Negara Tekor Banyak Akibat Rokok. Apa Solusinya?

Tak henti hentinya masalah rokok dibahas serta mengundang pro dan kontra. Yang lucu, pihak pihak yang mendukung rokok secara membabi buta menuduh adanya konspirasi. Rokok udah terbukti berbahaya bagi kesehatan, Kalau mau ngerokok silakan tapi jangan menyeret2 orang lain yang gak ngerokok. Sama sama punyak hak, yang ngerokok punya hak ngerokok dan yang tidak ngerokok punya hak untuk menghirup udara bersih tanpa asap rokok.

Tambahan informasi dari saya (Evia)

Philips Morris berekspansi ke Indonesia bukan hanya karena tenaga kerja di Indonesia murah, tetapi juga karena aturan rokok di Indonesia masih sangat longgar alias Indonesia merupakan surga industri rokok.

Kenapa bisa begitu?
Coba bandingkan beberapanya:

  1. Iklan rokok di Indonesia masih relatif bebas, bisa ngiklan dimanapun walaupun katanya dibatasi seperti di televisi kudu di atas jam 9 malam. Di Amerika, rokok gak boleh ngiklan di majalah2, di bioskop2, di bilboard2 di jalanan. Hanya boleh ngiklan di toko yg jual rokok.
  2. Peraturan “no smoking area” semakin hari semakin meluas, bahkan baru baru ini di negara bagian Minnesota, di dalam barpun dilarang merokok, padahal bar identik dengan rokok. Aturan ini tentu saja diprotes keras oleh perokok, tapi pemilik bar tak bergeming. Gak suka dengan barnya? Ya gak usah berkunjung ke barnya. Para pemilik bar menerapkan aturan tsb karena gak mau pegawai2nya kena penyakit yg ditimbulkan oleh perokok2 tsb alias menjadi perokok pasif.
  3. Toko2 yang menjual rokok berhak bertanya kepada pembeli untuk menunjukkan kartu pengenal dimana di situ disebutkan usia si pembeli. Peraturannya, minimal usianya adalah 17 tahun. Bandingkan dengan Indonesia dimana rokok dijual bebas tanpa melihat usia si pembeli.

Aturan2 tsb di atas mempersempit ruang gerak industri rokok. Itu makanya mereka mencari tempat dimana mereka masih bisa leluasa berniaga di bidang rokok (baca: meracuni calon calon konsumen rokok).

Makanya aku gak habis pikir sama pendapat konspirasi asing yang dituduhkan oleh kelompok2 yang menghujat tentang gerakan2 anti rokok.
Konspirasi mbahmu. Protes kok membabi buta tanpa data.

Gak usahlah jauh2 ngomongin konspirasi, namanya rokok, dipandang dari sudut kesehatan sudah sangat merugikan, masih juga cari alasan pembenaran. Mau ngerokok ya silakan, gak ada yang melarang, tapi hargai juga orang2 yang tidak merokok untuk menghirup udara bersih tanpa asap tembakau.

Iwan Yuliyanto

Cukai Rokok

Bismillah …

Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia.
Selamat menikmati udara bebas yang lebih bersih.
Selamat menikmati hidup sehat para sahabat.

Kita bahas tentang rokok dan seputarnya pada Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini.

Setiap tahun pada tanggal 31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) sejak tahun 1987. Menurut WHO, peringatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan dampak buruk merokok bagi kesehatan manusia dan menghimbau agar masyarakat tidak merokok selama 24 jam serentak di seluruh dunia pada tanggal 31 Mei 2013.

Di sisi lainnya, sejak tahun lalu (31/5/2012) hingga kemudian berlanjut sekarang ini (31/5/2013), di beberapa daerah, Komunitas Kretek menggelar aksi penolakan Hari Anti-Tembakau Sedunia. Bersama lembaga-lembaga terkait dalam komunitas tersebut menggelar orasi serta membentangkan spanduk permintaan dukungan. Komunitas Kretek yang berdiri sejak 2010 menganggap tembakau dan cengkeh memberi kontribusi positif terhadap negara; dan rokok adalah salah satu industri penyuplai terbesar pendapatan negara tiap…

View original post 2,490 more words

Advertisements

10 thoughts on “Negara Tekor Banyak Akibat Rokok. Apa Solusinya?

  1. Katanya perokok itu pasti masuk sorga.
    Soalnya selaen bantu keuangan negara dengan bayar cukai.dia juga ikut bantu para TKW yang ngegelinting rokok agar kagak kehilangan kerja hingga terpaksa jadi WTS.
    Wekekek
    # kabuuur!

  2. Aneh memang, di luar negeri barang2 spt rokok, miras, susu formula diatur dengan ketat.
    Tapi semuanya itu longgar di negeri Indonesia Raya.
    Mengapa mereka tidak mengambil pelajaran pada negara maju?

      • Nah, itu yang aku suka.. diluar tuh gambar rokok serem2 tapi di sini gambarnya apalagi iklannya artistik banget. Bikin orang, apalagi anak kecil jadi ngerasa kalo ngerokok itu gaya dan keren..

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s