[Mohon sarannya] Guru Bahasa Indonesia

Alhamdulillah, proposal saya yang asal nyeplos ternyata mendapat persetujuan. Yah meskipun mulanya iseng tetapi saya pengen ngerjain dengan sungguh sungguh, enggak mau asal asalan.


Jadi ceritanya begini.
Di Duluth dimana saya bermukim sekarang, public schoolsnya (duh boso Linggis cap opo iki?) mempunya program namanya Desegregation / Integration yang garis besar tugasnya adalah mempromosikan keberagaman budaya dan etnis. Tentunya program tersebut resmi dan didukung oleh pemerintah Amerika Serikat karena berada di bawah public schools.

Dalam program tersebut terbagi menjadi 4 kelompok yaitu Latino, African American, American Indian dan Asia Pacific. Karena Indonesia berada di Asia tentunya masuk di kelompok Asia Pacific. Setiap kelompok memiliki koordinator dan mereka mengadakan rapat secara berkala. Siapa saja yang hadir? Kalau untuk Asia Pacific, ya siapa saja yang memiliki keterikatan dengan Asia Pacific, entah karena punya anak adopsi dari Asia, entah karena imigran dari Asia, entah karena sering bepergian ke Asia atau apalah yang jelas memiliki keterikatan secara fisik maupun batin. Seringkali dalam rapat rapat tersebut si koordinator bertanya ke forum apabila ada ide yang ingin diwujudkan.

Saya yang sering melihat peserta rapat dari Cina yang rajin menawarkan program mengajar bahasa Mandarin jadi terpikirkan untuk mengajar bahasa Indonesia. Iseng saya towel towel koordinatornya mengenai keinginan saya ini. Enggak langsung di iyain, jadi saya pikir numpang lewat doang. Eh setelah berbulan bulan kemudian towelan saya diiyain.

Seneng dong saya. Dan sekarang saya sedang menyusun kurikulumnya. Enggak terlalu berat, karena ini ekstra kurikuler dan muridnya juga anak anak TK – SD. Materinya yang ringan ringan saja seperti salam yang umum (selamat pagi dsb, terima kasih dsb), angka, nama nama anggota badan, nama nama dalam keluarga (ayah, ibu, kakak, adik dsb) .Jadi saya ingin saran dari teman teman semua mengenai,

1. Saya ditawarin untuk mengajar:
a. kelas TK s/d kelas 2 atau
b. kelas 3 s/d kelas 5 atau
c. kelas TK s/d kelas 5.
Enaknya ngambil yang mana ya? Terus alasannya apa?

2. Ada yang tahu lagu tentang anggota tubuh? Yang ada kata2nya begini:
Dua mata saya, hidung saya satu, dua telinga saya yang kiri dan kanan. Dan seterusnya. Itu judulnya apa aya? Trus lirik lagu lengkapnya bagaimana?

3. Makanan apa yang sekiranya netral untuk dihidangkan? Tapi yang enggak usah masak, karena enggak boleh masak. Yang ada di pikiran saya saat ini adalah indomie atau krupuk udang. Indomie kan tinggal ngrebus air doang. Kalau krupuk udang, ada yang jual dalam kemasan, udah mateng tinggal emplok. Pengennya sih yang lebih khas ketimbang dua itu. Tapi apa ya?

4. Ada tambahan saran?

Sambil nunggu masukan dari teman teman, saya tinggal tidur dulu ya.
Terima kasih sebelum dan sesudahnya.
Dadah bedah…..
Advertisements

141 thoughts on “[Mohon sarannya] Guru Bahasa Indonesia

  1. nur4hini said: insha Allah, ntar weekend ini tak berburu ke marche hawaii ya, biasanya disana ada keripik singkong, kemasan besar gitu, ntar tinggal njenengan bagi di plastik kecil-kecil aja. keripik tempenya juga udah mateng kog, trus ada lagi kacang atom *apa yo jenenge*, yang bunder2 kecil, di dalamnya ada isi kacangnya 🙂

    Matur suwun mbak Nur. Kacang atom ada di sini. Eh musti ke Twin Cities dulu deng. Tapi jangan kacang deh, karena banyak public school melarang kacang kacangan sebab banyak anak2 yang alergi. Jangan dikirim dulu mbak Nur, karena belum tau kapan mulainya. Bisa mulai Maret besok ini, atau tahun ajaran baru di bulan September.

  2. enkoos said: Kripik tempenya udah mateng? Biasanya aku beli di Twin Cities. Itupun kalau ada. Kripik singkong? Wah boleh tuh. Kalau mbak Nur nggak repot lho.

    insha Allah, ntar weekend ini tak berburu ke marche hawaii ya, biasanya disana ada keripik singkong, kemasan besar gitu, ntar tinggal njenengan bagi di plastik kecil-kecil aja. keripik tempenya juga udah mateng kog, trus ada lagi kacang atom *apa yo jenenge*, yang bunder2 kecil, di dalamnya ada isi kacangnya 🙂

  3. enkoos said: Iya, setelah baca masukan dari teman2, kayaknya mau bikin es teler sederhana. Isinya apokat dan buah nangka dikucuri sirup coklat. Suwun yo Mus.

    Seep sebenarnya ada lagi lagu untuk mengenal anggota tubuh. Tp ini dulu mus dapat untuk mengenal anggota tubuh dalam bahasa arab.

  4. beautterfly said: Kalo di US memang ada native speakerny yg dr meksiko, perancis, dll. Tapi utk di negara lain yg jumlah native speaker dr bahasa asing itu sedikit, tidak disebut 2nd language kan?

    Kalimat ini bikin bingung. Maksudnya gini ya: kalau di US ada native speaker dari Meksiko, Perancis dll. Tapi di negara lain *katakanlah Perancis*, native speakernya berbahasa Perancis kan?

  5. penuhcinta said: Ada mbak, Spanish yg paling populer spt yg mbak Evi juga udah tahu. Yang lainnya mungkin Perancis. Setiap bahasa asing yang dipelajari bisa disebut 2nd language.

    Jadi selain bahasa Inggris disebut second language ya Sum, tanpa memandang apapun bahasanya?

  6. cahayahati said: hai Evia, hebat semoga sukses ya.Kalau aku bakal pilih yang kelas 3 – 5, anak-anak TK kalau kita gak mahir mengajar secara audio visual dan dengan tangan pula, hehehehe … kasihan anak-anaknya dan kasihan pengajarnya, cuma buang waktu. Ngajarnya rutin dan setiap minggu ?? Wah … apalagi, persiapannya ngajar anak TK musti matang banget, kalau hari pertama gak menarik, hari selanjutnya pasti repot ngumpulin anak-anaknya, sedangkan anak SD kelas 3-5 bakal lebih mudah persiapannya.Makanan … hmmm aturan makanan dari sekolah emang rewel yah, di Jerman di TK anak-anakku dulu syaratnya banyak, mungkin khawatir anak-anak keracunan dll, harus segar pula bukan kalengan karena pengawetnya. Tanpa dimasak tentu maksud mereka ala sandwich gitu yah. Wah gak punya ide, paling gampang memang kerupuk yang sudah jadi dan pasti disukai anak-anak karena kayak chips, tapi mungkin kalau bawa ini pun sama orangtuanya diprotes hehehh, karena kalau di Jerman, selalu ada aja orangtua yang streng banget ke makan berpengawet atau bermonosodiumglutamat.Sukses yah !!! Semoga banyak juga anak Indonesia yang ikutan supaya bahasa Indonesia mereka terpelihara.

    Kalau TK terlalu muda ya? Iya ngajarnya rutin, sekali / dua kali seminggu. Satu kali ngajar, 50 menit. Mengenai makanan, syaratnya emang ribet soalnya mereka kuatir kenapa kenapa. Enggak banyak anak Indonesia. Kalau orangtuanya yang pernah tinggal di Indonesia, ada beberapa. Bahkan orangtuanya kalau ketemu diriku selalu ngomong bahasa Indonesia. Kalau saya bicara bahasa Inggris dijawabnya bahasa Indonesia. Bahasa Indonesianya lumayan lancar dan gak ada aksen bulenya sama sekali. Dulu pernah tinggal di Indonesia beberapa tahun dan bersekolah di sana waktu masih muda. Makasih saran sarannya Angky.

  7. nur4hini said: disini krupuk banyakkk mbak evi, bukan hanya kerupuk udang. kadng bisa nemu kerupuk pathi yang bentuknya kembang2 warna warni, tinggala goreng, bakalan menarik, mau makkhansa carikan?

    Kalau yang musti digoreng dulu, jangan deh mbak Nur. Mereka maunya yang dalam kemasan dan gak pake diolah. Matur nuwun sanget yo mbakkk..

  8. nur4hini said: mbak, ada keripik tempe dari sini, tak kirimi po?, kripik singkong juga ada lho…

    Kripik tempenya udah mateng? Biasanya aku beli di Twin Cities. Itupun kalau ada. Kripik singkong? Wah boleh tuh. Kalau mbak Nur nggak repot lho.

  9. moestoain said: Makanan yang tanpa dimanas?apaan coba? kalau bukan buah2an

    Iya, setelah baca masukan dari teman2, kayaknya mau bikin es teler sederhana. Isinya apokat dan buah nangka dikucuri sirup coklat. Suwun yo Mus.

  10. thaliasecret said: haluuuu mbaaaaa ^^

    Haluuuu juga Thalia, kemana aja nggak pernah nongol? Sibuk ujian ya?Makasih masukannya ya. Dan lirik lagu2nya. Nambah banyak nih perbendaharaan lagu2nya. Sekali lagi suwun yooo..Mengenai makanan, urap2, bumbu urap2nya, masak juga meskipun cuma nguleg. Buat gurunya aja deh. hihihiii….

  11. enkoos said: Oooo…gitu tho maksudnya.Opo yo 2nd language di US? Kayaknya yang paling banyak kedua setelah bhs Inggris adalah Spanyol.

    Mbak irma. ‘setiap bahasa asing yang dipelajari bisa disebut 2nd language’mau tanya dong, :)) *mumpung lg bahas ttg bahasa* bukanny tergantung lingkungannya ya? Kalo di US memang ada native speakerny yg dr meksiko, perancis, dll. Tapi utk di negara lain yg jumlah native speaker dr bahasa asing itu sedikit, tidak disebut 2nd language kan? Tapi foreign language? *cmiiw ya mbak suuuuminteeen.. ;p *mbak ev, maap malah jadi mbleber kemana2..

  12. enkoos said: Oooo…gitu tho maksudnya.Opo yo 2nd language di US? Kayaknya yang paling banyak kedua setelah bhs Inggris adalah Spanyol.

    Ada mbak, Spanish yg paling populer spt yg mbak Evi juga udah tahu. Yang lainnya mungkin Perancis. Setiap bahasa asing yang dipelajari bisa disebut 2nd language.

  13. enkoos said: Iya, klepen tetep masak. Keripik di sini adanya krupuk udang, udah dikemas dan udah digoreng. Keripik tempe ubi, pisang dll yang disebutkan itu, haduhh mimpi kali ya kalau ada. Eh ada den deng keripik pisang di cereal. kalau singkong, dulu ada yang jual tapi sekarang udah gak ada lagi. Tahu petis, petisnya yang nggak ada.

    hai Evia, hebat semoga sukses ya.Kalau aku bakal pilih yang kelas 3 – 5, anak-anak TK kalau kita gak mahir mengajar secara audio visual dan dengan tangan pula, hehehehe … kasihan anak-anaknya dan kasihan pengajarnya, cuma buang waktu. Ngajarnya rutin dan setiap minggu ?? Wah … apalagi, persiapannya ngajar anak TK musti matang banget, kalau hari pertama gak menarik, hari selanjutnya pasti repot ngumpulin anak-anaknya, sedangkan anak SD kelas 3-5 bakal lebih mudah persiapannya.Makanan … hmmm aturan makanan dari sekolah emang rewel yah, di Jerman di TK anak-anakku dulu syaratnya banyak, mungkin khawatir anak-anak keracunan dll, harus segar pula bukan kalengan karena pengawetnya. Tanpa dimasak tentu maksud mereka ala sandwich gitu yah. Wah gak punya ide, paling gampang memang kerupuk yang sudah jadi dan pasti disukai anak-anak karena kayak chips, tapi mungkin kalau bawa ini pun sama orangtuanya diprotes hehehh, karena kalau di Jerman, selalu ada aja orangtua yang streng banget ke makan berpengawet atau bermonosodiumglutamat.Sukses yah !!! Semoga banyak juga anak Indonesia yang ikutan supaya bahasa Indonesia mereka terpelihara.

  14. enkoos said: Iya, klepen tetep masak. Keripik di sini adanya krupuk udang, udah dikemas dan udah digoreng. Keripik tempe ubi, pisang dll yang disebutkan itu, haduhh mimpi kali ya kalau ada. Eh ada den deng keripik pisang di cereal. kalau singkong, dulu ada yang jual tapi sekarang udah gak ada lagi. Tahu petis, petisnya yang nggak ada.

    disini krupuk banyakkk mbak evi, bukan hanya kerupuk udang. kadng bisa nemu kerupuk pathi yang bentuknya kembang2 warna warni, tinggala goreng, bakalan menarik, mau makkhansa carikan?

  15. enkoos said: Iya, klepen tetep masak. Keripik di sini adanya krupuk udang, udah dikemas dan udah digoreng. Keripik tempe ubi, pisang dll yang disebutkan itu, haduhh mimpi kali ya kalau ada. Eh ada den deng keripik pisang di cereal. kalau singkong, dulu ada yang jual tapi sekarang udah gak ada lagi. Tahu petis, petisnya yang nggak ada.

    mbak, ada keripik tempe dari sini, tak kirimi po?, kripik singkong juga ada lho…

  16. eddyjp said: tau sendirilah anak teka..he.he.he.lagi lucu lucunya dan kadang…he.he.he,,

    haluuuu mbaaaaa ^^1. a. kelas TK s/d kelas 2 karenaaaa.. masih kecil kan belom banyak yang harus diingat dan lagi masih mudah untuk mempelajari sesuatu apalagi bahasa… hehehehe.. jadi inget anaknya Anggun yang bisa banyak bahasa padahal masih kecil :P2. Dua mata sayadua mata sayahidung saya satudua kaki saya pakai sepatu baru dua telinga saya yang kiri dan kanan satu mulut sayatidak berhenti makanada lagi tuh lagu anak2 Kepala Pundak Lutut Kaki Kepala, pundak, lutut, kaki, lutut, kakiKepala, pundak, lutut, kaki, lutut, kakiDaun telinga, mata, hidung & pipiKepala, pundak, lutut, kaki, lutut, kakitruuusss.. masih ada kereta api, balonku, lihat kebunku, bintang kecil, pelangi-pelangi, trus apalagi yaaaa…mmmm….3. khas indonesia ya… urap2 gimana?hihihihihihihihihi

  17. enkoos said: dua yang ngusulin TK – klas 2. Sip, dicatet. Makasih yooo.

    sama, cuman ini tergantung kemahiran dikau menghandle anak seumuran itu, karena bagian inilah yang lebih susah sebenarnya Via :))

  18. beautterfly said: Krn di US kan bnyk imigran amerika latin jadi bhs spanyol yg bnyk. Kalo kanada mah france yg 2nd language kan?

    Enggak ngerti kalau di Kanada. Di salah satu provinsinya (Quebec) bahasa Perancis memang menjadi official language, jadi gak hanya second language, tetapi di provinsi lainnya enggak tau. Iya, di US banyak imigran dai Amerika Latin, kebanyakan dari Meksiko.

  19. ohtrie said: Weh sepertinya refferensi dah lengkapand top markotop ik…meh nunggu hasile bu Guru ngajar waelahh, cepetan Buk Guruuuuu mengko ndak sekolahe selak totoooooppppp…. 😛

    Hahahahaa…..Nek wis totop, gek ndang dibukak.

  20. tintin1868 said: pake kecap juga enak tuh mbak bumbu salad.. *baru inget, satu ponakan kalu mo makan salad dikucurin kecap.. sambel kacang juga bisa diganti bumbu semur, dikit2 tapi..

    Sip sip kalau gitu Tin. Makan krupuk dicocol kecap, makan tahu tempe dicocol kecap juga.

  21. beautterfly said: kalo EFL itu English as Foreign Language. Kalo d indonesia kan EFL krn emang mother tongue kita bhs daerah (kbnyakan daerah kita), second languageny baru bhs indonesia dan englishny foreign language.Kalo d US, ada second language ga? Kalo d malay kan jelas yak 1st language ya melayu, 2nd language ya enggres.

    Oooo…gitu tho maksudnya.Opo yo 2nd language di US? Kayaknya yang paling banyak kedua setelah bhs Inggris adalah Spanyol.

  22. mayamulyadi said: Atau minuman asam jawa? Ada asam jawa kan?

    O..bisa juga tuh, kadang ada yang jual asam segar. Bikin sirup berarti ya.Ini tadi kepikiran buat bikin es teler sederhana, isinya apokat nangka dan kolang kaling. Dikasih sirup coklat sama serutan es batu. Udah gitu aja. Di sini kan apokat dibuat saus, bukan untuk dessert. O iya, sama bawa duren. hahahahaha…

  23. enkoos said: Makasih ya Tin.Mengenai sate buah, wah boleh tuh. Buahnya pake kalengan. Di sini gak ada mangga dan jambu. salad alias gado2, bumbunya itu yang gak boleh karena mengandung kacang. Tempe, ini yang masih dalam pertimbangan. ntar aku tanya. Kalau boleh, mending dibikin mendoan.

    Weh sepertinya refferensi dah lengkapand top markotop ik…meh nunggu hasile bu Guru ngajar waelahh, cepetan Buk Guruuuuu mengko ndak sekolahe selak totoooooppppp…. 😛

  24. enkoos said: Makasih ya Tin.Mengenai sate buah, wah boleh tuh. Buahnya pake kalengan. Di sini gak ada mangga dan jambu. salad alias gado2, bumbunya itu yang gak boleh karena mengandung kacang. Tempe, ini yang masih dalam pertimbangan. ntar aku tanya. Kalau boleh, mending dibikin mendoan.

    pake kecap juga enak tuh mbak bumbu salad.. *baru inget, satu ponakan kalu mo makan salad dikucurin kecap.. sambel kacang juga bisa diganti bumbu semur, dikit2 tapi..

  25. pandakuning said: tahu goreng sama kecap manis aja hihihi

    kalo EFL itu English as Foreign Language. Kalo d indonesia kan EFL krn emang mother tongue kita bhs daerah (kbnyakan daerah kita), second languageny baru bhs indonesia dan englishny foreign language.Kalo d US, ada second language ga? Kalo d malay kan jelas yak 1st language ya melayu, 2nd language ya enggres.

  26. penuhcinta said: Etapi, kalo gak suka baunya piye? Kalo sampe muntah, piye? Ha…ha…ha. Suminten gak mau tanggung jawab lo ya. *dasarnya orgil ya gak tanggung jawab*

    Hahahaha…mosok sampe muntah, kebangetan itu namanya. Padahal sebetulnya rasanya kan manis.Dulu pernah aku bawa waktu dimintain tolong adik ipar di acaranya girl scout. Temanya tentang internasional dan iparku inget punya sodara orang Indonesia, ya aku ini. Dimintain tolong untuk datang dan bawa barang2 khas Indonesia. Aku lantas khusus pesan duren deh. Duren utuh, bukan yang udah kupasan dalam kemasan. Pada banyak yang nyoba. Yang suka banyak, sama banyaknya dengan yang gak suka. Ada orangtua murid, yang demennnnn banget. Riwa riwi ke lapakku buat ngambil duren, sampe akhirnya setelah selesai acara, aku kasihkan ke dia semuanya. Suenengggggggnya minta ampun.

  27. penuhcinta said: Diprint aja, terus tempel2 di kertas poster gede, boleh dilaminating kalo niat. sama2, mbak. Aku jg jd ada ide bikin poster gini utk ngajarin anak2 bahasa Indonesia. Anak2ku salah asuhan…ha…ha…ha… cuma Imo yg bisa, Darrel gak bisa tuh.

    diprint dengan huruf ukuran 72, trus digunting dan tempelin ke kertas gede. Gitu kali ya? Aku punya buku cerita bilingual Sum. Mau? Eh sik aku liat2 lagi, soalnya kapan hari aku kasihkan ke ponakan2ku. Ceritanya tentang dongeng anak2 klasik, seperti kancil nyolong timun. Ntar kalau ada, dan dirimu mau, kali aja Darel mau baca.

  28. enkoos said: Dikasih seuprit seuprit aja buat contoh rasa ya. Iya kali ya, dibawain durian utuh, dibelah di sekolah. anak2 suruh nyicipin dikit aja. Kalau suka boleh ngambil lagi.

    kerupuk udang + cocolan kecap manis

  29. enkoos said: Dikasih seuprit seuprit aja buat contoh rasa ya. Iya kali ya, dibawain durian utuh, dibelah di sekolah. anak2 suruh nyicipin dikit aja. Kalau suka boleh ngambil lagi.

    Etapi, kalo gak suka baunya piye? Kalo sampe muntah, piye? Ha…ha…ha. Suminten gak mau tanggung jawab lo ya. *dasarnya orgil ya gak tanggung jawab*

  30. penuhcinta said: Mbak, kan orang sini anti banget sama duren. Nah, sejak dini diajarkan bahwa duren itu enak, sedap, keren. Ini sebagai upaya memuluskan ekspor duren dr Indonesia lo. Ha…ha…ha. Suminten ngigo.

    Dikasih seuprit seuprit aja buat contoh rasa ya. Iya kali ya, dibawain durian utuh, dibelah di sekolah. anak2 suruh nyicipin dikit aja. Kalau suka boleh ngambil lagi.

  31. pandakuning said: oiya, klepon tetep masakdi sana mencari keripik2 susah apa ga?kalo ga susah bisa pake keripik tempe, ubi, pisang, singkong, apel, nangka bahkan nanasato tahu petis kyknya jg bisabeli tahu yg sudah digoreng dan petis yg sudah berbumbutinggal dicolek2 aja

    Iya, klepen tetep masak. Keripik di sini adanya krupuk udang, udah dikemas dan udah digoreng. Keripik tempe ubi, pisang dll yang disebutkan itu, haduhh mimpi kali ya kalau ada. Eh ada den deng keripik pisang di cereal. kalau singkong, dulu ada yang jual tapi sekarang udah gak ada lagi. Tahu petis, petisnya yang nggak ada.

  32. enkoos said: nyetak gitu yah? ntar aku tanya2 berapa biaya cetaknya. Kalau mahal, mendingan ngeprint sendiri trus dipakein slide show. Kan gede juga akhirnya. Makasih yooooo. Masukan berarti nih.

    Diprint aja, terus tempel2 di kertas poster gede, boleh dilaminating kalo niat. sama2, mbak. Aku jg jd ada ide bikin poster gini utk ngajarin anak2 bahasa Indonesia. Anak2ku salah asuhan…ha…ha…ha… cuma Imo yg bisa, Darrel gak bisa tuh.

  33. enkoos said: Hahahaha….itu buat gurunya ajah.Eh aku punya duren utuh yang beku. belum dikeluarin.

    Mbak, kan orang sini anti banget sama duren. Nah, sejak dini diajarkan bahwa duren itu enak, sedap, keren. Ini sebagai upaya memuluskan ekspor duren dr Indonesia lo. Ha…ha…ha. Suminten ngigo.

  34. penuhcinta said: Mbaaak…pesen aja poster2 dari Indonesia…refot ya? Atau bikin sendiri…poster kata2 dalam bahasa Indonesia dan gambarnya. Eh, napa gue gak bikin gini utk anak gue sendiri ya? Dasar pemalas…hi…hi.

    oiya, klepon tetep masakdi sana mencari keripik2 susah apa ga?kalo ga susah bisa pake keripik tempe, ubi, pisang, singkong, apel, nangka bahkan nanasato tahu petis kyknya jg bisabeli tahu yg sudah digoreng dan petis yg sudah berbumbutinggal dicolek2 aja

  35. penuhcinta said: Mbaaak…pesen aja poster2 dari Indonesia…refot ya? Atau bikin sendiri…poster kata2 dalam bahasa Indonesia dan gambarnya. Eh, napa gue gak bikin gini utk anak gue sendiri ya? Dasar pemalas…hi…hi.

    nyetak gitu yah? ntar aku tanya2 berapa biaya cetaknya. Kalau mahal, mendingan ngeprint sendiri trus dipakein slide show. Kan gede juga akhirnya. Makasih yooooo. Masukan berarti nih.

  36. pandakuning said: Soalnya biasanya mereka taunya alpukat buat makanan ala mexico aku lupa namanya apa

    guacamole. Ah iya, es alpokat. Potong kotak2 dan dikasih kucuran coklat. Enak tuh ya. makasih yaaa.klepon, itu artinya tetep masak kan.

  37. mayamulyadi said: mbaaaaa… aku usul dari kelas 3-kelas 5. rasanya mereka lebih mudah paham. kalo TK, seperti yang Sari bilang sih.kalo nyanyi, udah banyak yg kasih referensi ya. aku kasih juga lagu yg biasa aku nyanyinn utk Fadhlan ya, yang liriknya : Kepala, pundak, lutut, kaki, lutut, kaki… _nanti tak cari linknya yaaa…soal jajanan.. doh, yg gampang dan khas ya? kalo ga boleh masak, bikin sop buah *itu loh, mba, spt sop buah Bandung itu. tapi kalo boleh masak dari rumah, bikin bala-bala (atau kue sayur atau bakwan).saran tambahan.. semangat ya mbaaaaa…

    Sip sip. Kelas 3 – 5 udah lebih mengerti ya. Lebih gampang nyerapnya gitu ya? Sop buah, seperti cocktail buah gitu ya? Sepertinya terlalu biasa. Mungkin kalau pake buah2an asal Indonesia boleh juga sih seperti pepaya dan mangga. Di sini ada pepaya mangga, impor dari Meksiko. Belimbing kadang juga ada, tapi entah anak2 suka atau enggak soalnya rasanya asem.Makasih yaaa.

  38. dadibagongsik said: 1. c. kelas TK s/d kelas 5. – bayaranya tentu lebih gedhe2. kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa hanya memberi tak harap kembali bagaikan surya menyinari duniadi sini senang di sana senang di mana2 hatiku senang, di kota senang di desa senang di mana2 hatiku senang…trlalalala lalal alala lalalalala….tangan melambai-lambai badan di goyang2…tepuk tangan…tralalalalalal3.UBI rebus4. saran tambahan: pstttt jangan bilang2 ke anak2 ya…kalau Indonesia itu sarang koruptor

    Well, bayarannya gak banyak dan gak pengaruh berapa kelas yang diajar. Soalnya dijadikan satu kelas. Ini kan program ekstra kurikuler, yang mau ikut aja yang belajar. 2. Sip. Ntar ditambahin.3. Eh jadi kepikiran singkong goreng juga ya. 4. Hahahahaha…..Sippp. makasih yoo..

  39. rengganiez said: Kalo makanan yang khas Indonesia dunks mbak, misal pisang goreng, lalu khan sekalian buat bahan pelajaran. Ini loh namanya pisang goreng, ini tumbuhan banyak di Indonesia. Ada macam2 pisang, nah kebanyakan orang Indonesia suka goreng pisang sambil minum teh. Anak2 itu paling taunya pisang ya dimakan langsung khan? 🙂

    Iya mereka taunya pisang buah. Belum pernah ngerasain pisang goreng. Kalau boleh, ntar goreng pisang, tempe mendoan. Nah kan banyak.Suwun yooo.

  40. myshant said: sik…belum baca kumplitnya….bener mb Ev, diajarin nyanyi ajah, pasti gampang masuknya 🙂 *yg TK*

    iya nyanyi kumasukkan dalam kurikulumnya. Yang gampang gampang saja biar mudah dicerna.Makasih ya Shanti.

  41. aniadami said: Menurutku ngajar kelas 3-5 aja mba, udah bisa diajarin ngapa2in seperti ngebatik, kemah, hiking, dll.Trus utk makanan bikin rujak aja mba:-)

    Mbaaak…pesen aja poster2 dari Indonesia…refot ya? Atau bikin sendiri…poster kata2 dalam bahasa Indonesia dan gambarnya. Eh, napa gue gak bikin gini utk anak gue sendiri ya? Dasar pemalas…hi…hi.

  42. aniadami said: Menurutku ngajar kelas 3-5 aja mba, udah bisa diajarin ngapa2in seperti ngebatik, kemah, hiking, dll.Trus utk makanan bikin rujak aja mba:-)

    Ah iya, rujak. Boleh dipertimbangkan. Yang penting gak pedes. Sip. Suwun yoo.Kalau ngebatik terlalu riskan soalnya cairan panas.

  43. nonragil said: TK sampai kelas 2, umur segitu gampang banget menyerap bahasa asing. Ditambah lagi mereka masih suka nyanyi-nyanyi, duh….ngebanyang’in anak-anak cilik itu jadi gemes. Lagu satu-satu aku sayang ibu, itu bagus, mbak Evi. Atau lagu “Balonku” ada pengenalan angka dan warna.Krupuk boleh juga idenya, tapi jangan Indo Mie, mbak. Nggak boleh ya bawa makanan yang udah dimasak dari rumah? krn kalo boleh bisa buat pangsit goreng, atau lumpia, krn pengalamanku, setiap kali ada acara di sekolah ke-2 makanan andalanku yg tandas dulu.

    Bawain aja abon cabe. *kalem lagi*

  44. nonragil said: TK sampai kelas 2, umur segitu gampang banget menyerap bahasa asing. Ditambah lagi mereka masih suka nyanyi-nyanyi, duh….ngebanyang’in anak-anak cilik itu jadi gemes. Lagu satu-satu aku sayang ibu, itu bagus, mbak Evi. Atau lagu “Balonku” ada pengenalan angka dan warna.Krupuk boleh juga idenya, tapi jangan Indo Mie, mbak. Nggak boleh ya bawa makanan yang udah dimasak dari rumah? krn kalo boleh bisa buat pangsit goreng, atau lumpia, krn pengalamanku, setiap kali ada acara di sekolah ke-2 makanan andalanku yg tandas dulu.

    Sip Helene. Makasih yo.Aku sayang ibu udah kutulis, tinggal nambahin yang lain lainnya. Mengenai makanan, enggak boleh yang harus proses memasak walaupun masak dari rumah. Yang boleh adalah yang sudah dalam kemasan, atau buah buahan. Kalaupun harus dimasak, ya bangsanya makanan instan seperti indomie. Lumpia dan pangsit goreng, orang orang taunya dari Cina dan memang asalnya dari Cina. Lumpia sudah banyak banget versinya. Kalau Indomie memang mienya pengaruh dari Cina tapi cita rasanya sudah mengIndonesia.

  45. beautterfly said: waaaaaahh kereeeeeeeen….sebenernya nyaranin ke TK, tapi umur segitu, kan baru kenal mother tongue, ntar dia bingung kalo dapet foreign language..jadi, kelas 3 – 5 ajah…kalo di jur.bhs indonesia di kampusku, ngajar beginian namanya BIPA ( Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing )kalo di jur ku ( b.ing ) EFL dan ESL…bisa juga pake lagu2 yg udah akrab di telinga mereka tapi liriknya indonesia..satu dua, tiga empat, lima enam, tujuh delapansiapa rajin ke sekolah, cari ilmu, sampai dapat…bintang kecil juga bisa, tuh.

    Bawain aja duren beku. *kalem*

  46. beautterfly said: waaaaaahh kereeeeeeeen….sebenernya nyaranin ke TK, tapi umur segitu, kan baru kenal mother tongue, ntar dia bingung kalo dapet foreign language..jadi, kelas 3 – 5 ajah…kalo di jur.bhs indonesia di kampusku, ngajar beginian namanya BIPA ( Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing )kalo di jur ku ( b.ing ) EFL dan ESL…bisa juga pake lagu2 yg udah akrab di telinga mereka tapi liriknya indonesia..satu dua, tiga empat, lima enam, tujuh delapansiapa rajin ke sekolah, cari ilmu, sampai dapat…bintang kecil juga bisa, tuh.

    Kalau ESL aku ngerti English as Second Language. Kalau EFL singkatan dari apa bu guruh?TK terlalu muda ya? Oke deh, aku pertimbangkan. Suwun nggih…

  47. tintin1868 said: 1. Saya ditawarin untuk mengajar:a. kelas TK s/d kelas 2 atau <<< ini dipilih biar lebih sederhana bahasanya..b. kelas 3 s/d kelas 5 atau <<< kaya kata manteman diatas, pake geografi jadi kudu bawa peta indonesia, ada peta batik kan? dan kasih tahu itu berapa kilo dari amerika juga perbedaan waktu berapa jam.. ada dibalik buminya..c. kelas TK s/d kelas 5. <<< kenapa sampe kelas 5 ya? ku prefer teka kalu begitu.. bisa mainmain sambil belajar..2. Ada yang tahu lagu tentang anggota tubuh? Yang ada kata2nya begini:>>> udah dijawab m.nono.. tapi sering ku slang itu lagu.. satu mulut saya, tidak boleh bohong.. ato satu mulut saya tidak berhenti menyanyi..3. Makanan apa yang sekiranya netral untuk dihidangkan? Tapi yang enggak usah masak, karena enggak boleh masak. >>>> indonesia kan terkenal dengan sate.. karena ga boleh dimasak, jadi bisa sate buah yang khas indonesia: misal pepaya mangga pisang jambu.. dibikin sate buahnya sambil bernyanyi..>>>> ato salad isi selada, timun, paprika, kacang panjang, toge, telur rebus [ga boleh masak juga? di-skip saja] terus pake kucuran sambel kacang yang sudah jadi tinggal kasih air panas.. jadi kaya gadogado belanda..>>>> tempe.. tentu saja sudah digoreng di rumah, tinggal kunyah2 kan?4. Ada tambahan saran?>>>> ntar lagi kalu ada ide..

    Makasih ya Tin.Mengenai sate buah, wah boleh tuh. Buahnya pake kalengan. Di sini gak ada mangga dan jambu. salad alias gado2, bumbunya itu yang gak boleh karena mengandung kacang. Tempe, ini yang masih dalam pertimbangan. ntar aku tanya. Kalau boleh, mending dibikin mendoan.

  48. mmamir38 said: Mending TK sampe kelas 2.Mudah diajar.Lagu-lagu banyak dapat diperoleh di internet.Asal jangan lagu: “Bangung tidur, ku terus mandi.Tidak lupa menggosok gigi” –> yang bener aja, masa iya gosok gigi cuman waktu bangun tidur doang!

    O gitu ya.Jadi bingung ada yang nyaranin dari TK, ada yang nyaranin SD. Makasih pak Amir. O iya, lagu itu gak masuk dalam pertimbangan. Liriknya terlalu kompleks.

  49. sarahutami said: Mbak Via, aku sering buka youtube untuk cari lagu anak-anak jadul, siapa tau ada inspirasi dari sana.Makanan : kerupuk-kerupukan, rengginang, opak. Tapi sodara suami yang campuran sukanya indomie goreng. Makanan indo yg lain, dia menolak.Trus Mbak, mending ngajar anak SD, lebih mudah mengarahkan. Anak TK, butuh stok sabar yang buaaaaaanyaaaaaaak.

    Iya Sarah. Temen temen di atas ada yang ngasih link youtube. Indomie ya, itu juga yang kepikiran karena gak ada ide lain. Sip, mengenai anak2 TK aku pertimbangkan.Makasih ya.

  50. miapiyik said: ngajar tk-kelas 2 aja mba, mereka masih suka sambil nyanyi2jd inget jama A seumur itu, belajar budaya lain mudah benerrrkalo usul lagu, yang seru itu lagu : kukukuruyuk begitulah bunyinya, kakinya bertanduk hewan apa namanya: sambil gambar ayam deh :)masakan apa ya, ga boleh masak…..nyerah deh, paling ya keripik2 aja deh

    kukuruyuk, ah iya betul. Di sini mereka menyebut bunyinya ayam jantan : cock-a-doodle-doo. Masukan berarti nih. Makasih ya. Pilihan makanan memang terbatas.

  51. mellyheaven said: Iyooo, eh tapi kok lagu disini rada2 dangdut yaaa?? qiqiqiqi…Gak tau kenapa, mba.. aku kalo ngebayangin makanan indonesia, yg keinget pertama kali pasti nasi dan tempe, hehehe…

    Makanan khas indonesia yg ga usah masakEs cendol?Es campur atau es teler pakai alpukat? Soalnya biasanya mereka taunya alpukat buat makanan ala mexico aku lupa namanya apaKlepon juga gampang bikinnya.

  52. mellyheaven said: Iyooo, eh tapi kok lagu disini rada2 dangdut yaaa?? qiqiqiqi…Gak tau kenapa, mba.. aku kalo ngebayangin makanan indonesia, yg keinget pertama kali pasti nasi dan tempe, hehehe…

    iya, nadanya kurang bernuansa anak anak meskipun lagu anak anak.

  53. faridm88 said: “Kepala pundak lutut kaki lutut kaki kepala pundak lutut kaki lutut kaki daun telinga mata hidung dan pipi kepala pundak lutut kaki lutut kaki”Kalau ini nyanyinya sambil gerakan senam gituhttp://www.ut.ac.id/html/suplemen/bipa0101/materi2.htm

    mbaaaaa… aku usul dari kelas 3-kelas 5. rasanya mereka lebih mudah paham. kalo TK, seperti yang Sari bilang sih.kalo nyanyi, udah banyak yg kasih referensi ya. aku kasih juga lagu yg biasa aku nyanyinn utk Fadhlan ya, yang liriknya : Kepala, pundak, lutut, kaki, lutut, kaki… _nanti tak cari linknya yaaa…soal jajanan.. doh, yg gampang dan khas ya? kalo ga boleh masak, bikin sop buah *itu loh, mba, spt sop buah Bandung itu. tapi kalo boleh masak dari rumah, bikin bala-bala (atau kue sayur atau bakwan).saran tambahan.. semangat ya mbaaaaa…

  54. faridm88 said: “Kepala pundak lutut kaki lutut kaki kepala pundak lutut kaki lutut kaki daun telinga mata hidung dan pipi kepala pundak lutut kaki lutut kaki”Kalau ini nyanyinya sambil gerakan senam gituhttp://www.ut.ac.id/html/suplemen/bipa0101/materi2.htm

    1. c. kelas TK s/d kelas 5. – bayaranya tentu lebih gedhe2. kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa hanya memberi tak harap kembali bagaikan surya menyinari duniadi sini senang di sana senang di mana2 hatiku senang, di kota senang di desa senang di mana2 hatiku senang…trlalalala lalal alala lalalalala….tangan melambai-lambai badan di goyang2…tepuk tangan…tralalalalalal3.UBI rebus4. saran tambahan: pstttt jangan bilang2 ke anak2 ya…kalau Indonesia itu sarang koruptor

  55. faridm88 said: “Kepala pundak lutut kaki lutut kaki kepala pundak lutut kaki lutut kaki daun telinga mata hidung dan pipi kepala pundak lutut kaki lutut kaki”Kalau ini nyanyinya sambil gerakan senam gituhttp://www.ut.ac.id/html/suplemen/bipa0101/materi2.htm

    Kalo makanan yang khas Indonesia dunks mbak, misal pisang goreng, lalu khan sekalian buat bahan pelajaran. Ini loh namanya pisang goreng, ini tumbuhan banyak di Indonesia. Ada macam2 pisang, nah kebanyakan orang Indonesia suka goreng pisang sambil minum teh. Anak2 itu paling taunya pisang ya dimakan langsung khan? 🙂

  56. faridm88 said: “Kepala pundak lutut kaki lutut kaki kepala pundak lutut kaki lutut kaki daun telinga mata hidung dan pipi kepala pundak lutut kaki lutut kaki”Kalau ini nyanyinya sambil gerakan senam gituhttp://www.ut.ac.id/html/suplemen/bipa0101/materi2.htm

    TK sampai kelas 2, umur segitu gampang banget menyerap bahasa asing. Ditambah lagi mereka masih suka nyanyi-nyanyi, duh….ngebanyang’in anak-anak cilik itu jadi gemes. Lagu satu-satu aku sayang ibu, itu bagus, mbak Evi. Atau lagu “Balonku” ada pengenalan angka dan warna.Krupuk boleh juga idenya, tapi jangan Indo Mie, mbak. Nggak boleh ya bawa makanan yang udah dimasak dari rumah? krn kalo boleh bisa buat pangsit goreng, atau lumpia, krn pengalamanku, setiap kali ada acara di sekolah ke-2 makanan andalanku yg tandas dulu.

  57. enkoos said: 2. Ada yang tahu lagu tentang anggota tubuh? Yang ada kata2nya begini:Dua mata saya, hidung saya satu, dua telinga saya yang kiri dan kanan. Dan seterusnya. Itu judulnya apa aya? Trus lirik lagu lengkapnya bagaimana? 

    waaaaaahh kereeeeeeeen….sebenernya nyaranin ke TK, tapi umur segitu, kan baru kenal mother tongue, ntar dia bingung kalo dapet foreign language..jadi, kelas 3 – 5 ajah…kalo di jur.bhs indonesia di kampusku, ngajar beginian namanya BIPA ( Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing )kalo di jur ku ( b.ing ) EFL dan ESL…bisa juga pake lagu2 yg udah akrab di telinga mereka tapi liriknya indonesia..satu dua, tiga empat, lima enam, tujuh delapansiapa rajin ke sekolah, cari ilmu, sampai dapat…bintang kecil juga bisa, tuh.

  58. enkoos said: 2. Ada yang tahu lagu tentang anggota tubuh? Yang ada kata2nya begini:Dua mata saya, hidung saya satu, dua telinga saya yang kiri dan kanan. Dan seterusnya. Itu judulnya apa aya? Trus lirik lagu lengkapnya bagaimana? 

    1. Saya ditawarin untuk mengajar:a. kelas TK s/d kelas 2 atau <<< ini dipilih biar lebih sederhana bahasanya..b. kelas 3 s/d kelas 5 atau <<< kaya kata manteman diatas, pake geografi jadi kudu bawa peta indonesia, ada peta batik kan? dan kasih tahu itu berapa kilo dari amerika juga perbedaan waktu berapa jam.. ada dibalik buminya..c. kelas TK s/d kelas 5. <<< kenapa sampe kelas 5 ya? ku prefer teka kalu begitu.. bisa mainmain sambil belajar..2. Ada yang tahu lagu tentang anggota tubuh? Yang ada kata2nya begini:>>> udah dijawab m.nono.. tapi sering ku slang itu lagu.. satu mulut saya, tidak boleh bohong.. ato satu mulut saya tidak berhenti menyanyi..3. Makanan apa yang sekiranya netral untuk dihidangkan? Tapi yang enggak usah masak, karena enggak boleh masak. >>>> indonesia kan terkenal dengan sate.. karena ga boleh dimasak, jadi bisa sate buah yang khas indonesia: misal pepaya mangga pisang jambu.. dibikin sate buahnya sambil bernyanyi..>>>> ato salad isi selada, timun, paprika, kacang panjang, toge, telur rebus [ga boleh masak juga? di-skip saja] terus pake kucuran sambel kacang yang sudah jadi tinggal kasih air panas.. jadi kaya gadogado belanda..>>>> tempe.. tentu saja sudah digoreng di rumah, tinggal kunyah2 kan?4. Ada tambahan saran?>>>> ntar lagi kalu ada ide..

  59. enkoos said: 2. Ada yang tahu lagu tentang anggota tubuh? Yang ada kata2nya begini:Dua mata saya, hidung saya satu, dua telinga saya yang kiri dan kanan. Dan seterusnya. Itu judulnya apa aya? Trus lirik lagu lengkapnya bagaimana? 

    Mending TK sampe kelas 2.Mudah diajar.Lagu-lagu banyak dapat diperoleh di internet.Asal jangan lagu: “Bangung tidur, ku terus mandi.Tidak lupa menggosok gigi” –> yang bener aja, masa iya gosok gigi cuman waktu bangun tidur doang!

  60. enkoos said: 2. Ada yang tahu lagu tentang anggota tubuh? Yang ada kata2nya begini:Dua mata saya, hidung saya satu, dua telinga saya yang kiri dan kanan. Dan seterusnya. Itu judulnya apa aya? Trus lirik lagu lengkapnya bagaimana? 

    lanjutkan mbak evi

  61. enkoos said: 2. Ada yang tahu lagu tentang anggota tubuh? Yang ada kata2nya begini:Dua mata saya, hidung saya satu, dua telinga saya yang kiri dan kanan. Dan seterusnya. Itu judulnya apa aya? Trus lirik lagu lengkapnya bagaimana? 

    Mbak Via, aku sering buka youtube untuk cari lagu anak-anak jadul, siapa tau ada inspirasi dari sana.Makanan : kerupuk-kerupukan, rengginang, opak. Tapi sodara suami yang campuran sukanya indomie goreng. Makanan indo yg lain, dia menolak.Trus Mbak, mending ngajar anak SD, lebih mudah mengarahkan. Anak TK, butuh stok sabar yang buaaaaaanyaaaaaaak.

  62. enkoos said: 2. Ada yang tahu lagu tentang anggota tubuh? Yang ada kata2nya begini:Dua mata saya, hidung saya satu, dua telinga saya yang kiri dan kanan. Dan seterusnya. Itu judulnya apa aya? Trus lirik lagu lengkapnya bagaimana? 

    “Kepala pundak lutut kaki lutut kaki kepala pundak lutut kaki lutut kaki daun telinga mata hidung dan pipi kepala pundak lutut kaki lutut kaki”Kalau ini nyanyinya sambil gerakan senam gituhttp://www.ut.ac.id/html/suplemen/bipa0101/materi2.htm

  63. enkoos said: Wah sekalian dikasih videonya. hihihihi…Makasih yo.Tempe mendoan? Ah boleh juga nih kayaknya. Coba ntar aku tanya, boleh apa ndak.

    ngajar tk-kelas 2 aja mba, mereka masih suka sambil nyanyi2jd inget jama A seumur itu, belajar budaya lain mudah benerrrkalo usul lagu, yang seru itu lagu : kukukuruyuk begitulah bunyinya, kakinya bertanduk hewan apa namanya: sambil gambar ayam deh :)masakan apa ya, ga boleh masak…..nyerah deh, paling ya keripik2 aja deh

  64. enkoos said: Wah sekalian dikasih videonya. hihihihi…Makasih yo.Tempe mendoan? Ah boleh juga nih kayaknya. Coba ntar aku tanya, boleh apa ndak.

    Iyooo, eh tapi kok lagu disini rada2 dangdut yaaa?? qiqiqiqi…Gak tau kenapa, mba.. aku kalo ngebayangin makanan indonesia, yg keinget pertama kali pasti nasi dan tempe, hehehe…

  65. darnia said: cari lagu-lagu anak-anak lama aja, Mbak Ev…itu banyak kok yang ngajarin warna (balonku, pelangi pelangi), angka (yang mba Ev sebutin) dan banyak lagi :)SEMANGAT YA, MBAAAAAA (^O^)/

    Iya betul!!ahhh terima kasih Dani.BalonkuPelangi

  66. ningnong said: kenapa gak boleh masak? ngajar bahasanya buat kelas 3 – 5 aja.. udah dpt international geography, jadi tau indonesia itu apa dan di mana hehehelagu cicak-cicak mbak.. gampang…ini kan lagu anak2 yang baru belajar ngomong…terus, lagu rasa sayange… biar pada tauuu, klo itu lagu daerah dari indonesia.. hihihi

    Harus ada ijin khusus Ning. Cicak cicak di dinding, ah iya betul. Sekalian mengenalkan pada mereka cicak itu seperti apa. Di sini kan gak ada cicak. Rasa sayange, ah iya, betul lagi. Liriknya rada sulit. Makasih ya Ning.

  67. meandmydream said: Nggak boleh masaknya di sekolah ya? kalo dimasak dari rumah tetep ga boleh ya mbak?

    Iya gak boleh. Peraturan di sini, kalau menyajikan makanan untuk orang banyak harus punya ijin khusus seperti restoran, katering dan sebangsanya. Tapi kalau kita mengundang ke rumah untuk orang2 yang kita kenal seperti teman teman dan sodara gak ada ketentuan seperti itu.

  68. bambangpriantono said: Iya Mbak, buat rujukan jugaSoalnya simple dan gampang diingat sambil bawa topi

    cari lagu-lagu anak-anak lama aja, Mbak Ev…itu banyak kok yang ngajarin warna (balonku, pelangi pelangi), angka (yang mba Ev sebutin) dan banyak lagi :)SEMANGAT YA, MBAAAAAA (^O^)/

  69. enkoos said: Terlalu sederhana, tapi boleh juga.Kalau yang dua mata saya ada unsur angkanya. Trus satu satu sayang ibu juga bagus tuh, ada unsur angka dan anggota keluarga.

    kenapa gak boleh masak? ngajar bahasanya buat kelas 3 – 5 aja.. udah dpt international geography, jadi tau indonesia itu apa dan di mana hehehelagu cicak-cicak mbak.. gampang…ini kan lagu anak2 yang baru belajar ngomong…terus, lagu rasa sayange… biar pada tauuu, klo itu lagu daerah dari indonesia.. hihihi

  70. enkoos said: Terlalu sederhana, tapi boleh juga.Kalau yang dua mata saya ada unsur angkanya. Trus satu satu sayang ibu juga bagus tuh, ada unsur angka dan anggota keluarga.

    Nggak boleh masaknya di sekolah ya? kalo dimasak dari rumah tetep ga boleh ya mbak?

  71. enkoos said: Terlalu sederhana, tapi boleh juga.Kalau yang dua mata saya ada unsur angkanya. Trus satu satu sayang ibu juga bagus tuh, ada unsur angka dan anggota keluarga.

    Iya Mbak, buat rujukan jugaSoalnya simple dan gampang diingat sambil bawa topi

  72. bambangpriantono said: Terus ajari laguTopi Saya BundarBundar Topi SayaKalau Tidak BundarBukan Topi Saya

    Terlalu sederhana, tapi boleh juga.Kalau yang dua mata saya ada unsur angkanya. Trus satu satu sayang ibu juga bagus tuh, ada unsur angka dan anggota keluarga.

  73. mahasiswidudul said: Nasi goreng kan gampang mbak… ketimbang dendeng ato balado.. khikhihkhiii…Bawa buah2an tropis, yang banyak di indonesia, markisa, duren, ato apa gitu 😀

    ah..iya.Buah2an dalam kaleng banyak di sini. Rambutan, nangka. Sip sip. Makasih ya idenya.

  74. wib711 said: Horeeee mboke Menik mengko ngajar Menik…. ojo pilih kasih ya mbakyu 😀

    Menik kan sudah SMA, yang aku ajar nanti anak2 TK – SD. Enggak pilih kasih, pilih kasur ae 🙂

  75. mellyheaven said: Judulnya dua mata saya, mbaa… Ciptaan Pak Kasurkalo makanan hmm, tempe mendoan ajaahh.. Kan tinggal goreng tempe, hoho

    Wah sekalian dikasih videonya. hihihihi…Makasih yo.Tempe mendoan? Ah boleh juga nih kayaknya. Coba ntar aku tanya, boleh apa ndak.

  76. enkoos said: Nasi goreng ayam, berarti musti masak kan. Enggak boleh Nin.

    Nasi goreng kan gampang mbak… ketimbang dendeng ato balado.. khikhihkhiii…Bawa buah2an tropis, yang banyak di indonesia, markisa, duren, ato apa gitu 😀

  77. mahasiswidudul said: Iyah sih gan.. cuma kalo ngadapin rewelnya anak kecil 1 kelas, secara personal nin repong… hahaha.. IMO loh yah gan.. no offense.. hihi

    Horeeee mboke Menik mengko ngajar Menik…. ojo pilih kasih ya mbakyu 😀

  78. mahasiswidudul said: Iyah sih gan.. cuma kalo ngadapin rewelnya anak kecil 1 kelas, secara personal nin repong… hahaha.. IMO loh yah gan.. no offense.. hihi

    Judulnya dua mata saya, mbaa… Ciptaan Pak Kasurkalo makanan hmm, tempe mendoan ajaahh.. Kan tinggal goreng tempe, hoho

  79. mahasiswidudul said: enakan kelas 3 sampe 5 SD mbak e, udah enak di ajarin geografi *pelajaran khas buat ngenalin asia pasific menurut nin.hehehe*… trus sajiin nasi goreng ayam aja.. khas nya indonesia 😀

    Nasi goreng ayam, berarti musti masak kan. Enggak boleh Nin.

  80. bambangpriantono said: Inget, daya serap justru puncak2nya pas usia segitu Nin..biarpun repotToh kamu kecilnya juga repot kan diajarin?

    Iyah sih gan.. cuma kalo ngadapin rewelnya anak kecil 1 kelas, secara personal nin repong… hahaha.. IMO loh yah gan.. no offense.. hihi

  81. bambangpriantono said: Lirike ikidua mata sayahidung saya satudua kaki saya pakai sepatu baru *courtesy of LirikLaguIndonesia.netdua telinga saya yang kiri dan kanan satu mulut sayatidak berhenti makanSource: http://liriklaguindonesia.net/dua-mata-saya.htm#ixzz1lJ7iedNM

    enakan kelas 3 sampe 5 SD mbak e, udah enak di ajarin geografi *pelajaran khas buat ngenalin asia pasific menurut nin.hehehe*… trus sajiin nasi goreng ayam aja.. khas nya indonesia 😀

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s