapan n kalender 🙂

    aahh, tidaaakk.. fotone apik2 kabeh mbak eviaa.. *pengen mborong semua*aku juga baru coba2 jualan gambarku di deviantart mbak.padahal gambar ga jelas.. tapi kalo ada yang naksir kan siapa tau yaa? ^_^

  31. rengganiez said: nah loh ak lupa hahahaha…yang satunya deh yang alam…

    Opo yo, aku yo lali. hahahahaha…Gini ini kalau sesama pelupa saling ngobrol. Nanti tahu2 pertanyaannya jadi gini “eh tadi ngomongin apa ya sebetulnya”kwkwkwkkwkww…Dan itu sering terjadi (padaku)

  32. tintin1868 said: udah ke link sutterfly-nya.. pengen deh dimari ada kaya gitu.. kalu ke amrik ongkos kirimnya mahal kan ya?

    Coba aja pesen Tin Foto keluarga juga bisa kok. Bikin jadi album foto dan kalender untuk sodara sodara. Ongkos kirimnya, kalau disain udah jadi bisa dilihat berapa ongkos kirimnya.

  33. fightforfreedom said: mbak Evia, foto kali jagir-nya kereeeeen. Rumahku khan deket situ, daerah Bratang Gede.

    Padahal kalau tau aslinya Pintu Air Jagir, beuhh…hihihihih..Tapi kalau pas motret waktunya tepat dan anglenya juga bagus, jadinya gak ketoro. Kayak terminal bis Semarang yang selalu tergenang air, jadinya bagus cak Iwan. Padahal aslinya kemproh. Air genangannya menjadi media refleksi bayangan obyek di atasnya. Ditambah dengan cahaya sore yang dramatis, jadinya ciamik tenan.

  34. penuhcinta said: Oalah, jd kartu kemaren itu hasilnya? Kereeeen banget mbak! Aku mbok ya diajarin motret, atau paling enggak tips motret tetangga atas tanpa ketahuan…ha…ha…ha.

    Eh yang mana ya?Eh ada buklet Indonesia juga kan? Lumayan itu buat bahan presentasi tentang Indonesia di sekolahnya Imo dan Darrel.

  35. tintin1868 said: wuih foto disini empatempatnya keren semua.. eh semua foto m.evia emang keren2..

    Fotoku yang ecek2 ya banyak Tin. Karena gak ditampilin jadinya gak ketoro. Sing apik2 thok aja yang dipajang. Hehehehehe..

  36. dphn04 said: hihihih..kasih tulisan spt Mbak Vina kuwi lho Mbak…po yooo…kalo ga salah baca…masakan akan lebih enak kalo bumbu2 digabrukin heheh

    Hahahahaha…ciri khasnya Vina. Digabrukin diencrutin dipoles ulekan. Lha kalau buku resep, kudu pake perhitungan bahan2nya. Kan mau dikasihkan orang, bukan buat dokumentasi pribadi. Kalau dokumentasi pribadi diprint di kertas wolak walik ae. Ngirit. hahahahahaha..

  37. rirhikyu said: oooo.. yg kodak ga bisa kirim ke indo ya? :))en jatuhnya lebih mahal kl kirim ke indontar ke percetakan aja deh

    udah ke link sutterfly-nya.. pengen deh dimari ada kaya gitu.. kalu ke amrik ongkos kirimnya mahal kan ya?

  38. rirhikyu said: oooo.. yg kodak ga bisa kirim ke indo ya? :))en jatuhnya lebih mahal kl kirim ke indontar ke percetakan aja deh

    Kodak Gallery maksudnya? Udah coba ke situsnya belum? Kita baru tahu ongkos kirimnya kalau disain sudah jadi dan belum dikirim. Kalau gak jadi pesen bisa dibatalin. Cobain aja bikin oret2an dulu untuk tahu ongkos kirimnya dulu.

  39. tintin1868 said: merasa sangat pribadi menerima kartu pribadi gitu ya.. hasil jepretan sendiri pula.. suka tuh yang kapal ada bayangannya.. jadi bisa pesen banyak kalu didiskon 10usd ya..

    Tintin juga pinter bikin prakarya yang dijadiin kartu. Personal juga kan. Biasanya aku pesennya gak sampe limit, jadi biar gretong. Kalau dapet kupon US$10, ya pesen segitu doang, gak usah lebih. Selama ini begitu, kalau ada promosi, belinya sebatas jumlah promosi aja. Kapan hari dapet promosi 20 lembar. Cuma bayar handling fee & ongkos kirim sebesar US$6.46. Murah banget.

  40. tintin1868 said: wuih foto disini empatempatnya keren semua.. eh semua foto m.evia emang keren2..

    Oalah, jd kartu kemaren itu hasilnya? Kereeeen banget mbak! Aku mbok ya diajarin motret, atau paling enggak tips motret tetangga atas tanpa ketahuan…ha…ha…ha.

  41. faridm88 said: Bagus juga yah untuk yang jago fotografi, bisa bikin kartu ucapan atau kartu pos hasil jepretan sendiri.Kalau sedang berkunjung ke suatu negara, saya suka membeli kartu pos negara tersebut yang dijual di souvenir shop, dan saya kirimkan ke beberapa teman di Indonesia yang memang suka mengkoleksi kartu pos dan perangko dari berbagai negara. Kalau bisa bikin kartu pos/kartu ucapan dari hasil jepretan sendiri, pasti lebih bagus. Kesannya private banget kan, bukan beli produksi massal di souvenir shop.Tapi yah itu kalau hasil jepretan kita bagus seperti hasil jepretan mba Evia.

    Iya mas Farid. Lebih menyentuh (sentuhan kalbu. qeqeqeq) kalau bikinan sendiri.

  42. enkoos said: Ho oh…asik ya.Aku juga pengen bikin buku resep, cuma masalahnya aku yen nulis resep suka ngawur. Takarannya pake perasaan. Hahahahahaha…Orang yang baca buku resepku bisa terjerumus.

    wuih foto disini empatempatnya keren semua.. eh semua foto m.evia emang keren2..

  43. enkoos said: Ho oh…asik ya.Aku juga pengen bikin buku resep, cuma masalahnya aku yen nulis resep suka ngawur. Takarannya pake perasaan. Hahahahahaha…Orang yang baca buku resepku bisa terjerumus.

    hihihih..kasih tulisan spt Mbak Vina kuwi lho Mbak…po yooo…kalo ga salah baca…masakan akan lebih enak kalo bumbu2 digabrukin heheh

  44. enkoos said: iya Feb. Pake foto sendiri, diupload disana. Trus nanti kita milih2 lagi disain framenya, warna framenya. Satu frame ada yang isinya satu foto doang, atau dua foto, tiga foto, terserah seleranya. Trus dikasih tulisan apa aja sesukanya. Kita tinggal terima beres. Kartunya udah diamplopin.Begitu juga kalender, bisa disain sendiri.

    oooo.. yg kodak ga bisa kirim ke indo ya? :))en jatuhnya lebih mahal kl kirim ke indontar ke percetakan aja deh

  45. dphn04 said: oh iyaaa…si shutterfly ini keren abis Mbak…dia bisa design buku resep juga, temenku bikin tuh buku resep..hasilnya kayak buku resep beneran..super kereeeen

    Ho oh…asik ya.Aku juga pengen bikin buku resep, cuma masalahnya aku yen nulis resep suka ngawur. Takarannya pake perasaan. Hahahahahaha…Orang yang baca buku resepku bisa terjerumus.

  46. rirhikyu said: *angkat tangan ga ngerti*jd mba evi pak efoto sendiri, en cetak doank disana?

    iya Feb. Pake foto sendiri, diupload disana. Trus nanti kita milih2 lagi disain framenya, warna framenya. Satu frame ada yang isinya satu foto doang, atau dua foto, tiga foto, terserah seleranya. Trus dikasih tulisan apa aja sesukanya. Kita tinggal terima beres. Kartunya udah diamplopin.Begitu juga kalender, bisa disain sendiri.

  47. wib711 said: aku mau dikirimin juga dunk :p

    merasa sangat pribadi menerima kartu pribadi gitu ya.. hasil jepretan sendiri pula.. suka tuh yang kapal ada bayangannya.. jadi bisa pesen banyak kalu didiskon 10usd ya..

  48. wib711 said: aku mau dikirimin juga dunk :p

    Bagus juga yah untuk yang jago fotografi, bisa bikin kartu ucapan atau kartu pos hasil jepretan sendiri.Kalau sedang berkunjung ke suatu negara, saya suka membeli kartu pos negara tersebut yang dijual di souvenir shop, dan saya kirimkan ke beberapa teman di Indonesia yang memang suka mengkoleksi kartu pos dan perangko dari berbagai negara. Kalau bisa bikin kartu pos/kartu ucapan dari hasil jepretan sendiri, pasti lebih bagus. Kesannya private banget kan, bukan beli produksi massal di souvenir shop.Tapi yah itu kalau hasil jepretan kita bagus seperti hasil jepretan mba Evia.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s