Sirup jahe

Kata orang Jawa bulan Desember singkatan dari deres deresing sumber, bahasa Indonesianya deras derasnya air. Maksudnya hujan sedang gencar gencarnya. Sekarang udah masuk bulan Januari. Kalau orang Indonesia bilang, hujan sehari hari.

Akan halnya Duluth, gak jauh berbeda. Saat ini sedang dingin dinginnya. Suhu udara bisa ngedrop  ke angka di bawah nol derajat F. Minggu lalu bahkan mencapai – 15 F (setara dengan – 26 C). Angin bertiup sangat kencang dan ini membuat suhu lebih dingin menjadi – 40 F (di Celsius tetep -40 C).

Ahhhhh, ngebayanginnya aja dah ngeri. Paling malas ke luar rumah kalau begini. Diam di rumah di depan perapian sambil minum yang hangat hangat, sirup jahe misalnya.

Aku nemu resep ini di komunitas makan makan yang aku ikuti. Si pemilik resep yang kebetulan admin grup tersebut, dapet bocoran dari tetangganya yang bakul wedang ronde. Loh? Ini wedang ronde atau sirup jahe sih sebetulnya?

Sirup jahe adalah kuahnya wedang ronde. Tinggal kasih isian ronde, kacang panggang dan potongan roti tawar, jadi deh wedang ronde. Waktu pertama kali bikin, wuahhhhh… aroma pandan menguar ke seisi rumah, harum sekali. KSB langsung jatuh cinta dengan minuman ini. Jadilah aku sering nyetok minuman ini. Kalau udara sedang dingin, minuman ini diminum hangat. Sedangkan udara panas, minuman ini juga enak diminum dingin. Pokoknya cocok di segala cuaca.

DSC_0062editlabel

Bahan:
1. 500 gram jahe emprit. Aku lebih suka jahe emprit, karena rasanya lebih nendang ketimbang jahe gajah. Walaupun harganya jauh lebih mahal ketimbang jahe gajah, tapi lebih bernilai tinggi ketimbang harganya. Percaya deh. Di Duluth harga jahe emprit per pound $7 sedangkan jahe gajah per pound $2. Melenceng banget kan. Tapi dengan menggunakan 1 pound jahe emprit sama dengan menggunakan 4 – 5 pound jahe gajah. Malah kadang jahe gajah gak ada rasanya blas. Bodinya aja bongsor tapi rasanya sepo.

2. 5 lembar daun pandan (Aku pake tiga saja. Itu aja baunya udah harum sekali. Lagian harganya mahal mbok).
3. 5 batang sereh (Aku pake satu batang saja. Lagi lagi alasannya karena mahal. Rasanya sudah cukup oke menurutku).
4. 1 kg gula putih (Aku pake gak sebanyak itu. 1/4 kg aja. Ntar kalau kurang manis dikasih madu waktu minum).
5. 3 butir kapulaga.
6. 5 lembar daun jeruk purut (nah ini aku boros pakenya. Bisa sampe 10 lembar. Punya stok banyak soalnya).
7. 1 batang kayu manis.
8. 10 butir cengkeh.
9. 1 biji bunga  pekak.
10. 2 liter air.

Cara:
1. Rebus air sampai mendidih.
2. Masukkan semua bahan dan jahe yang telah dikupas dan diiris tipis tipis. Kecuali gula putih. (Karena aku malas, gak kukupas. Cuma dicuci bersih kemudian diiris iris tipis setebal 1/2 cm).
3. Setelah mendidih, tuang dengan gula putih.
4. Teruskan merebus hingga air tinggal 1.5 liter.

DSC_0005editlabel

Selamat menikmati.

f&b wedang ronde

Advertisements

29 thoughts on “Sirup jahe

    • Beli di Whole Food Co ops. Di groceries stores biasa gak ada.

      Insya Allah jadi Hen. Berangkat pertengahan Mei, turun di Shanghai. Dari Shanghai jalan darat naik kereta api. Udah kuitung itung, perjalanan dari Shanghai ke Aceh 2 minggu. Itupun karena brenti dan nginep di beberapa tempat.

      Aku sampe beli buku Silk Road lho.
      Mau gabung Hen?

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s