[Mudik 2012] Perbedaan antara otomatis dan manual

Bedanya adalah, kalau yang otomatis kakinya sering turun dan diseret seret, kalau yang manual kakinya napak doang.

Ini ngomongin sepeda motor. Ceritanya saya menyewa sepeda motor selama di Ubud bulan Juli lalu. Udah nanya ke beberapa outlet, pada habis. Setelah nyampe homestay dan ngobrol dengan pemiliknya – pak Ngurah namanya – malah ditawarin. Ternyata beliau menyewakan sepeda motor. Pak Ngurah bilang kenapa saya gak dapet sepeda motor di luaran karena orang orang lebih suka menyewakan ke tamu. Saya bingung apa ya maksudnya? Saya kan juga tamu. Owalahhhh ternyata tamu itu maksudnya adalah wisatawan asing, bukan wisatawan lokal berkulit sawo matang πŸ˜› Karena kalau disewakan ke wisatawan asing harganya lebih asik.

Benar tidaknya, entahlah yang penting sekarang saya sudah ada sepeda motor. Sewanya murah, cuma 40ribu rupiah per hari. Motornya bagus, kinclong, masih baru pula.

Sewaktu diantar ke garasi pak Ngurah, ada beberapa sepeda motor yang berjejer rapi. Salah satu diantaranya rada belel dan spakbornya cuwil dimana mana. Saya minta yang belel aja, soalnya gak pede bawa motor kinclong. Kalau baret atau ilang kan berabe. Kata pak Ngurah, motor belel itu punyanya tukang. Lagian di sini aman katanya. Asal dikunci dobel aja gak apa apa. Dan ini dibenarkan oleh Haley yang sudah bertahun tahun bermukim di Bali. Motornya diparkir di luar rumah yang jaraknya lumayan jauh. Kebanyakan orang sinipun (Ubud) yang rumahnya menjorok masuk, motornya diparkir di halaman rumah di pinggir jalan dan selama ini aman aman saja. Kalaupun terjadi pencurian, yang nyuri orang Jawa (duh malunya).

Ya sudah, yang ati ati aja bawanya jangan sampe baret.

Sorenya saya pake buat jalan jalan. Keluarin motor dari garasi. Nyari nyari pedal buat nyetater, kok gak ada ya. Ya udah, pake tombol stater aja. Dipencet pencet, kok gak mau. Piye iki? Utak atik gak ngerti, nyari pak Ngurah. Ternyata tombol stater dipencet dan rem di tangan kiri ditekan bersamaan. Pindah giginyapun gak ada. Halah halah…baru ngerti kalau motor sewaan ini ternyata otomatis. Gak punya gigi. Waduh, bisa gak ya bawa otomatis gini? Baru pertama kali bawa motor otomatis.

Enggak ada pilihan lain, selain menerima keadaan. Selama ngejalanin motor, kaki bolak balik turun secara otomatis seperti mau pindah gigi, kebiasaan bawa motor manual. Bahkan saat mengerem sekalipun kaki juga ikutan turun, dua duanya malah, dengan agak diseret seret.

Di jalan turunan, ngerasa serem karena motor seperti meluncur dewe. Jalan masuk menuju homestay dari jalan besar menanjak cukup tajam. Kalau mau keluar berarti jalannya menurun tajam. Biasanya saya mlipir di gang sebelahnya untuk keluar homestay karena turunannya gak begitu tajam. Tetapi kalau malam hari ogah banget lewat gang satunya. Selain karena gelap, anjing anjing pada ribut menggonggong kalau malam hari. Gak ada pilihan lain, lewat depan gang deh. Tunggu sampe jalanan sepi, baru saya berani meluncur turun.

Waktu matiin mesin juga bingung, gimana caranya. Ternyata sewaktu jagraknya (standarnya) diturunin, mesin langsung mati. Hihihihi…ndeso tenan. Gak pernah bawa motor otomatis, jadinya nunak nunuk.

Setelah tiga hari bawa motor, udah mulai lancar, udah bisa ngebut, udah bisa nyari celah di jalan jalan sempit. Genap empat hari udah mulai bisa ngajak ngebut dan cari jalan di sela sela bis pariwisata yang sak hohah.

Tetapi bagaimanapun, saya masih lebih suka yang ada giginya.

Angkul angkul di Ubud
Motor yang saya sewa di depan angkul angkul (gerbang masuk homestay milik pak Ngurah dan ibu Kopang)
Advertisements

61 thoughts on “[Mudik 2012] Perbedaan antara otomatis dan manual

  1. tintin1868 said: beda matik dan manual? *garukgaruk pala..

    Bedanya Tinkalau matic, habis distater, udah bisa langsung ngegas tanpa pindah gigikalau yang manual, ada giginya (gear). gear 1, gear 2, gear 3, gear 5. Sama aja seperti mobil kan. yang matic gak ada gearnya, langsung tancap gas tanpa perpindahan gigi.

  2. lembarkertas said: hahaha. sammmmma. baru.mudik kemarin aku bawa matic punya ponakan. gayanya, kayak baru belajar. pdhal pernah bawa manual dari Sidoarjo ke Pati sendiri. hihhi

    emang beda ya, kalau udah biasa bawa manual terus bawa matic kayak baru belajar naik motor.

  3. nonragil said: Lha….,telat ngertine yo? Iyo, ngerti ngono, keluyuran ngolek tahu campur, karo semanggi…..:( Eh ojob sampeyan tekan sesuk, khan? Rencana sepeda motoran, nggak? Ngolek sego goreng jancuk sisan kopdar πŸ™‚

    Next trip Insya Allah yo Len, golek silihan sepeda motor luwih gasik. Iki ojobku wis teko. Iyo sepeda motoran pek. Luwih bebas iso neng endi endi dan gak gampang kenek macet.

  4. enkoos said: Aku tas entuk silihan motor soko sepupuku. Padahal motore iku nganggur suwe. Ngertiyo ngono aku pesen begitu mlebu suroboyo, ben iso motoran ambek awakmu keliling suroboyo golek tahu campur ambek tahu tek tek plus semanggi.

    Lha….,telat ngertine yo? Iyo, ngerti ngono, keluyuran ngolek tahu campur, karo semanggi…..:( Eh ojob sampeyan tekan sesuk, khan? Rencana sepeda motoran, nggak? Ngolek sego goreng jancuk sisan kopdar πŸ™‚

  5. nonragil said: Anggapan seperti ini, tetepa masih ada di Bali, yo?

    Masih Len. Aku pernah baca pengalaman salah seorang temenku. Dia kecelakaan sepeda motor terus ditulungin. Nyampe kantor ditanyain sama temen2 kantornya, tumben ada yang nulungin. Soalnya biasanya korban kecelakaan sepeda motor kalau orang Jawa dibiarin aja. Temenku melongo. Ternyata si teman ini pake sepeda motor dengan plat nomer Bali, jadi dikira orang Bali, makanya ditulungin.

  6. enkoos said: Kalaupun terjadi pencurian, yang nyuri orang Jawa (duh malunya).

    Anggapan seperti ini, tetepa masih ada di Bali, yo? Aku lagi baca Bali Raw, kebiasaan orang Bali yang menyalahkan orang Jawa, ibarat lempar batu sembunyi tangan. Contohnya sampah yang menggunung, atau buangan dari uparacara ke laut, pun mereka menyalahkan orang Jawa 😦

  7. nonragil said: Aku sekarang takut bawa motor, mending dibonceng ae, mbak, padahal jaman muda sampai Malang bawa motor dhewe :))

    Aku tas entuk silihan motor soko sepupuku. Padahal motore iku nganggur suwe. Ngertiyo ngono aku pesen begitu mlebu suroboyo, ben iso motoran ambek awakmu keliling suroboyo golek tahu campur ambek tahu tek tek plus semanggi.

  8. sepunten said: adane mbbak ku ae, iso manual ra iso matic, hahahahaaaaa… orang mah kebalik πŸ˜€

    Aku sekarang takut bawa motor, mending dibonceng ae, mbak, padahal jaman muda sampai Malang bawa motor dhewe :))

  9. sepunten said: adane mbbak ku ae, iso manual ra iso matic, hahahahaaaaa… orang mah kebalik πŸ˜€

    lha aku yo ngono awale. nggawe matic nunak nunuk, golek sing manual gak ono. yo wis opo anane digawe. Iso mergo kepekso.

  10. rawins said: hadeuh… maling pun impor dari jawa..hiks..

    kalo disana emang enak motor kopling, tapi kalo di jakarta enak matic… aku ae pindah ke matic ga tahan tangan kemeng narik kopling

  11. pandakuning said: kalo manual cpt capek kalo kena macet

    sekali di belokan, sekali di senggol becak, terakhir yg parah pas trn jembatan n posisi jalan belok gt deh mba.Nek aku bilang sih krn roda lbh kecil, jd krg ok dibelokan. Ples posisi rem yg ditangan itu loh, bikin kagok.suka pegel2 jg naik matic yg dulu itu, apa krg cck sama posturku ya? ga nyaman deh duduknya 😦

  12. rengganiez said: Kalo dulu ak bilangnya motor matic ini buat yang males2 xixixixi..tapi emang setelah ngerasain matic naik motor jadi enteng, dan kalo ada tanjakan curam tinggal gas polll sajah…

    Lha ya itu, selain males, juga buat yang baru pertama naik motor. Makanya di Bali populer sekali karena banyak bule yang baru pertama kali pake.

  13. debapirez said: iya, di Bali lbh seneng pk matic. dan pamor motor matic menanjak di Bali…

    katanya Haleh sih, motor matic populer di Bali karena untuk konsumsi turis turis asing. Bawanya enak dan gampang.

  14. aghnellia said: hahahahha..jetlag yah biasa pake motor yg pake gigi .. aku juga awal pake matic gitu, berasa kaki mau nginjem rem sama gigi mulu.. tp lama lama biasa, malah enak pk matic, gak ribet mindahin gigi

    Aku kok lebih seneng pake gigi ya.

  15. srisariningdiyah said: pertama make motor matic, langsung bisa sihhhhhhhTAPIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIdiketawain temen2 kantor gara2 bingung ga bisa matiin mesin wkwkwkwkkkkkdudul

    hiihihihihihihihi….emang nih dudulnya.Mau matiin mesin thingak thinguk dulu, gimanaaaaa ini. Akhirnya motor dijagrang sik, mau nanya ke pak Ngurah. Ehhh ndadak kok mesine mati pas jagrang diturunin. huahahahahaha…dodol.

  16. Kalo dulu ak bilangnya motor matic ini buat yang males2 xixixixi..tapi emang setelah ngerasain matic naik motor jadi enteng, dan kalo ada tanjakan curam tinggal gas polll sajah…

  17. hahahahha..jetlag yah biasa pake motor yg pake gigi .. aku juga awal pake matic gitu, berasa kaki mau nginjem rem sama gigi mulu.. tp lama lama biasa, malah enak pk matic, gak ribet mindahin gigi

  18. pertama make motor matic, langsung bisa sihhhhhhhTAPIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIdiketawain temen2 kantor gara2 bingung ga bisa matiin mesin wkwkwkwkkkkkdudul

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s