Klepon ubi ungu dan ubi jingga

Klepon adalah makanan kesukaan saya tapi jarang bikin karena yang demen cuma saya. Hari ini tiba tiba kepengen banget tapi bukan klepon yang berwana ijo seperti pada umumnya klepon.

Klepon ubi ungu

Ubek ubek internet, ada klepon yang warnanya menarik, oranye dan ungu. Bukan dari pewarna tapi dari bahan baku utamanya yang dari ubi jingga dan ubi ungu. Pergilah saya ke toko nyari ubi dimaksud. Ketemunya ubi jingga. Ubi ungu (disini nyebutnya ubi merah) hanya ada di toko koperasi. Sempet mau nyomot, tapi gak yakin dengan penampilannya yang seperti bengkoang.

DSC_0037editlabel

Setelah nyampe rumah, lhadalah punya persediaan parutan yam ungu beku. Belinya sudah lama sekali, lupa kapan. Nyari informasi di internet (http://www.loc.gov/rr/scitech/mysteries/sweetpotato.html), yam dan ubi (sweet potatoes) ternyata bukan barang yang sama. Meskipun begitu, pemberian label di banyak toko sering membingungkan. Mana sweet potatoes mana yam karena sering campur aduk.

Klepon ubi ungu

Yo wis lah, yang penting saya punya dua duanya. Sekarang giliran ubek ubek resepnya, Walah bikin klepon aja pake resep? Iya, selama ini kalau bikin klepon gak puas dengan hasilnya. Kalau sudah dingin rasanya enggak enak. Apalagi ini bukan murni tepung ketan saja melainkan ada ubi.
Nemu deh resep yang cihui dan ternyata memang enak. Meskipun sudah dingin, rasanya masih enak.

DSC_0023editlabel

Bahan kulit :
300 gram ubi.
40 gram tepung tapioka
60 gram tepung beras
80 gram tepung ketan
garam halus secukupnya

Bahan Isi :
Gula merah / gula kelapa yang disisir halus

Bahan taburan :
Kelapa parut dan garam halus secukupnya dikukus. Karena saya menggunakan kelapa parut kering, saya beri sedikit air lantas dipanaskan di microwave sekitar 1 menit.

DSC_0040editlabel

Cara membuat:
1. Kukus ubi bersama dengan kulitnya.
2. Angkat ubi kukus , kupas kulitnya lalu haluskan.
3. Campur tepung tapioka, tepung beras, tepung ketan dan garam. Aduk rata.
4. Masukkan ubi kukus yang telah dihaluskan halus ke dalam campuran tepung. Uleni hingga rata. Usahakan adonan tidak terlalu lembek atau tidak terlalu keras. Kalau terlalu keras, tambahkan air. Kalau terlalu lembek, tambahkan tepung ketan.

5. Ambil adonan tepung, bentuk bulat sebesar bola bekel. Tekan tengahnya dengan jari untuk membentuk lubang lalu isi dengan gula merah yang telah disisir.
6. Rabus dalam air mendidih hingga terapung dan matang.
7. Gulingkan dalam parutan kelapa.

food klepon ubi jingga&ungulabel

Siap emplok

Advertisements

22 thoughts on “Klepon ubi ungu dan ubi jingga

  1. waduch bikinnya banyak banget, siapa aja yang makan???
    sama saya juga kalau bikin apa2 masak sendiri dan akhirnya makan sendiri, karena dirumah gak ada yang doyan kemilan kampoeng kecuali saya πŸ˜€
    by the way warnanya cantik bangettt πŸ™‚

  2. Bentuknya yam sama kayak ubi ya mbak?
    Aq jyga suka banget sama klepon apalagi kalo gula jawanya uakeeeeeh hghghg

    Klo di sulawesi ini makanan dibilang onde-onde πŸ˜€

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s