[Mudik 2012] Homestay ibu Kompiang di Ubud

Tahun 80’an hingga 90’an saya sering mengunjungi Bali, bahkan kadang bisa dua kali setahun. Itu karena banyak sodara saya yang bermukim di Bali. Jadi gak heran kalau saya agak bosan dengan pulau Bali. Begitu juga agenda mudik tahun 2012 dimana saya tidak memasukkan Bali dalam daftar kunjungan saya.

Tetapi siapa nyana pada akhirnya ke Bali juga dengan tujuan mengantar Menik belajar menari Bali.

Kota yang kami tuju adalah Ubud, salah satu kota dengan seni dan budayanya yang masih kental. Di Ubud kami menginap di homestay milik ibu Kompiang yang biasa dipanggil dengan ibu Kopang. Lokasinya di jalan Sandat, gak jauh dari jalan utama. Jalan kaki dari jalan utama hanya membutuhkan waktu 5 menit, dekat dengan beberapa pilihan warung makan yang murah dan laundry yang relatif murah. Meskipun dekat ke mana mana, jalanan sekitarnya sepi dan nyaman untuk istirahat.

Bangunannya khas Bali. Ibu Kopang memiliki 2 kamar yang disewakan (istilahnya homestay). Satu bangunan satu kamar dan setiap bangunan memiliki nama sendiri sesuai dengan arah mata angin dengan puranya sebagai pusat. Bangunan kamar saya adalah bale dangin dan bersebelahan dengan bale dauh yang juga disewakan. Dangin adalah timur karena bangunannya berada di sisi timur sedangkan dauh adalah  barat.

Diantara bale dauh dan kamar saya terdapat dapur yang memang disediakan khusus untuk tamu tamu homestay. Sewa kamar sangat murah hanya 100ribu saja per malam per kamar, lebih murah dibandingkan harga harga kamar di kawasan Ubud yang rata rata 150ribu ke atas.

Advertisements

21 thoughts on “[Mudik 2012] Homestay ibu Kompiang di Ubud

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s