Bakso rambutan diwut diwut

Dibilang rambutan karena mirip rambutan, dibilang gondrong karena panjang dan menutupi baksonya. Sewaktu belum digoreng, rambutnya lemes diwut diwut.

bakso diwut diwut

Ceritanya, kapan hari saya kelop2 kebingungan masak apa buat besoknya. Pengen yang seger seger berkuah sebangsa sup gitu. BIkin bakso males, sup biasa bosen. Pokoknya lagi mati ide deh. Ndilalah ngliat postingan bu lurah Nina di grup emplok emplok LangsungEnak ada resep bola bola udang rambutan, saya langsung bling bling ceria karena ada ide untuk masak besok hari. Tidurpun bisa nyenyak.

DSC_0082editlabel

Isinya selain udang ada jamur shitake dan wortel. Ini mengadopsi bakso lo hoa yang mirip bola bola rambutannya si bu lurah. Bola bolanya yang mirip, bukan rambutannya bu lurah yang mirip ya 😛
Perbedaannya adalah bakso lo hoa menggunakan soun dan direbus sedangkan bola bola udang rambutan ala bu lurah digoreng dan menggunakan kulit pangsit.

Resep lengkapnya.
Bahan bahan (biasa deh, takarannya perasaan)
Udang dicincang
Ikan (pake ikan apa aja, saya pake ikan lake trout) dicincang
Jamur shitake kering direndam dengan air panas. Kalau sudah lemes dicincang.
Wortel dicincang kasar.
Bawang putih sak gepok dicincang. Sak gepok itu kira satu bonggol. Kalau kebanyakan boleh dikurangi. Karena saya demen bawang putih. Sekalian buat pencegahan soalnya sekarang sedang musim flu.
Tepung tapioka / kanji.
Lada
Garam
Saus tiram
Kulit pangsit, gunting tipis tipis.

DSC_0073editlabel

Cara membuat:
Campur semua bahan kecuali kulit pangsit
Balut dengan guntingan kulit pangsit.
Goreng deh.

Tips:
Supaya potongan kulit pangsit yang membalut bakso tidak rontok pada saat digoreng, gunakan panci untuk menggoreng sehingga bakso terendam semua tapi tidak menyentuh dasar panci.

DSC_0054editlabelNah gini nih kalau ngegorengnya di wajan biasa, rambutnya rontok sehingga terlihat gundul.

Advertisements

24 thoughts on “Bakso rambutan diwut diwut

  1. Haiyaaaaa, tadi saya coba resepnya. Tapi gara-gara disambi ngisi SPT, baksonya jadi seperti orang afrika kelamaan berjemur. Akhirnya, buat tamba kecewa, beli bakso di sebelah rumah.

    • Waduh, gak bisa dimakan dong ya?
      Lain kali dipanggang aja, biar gak kuatir gosong. Tapi kudu cepet diemplok, anget2 masih kriuk.
      Kalau udah dingin, kayak makan batu.

    • Potongan kulit pangsitnya diacak di talenan, trus adonannya timpukin di atas tumpukan kulit pangsit. Lantas diguling gulingkan, kan nanti nutup sendiri. Soalnya adonannya kan lengket.
      Gak copot kok asal ngegorengnya di panci yang dalam biar gorengannya terendam semua.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s