Emplokable batik | Batik Japanese Roll Cake

Sebagai pembatik, saya tergelitik untuk mengaplikasikan motif batik ke bolu gulung. Membatik dan menghias cake sama sama menggambar motif, bedanya di metode dan medianya. Yang satu pake canting yang satunya pake spuit. Yang satu di kain atau kayu yang satu di cake.

Kenapa kok bolu gulung? Bukan di cake lainnya?

DSC_0024editlabel01

Ya ya ya ya… saya memang sedang keranjingan membuat Japanese Roll Cake (JRC). Entah sudah berapa JRC saya buat dalam waktu kurang dari dua minggu. Empat atau mungkin lima gulung atau bahkan lebih. Saya gak menghitung berapa pastinya. Beberapa kali membuat JRC dengan resep yang berbeda dan metode yang berbeda pula, pada akhirnya saya memodfikasi resep resep tersebut menjadi satu yang disesuaikan dengan kondisi dan keinginan saya dan juga tingkat kemalasan πŸ˜›

Sukses membuat JRC beberapa kali, berikutnya membuat motif batik. Sebagai permulaan, saya menggambar motif truntum. Ini motif favorit saya. Enggak perlu ngeblad bisa langsung plothat plothot. Namun begitu, kertas rotinya tetap perlu digarisin dengan pensil untuk memandu letak truntumnya supaya berbaris rapi. Tentunya bagian yang ada goresan pensil nempel di loyang dan gak berada di sebaliknya, supaya goresan pensilnya gak membekas ke bolunya.

Sedangkan untuk motif ceceknya – motif titik titik dalam jumlah lebih dari satu dengan formasi lingkaran – kebetulan ketemu spuit dengan multi bolongan, ada 8 bolongan (wilton spuit nomer 234). Waktu ketemu spuit tsb di tokod, saya senengnya minta ampun. Dalam hati saya, wah ini bisa buat bikin cecek nih, sama seperti membatik, dimana canting untuk bikin cecek lubangnya juga lebih dari satu. Ada yang lubang 3, 5, 7 dst (selalu berjumlah ganjil). Sayang sekali, sewaktu saya mencoba spuit multi bolongan ini, adonannya gak mau mecothot titik titik. Keluarnya jadi satu guede. Kudu ditekan kuat kuat baru bisa mecothot, titik titik kecil. Tapi kalau ditekan kuat kuat, adonan yang keluar akan menjadi satu karena saking rapatnya. Haiyaaaaa jadinya podo ae. Ya wis lah, bikin ceceknya manual aja, dicocol satu per satu.

Setelah foto bolu gulung motif truntum saya upload di rumah sebelah, seorang kawan di New York rikues bolu gulung dengan motif kawung. Hmm… sanggup gak ya?

DSC_0013edit

Advertisements

32 thoughts on “Emplokable batik | Batik Japanese Roll Cake

  1. Di sini banyak makanan, membuat saya eling simbah. Kalau cucunya datang, simbah selalu bikin kue macam-macam. Tapi khusus pagi ini, kunjungan ke sini bikin ngenes. Belum sarapan, lapar, malah nonton foto kue. (Resiko kerja di sektor wisata, setiap libur panjang gak pernah istirahat, ngumpulin duit yang dibuang sembarangan)

  2. subhanallah… Mbakyu iki kreatif tenan… Kok iso ndueni fikiran mbatik nang rollcake iku loh… Ck…ck…ck…
    salam kenal nggih mbakyu… Aku langsung kesengsem iki karo hasil karyamu…
    Aku arep takon e mba, iku nggawe motife nganggo adonan rollcake opo ono meneh?
    Mohon di reply nggih mbak’ aku pengen ndamel…

  3. uapiiik tenan mbakyuu…sama spt Mbak Novi..aku pengen jadi tonggomu, biar bisa sering main2 n belajar bikin batik kememplok..

  4. senang banget deh yang jadi tetangganya m.evia.. kebagian bolu motif unik gini.. cerita ga mbak kalu itu motif truntum? pasti bisa dong motif kawung, kan “truntum”nya lebih gede gitu?
    ini isinya cream dowang ya? putih gitu difotonya..

    • Cerita ttg motif truntum? Ke siapa?
      Baru bikin dua kali dan belum dibagiin, masih ngendon di rumah.

      Truntum kan kecil kecil sedangkan kawung besar besar. Di dalam blok besar ada garis dan titik sogan. Nah itu yang menantang. Karena ini pake batikan putih dan dasarnya coklat.

      O iya, isinya whipped cream, ngocok sendiri. Bukan whipped cream yg udah jadi.

  5. Kalau gitu…sodara yang di Shanghai nunggu banget kirimannya. Pastinya Maknyus tuh….plus nyeruput kopi….wah mantap di minum di musim winter.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s