Weekly Photo Challenge : Golden Hours

Memotret di saat saat menjelang atau setelah matahari terbenam / matahari terbit adalah saat saat favorit bagi saya. Obyek biasa biasa saja bisa nampak dramatis. Saya ada banyak  foto yang dipotret pada saat saat tersebut atau biasa disebut dengan golden hours *sambekala kalau orang Jawa bilang – katanya kang Rawins*. Saya tak bisa menyebutkan yang mana yang paling favorit karena semuanya kusuka.

Foto foto ini diikutkan dalam tantangan mingguan dan minggu ini bertema Golden Hours. Tertarik untuk bergabung? Silakan klik link ini: Weekly Photo Challenge: The Golder Hours

DSC_0800label3

Foto ini dipotret pada saat saya backpacking ke sana pertengahan tahun 2008. Tidur di tenda di pulau di sebrangnya pulau Peucang bersama beberapa penduduk lokal.

DSC_0118editlabel

Pantai ini sangat sepi, saking sepinya serasa milik sendiri kalau kita kesana. Tapi jangan salah, meskipun sepi, tempatnya cakep luar binasa. Pasirnya lembut seperti bedak, pantainya bersih tiada tara. Gak kalah deh sama pantai pantai di Bali. Tempatnya di ujung timur pulau Madura, gak jauh dari Sumenep. Benar benar mutiara tersembunyi.

DSC_1117editlabel

Tak banyak orang Indonesia yang tahu dimana pantai ini berada. Alam bawah lautnya begitu luar biasa. Saya ke sana di pertengahan tahun 2008 dalam rangkaian perjalanan darat menjelajah pulau Sulawesi sekeluarga. Jalan laut, darat, udara. Komplit deh. Berangkat dari Surabaya dengan kapal laut, mendarat di Makassar lanjut jalan darat hingga ke Ampana, menyeberang dengan boat sekian jam dan kembali ke Ampana, lantas menuju ke Palu jalan darat dan terbang ke Surabaya.

Advertisements

24 thoughts on “Weekly Photo Challenge : Golden Hours

      • Hahahahahaha…
        Suwun cak Iwan.
        Ryan bukan orang pertama yang salah sangka. Mungkin ini karena gara2 akunku yang pengucapannya seperti panggilan laki2 di Sunda. Padahal itu singkatan dari namaku.

        • Pernah nonton acaranya Anthony Bourdain di “No Reservation”. Di salah satu episode meliput tentang Indonesia. Si Bourdain bilang kira2 begini: Indonesia enggak butuh fotografer pro untuk mengabadikan pemandangan2 cantik, monyetpun bisa motret dan hasilnya tetep keren.
          Itu saking cakepnya pemandangan di Indonesia dan saking takjubnya sama Indonesia sampe komen kayak begitu.

          • Wah… tapi memang setuju sih. Indonesia indah banget. Sayangnya banyakan yang maunya ke liar negeri utk liburan. Atau juga gak mau merasa memiliki. Sehingga enggan merawatnya.

            • Yang maunya ke luar negeri, banyak penyebabnya.
              1. Karena cari yang mudah. Tempat tempat di Indonesia kan banyak yang aksesnya sulit, dan sebetulnya itu merupakan keasikan sebab menantang.

              2. Kurang menghargai negeri sendiri. Sok luar negeri, apa apa yang berbau luar negeri dianggap bagus. Padahal luar negerinya juga masih seputaran Asia Tenggara.

              3. Sudah pernah menjelajah sampe puas.

                • Keinginan yang keren.
                  Indonesia sangat luar biasa.

                  Saya rekomendasikan, pergilah ke kawasan Indonesia timur. Maluku, Papua, Sulawesi, Nusa Tenggara dsb. Pantai2nya sangat luar biasa. Dan tak banyak yang tahu.

                  Banyak orang (Indonesia) yang saya temui mengatakan bahwa ke kawasan Indonesia timur ongkosnya mahal. Padahal kalau tahu triknya, enggak terlalu mahal.

                  Tahun 2008, saya pernah ke Sulawesi, berangkat dari Surabaya naik kapal laut. Nyampe di Makassar, lanjut naik bis ke arah utara. Brenti di Tator barang beberapa hari. Trus lanjut ke arah utara (jalan darat) sampe ke Ampana. Nyebrang ke Togean naik ferry. Pengennya, setelah menghabiskan waktu di Togean, nyebrang ke utara ke Gorontalo. Tapi sayang waktu kami sangat mepet. Ferry ke Gorontalo hanya seminggu sekali. Kalau ferry sedang diperbaiki, berarti kudu nunggu seminggu sekali. Padahal minggu depannya kami kudu pulang ke Amerika karena kami tinggal di Amerika. Jadi deh kami balik lagi ke Ampana, jalan darat menuju Palu. Dari Palu terbang ke Surabaya trus pulang ke Amerika.

                  Tahun lalu kami ke satu pulau kecil di Papua Barat. Benar benar surga. Kami menginap di rumah penduduk lho. O iya, pulau kecil tersebut bukan di kawasan Raja Ampat lho. Raja Ampat mahal dan sudah dikenal banyak orang. Dan kami gak suka dengan tempat2 yang sudah dikenal luas.

                  Selamat berkeliling Indonesia ya Ryan. Kalau butuh rekomendasi jangan sungkan sungkan bertanya ke saya.

                    • Wow tentu tidak.
                      Saya malah suka kalau ditanyain rekomendasi, menunjukkan tempat tempat yang cantik luar biasa tapi banyak yang gak terekspos.

                      Salah satu contohnya, pantai di Madura itu. Wah Madura betul2 mutiara tersembunyi. Selain wisata pantai, wisata kulinernya juga asik.
                      Kalau ke Madura, jelajahi pake sepeda motor selama2 – 3 hari asik tuh. Dimulai dari Bangkalan ke arah timur tapi lewat utara. Sepanjang perjalanan di sisi kiri adalah pantai dan sebelah kanan adalah hutan, kebun dan rumah penduduk. Ada air terjun kembar yang langsung ke laut, namanya Toroan.

                      Penduduk Madura ramah ramah lho. Ada kejadian, sewaktu tanya jalan, yang ditanyain pulang dulu ke rumah ambil sepeda motor dan mengantarkan kita. Luar biasa!!
                      Waktu wisata kuliner juga begitu. Kami makan nasi campurnya orang Madura di satu rumah, bukan warung bukan pula restoran dan kami diberi bonus makanan rumahan, khas Madura kalau gak salah namanya soto Sumenep. Klau gak salah ya, soalnya udah lama jadi lupa.

                    • Ryan tinggal dimana?
                      Kalau suka tantangan, coba deh menjelajah pulau Madura selama 2 – 3hari dengan rute seperti yang saya sarankan.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s