Mie ayam jamur ala abang abang jualan

Musim gugur tahun lalu (Oktober 2012) seorang sahabat berkunjung ke Duluth selama sebulan lebih. Namanya Anne, orang Indonesia (Bandung) yang sudah lama tinggal di Shanghai dan di sanalah awal mulanya aku mengenalnya.

Satu waktu Anne pengen bikinin aku mie ayam, “Vi kamu tak bikinin mie ayam ala abang abang jualan yang lewat di Indonesia ya.” Tentu saja gak boleh menolak rejeki kayak gini. Gak mungkin kan nunggu tukang jualan lewat. Dulunya Anne memang punya restoran Indonesia di Shanghai yang sangat laris. Sekarang sih udah tutup tetapi masih sering terima pesanan.

DSC_0059editlabel

Aku tanya, “Dapet resep dari mana?”
Ternyata Anne dapet bocoran dari abang penjual langganannya yang lewat di Bandung. Mie ayam ini juga menu andalan Anne di resto maupun kateringnya. Waduh aku makin cleguk cleguk. Tapi aku cukup kaget waktu dikasih tahu bumbu2nya, karena mirip banget bumbu pepak bikin soto. “Gak salah nih, mie ayam pake kunyit sereh kemiri segala?”
“Udah kamu duduk manis saja, aku yang ngerjain. Kamu cincang sono daging ayamnya.”

Bumbu mie ayam jamur 1.Kecap manis; 2.Kunyit; 3.Bawang putih; 4.Ketumbar; 5.Lengkuas; 6.Saus tiram; 7.Kemiri; 8.Lada hitam; 9.Daun jeruk purut; 10.Bawang bombay merah; 11.Sereh.

Bumbu mie ayam jamur
1.Kecap manis; 2.Kunyit; 3.Bawang putih; 4.Ketumbar; 5.Lengkuas; 6.Saus tiram; 7.Kemiri; 8.Lada hitam; 9.Daun jeruk purut; 10.Bawang bombay merah; 11.Sereh.

Ya sudah aku manut. Kelar mencincang ayam, aku duduk manis sambil menonton akrobat Anne di dapur, srang sreng srang sreng bras brus bras brus tak tek tak tek, heboh. Setelah semua selesai dan matang, gak pake duduk manis di meja makan, brak bruk brak bruk mie, langsung nyendok tumisan ayam dari wajan, iris2 daun bawang, hap masuk mulut, weladalahhh emang enakkkk bangets, persis mie ayam seperti jualannya abang abang di Indonesia.

Wah abis itu, kalau ada stok daging ayam melimpah, aku hampir selalu bikin mie ayam. Tumisannya bikin banyak sekalian, simpan di kulkas. Kalau butuh, tinggal bikin mienya saja, taburan ayamnya tinggal diangetin.

Resep lengkapnya:
Seperti biasa ukurannya perasaan yah, aku gak biasa menulis resep pake ukuran. Jadi dikira kira aja sendiri

DSC_0036editlabel

Bahan:
A
1. Mie (aku suka pake mie basah)
Rebus air sampai mendidih.
Cemplungkan mie, rebus sampai matang.
Angkat mie dan buang air rebusannya.
Siram mie dengan air dingin supaya proses masaknya berhenti. Kalau proses masaknya masih berlanjut, mienya jadi nyunyut mblenyek.
2. Minyak wijen.
3. Minyak ayam.
4. Lada.
5. Kecap asin.
6. Daun slada atau bok coy. Kalau pake bok coy, rebus sebentar tapi kalau pake daun slada gak usah, dimakan mentah aja.

B. Kuah mie:
1. Air – direbus bersama sama dengan tulang ayam.
2. Bawang putih – cincang kasar kemudian goreng. Masukkan dalam rebusan air dan tulang ayam.
3. Garam.
4. Lada
5. Daun bawang cincang – dimasukkan paling akhir supaya warnanya tetep ijo cantek, gak ijo lethek.

C. Taburan ayam
1. Ayam (cincang kasar)
2. Jamur (potong potong)
3. Bawang bombay (cincang kasar)

4. Bumbu halus:
Kemiri
Lada
Ketumbar
Garam
Bawang putih
Bawang merah. Aku pake bawang bombay merah, karena bawang merah mahal dan karena beberapa kali beli bawang merah di sini busuk dalamnya. Rasanya lebih tajam dan kadar airnya lebih banyak dibandingkan bawang merah.
Kunyit
Daun jeruk purut

4. Bumbu geprek:
Sereh
Lengkuas

5. Bumbu saus:
Kecap manis
Saus tiram

Cara:
Taburan ayam
Tumis bawang bombay sampai harum.
Masukkan bumbu halus dan lanjutkan menumis hingga harum.
Masukkan ayam cincang. Tumis hingga betul betul matang dan bumbu merasuk.
Masukkan potongan jamur.
Aduk aduk hingga tercampur rata.
Kecrotkan saus tiram dan kecap manis.
Aduk aduk lagi.
Icip icip kurang apa tambahin sendiri.

Penyajian:
Tuang winyak wijen, minyak ayam, kecap asin dan lada ke dalam mangkok.
Aduk aduk kemudian cemplungkan mie ke dalamnya. Aduk aduk supaya bumbu tercampur merata.
Timpa dengan bok coy atau irisan daun slada.
Timpa lagi atasnya dengan taburan ayam.
Gabrukin bawang goreng.
Tuang kuah mie di mangkok terpisah. Sukur sukur kalau ada persediaan bakso. Aku tambahin juga tahu ikan.
Kalau sempet, goreng kulit pangsit. Kriukkkkk…..

DSC_0020-002

Advertisements

24 thoughts on “Mie ayam jamur ala abang abang jualan

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s